Budidaya Tanaman Sawi Daging (Brassica juncea ) Secara Konvensional

Aditha Fitrina Andiani Dimas Aji Kurniawan Dinar Winia Mahandira Hasyati Miftalia Aisah Sherlina Rachma

Oleh:

Latar Belakang
1. Indonesia adalah negara agraris. 2. Kurangnya minat generasi untuk menekuni bidang pertanian. 3. Nilai tanaman sawi daging yang sangat bermanfaat. 4. Sawi memiliki prospek dalam perkembangannya.

Bagaimana teknik budidaya tanaman sawi daging (Pak Choy) secara konvensional yang baik dan benar? 2. Apa sajakah kendala yang dihadapi dalam budidaya tanaman sawi daging (Pak Choy) secara konvensional? .Rumusan Masalah 1.

Tujuan 1. Untuk memberi informasi bagaimana teknik budidaya tanaman sawi daging (Pak Choy) secara konvensional. Untuk mengetahui kendalakendala yang dihadapi dalam budidaya tanaman sawi daging (Pak Choy) secara konvensional. 2. .

Manfaat Penyusun Pembaca .

Menambah pengalaman penyusun dalam hal kegiatan budidaya tanaman sawi (Pak choy) secara konvensional maupun dalam penyusunan laporan kegiatan. Membiasakan diri dalam menghadapi kendala dan masalah di lapangan seperti hama dan penyakit yang menyerang serta mencari solusinya Meningkatkan minat kita sebagai generasi penerus terhadap pertanian Indonesia.Memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan mengenai teknik budidaya serta kendala yang dihadapi dalam budidaya tanaman sawi daging (Pak choy) secara konvensional. .

Meningkatkan minat kita sebagai generasi penerus terhadap pertanian Indonesia. Meningkatkan keterampilan siswa di bidang pertanian khususnya budidaya sayuran secara konvensional.Memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan mengenai teknik budidaya serta kendala yang dihadapi dalam budidaya tanaman sawi daging (Pak choy) secara konvensional. .

Kingdom Subkingdom Superdivisi Divisi Kelas Sub kelas Ordo Plantae Tracheobionta Spermatophyta Magnoliophyta Magnoliopsida Dilleniidae Capparales Morfologi Dimanfaatkan daun & bunganya Percabangan silindris menyebar ke segala arah Pangkal batang menggembung Subtropis dan tropis Batang pendek beruas Akar tunggang Daun melebar Tangkai membesar Jarak tanam 25x20 Famili Genus Spesies Brassicaceae Brassica Brassica juncea Sistematika .

Syarat Tumbuh Iklim • subtropis • tropis Cuaca • hujan • Kemarau • lembab • • • • Tanah Gembur Humus Subur pH 6-7 Ketinggian • 5-1200 m dpl • Biasanya 100-500 m dpl .

dan magnesium. Kandungan non-gizi yang ada dalam sayur sawi adalah serat. zat besi. fosfor. Mengandung kalsium. E. Meningkatkan angka devisa (dapat diekspor dengan meningkatan mutu) Nilai Gizi Sayur sawi kaya akan vitamin. kalium. protein dan lemak. . mangan. Mengandung karbohidrat. folat. B. Misalnya vitamin A. C.Nilai Ekonomi Dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. trptofon. dan K.

beberapa ahli mengatakan bahwa kadarnya hampir sama seperti jeruk. Sayur sawi memiliki komponen kimia penghambat penyakit kanker. Vitamin paling tinggi yang ada di sayur sawi ini adalah vitamin K. . Mencegah terjadinya penyakit gondok.Manfaat Kandungan vitamin yang cukup tinggi. Untuk kandungan vitamin C-nya. Serat pangannya yang cukup tinggi bisa membantu proses pencernaan. Dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat menurunkan kadar gula darah.

Penanaman .

Pemeliharaan Penyiraman Penyiangan Penyulaman Pendangiran .

Pemupukan Penjarangan Pemangkasan Pemberian Mulch Pemberantasan .

Pemanenan Waktu dan umur panen : sore hari . kantong plastik. timbangan Hasil Panen : 2. 35 hari setelah penanaman Alat panen : timba. air.5 kg .

Analisis Hasil Panen *Hasil panen yang kurang memuaskan (2.5 kg) atau sekitar 50% saja *Keadaan tanaman sawi hasil panen cukup segar .

Kendala yang Dihadapi Bibit kurang unggul Cuaca yang kurang mendukung .

Dalam berbudidaya tanaman sawi mengalami beberapa kendala seperti bibit kurang unggul dan cuaca yang kurang mendukung. penyiangan. penjarangan. pemupukan. penyiraman. pemberian mulch. pendangiran. pemangkasan. . penyulaman. dan pemanenan. pemberantasan htp.Kesimpulan Budidaya tanaman sawi dimulai dari penanaman.

Saran 1. Bagi pemerintah 2. Bagi masyarakat 4. Bagi petani 3. Bagi peneliti selanjutnya .

The End thx .

75 gr / 250 cc Jumlah 30 gr/10 L Air atau 300 gr/bdg 30 gr/10 L Air atau 300 gr/bdg 30 gr/10 L Air atau 300 gr/bdg dikocor .75 gr / 250 cc 0.75 gr / 250 cc 0.Pemupukan Umur Tanaman 2 Mst 3 Mst 4 Mst Jenis Pupuk Urea Urea Urea Dosis 0.

Manfaat dan Sifat Urea Sifat Pupuk Urea • Higroskopis • Mudah larut dalam air • Universal Manfaat unsur hara Nitrogen yang dikandung pupuk Urea • Membuat bagian tanaman lebih hijau dan segar • Nitrogen membantu untuk memperbanyak klorofil • Mempercepat pertumbuhan • Menambah kandungan protein hasil panen .