Nama NIM Jurusan Semester/Kelas

: Ahmad Afif Mauludi : 1111101000051 : Kesehatan Masyarakat : II/B

1. Hipertrofi : Peningkatan volume organ atau jaringan akibat pembesaran komponen sel tanpa adanya peningkatan jumlah sel. Contoh kalimat : Hipertrofi otot adalah satu bentuk paling umum dan paling jelas dari hipertropi organ.

2. Hiperplasia : Peningkatan jumlah sel sehingga merubah ukuran dari suatu organ. Contoh kalimat : Remaja putri akan mengalami hiperplasia pada sel mamae setelah menstruasi pertama.

3. Edema : Penimbunan cairan diantara sel-sel tubuh atau di dalam rongga tubuh Contoh kalimat : Salah satu faktor yang menyebabkan edema adalah kadar protein dalam darah yang rendah.

4. Kongesti : Terdapat darah secara berlebihan di dalam pembuluh darah pada daerah tertentu. Contoh kalimat : Kongesti merupakan kelaianan yang lebih sering bersifat kronik.

5. Pus : Nanah/ eksudat yang terdiri dari leukosit yang kerap kali bercampur dengan fibrin atau mucus. Contoh kalimat : Pus merupakan salah satu tanda adanya infeksi bakteri pada kulit.

6. Syok : Suatu sindrom klinis kompleks yang mencakup sekelompok keadaan dengan berbagai manifestasi hemodinamik. Contoh kalimat : Orang tersebut mengalami syok karena kekurangan banyak darah.

Apoptosis : Mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian sel terprogram. 9. 13. 8. Tendon : Pita jaringan fibrosa ujung otot yang menempel pada tulang. Perdarahan : Sistem peredaran darah. Contoh kalimat : Dua proses penting yang menunjukkan perubahan nekrosis adalah pencernaan sel oleh enzim dan denaturasi protein. Contoh kalimat : Jenis perdarahan pada manusia adalah tertutup. 12. 10. Contoh kalimat : Kanker merupakan penyakit yang belum jelas etiologinya. Contoh kalimat : Sangat sulit mendapatkan cadaver di Bali. 14. Contoh kalimat : Fungsi tendon adalah menghubungkan berbagai organ tubuh. . Etiologi : Serangkaian peristiwa yang menyebabkan sakitnya penderita. 11. Contoh kalimat : Osteogenesis terjadi setelah osteoblast beregenerasi. Contoh kalimat : Apoptosis pada umumnya berlangsung seumur hidup dan bersifat menguntungkan bagi tubuh. Nekrosis : Kematian sel yang disebabkan oleh kerusakan sel secara akut. Cadaver : Mayat/ jenazah yang digunakan mahasiswa belajar anatomi di Fakultas Kedokteran. Obesitas : Kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Contoh kalimat : Langkah awal dalam mengobati obesitas adalah menaksir lemak tubuh penderita dan risiko kesehatannya dengan cara menghitung indeks massa tubuh. Osteoblast : Sel pembentuk tulang. seperti otot dengan tulang. karena adanya budaya ngaben.7.

Contoh kalimat : Dislokasi merupakan salah satu ciri dari perubahan bentuk fisik manusia karena kasus trauma. 18. Pendarahan : Keluarnya darah dari pembuluh darah. Contoh kalimat : Bakteri Escerichia coli terdapat pada kolon manusia untuk membantu proses pencernaan. Dislokasi : Pindahnya permukaan sentuh tulang yang menyusun sendi. Komplikasi : Kondisi dimana pasien mengalami dua penyakit atau lebih secara bersamaan.15. Contoh kalimat : Komplikasi pada suatu penyakit bisa terjadi setelah atau sebelum pasien masuk ke dalam Rumah Sakit. 20. Contoh kalimat : Kanker merupakan penyakit neoplasma. Contoh kalimat : Kardio adalah salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Kardio : Jantung/Organ pemompa darah. Contoh kalimat : Toro mengalami pendarahan hebat pada kepala setelah jatuh dari ketinggian 6 meter. 17. 16. 19. Kolon : Usus Besar. . Neoplasma : Pembentukan jaringan baru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful