PERKENALAN MYOB PREMIER V.

12 DAN OPENING SET UP

PERKEMBANGAN MYOB. MYOB adalah sebuah aplikasi yang diperuntunkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (ingegrated software). Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan dibeberapa negara lain, seperti di new zeland, asia, amerika, kanada, inggris. MYOB Premier dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multicurrency (banyak mata uang) dan multi user (banyak pengusaha)

 cara mengaktifkan myob premier v12. 1.klik start , klik all progam. 2.pilih myob premier dari dekstop.

 MEMBUAT DATABASE PERUSAHAAN BARU. 1.pada tampilan awal myob kita memilih create. 2.lalu isi dengan data perusahaan yang sesuai.

5. setelah itu plih tempat penyimpanan data kita 4.klik new.pilih account.Pilih modul account.3.double klik pada account yang ingin dirubah 3. Ada beberapa account yang harus kita rubah. . dan isi sesuai dengan data account yang baru  CARA MENGHAPUS ACCOUNT.lakukan perubahan dijendela edit account.klik next.plih command center. Mengubah data account. lalu klik account list 2.  CARA MENAMBAH ACCOUNT 1.maka kita sudah dapat mengaktifkan database perusahaan kita.Double clik pada account yang akan dihapus. lalu klik account list 2.yaitu: 1-0000 ASSETS 1-0100 Cheque accounts 1-0150 undeposite found 1-0200 trade debstor 2-0000 liabilities 2-0200 trade creditors 2-0300 payroll liabilities 3-0000 equity 3-0800 retained earning 3-0900 current year 3-0999 historical balancing MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI MENJADI 1-0000 Aktiva 1-1100 Kas 1-1102 Kas belum disetor 1-1120 Piutang usaha 2-0000 kewajiban 2-1100 hutang usaha 2-1110 hutang gaji 3-0000 modal 3-3000 laba ditahan 3-4000 laba periode berjalan 3-9999 historical balancing 1. 1.

2. dan pilih “checkn company profile for error” pada kolom bawah.pilih data yang akan kita import dalam file yang sudah tersimpan. lalu 1-1102 kas belum disetorkan untuk kolom bawah.pilh menu bar setup.pilih import. 4. klik link accounts. sales link accounts. klik link accounts.  Link account untuk “SALES LINKED ACCOUNTS” 1. kemudian klik pada field yang sama dikolom kanan. 3. Link account dibagi dalam tiga tahap. 5. import data 2. MEMBUAT LINK ACCOUNT Myob dapat langsung memproses transaksi kita dari data transaksi yang kita msukan. 3.pilih menu bar file.  BACK UP DATA 1. pilih tempat penyimpanan file kita. Dengan cara klik pada satu field disisi kiri. 3. sales link accounts.dengan sisi kiri. Oleh karena itu kita harus mengisi dengan benar link account tersebut agar transaksi dengan jurnal dapat selaras. .klik accounts.Pilih menu bar file.  MENGIMPORT DATA.maka account akan terhapus. accounts information.pilih “back up all data” pada kolom atas. back up 2. lalu pilih delete account.klik ok. yaitu acconts & banking.Pilih menu bar setup. 1.pasangkan sisi kana. 3.pilih 3-9999 historical balancing untuk kolom atas.klik menubar edeit.klik continue. dan purchase link accounts  Link account untuk “ACCOUNTS & BANKING” 1. accounts and banking 2.

5. Akun ini menampung jumlah pajak yang terdapat pada faktur pembelian dan akan dijurnal ke akun pajak masukan sebesar tarif yang diisikan dikode pajak tersebut. 2. Kolom ke tiga yang dicheclist kita pilih “5-2200 potongan pembelian”. 4.pada kolom pertama yang dichecklist kita memilih “5-2100 biaya angkut”.pilh menu bar setup.lalu ok.lalu klik ok MEMBUAT TAX CODE.  Link account untuk “PURCASE LINK ACCOUNTS” 1. Untuk kolom ke dua kita pilih akun bank yang digunakan untuk melakukan pembelian. Contoh nya “1-1112 bank beta”.untuk kolomn checklist pertama kita pilih “4-2100 pendapatan angkut”. Ada yang berlaku umum di Indonesia: . Contoh “1-1111 bank alfa”.beri checklist pada semua kolom dibawah. 3. namun kita hanya menchecklist mulai dari kolom ke 2 sampai seterus nya. Dan untuk kolom checklist empat kita pilih “pendapatan bunga” 5. link account for tax paid.2. 3. pada kolom atas kita memilih “2-1100 piutang usaha”. Untuk kolom checklist ke dua yang dichecklist kita pilih “1-1140 uang muka kepada pemasok”. Akun ini menampung jumlah pajak yang terdapat dalam faktur penjualan dan akan di jurnal di akun pajak keluaran sebesar tarif yang diisikan di kode pajak. 4.ada lima kolom yang bisa kita checklist. Untuk kolom checklist ke dua kita pilih “2-1120 pendapatan diterima dimuka”. b. Untuk kolom checklist ke tiga kita pilih “5-2300 potongan penjulan”. klik link accounts.untuk kolom pertama kita pilih “2-1110 hutang usaha”. Link accounts untuk pajak adalah: a.link account for tax collected. purcase link accounts. Dan untuk kolom terakhir yang dichecklist kita pilih “9-1000 biaya bunga”. lalu pada kolom ke dua kita memilih akun bank yang digunakan pada perusahaan kita sebagai tempat jasa pembayaran.

pilih menu bar list. 4. Pajak yang harus dibayar oleh pembeli (assets).tambahkan tanda minus pada nilai yang sifat nya mengurangi. kolom pertama link pilih “2-1220 PPN MASUKAN”. 1. 5.tax code nya : PPN. ok. Tujuan nya adalah untuk memasukan data neraca saldo perusahaan ke dalam myob. double klik. 2. b. 3.masukan nilai saldo masing-msaing account. Cara membuat link accont pajak adalah: 1.tulis sesuai data.pilih menu bar setup. 6. currency. 4. 2.  SETUP OPENING BALANCE. 3.pajak masukan. preference 2.pilih menu bar setup.lalu isi sesuai data.lalu buka menubar list. pilih account opening balance. Laul ok. Jika pembelian tersebut akan menjual lagi maka pajak yang telah dibayar dapat dikreditkan ke pajak keluaran.pilih code pajak yang akan diedit.balance. Rate: 10%.bila sudah klik ok. 4. .double klik singaporedollar (local) untuk mengubah mata uang singapore menjadi rupiah.  SINGGEL AND MULTI CURRENCY 1. 5.a. Lalu link ke dua pilih “2-1210 PPN KELUARAN”. tax code. Tax type: goods & service tax.lalu ok. Pajak yang harus dipungut oleh penjual dan nanti nya harus disetorkan ke kas negara.pajak masukan. 3.aktivkan tab “I DEAL IN MULTIPLE CURRENCY” .

pajak yang digunakan adalah PPN.pilih perusahaan yang akan diimput saldo awal piutang nya 3.Pilih menu bar setup. pilih supplier opening balance.untuk memudahkan perusahaan sebaik nya kita mengaktifkan ke tiga kolom checklist pada saat membuat profil item. 4.Pilih modul inventory.masukan data suplier.klik item list 2.masukan data suplier. pilih coustomer opening balance. MEMBUAT DATA SUPLIER 1. 2.  SETUP SUPPLIER OPENING BALANCE 1. 3.pilih coustomer.klik new. Ok  SETUP COUSTAMER OPENING BALANCE 1.pilih suplier.pilih perusahaan yang akan diimput saldo awal hutang nya 3. 2. card list. lalu isi dengan data yang kita miliki. lalu masukan data.balance. lalu add purcase. 2.bila sudah selesai maka akan tampilan notivikasi lalu kita pilih ok. 4. lalu masukan data. 2.balance. 4.Pilih menu bar setup. .pajak yang digunakan adalah PPN. 1.bila sudah selesai maka akan tampilan notivikasi lalu kita pilih ok. Ok  MEMBUAT DATA COUSTOMER 1. 3.pilih menu card file. 4.  MENGISI KARTU PERSEDIAAN.pilih menu card file. lalu add sale. card list. 3.

isi jumlah kuantitas setiap barang pada kolom counted.4.lalu checklist colom pada sisipaling kiri. 1. 2. item list.Bila sudah selesai klik ok.pilih tax include bila transaksi sudah dikenakan pajak. Klik opening balane 6. count inventory. 1.bila sudah selesai klik record untuk menyompan yang sudah diimput.pada kolom pertama link yang kita isi “5-1000 HPP”.  RECORD JOURNAL ENTRY Pencatatan transaksi biasa bisa dimasukan record juornal entry.akun yang sesuai dengan dengan transaksi. 4. dan masukan nominal transaksi.pilih modul account.Pilih inventory. isi lah kolom standard cost dengan harga pembelian barang. 2. 2. 3.  SET ITEM PRICE.lalu isiskan harga pokok barang per unit dikolam unit cost. Tekan ALT+R untuk melihat efek jurnal dari adjust inventory diatas.klik continue.pada saat mengisi selling detail.isi tanggal sesuai transaksi. 3. masukan akun. MEMASUKKAN TRANSAKSI.tampil jendela default expense account. 5. 4. Dan kolom ke tiga link yang kita isi “1-1160 persediaan barang dagang” 5.Pilih menu bar comand center.klik adjust inventory.jika sudah klik ok. isi lah kolom base selling price dengan harga jual barang tersebut. Pilihan ini dapat dikosongkan. record jounal entry. Untuk kolom ke dua link yang kita isi “4-1000 penjualan”.  INVENTORY OPENING BALANCE. 1. 3.pada saat mengisi buying detail. 5. . 6.lalu masukan data yang sudah kita punya. 7. inventory. beserta pilihan akun persefiaan pada kolom account.

1. 1. Bila sudah selesai klik record. 5. Masukan data yang dimiliki perusahaan. 2. Masukan data sesuai dengan data yang dimiliki. 1. 1. 4. Pilih recurring template yang diinginkan klik select. 3. MODUL BANKING. Transaksi pengeluaran yang tidak ada hubungan nya dengan pembelian dapat diimput di spend money. transfer money 2. Fasilitas ini terdapat dalam menu record journal entry.RECCURING JOUNAL adalah fasilitas yang dimiliki myob untuk transaksi yang berkala dengan nominal yang tetap. 3. . Modul banking. Klik modul account. Atau dari kas ke bank atau sebalik nya dapat diimput di transfer money.  PENGELUARAN DANA. 3. Masukan data yang akan dibuat recuring//C: biaya gaji Klik use recurring. Bila sudah selesai klik record. Transaksi penerimaan yang tidak ada hubungan nya dengan penjualan dapat diimput di receive money.  TRANSFER DANA. spend money. Modul banking. 2. Modul ini digunakan untuk mengimput transaksi pengeluaran atau pun penerimaan dana yang tidak terikat dengan aktivitas penjualan dan pembeliaan. record jornal entry.  PENERIMAAN DATA. receive money. 2. 3. Transaksi perpindahan dana dari satu bank ke bank lain. Modul banking. Bila sudah selesai klik record. Masukan data sesuai dengan data yang dimiliki.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful