BIDANG-BIDANG DAN KONSEP-KONSEP POKOK DALAM ILMU POLITIK

D I S A M PA I K A N O L E H : HERMINI SUSIATININGSIH

Partai-Partai. Lembaga-Lembaga Politik 3. Hubungan Internasional 5. Pembangunan Politik .BIDANG-BIDANG ILMU POLITIK Miriam Budiardjo 1. Teori Politik 2. Golongan-golongan dan Pendapat Umum 4.

TEORI POLITIK A. Teori Politik B. Sejarah Perkembangan Ide-Ide Politik .

Pemerintahan Daerah dan Lokal D.LEMBAGA-LEMBAGA POLITIK A. Perbandingan Lembaga-Lembaga Politik . Undang-Undang Dasar B. Pemerintahan Nasional C. Fungsi-Fungsi Ekonomi dan Sosial di Pemerintahan E.

Pendapat Umum . Partisipasi Warga Negara dalam Pemerintahan di Administrasi D. GOLONGANGOLONGAN DAN PENDAPAT UMUM A.PARTAI-PARTAI. Partai Politik B. Golongan dan Asosiasi C.

HUBUNGAN INTERNASIONAL A. Hukum Internasional . Organisasi dan Administrasi Internasional C. Politik Internasional B.

Akibat Pembangunan Cepat Dibidang Sosial dan Ekonomi atas Tata Masyarakat B. Peranan Lembaga-Lembaga Politik Dalam Mempengaruhi Perkembangan dan Pembangunan .PEMBANGUNAN POLITIK A.

Kebijakan (Policy) E. Pengambilan Keputusan (Decision Making) D. Kekuasaan (Power) C. Pembagian (Distribution) .KONSEP-KONSEP POKOK DALAM ILMU POLITIK A. Negara (State) B.

.STATE  Suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya (Miriam Budiardjo).  Negara merupakan lembaga sosial manusia yang paling tinggi dan luas yang berfungsi menjamin manusia memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisiknya yang melampaui kemampuan lingkungan sosial lebih kecil seperti desa dan kota (Thomas Aquinas).

Apakah perbedaan antara kekuasaan dan wewenang? .POWER Kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo).

WEWENANG (AUTHORITY)  Kekuasaan yang didasarkan pada perjanjian  Sehingga seseorang atau kelompok memiliki hak untuk mengeluarkan sejumlah perintah  Perintah yang harus ditaati .

Pengambilan keputusan sebagai konsep pokok dari politik menyangkut keputusan-keputusan yang diambil secara kolektif dan yang mengikat seluruh masyarakat . sedangkan istilah pengambilan keputusan menunjukkan pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai (Miriam Budiardjo).DECISION MAKING Keputusan adalah membuat pilihan diantara beberapa alternatif.

.POLICY Suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan-tujuan itu. Pihak yang membuat kebijakan mempunyai kekuasaan untuk melakukannya.

DISTRIBUTION Pembagian dan penjatahan atas nilai-nilai dalam masyarakat . Apakah nilai-nilai dalam masyarakat itu? .