D.

Membuat Dokumen Pada Microsoft Office Word (Versi 2007)

1. Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru

a. Klik Office Button

→ New

atau tekan Ctrl+N.

b. Pada kota dialog yang muncul pilih Blank Document → klik tombol

Create.

c. Untuk membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian

Tempaltes, klik tombol Create. Adapun cara menyimpan file baru adalah sebagai berikut.

a. Setelah teks selesai diketik, klik ikon Office Button

b. Pilih Save

Ctrl+S pada shortcut atau Save As (untuk

menyimpan dengan nama yang berbeda dengan nama sebelumnya), pilih Word Document.

dokumen yang telah kita buat denga Office 2007 perlu disimpan dengan model 2003 atau di bawahnya. masih dalam keadaan aktif →tekan tombol Save. Pada bagian Save As Type. Langkah-langkah untuk menyimpan file ke dalam aplikasi Word 2003 sebagai berikut. kemudian ketikkan nama filenya pada File name “Latihan”. Perlu kita ketahui bahwa dokumen yang dibuat dengan menggunakan Office 2007 tidak akan dapat dibuka pada aplikasi Office 2003 atau di bawahnya. ketik nama file pada kotak File Name. Catatan : Menyimpan dokumen ke Format Word 97-2003. a. Klik Office Button → pilih Save As → pilih opsi Word 972003 Document.c. Pilih Word Document pada Save as type. b. Pada Windows yang muncul. biarkan opsi Word 97-2003 Document . pilihlah folder dokumen tempat kita akan menyimpan file tersebut. Oleh karena itu.

Option : mengubah pilihan cetakan 2) Page Setup terdiri dari ikon : a) Margins : mengatur batas ukuran kertas b) Orientation : menampilkan bentuk halaman dokumen . Klik Office Button →pilih ikon Print Preview muncul samping. maka akan gambar seperti di Terdapat empat bagian pada tampilan print preview yaitu sebagai berikut Keterangan : 1) Print terdiri dari ikon: a.2. Langkah-langkah untuk mencetak dokumen adalah sebagai berikut. maupun isi dokumen tersebut. Print : untuk mencetak dokumen b. format. margin. baik dalam pengaturan kertas. apabila ingin dicetak menggunakan printer maka sebaiknya dilihat terlebih dahulu hasil cetakan di layar melalui Print Preview. Hal ini perlu dilakukan untuk mengoreksi kesalahan sebelum dicetak. . a. Mencetak Dokumen Ketika dokumen selesai disimpan.

atau menggunakan shortcut Ctrl + P . b) One Pages : menampilkan satu halaman c) Two Pages : menampilkan dua halaman d) Page Widht : mengatur lebar halaman 4) Preview terdiri dari : a) Show Ruler : apabila dipilih akan ditampilkan ruler pada halaman cetak b) Magnifier : digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan c) Shrink One Page : memasukkan halaman berikutnya ke halaman sebelumnya d) Next Page : menuju halaman selanjutnya e) Previous Page : melihat halaman sebelumnya 5) Close Print Preview : menutup tampilan Print Preview Selanjutnya untuk mencetak dokumen pada kertas caranya klik ikon Print pada tampilan Print Preview. Keterangan : 1) Printer : − Name : jenis printer yang dipakai − Status : menampilkan status printer . Maka akan muncul tampilan Print sebagai berikut.c) Size : memilih jenis kertas yang digunakan 3) Zoom terdiri dari ikon : a) Zoom : memperbesar dan memperkecil tampilan.

c. dan lain-lain) 5) Print : pilihan yang akan dicetak (semua halaman. Styles. atau halaman genap). Pilih jenis printer pada kotak pilihan Name. 9) OK : setuju setting 10) Cancel : batalkan setting b. 6) Zoom : Pages per sheet : menentukan berapa isi halaman dalam satu kertas Scale to paper size : menentukan skala ukuran kertas. setelah selesai. Document Properties. Apabila ingin melakukan pengaturan lebih lanjut klik tombol Properties. Current page : mencetak halaman yang sedang aktif Selection : untuk mencetak halaman yang diseleksi. . All : mencetak semua halaman dalam dokumen. Pages : mencetak halaman tertentu 7) Properties : pilihan lanjut dari setting kertas dan printer 8) Option : untuk mengatur hasil cetakan. halaman ganjil.− Type : tipe printer − Where :lokasi printer pada komputer − Comment : untuk menampilkan komentar 2) Page range: 3) Copies : Number of copies : untuk menentukan jumlah yang ingin digandakan. Comments. d. 4) Print What : pilihan yang ingin dicetak (Document. klik tombol OK.

. Top : batas atas kertas mulai ketik b. Footer : memberikan lebar footer i. Apply to : diberlakukan untuk.. Header : memberikan lebar header h. . begitu juga dengan batas marginb pengetikan harus diperhatikan agar ketika mencetak hasilnya bisa sempurna.. Default : setting oleh komputer. 1. Media kertas yang akan dipakai harus dilihat ukuran panjang dan lebarnya dengan memakai satua sentimeter/inci. Untuk mengatur layout kertas atau halaman menggunakan tab ribbon menu Page Setup atau menggunakan klik tanda maka akan muncul kotak dialog Page Setup berikut. Mengatur Layout halaman Pengaturan kertas atau halaman sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum mengetik sebuah dokumen. Gutter Position : letak penjilidan pada bagian Page Setup g. Hal ini dilakukan supaya hasilnya bisa teratur sesuai dengan yang diinginkan. Margins Keterangan : a. Bottom : batas bawah akhir ketik c. Left : batas kiri kertas mulai ketik d. (pilihan) j. Right : batas kanan kertas akhir ketik. e. Gutter : batas penjilidan f.E.

Paper Keterangan : a. ingin . Paper source : First page Other pages c. f..2. Paper size : memilih ukuran kertas cetak Width : lebar kertas Height : tinggi atau panjangh kertas b. OK : apabila setuju setting. Apply to : memberlakukan untuk.. Cancel : apabila membatalkan setting.(pilihan) d.. Default : setting oleh komputer e.

Contoh : Double Strikethrough Superscript : teks ditampilkan lebih kecil dan posisi naik. Mengatur Teks pada Halaman 1. Mengatur Format Teks dan Paragraf Format Teks Untuk mengatur format teks dari sebuah dokumen yang telah diketik caranya klik tab ribbon menu Home klik bagian Font pilih tanda maka akan muncul tampilan sebagai berikut. g) Effects : Strikethrough : teks dicetak coret pada garis tunggal Contoh : Strikethrough. atau tebal miring. a.Double strikethrough : teks dicetak coret dengan garis ganda. tebal. . miring. Superscript Contoh : . b) Font style: untuk pilihan huruf biasa. f) Underline color : untuk memberi warna pada garis bawah. d) Font color : untuk memberi warna pada huruf atau teks e) Underline style : memberi model pada garis bawah. 1) Font Keterangan : a) Font : pilihan jenis huruf. c) Size : untuk ukuran huruf atau teks.F.

Contoh : Subscript − − Shadow : teks dengan bayangan. Contoh : Emboss Engrave : teks dengan karakter dipahat. Contoh : h) Preview : untuk menampilkan efek teks i) Default : untuk mengubah tampilan seperti semula j) OK : apabila setuju setting k) Cancel : apabila ingin membatalkan setting. Contoh : Emboss : teks dengan karakter timbul. Contoh : SMALL CAP All Caps : semua huruf ditampulkan dengan huruf kapital. Outline : teks dengan garis luar pada setiap karakter. Contoh : ALL CAPS − Hidden : menyembunyikan teks agar tidak tercetak. b) Spacing : jarak spasi (pilihan diatur dengan By:) c) Position : tulisan (pilihan dengan By) posisi diatur . Contoh : Engrave Outline − − − − Small caps : hurup kecil ditampilkan dengan huruf kapital yang ukurannya lebih kecil. contoh : Shadow. 2) Character Spacing Keterangan: a) Scale : skala teks atau tulisan.- Subscript : teks ditampilkan lebih kecil dan posisi turun.

untuk mengubah spasi menjadi 1 spasi 1. maupun perataan teks pada paragraf.15.15 spasi 1. untuk jarak spasi antar baris dalam paragraf satu setengah spasi 2. Untuk mengatur jarak antar paragraf dapat dilakukan melalui tab ribbon menu Paragraph klik pada ikon pilih digunakan. b.d) point.5. jarak spasi yang akan Pilihan yang disediakan pada Line Spacing antara lain sebagai berikut. e) f) g) h) Kerning for fonts : mengatur tulisan di atas atau di bawah beberapa Preview : untuk melihat tampilan sementara Default : untuk kembali ke setting semula OK : apabila setuju setting Cancel : apabila ingin membatalkan setting. Format Paragraph Format paragraph digunakan untuk mengatur spasi. untuk jarak spasi antar baris dalam paragraf 1. 1.0 untuk jarak spasi antarbaris dalam paragraf dua spasi .0. indentasi.

Add Space After Paragraph. atau rata kanan-kiri . Untuk pengaturan jarak paragraf lebih lanjut klik ikon muncul tampilan berikut. maka akan 1) Indents and Spacing Keterangan : a) General . tengah. untuk menambahkan spasi bawah paragraf.0.Remove Space Before Paragraph. untuk menghapus jarak spasi atas paragraf .- 2.5. untuk jarak spasi antar baris dua setengah spasi 3.Outline level : untuk level outline b) Indentaion: Left : teks menjorok ke kiri . kanan.Right : teks menjorok ke kanan dengan By : c) Spacing : Before : spasi sebelum After : spasi sesudah Line spacing : spasi antarbaris diatur atas dan bawah Special : (pilihan ) diatur d) Preview : untuk melihat hasil settingan sementara . untuk jarak spasi antarbaris tiga spasi .Alignment : pilihan teks rata kiri.

. - b) - Suppress line numbers : line number dilanjutkan/tidak Don’t hypenate : pemotongan kata (pilihan). c) Textbox option: Tight wrap : untuk mengatur jarak teks pada teks boks d) Preview : untuk melihat hasil setting sementara e) Tabs : masuk perintah tab. f) Default : untuk kembali ke setting semula g) OK : apabila setuju setting h) Cancel : apabila ingin membatalkan setting. Keep with next : simpan untuk halaman berikutnya Keep lines together : untuk menyimpan garis Page breaks before : pilihan untuk memotong halaman sebelumnya. 2) Line and Page Breaks Keterangan : a) Pagination : - Window/ Orphan control : pengaturan window (lihat preview). Formating exceptions .e) Tabs : untuk masuk perintah tab f) Default : untuk kembali ke setting semula g) OK : apabila setuju setting h) Cancel : apabila ingin membatalkan setting.

3) Klik jenis tombol bullet yang diinginkan kemudian perhatikan hasil penggunaan bullet berikut! b. 1) Seleksi teks yang akan diberikan bullet. Langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut. Membuat Bullet Bullet digunakan apabila opsi atau keterangan bukan dalam bentuk urutan langkah. a. Membuat Numbering . Membuat Bullets and Numbering Bullet and Numbering merupakan fasilitas yang disediakan oleh program Microsoft Word untuk membuat daftar baik itu berupa nomor maupun berupa simbol.2. 2) Klik tombol Bullet pada group Paragraph pada tab ribbon menu Home.

3) Klik jenis numbering yang diinginkan kemudian perhatikan hasil penggunaan numbering berikut! .Numbering adalah tanda berupa angka yang diberikan pada daftar tulisan yang terdapat dalam satu alenia. 1) Seleksi teks yang akan diberikan numbering 2) Klik tombol Numbering pada grup Paragraph pada tab ribbon menu Home. Langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful