TIDIFAR®

Cimetidine

Tablet

KOMPOSISI : TIDIFAR 200 TIDIFAR 400 : Setiap tablet mengandung Cimetidine 200 mg. : Setiap tablet mengandung Cimetidine 400 mg.

FARMAKOLOGI : Cimetidine menghambat sekresi asam lambung maupun sekresi basal. Obat ini juga menghambat asam lambung akibat rangsangan makanan, pentagastrin, kofein, Insulin maupun histamin sendiri. Efek histamin terhadap sekresi asam lambung yang diperantarakan melalui reseptor H 2 dapat dihambat oleh Cimetidine yang bersifat sebagai antagonis reseptor H 2.

INDIKASI : - Tukak lambung dan usus 12 jari. - Sindrom “Zollinger-Ellison”. - Radang lambung dan usus 12 jari. - Perdarahan pada traktus gastrointestinalis bagian atas disebabkan oleh tukak dan erosi. - Refluks esofagitis.

PASOLOGI : - Tukak lambung dan usus 12 jari : 3 x sehari 200 mg dan 400 mg sebelum tidur. Pada kasus yang berat : 3 x sehari 400 mg dan 400 mg sebelum tidur. Untuk pencegahan : 400 mg sebelum tidur selama 3 bulan. - Pada Sindrom Zollinger-Ellison : 3 x sehari 400 mg dan 400 mg sebelum tidur.
- Radang lambung dan usus 12 jari : 3 x sehari 200 mg dan 400 mg sebelum tidur selama 4-6 minggu.

Hati-hati pemakaian pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan kardiovaskuler. pusing. Creatinine clearence 30-50 ml/menit Creatinine clearence > 50 ml/menit : 4 x sehari 200 mg. .Hati-hati pemakaian pada penderita dengan riwayat tukak lambung. oleh karena itu pengobatan harus dihentikan secara berangsur-angsur.Jangan diberikan pada wanita hamil kecuali bila benar-benar dibutuhkan. karena Cimetidine diekskresi melalui ASI. yakni : Creatinine clearence 0-15 ml/menit Creatinine clearence 15-30 ml/menit : 2 x sehari 200 mg. takikardia. . .Pada penghentian pengobatan secara mendadak.Jangan diberikan pada wanita menyusui. sakit kepala. dosis harus dikurangi tergantung dari creatinine clearance. : 3 x sehari 200 mg. agranulositosis. KONTRA INDIKASI : Penderita yang hipersensitif terhadap Cimetidine. waktu makan dan sebelum tidur. EFEK SAMPING : Diare. kecapaian. Pada penderita yang mengalami hemodialisa diberikan setelah dialisa. anemia aplastik. . artralgia. . . nefritis interstitial. gatal.Refluks esofagitis : 3 x sehari 400 mg dan 400 mg sebelum tidur. PERINGATAN–PERHATIAN : Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal.Perdarahan pada traktus gastrointestinalis bagian atas : 4 x sehari 400 mg. mialgia.Tidak dianjurkan penggunaan pada anak-anak dibawah umur 16 tahun.. sinus bradikardia. mungkin dapat menyebabkan “Ulcus relapse”. . . khususnya pada orang tua. kecuali atas petunjuk dokter dengan dosis sebagai berikut : 20-40 mg/kgBB/hari dalam dosis terbagi 4 x sehari. alopesia.Kadar Cimetidine dalam sirkulasi darah berkurang pada hemodialisa tetapi tidak berubah pada dialisa peritoneal. bingung reversibel. peningkatan kadar transaminase dari serum dengan timbulnya gejala disfungsi hati. pankreatitis akut. . peningkatan kadar creatinine dalam plasma. : dosis normal. trombositopenia. rash. ginekomastia.

co. 10 strip @ 10 tablet Dus.php?x1=96 Cimetidine . Quinidin dan Teofilin. Benzodiazepin. Propanolol.id/detail. Fenitoin.INTERAKSI OBAT : . Reg. .Morfin : mengurangi aliran darah hati. 10 blister @ 10 tablet No. KEMASAN : Dus.Antasida dan Metoklopramid : mengurangi biovailibilitas oral. .ifars.Ketokonazol dan Aspirin: absorpsi berkurang bila diberikan bersama dengan Cimetidine. CARA PENYIMPANAN : Simpan pada suhu kamar (25-30C) dalam wadah tertutup rapat dan hindarkan dari cahaya matahari. : TIDIFAR 200 TIDIFAR 400 : DKL9609205410A1 : DKL9609205410B1 HARUS DENGAN RESEP DOKTER kembali http://www.Cimetidine dapat menaikkan efek dari antikoagulan oral. Prokainamid. .

akan tetapi pemberian bersamaan dengan antasid tidak dianjurkan karena antasid dapat mempengaruhi absorbsi cimetidine. . Pemberian dengan antasida sebaiknya diberikan sesuai kebutuhan untuk mengurangi rasa sakit. Atau 300mg 4 kali sehari pada saat makan dan malam sebelum tidur. pentagastrin.Untuk tukak usus 12 jari yang aktif : 800 mg. kafein dan insulin. Dosis: . 1 kali sehari malam hari sebelum tidur. Indikasi: Pengobatan jangka pendek untuk usus 12 jari tukak aktif Terapi pemeliharaan tukak usus 12 jari pada pengurangan dosis setelah penyembuhan tukak aktif Pengobatan jangka pendek tukak lambung aktif yang jinak Pengobatan refluks gastroesofagus erosif Pencegahan pendarahan saluran pencernaan bagian alas pada penderita yang kritis Pengobatan keadaan hipersekresi patologis misalnya: sindroma Zollinger-Ellson. Cimetidine dengan cepat diabsorbsi setelah pemberian oral dan konsentrasi puncak dalam plasma dicapai dalam waktu 45-90 menit setelah pemberian. penghambatan histamin pada reseptor H. 1 kali sehari pada malam hari. . Cara Kerja Obat: Cimetidine adaiah penghambat histamin pada reseptor H2 secara selektif dan reversible. Cimetidine diekskresikan melalui urin.Komposisi: Tiap tablet mengandung Cimetidine 200 mg. (800 mg 2 kali sehari atau 400 mg 4 kali sehari) selama 12 minggu. mastositosis sistemik dan adenoma endokrin multiple. akan menghambat sekresi asam lambung baik pada keadaan istirahat maupun setelah perangsangan oleh makanan. Atau 400 mg 2 kali sehari pagi hari dan malam sebelum tidur.Pengobatan refluks gastroesofagus erosif. 1 kali sehari malam hari sebelum tidur atau 300 mg 4 kali sehari pada saat makan dan sebelum tidur selama 6-8 minggu. Peringatan dan Perhatian : . Lama pengobatan 4 hingga 6 minggu. Kontraindikasi Pasien yang hipersensitif terhadap cimetidine.Terapi pemeliharaan tukak usus 12 jari: 400 mg.Pengobatan tukak lambung aktif yang jinak 800 mg. 1600 mg sehari dalam dosis terbagi. histamin. .

nefritis interstitial. Pada sistem hematologi: penurunan jumlah sel darah putjh. mengantuk. . . Hipersensif : demam dan reaksi alergi termasuk anafilaksis. Trombositopenia. Gastritis : terjadi karena adanya radang di lambung sehingga dinding lambung bengkak.Pemberian cimetidine pada ibu hamil dan menyusui hanya bila sangat dibutuhkan. tp belum ada luka. Efek Samping : Pada saluran pencernaan: diare ringan Pada susunan saraf pusat: sakit kepala. depresi. agranulositosis. Pada sistem kardiovaskuler: bradikardia dan takikardia (jarang terjadi).blogspot..P OKT 22 Posted by denikrisna Maag penyakit yang sebenarnya saya derita juga. mental kebingungan. disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas / asam atau bakteri atau virus.com/2012/02/cimetidine. sebenarnya apa sih maag itu? Maag sendiri secara medis dibagi 2: 1. Ginjal: peningkatan kreatinin plasma. cemas. Kalau kambuh sakitnya minta ampun dan kalau parah bahkan makanan yang masuk pun dapat dikeluarkan kembali. agitasi. retensi urin. Pada sistem endokrin: ginekomastia. anemia aplasik atau pansitopenia yang jarang. http://publichealthnote. halusinasi.Cimetidine tidak dapat digunakan untuk pengobatan srmptomatis pada keganasan lambung. . pusing.Cimetidine tidak boleh diberikan pada anak-anak dibawah 16 tahun kecuali atas pertimbangan dokter. psikosis.html Maag – penyakit yg jg kuderita .

untuk informasi antasid biasanya berupa tablet kunyah. Gejala yang umum yaitu timbul rasa panas seperti terbakar di bagian lambung. Inhibitor (penghambat) produksi asam Obat jenis ini biasanya bekerja dengan cara mengeblok reseptor Histamin (pemicu sekresi asam lambung) yaitu H2 di lambung. contohnya: Omeprazole. karenanya kalo udah terkena paparan tukak lambung dan bakteri tersebut. nah sebelum saya masuk farmasi kalo makan tablet kunyah antasid biasanya langsung ditelan . ranitidine. Stomach ulcer (tukak lambung) : tingkat lebih berat dari gastritis karena sudah ada luka di lambung dan terbentuk semacam lubang. nah karenanya kedua obat basa ini dipadukan untuk menutupi kelemahan masing-masing. Menurunkan konsentrasi asam lambung a. kenapa dipadukan? karena Mg(OH)2 sendiri memiliki efek laksatif (bikin mencret) sedangkan Al(OH)3 sendiri memiliki efek konstipasi. Umumnya obat ini terdiri dari perpaduan Al(OH)3 dan Mg(OH)2. Protektif . Golongan obat ini lebih poten daripada obat2 di atas karena memberikan inhibisi maksimal terhadap sekresi HCl. Contoh obat ini misalnya cimetidine (generasi pertama H2 blocker namun mulai ditinggalkan karena banyak efek samping). dan untuk yang suspensi harus dikocok2 dulu biar obatnya homogen. Pantoprazole.2. Menetralkan asam lambung Obat-obat yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung sudah familiar dikenal oleh masyarakat dengan nama antasida. Penghambat pompa proton Pompa proton merupakan tempat keluarnya ion H+ yang membentuk asam lambung. Lansoprazole. Biasanya diberikan per oral dalam bentuk kapsul selaput yang tahan asam lambung (karenanya obat ini tidak boleh dikeluarkan isinya dan harus ditelan utuh) supaya dapat mencapai sel parietal mukosa. penderita juga diberi antibiotik. produksi asam lambung berlebih. disebabkan kerusakan mukosa lambung atau usus halus dan didalangi juga oleh si bakteri Helicobacter pylori. Pengobatan Pengobatan dengan obat untuk maag dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1. 2. kenapa? supaya efeknya cepat. Penyebab umumnya karena pola makan yang tidak teratur. nizatidine. herediter (diturunkan dari orang tua) dan diperparah oleh stres. famotidine (lebih aman dari cimetidine karena tidak melalui biotransformasi hepatik) c. Selama ini obat jenis ini beredar dalam bentuk tablet kunyah dan suspensi. b.

Sukralfat Sukralfat mengandung residu Al (OH)3 yang bukan untuk menetralkan asam lambung melainkan untuk membentuk lapisan di lambung yang melindungi dinding lambung dari asam. mari kenalan ama histamin itu sendiri. c. Misoprostol Misoprostol merupakan semisintesis prostaglandin (senyawa yang dibutuhkan untuk proteksi mukosa lambung) yang menyebabkan produksi mukus dan penghambatan asam lambung. Pengobatan yang paling berkhasiat tentu datang dari diri kita sendiri: makan teratur & secukupnya. . b. tidak stres serta berdoa Obat Anti histamin OKT 27 Posted by denikrisna Biasanya bagi penderita alergi kenal dengan obat yang satu ini. karenanya sukralfat diberikan sekitar satu jam sebelum makan dan saat tidur. pepsin. tripsin dan asam empedu. namun harus diperhatikan penggunaan obat ini dapat menyebabkan konstipasi. kalo alerginya kambuh obat inilah yang diberikan sebagai amunisi utama. lalu antihistamin itu apa sih? Histamin Sebelum ngomong tentang obatnya. menjauhi makanan pedas dan asam.a. Carbonexolone Obat ini menstimulasi produksi mukus lambung.

paru-paru dan mukosa gastrointestinal. 4. Sebagai neurotransmitter Kontrol neuroendokrin Regulasi kardiovaskuler (terkait kemampuan vasodilatator) Pengaturan suhu Berperan pada sekresi asam lambung Berperan dalam reaksi alergi / anafilaksis Pelepasan Histamine Pelepasan histamin sendiri ada 2 macam: . selain itu senyawa ini juga berperan sebagai neurotransmitter di susunan saraf pusat dan mengatur fungsi fisiologis di lambung” Sebenarnya histamin sendiri terdapat di hampir semua jaringan tubuh manusia dalam jumlah kecil . 6. Fungsi Fisiologis histamin Histamin sendiri secara umum memiliki fungsi fisiologis yaitu: 1. 2. Lalu darimana asal histamin? Histamin dibentuk oleh histidin dengan bantuan enzim histidine decarboxylase (HDC). 5. Selanjutnya histamin yang terbentuk akan diinaktivasi dan disimpan dalam granul mast cell dan basofil (sel darah putih). Konsentrasi terbesar terdapat di kulit. 3.“Histamin sendiri merupakan senyawa yang terlibat dalam respon imunitas lokal.

Lalu timbul sinyal di MHC II (Major Histocompatibility complex)yg terdapat di permukaan APC yang dibawa ke limfosit T terutama T helper. Hal ini mengakitbatkan degranulasi dari mass cell dan basophil.  Lanjut kena lagi (liat di gambar bawah no 4-5) Kalo terjadi kemasukan alergen lagi (bahasa kerennya: second exposure) antigen tsb g akan lewat jalur kaya td. Limfosit akan mengenali dan memerintahkan sel B (limfosit B) untuk menghasilkan IgE. Atau bisa juga diakibatkan suhu atau rangsangan mekanis lain. racun. histamin juga dapat dilepaskan karena obat. Efek Histamin .1.  Pertama kali kena (liat di gambar bawah no. atau senyawa2 lain yg dapat mengganggu bahkan merusak dinding sel dan memancing pelepasan histamin. Non-antigen-mediated histamine release Selain dilepaskan karena adanya respon imunologis. IgE ketemu mast celldan nempel disana. tp langsung ngiket IgE yang udah nempel di mast cell nah karenanya terjadi pelepasan histamine. Antigen-mediated histamine release Histamin dilepaskan karena terdapat interaksi antara antibodi dengan antigen. 2. 1-3) Proses ini dimulai dari adanya alergen / antigen yang ditangkap oleh makrofag (salah satuantigen presenting cell / APC).

Konsentrasi (ng/ml) 0–1 1–2 Biological activities Peningkatan sekresi asam lambung Tachycardia (peningkatan denyut jantung). reaksi pada kulit Penurunan tekanan darah Bronchospasm Gagal jantung 3–5 6–8 7 – 12 >100 Reseptor Histamin dan obatnya .

peningkatan asam lambung dll. Reseptor H1 Paling banyak berperan dalam alergi namun bisa juga vasodilatasi dan bronkokonstriksi (asma) Lokasi: Terdapat di otak. Efek sedatif minimal contoh: fexofenadin. Pencarian generasi ketiga ini dimaksudkan untuk memperoleh profil antihistamin yang lebih baik dengan efikasi tinggi serta efek samping lebih minimal. adrenal medula. genitourinary system. loratadin. Inhibitor pelepasan histamin bekerja dengan menstabilkan mast cell misalnya cromoglycate sehingga histamin tidak terbentuk. perlu diketahui juga reseptor yg bertanggung jawab. astemizol. Nah untuk tau pengobatannya. 1. dengan durasi bervariasi dari 4-24 jam. sel endotelial Obat antagonis H1 Obat anti histamin H1 biasanya berkompetisi (bersifat kompetitif) dengan histamin untuk mengikat reseptor. Atau dengan nedocromil yang bekerja dengan menghambat degranulasi dari mast cell. Reseptor H2 Berlokasi di sel parietal lambung yang berperan dalam sekresi asam lambung .Pelepasan histamin selain menyebabkan reaksi alergi juga dapat menyebabkan bronkokonstriksi (penyempitan saluran pernapasan). Mekanisme obat dalam mengobati alergi sebenarnya ada 2: Antagonis histamin dan inhibitor pelepasan histamin 1. Efek sedatif masih tinggi contoh: CTM. Antagonis histamin bekerja dengan menghambat kerja dari histamin melalui reseptor histamin. cetirizin  Generasi 3: merupakan pengembangan dari generasi 2. sistem kardiovaskuler. gastrointestinal tract. 2. contoh: desloratadin dan levocetirizin Semakin tinggi generasinya durasi aksinya makin panjang dengan efek sedatif (ngantuk) semakin minimal Efek samping obat antagonis H1 selain sedatif (menimbulkan ngantuk) juga atropine-like reactions contohnya mulut kering dan konstipasi. Level kadar tertinggi dalam darah biasanya 1-2 jam dengan durasi 4-6 jam. Jadi histamin udah terbentuk namun efek farmakologisnya dihambat (dibahas di bawah sesuai reseptornya) 2. Level kadar tertinggi dalam darah biasanya 1-3 jam. bronkus. prometazin. untuk meringankan reaksi alergi seperti rhinitis dan urtikaria.  Generasi 1 : cukup baik terabsorbsi setelah pemakaian oral. bromfeniram. dimenhidrinat (bisa untuk obat mabuk jg)  Generasi 2: cukup baik terabsorbsi setelah pemakaian oral.

wordpress. Obat antagonis H2: cimetidine.com/tag/farmakologi/ Definisi:Cimetidine . ranitidine. Reseptor H3 Terdapat di sistem syaraf.Cara kerjanya adalah dengan mengikat reseptor H2 pada membran sel parietal dan mencegah histamin menstimulasi sekresi asam lambung. famotidine 3. mononukleosit). diduga terlibat dalam alergi bersinergi dengan reseptor H1 Masih merupakan target baru obat anti inflamasi alergi karena dengan penghambatan reseptor H4 maka dapat mengobati alergi dan asma (sama dengan reseptor H1) http://denikrisna. neutrofil. Tidak seperti antagonis H1 yang menimbulkan efek sedatif. Reseptor H4 Dijumpai pada sel-sel inflammatory (eusinofil. Immepip. mengatur produksi dan pelepasan histamin pada susunan saraf pusat. antagonis H3 menyebabkan efek stimulant dan nootropic dan sedang diteliti sebagai obat Alzheimer Obat: Imetit. clobenpropit. lodoproxyfan 4.

. Cimetidine tersedia dalam bentuk cair dan tablet oral.Obat dengan rumus kimia C10H16N6S ini digunakan untuk mengobati tukak lambungdan duodenum.Cimetidine adalah jenis antihistamin yang menghalangi pelepasan asam lambung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful