P. 1
Reaksi Eksoterm Dan Endoterm

Reaksi Eksoterm Dan Endoterm

|Views: 405|Likes:
Published by Kenny Rahayu

More info:

Published by: Kenny Rahayu on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2015

pdf

text

original

Laporan Praktikum Kimia

Reaksi Endoterm-Eksoterm dan Kalorimeter Sederhana

Asyrul Maulana (06) Irshad Adriatama (13) Kenny Rahayu (15) Lazuardy Fajar (17) XI IPA 7 SMAN 3 BANDUNG

Artinya entalpi produk (Hp) lebih besar daripada entalpi pereaksi (Hr).REAKSI EKSOTERM DAN ENDOTERM A. Sehingga perubahan entalpi untuk reaksi endoterm dapat dinyatakan sebagai berikut: DH = Hp – Hr > 0 (bertanda positif) EKSOTERM Sebaliknya. B. Sehingga p dapat dinyatakan sebagai berikut: DH = Hp – Hr < 0 (bertanda negatif) . Oleh karena itu . ditandai dengan adanya penurunan suhu lingkungan di sekitar sistem. entalpi sistem akan bertambah. Akibatnya. merupakan selisih antara entalpi produk dengan entalpi pereaksi (Hp -Hr) bertanda positif. Oleh karena itu. Entalpi sistem akan berkurang. ditandai dengan adanya kenaikan suhu lingkungan di sekitar sistem. perubahan entalpi. TEORI DASAR ENDOTERM Reaksi endoterm adalah reaksi yang disertai dengan perpindahan kalor dari lingkungan ke sistem (kalor diserap oleh sistem dari lingkungannya). TUJUAN PENELITIAN Mengamati reaksi endoterm dan eksoterm. reaksi eksoterm adalah reaksi yang disertai dengan perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan ( kalor dibebaskan oleh sistem ke lingkungannya ). dengan kata lain entalpi produk lebih kecil daripada entalpi pereaksi. perubahan entalpinya bertanda negatif.

Masukkan sepucuk kristal NH4Cl lalu aduk. Gelas beker plastik 100 ml 6.Reaksi dengan NH4Cl 3.C. Ukur kembali suhunya. Kristal NH4Cl D. ALAT DAN BAHAN 1.5oC dengan NH4Cl.5oC dengan NaOH. dengan larutan NaOH dan NH4Cl.Perbedaan suhu air dan larutan adalah + 1. Gelas ukur 50 ml 2. PERTANYAAN 1. 5. Masukkan 50 ml aquades ke dalam gelas beker plastik. CARA KERJA 1. Bagaimana perbedaan suhu air dan suhu larutan? . 2. Ukur suhu aquades lalu tambahkan sepucuk kristal NaOH dan aduk. 4.Reaksi dengan NaOH . E. dan 0. Ukur suhunya. Bandingkan suhu aquades. 2. Reaksi manakah yang termasuk eksoterm? . Spatula 4. Pengaduk 7. Termometer batang 3. Aquades 5. 3. Reaksi manakah yang termasuk endoterm? . Kristal NaOH 8. Masukkan 50 ml aquades ke dalam gelas ukur lain.

KESIMPULAN Reaksi berbagai larutan bisa menghasilkan suatu reaksi endoterm dan eksoterm. SUHU oC 25.F.5 27 25 . HASIL PENGAMATAN NO REAKTAN 1 AQUADES 2 AQUADES + NaOH 3 AQUADES + NH4Cl G. yang dicontohkan dalam reaksi aquades dengan NaOH(Eksoterm) dan reaksi aquades dengan NH4Cl(Endoterm).

berarti terjadi pelepasan kalor dari sistem ke lingkungan. entalpi tidak dapat diukur. Bila H produk > H reaktan. . Demikian juga halnya dengan entalpi. b. maka Δ⁰H bertanda positif. TEORI DASAR Hukum kekekalan energi menjelaskan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. B.MENENTUKAN ENTALPI DENGAN KALORIMETER A. tetapi hanya dapat diubah dari bentuk energi yang satu menjadi bentuk energi yang lain. berarti terjadi penyerapan kalor dari lingkungan ke sistem. Nilai energi suatu materi tidak dapat diukur. Bila H reaktan > H produk. TUJUAN PENELITIAN Menentukan ∆⁰H reaksi antara HCl dan NaOH menggunakan kalorimeter sederhana. yang dapat diukur hanyalah perubahan energi (ΔE). kita hanya dapat mengukur perubahan entalpi (ΔH). ∆⁰H = Hp – Hr dengan: ∆⁰H = perubahan entalpi Hp = entalpi produk Hr = entalpi reaktan atau pereaksi a. maka Δ⁰H bertanda negatif.

Masukkan 50 ml HCl 1M ke dalam gelas ukur. H = E + W (1) Pada tekanan tetap: ΔH = ΔE + PΔV (2) ΔE = q + W (3) Wsistem = –PV (4) Substitusi persamaan (3) dan (4) dalam persamaan (2): H = (q + W) + PΔV H = (q – PΔV) + PΔV H=q Jadi. CARA KERJA 1. . 5. C. Brady. 2. Gelas ukur 250 ml 4. 50 ml NaOH 1M D. Termometer 3. Tentukan suhu awal dan suhu rata-rata larutan. 50 ml HCL 1M 5.Secara matematis. Kalorimeter sederhana 2. 3. perubahan entalpi (ΔH) sama dengan kalor (q) yang diserap atau dilepas (James E. Aduk larutan. dan ukur suhunya. perubahan entalpi (ΔH) dapat diturunkan sebagai berikut. lalu ukur suhu tetap sebagai suhu akhir. ALAT DAN BAHAN 1. Tuangkan HCl kedalam kalorimeter sederhana yang berisi NaOH. kemudian tutup rapat dan ukur suhunya. Masukkan 50 ml larutan NaOH 1M ke dalam kalori meter sederhana. 4. 1990). pada tekanan tetap.

maka kenaikan suhu adalah 6oC 2. Tuliskan persamaan termokimianya! NaOH + HCl NaCl + H2O 4.52 kkal ∆H= -Q mol = -2.52 3.E. Hitunglah perubahan entalpi reaksinya. Q = m c ∆t = 100 x 4. HASIL PENGAMATAN Suhu larutan NaOH = 27oC Suhu larutan HCL = 25oC Suhu awal = 26oC . PERTANYAAN 1.2 J/goC). Jika kalor jenis larutan dianggap sama dengan kalor jenis air (4. Termasuk reaksi apakah persamaan termokimia tersebut? . Berapa kenaikan suhu yang terjadi pada campuran kedua larutan? 26o menjadi 32o. Gambarkan diagram tingkat energinya! NaCl + H2O NaOH + HCl F.2 x 6 = 2520 kal = 2.52 1 = -2.Eksoterm 5.

. KESIMPULAN Dalam percobaan ini. sehingga bisa disebut sebagai reaksi endoterm. bisa disimpulkan bahwa reaksi antara HCL dan NaOH 1M akan menghasilkan H2O dan NaCl.Suhu akhir = 32oC Perubahan suhu = +6oC G. serta mengakibatkan kenaikan suhu campuran larutan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->