P. 1
Sistem Komunikasi Satu Arah Dan Dua Arah

Sistem Komunikasi Satu Arah Dan Dua Arah

|Views: 4,839|Likes:
Published by Abdul Aziz

More info:

Published by: Abdul Aziz on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

Sistem komunikasi satu arah dan dua arah

I. Pendahuluan
Apa itu Komunikasi, Telekomunikasi, dan Sistem Telekomunikasi ? Komunikasi Secara umum komunikasi dapat diartikan sebagai semua cara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan berita/ informasi/ data ( dengan aturan dan bahasa yang telah disepakati ) antara dua atau lebih titik.

Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman, dan atau dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio atau sistem elektromagnetik lainnya (Undang-undang RI no.36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi). Sistem telekomunikasi adalah gabungan fungsi - fungsi yang saling bekerja sama melakukan proses pertukaran informasi atau data jarak jauh sesuai aturan dan bahasa yang telah disepakatitentang Telekomunikasi :

II.Pembahasan
Berdasarkan arah informasi, pada sistem komunikasi terbagi atas : 1. Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. suatu system komunikasi yang hanya dapat memberikan (mengirim) pesan saja, tapi tidak dapat menerima pesan dari tempat lain dan tidak dapat membalas pesan tersebut. Contoh :pager, televisi 2. Komunikasi Dua Arah (Full Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Full Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Suatu system komunikasi yang dapat digunakan untuk memberikan (mengirim) pesan,membalas pesan dan juga dapat digunakan untuk menerima pesan dari tempat lain. System ini, dipergunakan untuk keperluan percakapan sacara langsung.Contoh : Telepon dan VOIP. 3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Komunikasi bersifat satu arah, Karena searah maka si pengirim pesan dan si penerima tidak bisa berbicara pada saat yang bersamaan. Contoh :Handy Talkie, FAX Contoh Komunikasi : 1) Sistem dua arah jarak dekat langsung. dua orang atau lebih yang terlibat suatu pembicaraan dua orang atau lebih yang terlibat suatu pembicaraan

Gambar 1.2

Gatot kaca ke ironman ( Gatot kaca memberi pesan ke ironman) 2) Sistem dua arah dekat melalui media ironman ke Gatot kaca (Ironman memberi pesan ke Gatot Pada telephone, e-mail. kaca) • Jika Gatot kaca sebagai pengirim pesan, maka ironman sebagai penerima pesan ( lihat gambar 1.2) • Jika ironman sebagai pengirim pesan, maka Gatot kaca sebagai penerima pesan ( lihat gambar 1.2) 3) Sistem dua arah jarak yang sangat jauh Local area network A B

Gambar 1.3 Sistem dua arah jarak dekat melalui media

Pada elektronik mail dua arah : • Jika A sebagai pengirim pesan, maka B penerima pesan. • Jika B sebagai pengirim pesan, maka A penerima pesan.

Databa se

A
Gambar 1.4 Sistem dua arah jarak jauh melalui media Pada pencarian data pada database satu arah: A dan B sebagai penerima pesan.

B

Inter network

A

B

Gambar 1.5 Sistem campuran dua arah dan satu arah jarak jauh melalui media : A/B sebagai pembuat pesan, maka B/A sebagai penerima pesan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh dari sistem komunikasi searah dan dua arah Contoh alat pada sistem komunikasi satu arah (simplex): 1) Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi kata tele dan vision; yang mempunyai arti masingmasing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Prinsip kerjanya menangkap sinyal dari satelit melalui antena kemudian diproses menjadi keluaran berupa gambar dan suara. 2) Pager Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis dikarenakan,pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms.Pager hanya bisa menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS 3) Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini

melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Contoh alat komunikasi dua arah (duplex): 1) Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. 2) VOIP Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral.

Gambar 1.6 cara kerja VOIP

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan. Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packet data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum. Contoh alat komunikasi semi dua arah (half duplex ) 1) FAX Disingkat dengan FoIP, Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui Internet (yang berbasis IP). Hal ini mirip seperti VoIP tapi fax komunikasinya berlangsung searah dan harus saling bergantian. Cara Menggunakan Tekan nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar,maka dokumen akan terkirim. 2) Handy Talky Handy talky ini biasa disebut secara singkat: HT. HT merupakan sebuah alat komunikasi yang bentuknya mirip dengan telepon genggam, tetapi sifatnya searah. Karena searah, maka si pengirim pesan dan si penerima tidak bisa berbicara pada saat yang bersamaan.

HT menggunakan gelombang radio frekuensi khusus, dan sering dipakai untuk komunikasi yang sifatnya sementara karena salurannya dapat diganti-ganti setiap saat.

III. kesimpulan
Dalam Komunikasi satu arah(Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi melalui media yang sama. suatu system komunikasi yang hanya dapat memberikan (mengirim) pesan saja, tapi tidak dapat menerima pesan dari tempat lain dan tidak dapat membalas pesan tersebut, sedangkan komunikasi dua arah(Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang melalui media yang sama. Suatu system komunikasi yang dapat digunakan untuk memberikan (mengirim) pesan,membalas pesan dan juga dapat digunakan untuk menerima pesan dari tempat lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->