P. 1
Lembar Refleksi Bahasa Indonesia

Lembar Refleksi Bahasa Indonesia

|Views: 503|Likes:
Published by Jabal Subagis

More info:

Published by: Jabal Subagis on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2014

pdf

text

original

LEMBAR REFLEKSI LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama NIM Program Studi UPBJJ

: NI MADE SADWI YUDHA : 818733255 : S1 PGSD : DENPASAR

A. Refleksi Komponen 1. Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik? Kesimpulan saya bahwa dalam kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan telah mengarahkan siswa agar lebih siap mengikuti tahapan pelajaran selanjutnya. 2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan ? ( Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ? ) Dari penyajian bahan ajar penjumlahan dan pengurangan pecahan anak – anak menganggap masih telalu tinggi. Oleh karena materi yang saya sajikan terasa baru bagi siswa maka ditanggapi terlalu tinggi. 3. Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang di gunakan ? ( Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang di ajarkan ? ) Dengan adanya media yang saya lengkapi dalam pembelajaran siswa terbantu untuk menguasai materi ajar. 4. Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang? Menganggapi kegiatan belajar yang telah saya rancang siswa merasa tertantang. 5. Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan? Dengan memiliki metode pembelajaran yang sesuai siswa merespon belajar lebih kreatif. 6. Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa yang saya lakukan? Kegiatan pengelolaan kelas yang saya lakukan belum semantap yang saya harapkan. 7. Apakah siswa dapat menangkap penjelasan / instruksi yang saya berikan dengan baik? Oleh karena sebagian kecil siswa belum mampu secara baik menangkap instruksi yang saya berikan maka saya melakukan pengulangan member instruksi.

. serta penilaian belajar? Kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran terdapat pada bagian komunikasi dan pendekatan terhadap siswa 3. Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan? Kegiatan penutup pelajaran yang saya sampaikan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi saya sampaikan. komunikasi dan pendekatan terhadap siswa. Apakah kekuatan saya atau hal –hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran? Hal – hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran adalah adanya motivasi diri agar menjadi guru mumpuni. Refleksi Menyeluruh 1. Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan ? Penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan pada tujuan pembelajaran belum seluruhnya dicapai siswa maka perlu dimantapkan lagi. kegiatan inti dan kegiatan akhir telah memanfaatkan waktu seperti yang ditetapkan. 9. B. apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?) Pelaksanaan dari rencana pembelajaran tidak sepenuhnya sesuai. Bagaimana tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan? Siswa yang kurang paham terhadap latihan telah berani dengan sopan meminta penjelasan.8. Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagai mana mestinya? ( Jika tidak seluruhnya. pengelolaan kelas. 4. 2. penataan kegiatan penggunaan metode dan teknik pembelajaran. Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi. 10. penggunaan bahan dan media. . penataan kegiatan. terkendala dalam pengelolaan kelas yang belum rapi. penggunaan waktu. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan ? Dari kelemahan tersebut penyebab utama adalah kesiapan diri saya belum memadai untuk perbaikan kedepan harus mengisi diri lebih banyak. 11. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik? Proses pembelajaran dari kegiatan awal.

8. Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat di pertahankan bahkan di tingkatkan? Kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar akan saya pertahankan bahkan ditingkatkan dengan mengacu kepada pencapaian indicator. 7. bagaimana kalau tak terencana. Apakah penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran? Adapun penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran karena saya sadari bahwa kegiatan terencana saja belum mencapai hasil maksimal.5. Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambil keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan. . 6. Hal – hal unik ( positif atau negative ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan? Beberapa anak dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual. apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral? Tindakan mengajar yang saya lakukan pasti dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan moral karena telah mengacu kepada ketentuan penyusunan perencanaan pembelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->