P. 1
Prinsip Kredit Bank5C + 7P

Prinsip Kredit Bank5C + 7P

|Views: 920|Likes:
Published by rhs_mathgod

More info:

Published by: rhs_mathgod on Nov 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2014

pdf

text

original

Prinsip-prinsip Pemberian Kredit 5 C dan 7 P (Kehati2an Bank

)
Prinsip 5 C 1) Character (karakter) Yaitu untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat kejujuran yaitu kemauan untuk memenuhi kewajibannya. 2) Capacity (kemampuan) Adalah suatu penilaian kepada calon debitur mengenai kemampuan melunasi kewajiban-kewajibannya dari kegiatan usaha yang dilakukannya yang akan dibiayai oleh bank. 3) Capital (modal) Adalah penilaian terhadap kemampuan modal yang dimiliki oleh calon debitur diukur dengan posisi perusahaan secara keseluruhan yang ditunjukkan oleh rasio finansialnya dan penekanan pada komposisi modalnya. 4) Colateral (jaminan) Adalah barang jaminan yang diserahkan oleh peminjam atau debitur sebagai jaminan atas kredit yang diterimanya. Hal ini bertujuan untuk alat pengaman jika usaha yang dibiayai dengan kredit tersebut gagal. 5) Condition of economic (kondisi ekonomi) Adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi yang mempengaruhi perekonomian suatu negara akan memberikan dampak negatif maupun positif terhadap perusahaan yang memperoleh dana (Mulyono, 1996).

Page 1 of 2

Mahmuddin (2004). Page 2 of 2 . 7)Profitability adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan nasabah dalam mencari laba apabila kredit diberikan. loyalitas dan karakternya. 2) Purpose Adalah penilaian tujuan nasabah dalam mengambil kredit.Menurut H. 5) Protection Adalah kemungkinan gagal sehingga perlu jaminan sebagai benteng terakhir perlindungan dan berbagai asuransi perlindungan bagi nasabah dan bank. yang dikutip oleh Firdaus Yusuf (2006) selain prinsip 5C dalam kredit terdapat prinsip Tujuh P (7P) yaitu : Prinsip 7 P 1) Person atau People Adalah penilaian pribadi dan kemampuan usaha calon nasabah. 6)Party mengklasifikasikan nasabah dalam klasifikasi tertentu atau golongangolongan tertentu berdasarkan modal. 4) Payment Adalah penilaian kemampuan membayar kembali kredit. tenaga kerja dan pengelola serta orang-orang yang terlibat langsung dalam bisnis nasabah. 3) Prospect Adalah menilai masa depan usaha dan perhitungan bank antara resiko dan pendapatan yang diperoleh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->