P. 1
Proposal Pl Agoy

Proposal Pl Agoy

|Views: 13|Likes:
Published by Alan Dhani

More info:

Published by: Alan Dhani on Nov 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

PROPOSAL RENCANA PRAKTIK KERJA LAPANG

MEMPELAJARI MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU MINYAK NILAM DI BALAI PENELITIAN TANAMAN REMPAH DAN OBAT

Oleh : BUDI PERMANA B.0910054

JURUSAN TEKNOLOGI MANAJEMEN INDUSTRI AGRO FAKULTAS AGRIBISNIS DAN TEKNOLOGI PANGAN UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR 2012

Dosen Pembimbing . Ir.UNIVERSITAS DJUANDA FAKULTAS AGRIBISNIS DAN TEKNOLOGI PANGAN JURUSAN TEKNOLOGI MANAJEMEN INDUSTRI AGRO MEMPELAJARI MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU MINYAK NILAM DI BALAI PENELITIAN TANAMAN REMPAH DAN OBAT Oleh : BUDI PERMANA B.0910054 RENCANA PRAKTIK KERJA LAPANG Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Melakukan Praktik Lapang Disetujui : Bogor.Agr. Reki Wicaksono Ashadi. 8 Maret 2012 Dr.. M.

PEMBIMBING LAPANG :Ditentukan bersangkutan. Universitas Djuanda.I. C. B.. oleh perusahaan yang Agro. Universitas Djuanda.. 0910054 Mahasiswa tingkat III (semester VI). Bogor. Jurusan Teknologi Manajemen Industri Agro. Ir. Staf pengajar Jurusan Teknologi Manajemen Industri Teknologi Bogor. PEMBIMBING :Dr. PERSONALIA A.Reki Wicaksono Ashadi. JUDUL : MEMPELAJARI MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU MINYAK NILAM DI BALAI PENELITIAN TANAMAN REMPAH DAN OBAT II. Fakultas Agribisnis dan Pangan. Fakultas Agribisnis dan Teknologi Pangan.. . M.Agr. PELAKSANA : Budi Permana B.

Latar Belakang Peningkatan dan pengembangan kualitas lulusan perguruan tinggi tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak universitas. Melalui kegiatan praktek lapang ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan. Salah satu penyebabnya adalah karena kurikulum yang disusun saat ini tidak mencukupi kebutuhan. Praktek lapang dilaksanakan atas bimbingan dosen dari perguruan tinggi dan staf ahli di perusahaan yang menjadi lokasi praktek lapang. Universitas Djuanda merupakan suatu realisasi dari materi-materi kuliah yang didapatkan selama kuliah.III. seorang mahasiswa wajib mencari pengalaman teknis dan keterampilan praktis yang tidak didapatinya dibangku kuliah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan praktek lapangan pada perusahaan atau instansi yang terkait dengan keprofesiannya. dan keterampilan melalui penerapan ilmu. sikap. PENDAHULUAN A. Kegiatan Praktik Lapang yang menjadi salah satu kurikulum dalam SKS yang diambil oleh Mahasiswa Fakultas Agribisnis dan Teknologi Pangan. Kegiatan praktek lapang ini . serta pengamatan langsung di lapangan. Disiplin ilmu yang dialami selama kuliah. Setelah dibekali teori suatu disiplin ilmu. Pribadi masingmasing mahasiswa memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap hal ini. latihan kerja. tidak menjamin seorang mahasiswa memberikan kontribusi yang cukup terhadap hal ini.

menghayati untuk dapat memecahkan permasalahan yang cukup kompleks dalam dunia kerja secara sistematis. dan pengamatan teknik-teknik yang diterapkan di lapangan dalam bidang keahlian Mempelajari manajemen pengendalian mutu minyak nilam. relevan dalam pembangunan. aspek ini merupakan hal yang sangat penting karena berhubungan erat dengan kualitas dari produk yang dihasilkan. sikap dan kemampuan profesi mahasiswa melalui penerapan ilmu. Mendekatkan perguruan tinggi kepada dunia usaha dan industri agar terjadinya Link and Match antara pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di perguruan tinggi dengan aplikasi dan penerapannya di dunia usaha dan dunia industri. B. latihan kerja. Mengembangkan pengetahuan. . Mempelajari manajemen pengendalian mutu minyak nilam yang akan diambil dalam praktik lapang ini.diharapkan juga dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam memecahkan suatu masalah di lapangan. b. c. Tujuan 1. Tujuan Umum a. Menghasilkan sarjana terampil. serta mampu membantu berfikir kritis dan rasional dalam mencari pemecahan masalah tersebut.

METODOLOGI Metodologi yang digunakan adalah kerja nyata. IV. pencatatan dan analisa data. Waktu Praktek lapang ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan terhitung mulai tanggal 23 Maret sampai dengan 20 April 2012 dengan jadwal kegiatan terlampir pada Lampiran 1. Tempat a. pengukuran sederhana. Mempelajari manajemen pengendalian mutu minyak nilam di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. diskusi. serta sejauh mana aplikasinya tentang penerapan manajemen pengendalian mutu minyak nilam di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. B. Pelaksanaan praktek lapang ini bertempat di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. yang bertempat di Jalan Tentara Pelajar No. V. wawancara.2. TATA LAKSANA A. 3 Cimanggu Bogor. . pengamatan. Tujuan Khusus a. Membandingkan antara ilmu di perkuliahan. yang bertempat di Jalan Tentara Pelajar No. serta telaah pustaka. 3 Cimanggu Bogor. b.

VI. VII. PENUTUP Demikian rencana kerja Praktik Lapang ini disusun dan disajikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam pelaksanaan kegiatan nantinya. Kerangka penyusunan laporan Praktik Lapang adalah seperti terlampir dalam Lampiran 2. Semoga Allah SWT. Rencana kerja ini dapat diharapkan lancar tetapi bersifat fleksibel terhadap penyesuain situasi dan kondisi yang dihadapi. Selalu memberikan jalan dan rahmat-Nya didalam setiap aktifitas kita. Amin. LAPORAN Hasil dan pelaksanaan praktik kerja lapang ini akan disajikan dalam bentuk laporan setelah dan selama pelaksanaan praktik. .

Jadwal Kegiatan Praktik Lapang Waktu No Maret Aktifitas Penyelesaian administrasi dan perkenalan Pengenalan keadaan umum perusahaan Pengamatan menejemen pengendalian mutu Melengkapi data praktik lapang Menyusun laporan sementara praktik lapang Menyusun draft laporan praktik lapang 3 √√ √√ √√ 4 1 April 2 1.LAMPIRAN Lampiran 1. 3 5. 7. Kerangka Laporan Praktik Lapang LEMBAR JUDUL . 6. 2. √√ √√ √√ Lampiran 2.

Topografi D. Pengendalian Mutu Minyak Nilam V. Sejarah Perusahaan dan Perkembangannya B. Pengendalian Mutu Minyak Nilam IV. KESIMPULAN DAN SARAN A. KEADAAN UMUM PERUSAHAAN A. Menejemen Pengendalain Mutu A. Kesimpulan B. Lokasi dan Tata Letak Perusahaan C.LEMBAR PENGESAHAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN I. PEMBAHASAN A. PENDAHULUAN A. Bahan Baku dan Penanganan Pasca Panen B. Susunan dan Struktur Organisasi III. Pengendalian Mutu Bahan Baku B. Tujuan Praktik Lapang II. Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN . Pengendalian Mutu 1. Latar Belakang B. Pengendalian Mutu Proses Produksi C. Pengolahan C. Pengendalian Mutu Bahan Baku 2. Pengendalian Mutu Proses Produksi 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->