PERAWATAN GIGI PADA ANAK

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia

Disusun Oleh : Dedeh Reskasari Nadya Purwanty Putri Hardiantin Hasibuan Ria Mayanti Dosen Pengasuh : Dra. Hj. Nurbaya, M.Pd 04121004014 04121004052 04121004003 04121004056

PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN AJARAN 2012

Pertama. pertama gigi berlubang atau Caries gigi. Staf Ahli Menteri bidang pembiayaan dan pemberdayaan Departemen Kesehatan. terutama sehabis . Terlebih lagi kebiasaan buruk anak yang malas untuk menyikat gigi. maka akan sangat mengganggu aktivitas anak tersebut. Sudah menjadi rahasia umum jika anak kecil menyukai jajanan yang manis seperti es krim. Biasakan anak – anak untuk menggosok giginya secara teratur sejak kecil. penyakit ini akibat sisa s. permen dan coklat. menggosok gigi. Ketiga sakit gusi. Kedua. Mencegah lebih baik daripada mengobati. terutama mencegah gigi berlubang. Beberapa penyakit gigi yang sering menyerang anak. Adapun beberapa tindakan pencegahan agar gigi anak tidak berlubang. Dalam batas yang wajar tentu tidak bermasalah namun jika sudah berlebihan akan menimbulkan penyakit gigi pada anak tersebut. Eddie Naydial Roesdal menyatakan sekitar 90% anak Indonesia memiliki masalah gigi berlubang. Jika sudah sakit. Kedua plak gigi. Selanjutnya. merah dan terasa ngilu. Jumlah itu juga menunjukan pentingnya kesehatan gigi dan mulut ditanamkan kepada anak– anak Indonesia.PERAWATAN GIGI PADA ANAK Kondisi kesehatan gigi dan mulut anak Indonesia masih sangat memprihatinkan. Prinsip inilah yang harus ditanamkan sejak diri dalam diri anak. Gigi sulung berjumlah 20 buah dan tumbuh di dalam mulut mulai usia 6 bulan. membersihkan gigi sulung. Dan yang terakhir adalah sariawan. akan berganti gigi tetap saat usia anak 5 tahun yang dimulai dengan tumbuhnya gigi seri pertama. Biasakan anak untuk membersihkan gigi sulungnya secara rutin sejak gigi tersebut tumbuh di dalam mulut. Gigi sulung ini akan tanggal dengan sendirinya sehingga tidak perlu dicabut. Akan lengkap saat usia anak dua sampai tiga tahun. Kebiasaaan menggosok gigi harus dibiasakan sejak kecil. Jumlah itu sangat mengkhawatirkan sehingga harus mendapat perhatian serius dari tenaga kesehatan.sisa makanan manis yang membusuk dan menjadi asam disela – sela gigi sehingga lama kelamaan akan merusak gigi. penyakit ini disebabkan oleh jamur candida yang membuat area gusi membengkak. penyakit ini akibat membusuk sisa – sisa makanan terutama makanan manis yang tidak dibersihkan sehingga lama – kelamaan bakteri yang bersarang pada gigi menggerogoti gigi dan membuat lubang. penyakit ini akibat plak gigi yang menggerogoti gigi lambat laun membuat gusi menjadi iritasi.

Ada beberapa tips menyikat gigi yang baik dan benar. Anak – anak seringkali salah dalam menyikat gigi mereka sehingga menimbulkan iritasi dan gigi kurang bersih. Kedua. Beberapa jenis pasta gigi mungkin terasa pedas bagi . Lubang yang muncul ini bersifat kumulatif. Kerusakan gigi dan gigi berlubang disebabkan karena kurangnya kesadaran tentang kebersihan oral. gunakan sikat gigi yang tepat. Ketiga. memainkan peran atau memberikan imbalan bila anak menggosok gigi dengan benar. Cobalah untuk menjelaskan betapa pentingnya menggosok gigi dengan benar sehingga menjadikannya sebagai kebiasaan yang baik. Sikat gigi jenis ini sangat lembut pada gusi dan berfokus pada daerah–daerah kecil. membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing) dan kunjungan rutin ke dokter gigi seringkali diabaikan. Hal – hal seperti menggosok gigi dengan benar. mereka merasakan rasa dari pasta gigi. Sikat gigi yang lembut memiliki risiko yang lebih kecil untuk melukai gusi. Hal ini bertujuan memancing mereka untuk rajin menggosok gigi. pilih pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menguatkan email gigi. Ketika pertama kali anak – anak belajar menggosok gigi. Akibatnya kesehatan gigi anak akan semakin memburuk.makan dan sebelum tidur malam. pilih sikat gigi yang berbulu lunak agar tidak terjadi iritasi. Lubang akan terus membesar dan tidak akan kembali lagi seperti bentuk gigi sebelumnya. Pertama. Waktu tersebut merupakan waktu yang rentan untuk bakteri menyerang gigi anak sehingga mengakibatkan karies atau gigi berlubang. sehingga membersihkan lebih baik. kumur satu kali saja agar fluoride tertinggal di gigi terutama pada malam hari agar fluoride dapat bekerja dengan baik. rasa pasta gigi. Hal ini bisa membuat anak menjadi tertarik dan teratur menggosok gigi. menggosok gigi dengan benar. dapat diceritakan berbagai cerita fiktif tentang kerusakan gigi. Adapun tipsnya yaitu. ada beberapa tips yang digunakan untuk membuat anak rajin menggosok gigi. gosoklah gigi pada semua permukaan gigi selama satu sampai dua menit. Untuk itu. Gunakan juga sikat gigi dengan motif yang menarik seperti tokoh kartun yang digemari anak. Pada usia anak – anak gunakanlah selalu sikat gigi dengan bulu yang lembut atau soft. Untuk membantu hal tersebut.

Selain itu. mengingat. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh secara alamiah maupun secara terencana.mereka. Ada banyak jenis pasta gigi yang tersedia khusus bagi anak – anak dengan berbagai rasa buah. Dengan begitu. dan menyediakan fasilitas kepada anak agar anak dapat memelihara kebersihan gigi dan mulutnya. Jangan membuat hal tersebut menjadi penghalang bagi anak – anak untuk menggosok gigi. anak–anak akan lebih termotivasi untuk menggosok gigi. . orang tua juga mempunyai peran yang cukup besar dalam mencegah terjadinya akumulasi plak dan terbentuknya lubang gigi pada anak. memberikan pengertian. Peran serta orang tua sangat diperlukan dalam membimbing. Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendasari terbentuknya perilaku yang mendukung kebersihan gigi dan mulut anak. yaitu melalui proses pendidikan. Orang tua dengan pengetahuan rendah mengenai kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor predisposisi dari perilaku yang tidak mendukung kesehatan gigi dan mulut anak.

Lampiran KESEHATAN GIGI DAN MULUT GIGI ANAK INDONESIA KONDISI KESEHATAN GIGI ANAK INDONESIA PENYAKIT GIGI YANG SERING TERJADI PADA ANAK LUBANG GIGI PADA ANAK Judul Kerangka Topik : : Lubang Gigi Pada Anak 1. Jenis penyakit gigi yang sering menyerang anak 5. Kondisi kesehatan gigi anak Indonesia 2. Meningkatkan kesadaran anak merawat gigi 4. Pentingnya merawat gigi bagi anak 3. Perawatan gigi anak yang berlubang .

Jenis penyakit gigi yang sering menyerang anak 4. . Pencegahan penyakit gigi pada anak 5. Tips perawatan gigi anak 3. Kondisi kesehatan gigi anak Indonesia 2. Peran orangtua terhadap perawatan gigi anak.PIRAMIDA KERANGKA KARANGAN KEDOKTERAN KEDOKTERAN GIGI ILMU KEDOKTERAN GIGI ILMU KEDOKTERAN GIGI ANAK (PEDODONTIA) PERAWATAN GIGI PADA ANAK Judul Kerangka Topik : : Perawatan Gigi Pada Anak 1.

ANAK Judul Kerangka Topik : : Pencegahan Penyakit Karies Gigi Pada Anak 1. Kesehatan gigi anak Indonesia 2. Pentingnya merawat gigi sejak dini . Pencegahan penyakit karies gigi pada anak 5. Penyebab karies gigi pada anak 4. Jenis penyakit gigi yang sering menyerang anak 3.KESEHATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PENYAKIT GIGI KARIES PENCEGAHAN PENYAKIT KARIES GIGI PADA ANAK .

Gigi yang sehat dan kuat . Pentingnya merawat gigi sejak dini 4. Jenis – jenis gigi 2. Perawatan gigi yang baik dan benar 5.GIGI KEDOKTERAN GIGI JENIS – JENIS GIGI MOLAR. CANINUS. Masalah yang sering terjadi pada gigi secara umum 3. PREMOLAR. INSISIVUS PERAWATAN MASING – MASING JENIS GIGI AGAR SEHAT DAN KUAT Judul Kerangka Topik : : Perawatan Gigi 1.

ac.id/index.com/id/pelayanan/kedokteran_gigi_anak.html Diakses pada 19 Oktober 2012 .blogspot.specialistdentalgroup.DAFTAR PUSTAKA Http://factsandhealth.php Http://id.com/medicine-and-health/dentistry-oral-medcine/2112663-kelainan-gigiyang-sering-terjadi/ Http://carapedia.com/penyebeb_sakit_gigi_pencegahannya_info911.unissula.com/2011/12/4-tips -perawatan-gigi-untuk-anak-anak.shvoong.html Http://fkg.php?optiom_content&view=article&id=23:pentingnyakesehatan-gigi-anak-pada-usia-dini%catid=@:berita –utama-fkg Http://www.