Danial ghoraning sutra – 2412 105 028

URUTAN SINAR ELEKTROMAGNETIK BERDASARKAN PANJANG GELOMBANG (λ )

1. Gelombang Radio Gelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombang atau frekuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka frekuensinya rendah atau sebaliknya. Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar dan dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Lebar frekuensi Low (LF) 30 kHz – 300 kHz Medium (MF) 300 kHz – 3 MHz High (HF) 3 MHz – 30 MHz Very high (VHF) 30 MHz – 300 MHz Ultrahigh (UHF) 300 MHz – 3 GHz Super high (SHF) Di atas 3 GHz Panjang gelombang tertentu Long wave 1500 m Medium wave 300 m Short wave 30 m Very short wave 3m Ultra short wave 30 cm Microwaves 3 cm Beberapa penggunaan Radio gelombang panjang dan komunikasi melalui jarak jauh Gelombang medium lokal dan jarak jauh Radio gelombang pendek dan komunikasi, radio amatir, dan CB Radio FM, polisi, dan pelayanan darurat TV (jalur 4, 5)

Radar, komunikasi satelit, telepon, dan saluran TV

· Gelombang medium, digunakan sebagai alat komunikasi, mudah dipantulkan oleh ionosfer sehingga pemancar dapat mencapai tempat jauh. Informasi bunyi yang dibawa adalah dalam bentuk perubahan amplitudo atau modulasi amplitudo.

menyucihamakan ruangan operasi dan instrumen-instrumen pembedahan.Danial ghoraning sutra – 2412 105 028 · Gelombang televisi (UHF) dan radio (VHF) tidak dipantulkan oleh ionosfer. alarm pencuri · Pemanfaatan dengan deteksi inframerah: satelit pengamat sumber Bumi. · Panjang gelombang cahaya bervariasi. 4 × 10-7 m (violet/ungu) – 7 × 10-7 m (merah) · Co: penggunaan cahaya (sinar laser) dalam serat optic pada bidang telekomunikasi dan kedokteran. Co: microwave oven. tapi menembusnya sehingga luas daerah jangkauannya sempit. amplitudo tetap. Cahaya Tampak · Bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi (dikenal) mata manusia. Sinar Ultraviolet · Frekuensi 1015 Hz – 1016 Hz. . RADAR. membunuh bakteri dan virus. 4. · Frekuensi 1011 Hz – 1014 Hz.. · Jika yang diproses dalam modulator adalah amplitudo dari getaran-getaran pembawa dan getaran listrik suara. termogram. dan digunakan sebagai alat komunikasi dengan satelit-satelit. · Dihasilkan oleh atom dalam molekul nyala listrik. · Gelombang mikro (microwaves) => gelombang radio dengan frekuensi tertinggi (SHF). closed-circuit television. Frekuensi berubah-ubah. Gelombang AM dapat mencapai tempat yang jauh. pemanas listrik rumah tangga (pemantulan inframerah) 3. gelombang radio yang dihasilkan disebut gelombang AM (Amplitude Modulation). panjang gelombang 10-6 m – 10-3 m · Pemanfaatan: menyembuhkan cacar dan encok. · Dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda dipanaskan. Gelombang FM dapat menghasilkan suara musik yang lebih merdu (bebas dari interfensi listrik). panjang gelombang 10-8 m – 10-7 m. · Jika yang diproses dalam modulator adalah frekuensi dari getaran-getaran gelombang pembawa dan getaran listrik suara. Sinar Inframerah · Adalah sinar yang tidak dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spektrum merah. · Kegunaan: merangsang badan untuk menghasilkan vitamin D (dari matahari). remote control. Amplitudo berubah-ubah. RADAR ( Radio Detection and Ranging ) s = jarak benda yang ditangkap radar c = cepat rambat gelombang elektromagnetik ∆t = selang waktu antara pemancaran dan penerimaan 2. gelombang radio yang dihasilkan disebut gelombang FM (Frequency Modulation). frekuensi tetap.

Sinar-X · Frekuensi 1016 Hz – 1020 Hz. makin tinggi frekuensi makin kuat daya tembusnya · Ditemukan oleh Wilhelm K. disimpan di bawah tekanan yang sangat rendah.Danial ghoraning sutra – 2412 105 028 5. · Penggunaan: memotret kedudukan tulang-tulang dalam badan. · Daya tembus kuat. Tabung berisi sedikit kecil merkuri dan gas inert. Tabung memiliki dua . 6. Tabung juga berisi bubuk fosfor. biasanya argon. memeriksa cacat-cacat pada logam. panjang gelombang 10-15 m – 10-10 m · Daya tembus sangat besar · Penggunaan: membunuh sel kanker. Rontgen pada November 1895 · Dihasilkan oleh elektron-elektron yang terletak di dalam kulit elektron atom. CARA KERJA LAMPU FLOURESCENT Tampak dalam lampu Flourescent Elemen utama dalam lampu neon adalah tabung gelas tertutup. panjang gelombang 10-10 m – 10-6 m. analisis struktur bahan. menyingkap cacat dan retak tersembunyi dari bagian-bagian logam (industri) Sinar Gamma · Frekuensi 1020 Hz – 1025 Hz. menyeterilkan peralatan rumah sakit. dilapisi sepanjang bagian dalam kaca. sumber lainnya adalah pancaran yang keluar karena elektron dengan kecepatan tinggi ditumbukkan pada logam.

Tabrakan ini merangsang atom. Mata kita tidak dapat melihat foton ultraviolet. salah satu atom fosfor melompat ke elektron yang mempunyai tingkat energi yang lebih tinggi dan atom memanas. elektron menabrak hingga ke tingkat energi yang lebih tinggi. Ketika foton menghantam atom fosfor. Untuk mengkonversi menjadi cahaya tampak digunakan lapisan fosfor. Dalam lampu neon. dihubungkan ke suplai arus bolak (AC). Ketika elektron kembali ke tingkat energi asli mereka. Ketika arus mengalir melalui rangkaian listrik ke elektroda. sehingga elektron akan bermigrasi melalui gas dari salah satu ujung tabung yang lain. . karena sebagian energi hilang sebagai panas. jadi ini diperlukan cahaya ultraviolet tersebut perlu dikonversi menjadi cahaya tampak. Elektron dalam atom merkuri diatur sedemikian rupa sehingga mereka kebanyakan melepaskan foton cahaya dalam rentang panjang gelombang ultraviolet. Seperti elektron dan atom bermuatan bergerak melalui tabung. Produsen dapat bervariasi warna cahaya dengan menggunakan kombinasi yang berbeda dari fosfor. Foton ini memiliki energi kurang dari foton asli. panjang gelombang foton ditentukan oleh susunan elektron tertentu dalam atom. fosfor adalah zat yang mengeluarkan cahaya ketika mereka terkena cahaya. Rangkaian listrik tersebut. cahaya yang dipancarkan dalam spektrum terlihat mengeluarkan cahaya putih yang bisa kita lihat.Danial ghoraning sutra – 2412 105 028 elektroda. mereka melepaskan foton cahaya. yang terhubung ke sebuah sirkuit listrik. satu pada setiap ujung. Energi ini mengubah beberapa merkuri dalam tabung dari cairan menjadi gas. beberapa dari mereka akan bertabrakan dengan atom merkuri gas. Ketika elektron jatuh kembali ke tingkat normal. ia melepaskan energi dalam bentuk foton lain. Ada tegangan yang cukup di seluruh elektroda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful