DOKUMEN KA-ANDAL

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk (IDX: ULTJ )

merupakan perusahaan multi nasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Padalarang, Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131, Padalarang, Kab. Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971. Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara. Pada awalnya perusahaan yg berawal dari sebuah rumah di Jln. Tamblong Dalam, Bandung, ini hanya memproduksi susu. Namun seiring perkembangannya, dia juga memproduksi juice dalam kemasan bermerek Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari Asem Asli dan Sari Kacang Ijo. Sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Perusahaan yang didirikan oleh Ahmad Prawirawidjaja ini, seorang pengusaha Tionghoa yg sudah bermukim di Bandung, sekarang dikomandani oleh generasi kedua, yaitu Sabana Prawirawidjaja, dan siap-siap diteruskan kepada generasi ketiga, Samudera Prawirawidjaja.

1.2 Tujuan dan manfaat Tujuan dan manfaat dari Perusahaan ialah berusaha dalam bidang perindustrian dan perdagangan. Perusahaan bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman. Di bidang minuman Perusahaan memproduksi rupa-rupa jenis minuman seperti susu cair, sari buah, teh, minuman tradisional dan minuman kesehatan, yang diolah dengan

supermarket. Penjualan melalui modern trade dilakukan ke minimarket. Di bidang makanan Perusahaan memproduksi susu kental manis. susu bubuk.3. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup v PP No. dan hypermarket.” 1. dan konsentrat buahbuahan tropis.teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan dikemas dalam kemasan karton aseptik. kios-kios. 27/1999 tentang AMDAL .3 Visi dan Misi 1. Perusahaan juga melakukan penjualan ekspor ke beberapa negara. Perusahaan memiliki kantor perwakilan dan stock point yang tersebar di Pulau Jawa.3. P&D. dan pasar tradisional lain dengan menggunakan armada milik Perusahaan. Penjualan tidak langsung dilakukan melalui agen /distributor yang tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. dengan senantiasa mengutamakan kepuasan konsumen.2 Misi “Menjalankan usaha yang dilandasi dengan kepekaan yang tinggi untuk senantiasa berorientasi kepada pasar atau konsumen. Perusahaan memasarkan hasil produksinya dengan cara penjualan langsung (direct selling). penjualan tidak langsung (indirect selling). dan melalui pasar modern (modern trade).” 1. Penjualan langsung dilakukan ke toko-toko. Untuk menunjang kegiatan pemasaran dan memperlancar distribusi produknya. dan kepekaan serta kepedulian untuk senantiasa memperhatikan lingkungan yang dilakukan secara optimal agar dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggung jawaban kepada pemegang saham. 1. dan menjungjung tinggi kepercayaan para pemegang saham serta mitra kerja perusahaan.4 Peraturan v UU RI No.1 2 Visi “Menjadi perusahaan industri makanan dan minuman yang terbaik dan terbesar di Indonesia.

konstruksi. 13/2010 tentang Pedoman UKL-UPL dan SPPL v Per. 1. Ultra Jaya menimbulkan dampak. 45/2005 tentang Pedoman Implementasi RKL-RPL v Per. Men. 11/2006 tentang Jenis Rencana Usaha/Kegiatan yang Wajib dilengkapi dengan AMDAL v Per. LH No. penting terhadap lingkungan. PT.v Undang-Undang No. Men. LH No. Lalu pada tahun 1971.1 Lingkup rencana usaha atau kegiatan yang akan ditelaah 2. Men LH No. baik pada tahap pra konstruksi.1 Status dan Lingkup Rencana Usaha Kegiatan yang akan Ditelaah a) Pada uraian status studi AMDAL suatu perusahaan di PT. perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company.1. PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu.Ultra Jaya. 86/2002 tentang Pedoman UKL-UPL v Per. Gambaran proyek PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil pada tahun 1958. 14/2010 tentang Pedoman DELH dan DPLH BAB II RUANG LINGKUP STUDI 2. LH No. Men. Studi kelayakan tempat yang dekat dengan masyarakat mengakibatkan perusahaan PT. Men LH No. 23 Tahun 1997 tentang PengelolaanLingkungan Hidup di Indonesia dan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 11 Tahun 2006 v PP No. Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/ Kota v Per. Men. minuman dan makanan dalam kemasan .Ultra Jaya. 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah. maupun pasca konstruksi.LH No. v Per.8/2006 tentang Pedoman Penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Ultra Jaya ini sudah berada pada tahun 1970an. Jadi. 2. 4. pernah terjadi bau busuk yang berasal dari limbah cair PT Ultra Jaya yang menyengat dan mengganggu penciuman warga di sekitar Kampung Bunisari. 3.aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu. PT. Desa Gadobangkong. Tahap Pasca Operasi :Setelah adanya PT. Kecamatan Ngamprah. PT. Pada awal pembangunan PT. 2.Ultra Jaya. b) Pada uraian rencana usaha pada suatu perusahaan di PT.Ultra Jaya. Mengenai tahapan kegiatan yang ditelaah Tahap Pra Konstruksi : Sebelum adanya PT. segar dan berkualitas. Ultra Jaya menghasilkan pembuangan air limbah yang dihasilkan pada pabrik tersebut. pada umumnya wilayah sekitar Desa Mekarsari ini merupakan lahan pertanian.Ultra Jaya pada tahun selanjutnya sehingga akan berdampak besar karena persawahan dan pemukiman akan dijadikan peluasan pabrik untuk tahun kedepan. untuk rencana perusahaan ini sudah berada pada zaman dahulu. Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah. Buavita untuk jus buah segar dan Teh Kotak untuk minuman teh segar. Pada sebagian wilayah jalan tol ini akan dijadikan lokasi PT. Artinya akan ada perbesaran wilayah PT.Ultra Jaya ini terletak di dekat jalan tol. Tahap Operasi : Pada tahun 2010. masyrakat sekitar mulai merasakan dampak yaitu kurangnya tersedia sumber dayaa air seperti sumur-sumur yang berada di sekitar menjadi kering d) PT.Ultra Jaya kedepannya. mulai dari susu segar. dipastikan berasal dari genangan limbah pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) perusahaan yang rusak serta uap limbah yang tertiup angin pada siang hari. Ulltra Jaya. Ultra Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman. Ultra Jaya. Ultra Jaya tidak membuat suatu pengolahan . Tahap Konstruksi : Dibuat saluran air pengolahan air limbah untuk mengolah air limbah yang keluar dari PT. c) 1. daun teh hingga buah-buahan tropis.2 Alternatif yang akan dikaji dalam ANDAL PT.1.

1. dan kebisingan Iklim di Cimareme · · · · Curah hujan 1400 mm Jumlah bulan hujan 7-8 bulan Suhu rata-rata harian 280C Tinggi tempat dari permukaan laut 600-676 md Kebisingan di sekitar PT. Setelah pembangunan selesai terjadi dampak terhadap lingkungan seperti tersedia sumber daya air seperti sumur-sumur yang berada di sekitar masyarakat menjadi kering karena air telah disedot oleh perusahaan PT. Ultra Jaya. Selain itu juga. Ultra Jaya. pembuangan susu basi dari pembersihan alat. sehingga akan menyebabkan dampak negatif kepada masyarakat sekitar. B.Ultra Jaya tidak terlalu menggangu masyarakat sekitar. pembuangan sampah yang dibuang ke sekitar pemukiman masyarakat dan air limbah. sehingga masyarakat sekitar pabrik tidak terlalau terganggu.Ultra Jaya ini tidak terlalu menimbulkan suara yang keras. Seperti. kemudian dampak lainnya adalah pembuangan air limbah dan pembuangan sampah yang dibuang ke sekitar pemukiman masyarakat yang dihasilkan pabrik PT. Ultra Jaya itu. pada tahun 2009. kualitas udara.air limbah yang layak. 2) Fisiografi . Lingkup Rona lingkungan hidup awal Pada awalnya tempat untuk membangun perusahaan PT. Kemudian. Ultra Jaya itu yang mengakibatkan pencemaran lingkungan masyarakat disekitar pabrik PT.3 A. Karena pada PT. dibuatlah suatu pengolahan air limbah yang mengolah sisa pembuangan air limbah susu sehingga tidak menimbulkan dampak negatif kepada masyarakat sekitar. 1) Komponen lingkungan hidup yang telah di telaah Fisik Kimia Iklim. 2. Atau lebih dikenal dengan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Ultra Jaya itu adalah persawahaan yang kemudian dijadikan perusahaan PT. a.

Ulta Jaya.254 ha/m2. Kemudian pendidikannya itu sendiri rata-rata SMP dan SMA. . Bentangan wilayah: Desa terletak di dataran rendah. Ultra Jaya terletak di Desa Gadobangkong. Mata pencaharian di wilayah sekitar kebanyakannya adalah petani. Ada juga yang pendidikannya kuliah. lahan pertanian disekitarnya menjadi berkurang c. kami dapat dari Rw sekitar tempat tersebut dengan jumlah pada tahun 2010 sebanyak 1200 jiwa. Untuk data penduduknya itu sendiri. 1) 2) Biologi Fauna : Flora : Semenjak adanya PT. Cimareme. terdapat aliran sungai dan bantaran sungai. Kecamatan Ngamprah. dll. Letak · · · · · · · Desa kawasan perkantorn Desa kawasan pertokoan/bisnis Desa kawasan campuran Desa kawasan industri Desa perbatasan antar kecamatan lain Desa DAS/bantaran sungai Desa Rawan banjir Orbitasi · · · Jarak ke ibu kota kecamatan 5 km Jarak ke ibu kota kabupaten 35 km Jarak ke ibu kota provinsi 20 km 3) Ruang. lahan. buruh. dan sawah Jenis dan Kesuburan Tanah: Warna tanah merah dan tekstur tanah lempungan b. tetapi sangat sedikit. 1) Sosial Demografi PT.Desa Cimareme terletak di kecamatan Ngamprah kabupaten Bandung Barat memiliki luas wilayah kurang lebih 244.

3.1 PEMRKASA A. 2. 2. Ultra Jaya. Menelaah. Bandung 40552. Ekonomi Masyarakat hanya sebagai formalitas pada pabrik PT. dengan ini perusahaan akan membuat pengolahan air limbah agar tidak terjadi pencemaran air lingkungan disekitar pabrik PT. Indonesia City :Bandung . PT. mengamati dan mengukur komponen lingkungan hidup yang diperkirakan terkenadampak besar dan penting.Ultra Jaya Street Address: Jl. Identifikasi dampak Prakiraan dampak Prakiraan dampak akan terjadi pencemaran air karena pembuangan limbah.Ultra jaya 3.d. Menelaah. Evaluasi karakteristik dampak Kriteria penilaian dampak penting Penilaian yang digunakan untuk dampak penting atau dalam penilaian uasaha biasanya menggunakan konsep dasar dari komponene kegiatan yang bias terlihat dampak penting yang terjadi pada perusahaan BAB IV PELAKSANAAN STUDI 4.1 Metode pengumpulan dam amalisis data 1. Raya Cimareme 131. 2.2 Metode prakiraan dampak besar dan penting 1. Mengamati dan mengukur mengukur komponen rencana dan kegiatan yang diperkirakan mendapat dampak besar dan penting dari lingkungan hidup sekitar. Ultra Jaya sehingga ekonomi pada masyarakat tidak terbantu adanya pabrik PT. Padalarang. BAB III METODE STUDI 3.3 Metode evaluasi 1.

Penyusun ANDAL BAB V DAFTAR PUSTAKA http://ultrajaya.htm lhttp://www.co.docstoc.Zip Code: 40552 Province/State: Jawa Barat Country/Region: Indonesia Phone: 62-22-86700700 Faximile: 62-22-6654612 Email: eddikur@ultrajaya.co.blogspot.waytodeal.com/docs/81967656/Laporan-Penilaian-Saham-PT-UltrajayaMilk-Industry-and-Trading-Company .ultrajaya.id B.com/about http://evanalurita.com/2010/02/visi-dan-misi-ptultra-jaya-milk.id Website: www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful