Cari Artikel: Siapa Anne Ahira AnneAhira.

com Referensi Karya Ilmiah Deskriptif Kualitatif Penelitian Deskriptif Kualitatif Penulisan Karya Ilmiah Penelitian

Ilustrasi penelitian deskriptif kualitatif

Penelitian deskriptif kualitatif termasuk salah satu jenis penelitian kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi ketika penelitian berlangsung dan menyajikannya apa adanya. Penelitian deskriptif kualitatif menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan situasi yang terjadi, sikap dan pandangan yang menggejala di dalam masyarakat, hubungan antarvariabel, pertentangan dua kondisi atau lebih, pengaruh terhadap suatu kondisi, perbedaan antar fakta, dan lain-lain. Masalah-masalah yang diamati dan diselidiki di atas memungkinkan penelitian deskriptif kualitatif memiliki metode yang mengarah pada studi komparatif, studi kuantitatif, dan bisa juga menjadi suatu studi korelasional satu unsur dengan unsur lainnya. Pada umumnya kegiatan penelitian deskriptif kualitatif meliputi pengumpulan data, analisis data, interpretasi data, serta diakhiri dengan kesimpulan yang didasarkan pada penganalisisan data tersebut. Penelitian Deskriptif Kualitatif – Penelitian Kualitatif Penelitian deskriptif kualitatif merupakan bagian dari penelitian kualitatif. Dengan kata lain, penelitian deskriptif kualitatif merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk membedah fenomena yang diamati di lapangan oleh peneliti. Penelitian deskriptif kualitatif ini merupakan metode penelitian yang menggambarkan temuan variabel di lapangan yang tidak memerlukan skala hipotesis. Jadi, sifatnya hanya mengganbarkan dan menjabarkan temuan di lapangan. Untuk memahami penelitian deskriptif kualitatif sebaiknya kita kemukakan terlebih dahulu apa itu payungnya, yaitu apa itu penelitian kualitatif atau metode penelitian kualitatif. Bogdan dan Taylor, mengatakan bahwa “Metodologi kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Pendekatannya diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh)” (dalam Moleong, 2002:3).

dengan menggunakan metode ilmiah. baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif atau penelitian deskriptif kualitatif selalu berawal dari masalah. sehingga judul penelitian deskriptif kualitatif sejak awal pengajuan proposal sampai akhir laporan penelitian sama. Pertama. Setiap penelitian. (Moleong. tentatif. masalah yang diajukan peneliti menjadi berkembang dan lebih mendalam setelah peneliti melakukan penelitian deskripstif kualitatif di lapangan. penelitian deskriptif kualitatif dari sisi definisi lainnya dikemukakan bahwa hal itu merupakan penelitian yang memanfaatkan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap. dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alamiah. masalah yang diajukan peneliti setelah melakukan penelitian deskriptif kualitatif di lapangan berubah total. Kedua. termasuk juga dengan penelitian deskriptif kualitatif akan terjadi tiga kemungkinan terhadap masalah yang akan dibawa oleh peneliti dalam penelitian deskriptif kualitatif yang akan dilakukannya. Oleh karena itu. objek masalah dalam penelitian kualitatif masih bersifat sementara. penelitian kualitatif dari sisi definisi lainnya dikemukakan bahwa hal itu merupakan penelitian yang memanfaatkan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap. Hampir senada juga diungkapkan oleh Denzin dan Lincoln (1987). . dalam Moleong 2002:3) mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasannya dan dalam peristilahannya. Dari kesemua definisi yang telah dirumuskan oleh berbagai para ahli. Dalam penelitian kualitatif. 2005:5). penulis setuju dengan pernyataan dari Moleong dalam bukunya Metodologi Penelitian Kualitatif. cukup disempurnakan saja. dalam Moleong. 2005:5) Dari kesemua definisi yang telah dirumuskan oleh berbagai para ahli. dan perilaku individu atau sekelompok orang. masalah yang dibawa oleh peneliti merupakan masalah yang tetap. yang menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah. mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar ilmiah. dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. pandangan. kompleks dan dinamis. Dalam penelitian kualitatif masalah yang menjadi objek penelitian masih belum jelas. pandangan. Akan tetapi. dan perilaku individu atau sekelompok orang. Ketiga. terdapat perbedaan yang mendasar antara objek masalah dalam kedua metode penelitian ini. Sedangkan menurut David Williams (1995. perasaan. perasaan. dan akan terus berkembang atau berganti setelah peneliti terjun langsung ke lapangan. sehingga tidah terlalu banyak perubahan.Kirk dan Miller (1986:9. sehingga objek masalah pun harus diganti secara menyeluruh.

menyelami perasaan dan nilai yang terkandung dalam ucapan atau perbuatan responden. Penelitian Deskriptif Kualitatif – Rumusan Masalah Sebelum melakukan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan kata lain rumusan masalah bisa saja berubah jika di lapangan ternyata tidak bisa digunakan atau tidak sesuai dengan fenomena yang tampak. Diperlukan perhatian yang begitu besar dari peneliti dalam melihat fenomena secara keseluruhan. Rumusan masalah dalam penelitian deskriptif kualitatif dibuat berdasarkan temuan di lapangan. tidak bisa sembarangan membuat rumusan masalah dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Rumusan masalah yang akan dibuat atau diidentifikasi ini disesuaikan . rumusan masalah yang merupakan fokus penelitian masih bersifat sementara dan akan berkembang setelah peneliti masuk lapangan atau situasi sosial tertentu. makna apa yang ada dalam situasi sosial tersebut. Peneliti dalam penelitian deskriptif kualitatif bertindak sebagai sebagai alat pengumpul dan penafsir data. Lebih jauh lagi Nasution menambahkan. membaca gerak muka. Peneliti tidak menganggap dirinya lebih tinggi atau lebih tahu (Nasution. dalam penelitian deskriptif kualitatif. Hal serupa diungkapkan oleh Nasution (1996:9). bahwa subjek yang diteliti dipandang berkedudukan sama dengan peneliti. dinamis dan kompleks. jadi tidak sebagai objek atau yang lebih rendah kedudukannya akan tetapi sebagai manusia yang setaraf. dan mendalam. Pertanyaan penelitian deskriptif kualitatif dirumuskan dengan maksud untuk lebih memahami gejala sosial yang masih samar. Sehingga setelah diteliti menjadi lebih jelas dan lebih tergambar. Hal ini dilakukan karena hanya manusia sebagai instrumen yang dapat memahami makna interaksi antar manusia.1996:10). jika memanfaatkan alat yang bukan-manusia dan mempersiapkan dirinya terlebih dahulu sebagai yang lazim digunakan dalam penelitian klasik. menyebutkan kedudukan peneliti dalam penelitian deskriptif kualitatif berfungsi sebagai “key instrument”. Jadi. Dengan demikian. maka sangat tidak mungkin untuk mengadakan penyesuaian terhadap kenyataan yang ada di lapangan. Hal tersebut. menurut Moleong dilakukan karena. Rumusan masalah dalam penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu rumusan masalah yang dapat memandu peneliti untuk mengeksplorasi dan atau memotret kondisi sosial yang akan diteliti secara luas. peneliti perlu mempersiapkan rumusan masalah dari penelitian yang akan dilakukannya. tidak teramati. Menurut Moleong (2005:9) dalam penelitian kualitatif penulis sendiri atau dengan bantuan orang lain merupakan alat pengumpul data utama. Rumusan masalah merupakan bentuk pertanyaan yang dapat memandu peneliti untuk mengumpulkan data di lapangan. Kedudukan peneliti dalam penelitian deskriptif kualitatif tidak sama dalam penelitian kuantitatif. menyeluruh.Dalam melakukan penelitian deskriptif kualitatif. peneliti harus bisa mengetahui kedudukannya pada saat melakukan pengumpulan data di lapangan.

jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Tujuan Penelitian Deskriptif Kualitatif Setiap penelitian yang dilakukan tentu saja memiliki tujuan khusus. Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini yang akan menjadi pedoman selama kita melakukan penelitian di lapangan. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator. Bisa dikatakan rumusan masalah yang akan menjadi hidup dan mati dalam sebuah penelitian. Jika.dengan metode yang akan digunakan untuk menjawabnya. . Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan tujuan dari penelitian deskriptif kualitatif itu akan menjawab apa yang sebelumnya dikemukakan dalam rumusan masalah dan pertanyaan penelitian atau identifikasi masalah. tetapi juga ada tujuan yang lainnya. masih ada tujuan penelitian yang belum tntas dibedah.Tolong SHARE artikel ini Nama : Email : Komentar : Catatan : Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehingga dibutuhkan parameter yang akurat dalam menentukan rumusan masalah. Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini juga akan menentukan bagaimana kita mengolah hasil penelitian dengan membuat unit analisisnya menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian deskriptif kualitatif sejalan dengan rumusan masalah dan pertanyaan penelitian atau identifikasi masalah. termasuk dengan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari diadakannya penelitian deskriptif kualitatif ini tidak saja semata-mata untuk menggambarkan secara menyeluruh fenomena yang akan diamati dan dianalisis saja. mar\'ah 06-11-2012 Sebenarnya info2 dari kamu bagus2 tp knp ga ada yg bisa dicopy jd ga bsa dipelajari n manfaat buat yg lain. Jadi. Kita harus memandang permasalahan dalam penelitian secara keseluruhan supaya mendapatkan hasil yang konkrit dan kredibel. Kita sebagai peneliti tidak bisa menentukan rumusan masalah dari satu sudut pandang saja. Rumusan masalah dalam semua penelitian termasuk penelitian deskriptif kualitatif menjadi titik sentral dalam penelitian. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk membedah permasalahan juga ikut andil dalam menjawab tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan. rumusan masalah diangkat dan setelahnya ditelaah menggunakan metode penelitian mana yang sesuai dengan fenomena yang ada. maka penelitian deskriptif kualitatif yang kita lakukan tidak akan mendapatkan hasil yang falid.

tapi gemana cara mendwlodnya. rizaldy a.rekan yang ada di situs ini........co.id 07-09-2012 Kalo meneliti bahasa mnggunkn penelitian kualitatif bersifat deskriptif atau kualitatif aja? d.bustam 12-05-2012 Ada tidak metode penelitian yang menggunakan 2 kali posttest. sangat berguna dan membantu sekali. hanung 28-07-2012 Good edward 19-05-2012 Makasih artikelnya...widyaji 02-09-2012 Oke bgt moh agus suhadi 29-08-2012 Mantap. terimakasih teh ane..??? saumi 27-04-2012 Artikelnya baguss boleh saya ambil buat skripsi saya. boleh ya. MIKRIANTO 12-08-2012 Gaman ambil artekelnya Sahrul M Nasir 01-08-2012 Terimakasih yang sebesar .? handajo 26-04-2012 Good-sangat detail yapenjelasann . sebab tulisan anda sudah membantu saya dalam memecahkan masalah..besarnya kpd semua rekan ..sangat membantu buat skripsi.chansas 13-10-2012 Terima kasih atas sharax miftakhulhuda84@yahoo.......

...id 08-03-2012 Kebetulan skripsi saya menggunakan metode penelitian ini.. reni 22-12-2011 Artikel nya sangat bermutu . vee 26-03-2012 Trimakasih sangat bermanfaat untuk membantu skripsi saya abidin abdul rofiq 09-03-2012 Makasih atas data-datanya.. saya belum pernah baca contoh skripsi deskriptif korelasi syifa 07-02-2012 Klo penelitian deskriptif kuntitatif tu gmn??? nur kholis majid 06-02-2012 Bagus...... tapi ada ga contoh penentuan hipootesis yang rumsan masalahnya diawali dengan kata tanya "bagaimana" Rudi Chand 26-12-2011 Luar biasa.. www.msih bingung tntang pngertian penelitian desktiptif kualitatif. karena skripsiq mggunakan metode tu.payabo...saya jadi terbantu lagi ngadain penelitian.d sangat membantu makalah saia.web. Estiwati Gulo 02-04-2012 Q. tidak sampai menghubungkan........ santi siahan 09-02-2012 Kenapa ada hubungan? deskriptif itu hanya menggambarkan fenomena yang ada.Elro Seven 26-04-2012 Makasih ulasannya.

Mereparasi Hati yang Sedang Sakit Pengetahuan Bahan Kain Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif serta Perbedaannya Sekilas Mengenai Penulisan Kutipan Riset Adalah: Dari Pengertian Sampai Langkah Penyusunan Laporan Langkah-Langkah Metode Ilmiah.sangat menginspirasi saya dalam menyelesaikan skripsi rina 13-12-2011 Artikelnya bagus. bagi peneliti pemula yang ingin lebih konsentrasi kepada penelitian kualitatif bella mai linda arisa 08-08-2011 Good job. apa karakteristik yang membedakan penelitian deskriptif dengan penelitian lain ya (misal fenomenologi). Bojong Sereh No. terima kasih..INDONESIA .Asian Brain on Facebook Artikel Terkait Masalah Penelitian Tindakan Kelas Bengkel Hati . tapi saya mau tanya. jusuf soewadji 12-11-2011 Cukup bagus.. mbak.668 Bandung 40376 Jawa Barat . Mempermudah Penelitian Beranda | Privacy | Artikel Sitemap | Sitemap | RSS Feeds Kantor Pusat : Jl... [1] 2 | Next>> | Last Anne Ahira .