P. 1
Tugas Os System Call

Tugas Os System Call

|Views: 133|Likes:
Published by Sam F. Chaerul

More info:

Published by: Sam F. Chaerul on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

SYSTEM CALL,KERNEL DAN MIKRO KERNEL

Disusun Oleh Nama : 1. As'ad Syamsul Arifin (262110337) 2. Fandi Ahmad (262110350)

3.

PRODI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG 2012

Oleh karena itu. relatif mudah untuk menambahkan device driver baru dengan menerapkan kode perangkat keras khusus untuk mendukung antarmuka file abstrak. System call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi. Pengertian System Call Layanan langsung sistem operasi ke pemrograman. dan perangkat sopir kode. yang dapat . KERNEL DAN MIKRO KERNEL A. register. termasuk file descriptor. umumnya sebagai rutin-rutin yang ditulis dengan bahasa C atau C++. 2. child akan mengeksekusi kode yang berbeda dengan parentnya. manfaat pengembangan baik kode program pengguna. System call berupa sistem operasi untuk keperluan tertentu yang spesifik. Fork membuat duplikasi yang mirip dengan proses aslinya. Fork adalah satu satunya cara untuk membuat sebuah proses baru pada sistem Unix. Setelah perintah Fork. Karena sebagian besar penawaran kernel dengan perangkat melalui antarmuka file. SYSTEM CALL 1. yang dapat bewritten untuk mengakses perangkat dan file dalam samemanner. disebut dengan system call atau API (application programming interface).SYSTEM CALL . dan lainnya. Contoh yang paling baik untuk melihat bagaimana system call bekerja untuk manajemen proses adalah Fork. System Call untuk manajemen proses diperlukan untuk mengatur proses-proses yang sedang berjalan. Keuntungan dan Kerugian Keuntungan dan kerugian menggunakan system call sama antarmuka yaitu untuk memanipulasi baik file dan perangkat adalah Setiap perangkat dapat diakses seolah-olah itu adalah file dalam file sistem. atau beberapa tugas yang mengakses hardware secara langsung menggunakan bahasa rakitan. Biasanya programmer lebih memilih Application Programming Interface (API) dibandingkan dengan low level programming. Kita dapat melihat penggunaan system calls untuk manajemen proses pada Sistem Operasi Unix. System Calls menyediakan interface pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh sistem operasi.

sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas. Communications. Kernel kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Ada dua model komunikasi yaitu pertukaran informasi dilakukan melalui fasilitas komunikasi antar proses yang disediakan oleh sistem operasi (Message-Passing) dan pertukaran dengan menggunakan memori (shared-memory). 2. Information maintenance. 4. penulisan. Device manipulation adalah system calls yang mengatur penggunaan peralatanperalatan yang terhubung pada mesin tersebut. yaitu: 1. Kerugian itu dengan menggunakan antarmuka yang sama adalah bahwa mungkin akan sulit untuk menangkap fungsi peralatan tertentu dalam konteks akses file API. maka kernel juga .ditulis untuk mendukung API yang didefinisikan dengan baik. File manipulation adalah kumpulan system calls yang bertugas untuk melakukan manipulasi file seperti pembacaan. Jenis – Jenis System Call Ada lima jenis system calls utama. 3. Beberapa ini dapat diatasi dengan penggunaan operasi ioctl yang menyediakan antarmuka tujuan umum untuk proses untuk memanggil operasi pada perangkat. KERNEL DAN MIKRO KERNEL 1. B. penghapusan dan pengubahan. 5. sehingga baik mengakibatkan hilangnya fungsi atau kerugian kinerja. Process control merupakan system calls yang mengendalikan proses-proses yang berjalan. 3. System calls yang menghubungkan user dengan sistem operasi dalam hal berbagi informasi.

seperti halnya loader atau debugger. 2. oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Sebuah kernel sistem operasi tidak harus ada dan dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer. Sebuah program dapat saja langsung diload dan dijalankan diatas mesin (telanjang) komputer. Selanjutnya. Seiring dengan perkembangan zaman komputer yang mengalami akselerasi yang signifikan. para pembuat program tersebut membuat beberapa komponen program yang sengaja ditinggalkan di dalam komputer. kita harus mereset dan meload kembali program-program tersebut. Program dapat langsung dijalankan secara langsung di dalam sebuah mesin (contohnya adalah CMOS Setup) sehingga para pembuat program tersebut membuat program tanpa adanya dukungan dari sistem operasi atau hardware abstraction. atau dimuat dari dalam ROM (Read-Only Memory).bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing. dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. komunikasi antar address space. metode ini selanjutnya membentuk apa yang disebut dengan kernel sistem operasi. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer. dan komunikasi antar proses. adalah cara kerja yang digunakan pada zaman awal-awal dikembangkannya komputer (pada sekitar tahun 1950). Untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Kerugian dari diterapkannya metode ini adalah pengguna harus melakukan reset ulang komputer tersebut dan memuatkan program lainnya untuk berpindah program. dengan sekumpulan primitif atau system call yang dapat digunakan untuk membuat sebuah sistem operasi agar dapat berjalan. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas. Teknik ini digunakan oleh komputer generasi awal. Mikrokernel Mikrokernel berisi sebuah abstraksi yang sederhana terhadap hardware. sehingga bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain. dengan layanan-layanan seperti manajemen thread. Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks. Cara kerja seperti ini. dari satu program ke program lainnya. yaitu bilamana pembuat program ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi perangkat keras atau bantuan sistem operasi. Layanan-layanan lainnya. yang biasanya .

dalam prakteknya. dan disebut dengan server. dan Mac OS/X 4. hal ini dapat mengakibatkan pengguna harus melakukan rekompilasi terhadap kernel. Sebagai contoh. dan server tersebut akan dihentikan oleh kernel utama. yang tentu saja sulit untuk dilakukan oleh pengguna biasa yang awam. sebuah sistem operasi yang populer digunakan pada hand phone. pada pendekatan microkernel justru diimplementasikan di dalam ruangan pengguna (user-space). Akan tetapi. Server dapat mengizinkan sistem operasi agar dapat dimodifikasi hanya dengan menjalankan program atau menghentikannya. atau bahkan untuk menjalankan server-server lainnya. dan biasanya untuk melakukan proses eksekusi aplikasi pun menjadi sulit. . tidak akan menyebabkan kernel menjadi tidak dapat berjalan. seperti halnya dukungan jaringan. server jaringan (istilah server di sini tidak dimaksudkan sebagai komputer pusat pengatur jaringan) tidak perlu dijalankan. Pada sistem operasi tradisional yang menggunakan monolithic kernel. seperti halnya program lainnya. Symbian OS. sistem operasi yang menggunakan microkernel disebut jauh lebih stabil dibandingkan dengan monolithic kernel. embedded device. Hal ini disebabkan oleh adanya overhead yang terjadi akibat proses input/output dalam kernel yang ditujukan untuk mengganti konteks (context switch) untuk memindahkan data antara aplikasi dan server. kernel yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum untuk tujuan edukasi 5. OPENSTEP. NexTSTEP.disediakan oleh kernel. Server atau disebut sebagai peladen adalah sebuah program. bagian dari system state dapat hilang oleh server yang gagal bekerja tersebut. handheld device. sebuah kernel yang dikembangkan untuk tujuan edukasi 3. Amoeba. Beberapa sistem operasi yang menggunakan microkernel: 1. Kernel Mach. Dalam teorinya. IBM AIX. untuk sebuah mesin yang kecil tanpa dukungan jaringan. sebuah versi UNIX dari IBM 2. dan PDA Phone. Minix. Sistem operasi yang menggunakan microkernel umumnya secara dramatis memiliki kinerja di bawah kinerja sistem operasi yang menggunakan monolithic kernel. karena sebuah server yang gagal bekerja. yang digunakan di dalam sistem operasi GNU/Hurd.

id%2Fhandouts%2FS1_Sistem%2520Informasi %2FLectureNote-Sistem-Operasi-JurusanSK.wordpress.unsri.id/rennyamalia/sistem-operasi/tugas-sistem-operasi-2/mrdetail/48335/ http://www.wikipedia.id/url? sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCIQFjAA&url=http%3A%2F %2Fopenstorage.org/wiki/System_call http://dewa18.google.doc&ei=m_aGT8CPCsewiQeB0f3HBw&usg=AFQjCNGVu6xWXCP43n8JbNWeBxnTj HnWoQ .gunadarma.wordpress.com/2009/10/28/operasi-sistem-komputer-struktur-sistem-operasidan-system-call/ http://blog.com/2009/10/28/operasi-sistem-komputer-struktur-sistem-operasidan-system-call http://2009030ifunsika.Daftar Pustaka http://dewa18.ac.ac.co.blogdetik.com/category/sistem-operasi/ http://en.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->