Kelebihan dan kekurangan Android

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android. Android adalah sistem operasi yang dimiliki oleh Google, sistem operasi ini memang bukan barang baru lagi, bahkan produsen produsen lokal pun sudah banyak yang mengaplikasikan produk produk mereka, mulai dari handphon hingga tablet. Perkembangan dari sistem operasi ini yang cukup pesat, membuat Android menjadi saingan berat sistem operasi lain yang sudah mapan. Lahir sebagai tandingan iOS, Android menunjukan grafik perkembangan yang sangat signifikan. Sebagai sistem operasi yang sangat bagus dan sangat laku di pasaran bukan berarti Android tidak mempunyai kelemahan kelemahan. seperti halnya sistem operasi dan perangkat elektronik yang lain Android juga mempunyai kekurangan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kekurangan dari sistem operasi android : Kelebihan Android :
      

Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja Akses mudah ke Android App Market : Pemilik android adalah orang yang gemar utak atik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis Sistem Operasi Merakyat : Ponsel Android, beda sekali dengan iOS yang terbatas pada iphone dari Apple, maka Android punya banyak produsen, dengan gadget andalan masing masing mulai HTC hingga Samsung Fasilitas penuh USB. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android Install ROM modifikasi : kita kadang mendapati ROM yang tidak resmi. Maksudnya adalah versi yang telah rilis tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel kita, jalan terakhir kita adalah modifikasi. Jangan khawatir ada banyak custom ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android, dan dijamin tidak akan membahayakan perangkat anda.

Kekurangan/ Kelemahan Android :
    

Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita. Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik anda. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI. Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware. Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google. Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.

Para Developer pihak ketiga sendiri mengartikan ROM (Read Only Memory) sebagai OS bawaan yang terinstall secara default pada perangkat Android baik itu handphone maupun tablet. anda bisa belajar dengan mencoba-coba. tetapi seiring dengan waktu. restore. Untuk mengatasi hal tersebut. recovery. Jenis ROM Stock ROM Merupakan versi dari OS default dari perangkat yang anda beli. didalamnya sudah termasuk kernel. sehingga beban pengguna memory berkurang dan mengakibatkan performa merangkak naik. Secara garis besar kernel adalah jantung dari sebuah OS. Masi banyak bug. sehingga daya tahan baterai pun menjadi lebih tahan lama. kebutuhan energi untuk menjalankan sistem menjadi lebih kecil. kernel merupakan pondasi atau komponen yang mendukung dari OS tersebut. atau yan lain. berbagai aplikasi standar yang dirasa tidak diperlukan dihapus. Custom Rom Merupakan sebuah versi dari OS tersendiri yang dikembangkan oleh pihak ketiga dari stock ROM yang ada. Dalam hal ini. Hal ini juga terdapat pada sebuah Custom ROM. Kekurangan :   Memerlukan pemahaman teknis dan pengetahuan dasar seperti cara melakukan flashing. tentunya masih terdapat kekurangan. Namanya modifikasi. aplikasi. seperti telepon. ada beberapa fitur pada perangkat yang tidak berjalan. pihak developer biasanya merilis sebuah patch/fix. kita juga harus berbicara tentang kernel. Bluetooth. dan lain lain. Efisiensi Baterai. Kelebihan :   Performa Meningkat.Dalam hal Custom ROM (Read Only Memory) Pengertian Custom ROM Custom ROM (Read Only Memory)adalah sebuah image dari Operating System (OS) yang sudah di kustomisasi sedemikian rupa oleh developer pihak ketiga. apapun yang diperlukan untuk mengoperasikan sebuah perangkat Android. Bisa saja setelah terinstal. WiFi. . dalam memodifikasi kernel yang ada.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful