Nama : - Febi Gelar Ramadhan - Ika Rustika - Sylvester Vincent - Yadi Purdianto XI TKJ A SMKN 1 Cimahi Senin, 30 November

2011

Pembimbing : - Pak Dodi - Pak Rudi JARINGAN AD HOC (Windows 7) Eksperimen keNilai : Paraf :

I.

Pendahuluan
Jaringan WiFi Ad hoc adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode Infrastructure.

Topologi untuk wireless diantaranya : 1. Topologi Ad-Hoc Jaringan yang dibangun hanya menggunakan komponen wireless LAN Card tanpa menggunakan Access Point sebagai Penghubung.

Routing Protokol yang terkenal untuk jaringan Ad Hoc adalah :     Ad Hoc On-demand Distance Vector (AODV) Dynamic Source Routing (DSR) Zone Routing Protocol (ZRP) Temporally Ordered Routing Algorithm (TORA)

2. Topologi Infrastruktur Pada Topologi ini selain menggunakan wireless LAN Card pada masing-masing komputer, pada topologi ini juga menggunakan acces point sebagai media penghubung. Jadi client jaringan harus melalui acces point terlebih dahulu sebelum dapat berhubungan dengan client yang lain.

Klik Open Network and Sharing Center 2. Tjujuan  Siswa dapat melakukan konfigurasi Ad Hoc  Siswa dapat membuat jaringan Ad Hoc  Siswa dapat melakukan file transfer melalui Ad Hoc III. Langkah Kerja 1. Alat & Bahan  2 buah PC running win7 dan win XP  Wireless adapter IV. . Lalu pilih Set up a new connection or network.II.

pilih Set up a wireless ad hoc.3. . Setelah jendela baru muncul.

Ubah Securitynya menjadi No authentication (Open). Klik next lalu klik next lagi untuk melanjutkan perintah. Masukan nama ad hoc yang ingin anda buat. 6.4. 5. . Klik Next untuk melanjutkan.

Klik kanan pada Wireless Network Connection>Properties. 8. Jika sudah.7. . atur IP Address wireless anda pada Open Network and Sharing Center>Change Adapter Setting.

9.168.254 10.1.1. Pada laptop 1 memiliki IP = 192. Klik Ok. Lalu ubah IP Address dan Subnet mask agar satu network.1 Pada laptop 2 <kami >memiliki IP= 192. Lakukan konfigurasi yang sama pada computer yang lain.168. Pilih Internet Protokol version 4>Properties. .

Cara mengeceknya adalah cek di control panel  Windows Firewall .11. pastikan firewall kedua laptop dalam keadaan off. Sebelum melakukan file sharing.

maka akan muncul kotak dialog seperti berikut. .12. 13. Pilih “Turn Windows Firewall on or off”. Pilih Turn off Firewall lalu klik OK.

15. Matikan password agar kedua laptop dapat melakukan file sharing dengan cara ke control panel  Network and Sharing Center.14. Pilih “Change advanced sharing settings”. .

17.16. Turn on pada bagian Public folder sharing dan Turn off pada Password protected sharing. Setelah itu lakukan pengecekan apakah computer anda telah terkoneksi dengan yang lain atau tidak dengan mengetikan “ipconfig” pada cmd .

18. .kita dapat dengan mudah membuka dengan cara : klik pada strat menu > ketikan “IP computer yang tersharekan dengan kita” pada search program and files 19. Maka akan mucul share folder milik IP tersebut. Untuk mencari atau membuka share folder .

21. Lalu pilih dan klik kanan folder yang ingin anda sharing dan klik Properties. Lalu jendela baru akan muncul. pilih tab Sharing>Advanced Sharing .20.

lalu klik Permissions. Pilih Share this folder. lalu pilih Add untuk menambah object .22.

Lalu buka My Network Place masuk pada Komputer milik anda lalu klik kanan pada Folder yang anda Sharing>Properties>Pada tab Security>Edit…>Add…>Everyone>OK>Check Allow Full Control.23. . Klik Everyone jika tidak ada maka buat dengan cara add > isikan kotak tersebut dengan everyone > applay >ok 24.

25. . Hasil Kerja Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa file sharing yang kami lakukan dari laptop teman kami telah berhasil dilakukan . VI. yang kita lakukan hanya mengikuti langkah-langkah seperti praktek kali ini. Maka file sharing akan berhasil dan tak lupa lakukan pengecekan dengan membuka Share folder pc kita atau laptop teman anda yang tersharing. kita dapat melakukan sharing file dengan mudah. tanpa harus memasangkan kabel seperti praktek sebelumnya. V. Kesimpulan Dengan topologi ad-hoc ini. Jadi. maka tidak perlu menggunakan FD (flash disk) untuk memindahkan data tersebut. ketika kita akan mengcopy kan sesuatu file atau folder pada laptop A.