P. 1
Tahapan-tahapan Memulai Android

Tahapan-tahapan Memulai Android

|Views: 15|Likes:
Published by Adee d'Cuberzz

More info:

Published by: Adee d'Cuberzz on Nov 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

Tahap-tahap Dasar Penting untuk Memulai pemrograman ANDROID

1. Semuanya dimulakan dengan BISMILLAH 2. Siapkan tools-tools untuk menggunakan ANDROID, diantarannya adalah : a. Java Languange, pastikan kita sudah menginstal java di computer kita, cara mengetahuinya cukup mudah, kita dapat mengetikkan di command prompt sebagai berikut: Ketikkan : java –version

Jika keluar tampilan seperti diatas, maka java telah terinstal di komputer anda, namun jika tidak maka sebaliknya. Java version tentu berbeda-beda pada tiap-tiap komputer tergantung java versi berapa yang diinstal. Pada saat ini saya menggunakan java versi “1.6.0_24”. Kenapa menggunakan java language?? Ya, karena pemrograman android ini sudah bersifat OOP (Object Oriented Programming), untuk itu pemggunaan Java sebagai bahasa pemrograman dasarnya sangat memadai, tidak perlu takut untuk memulai menggunakan java, karena bahasa ini relatif mudah , kita hanya cukup mengerti prinsip-pronsip dasar OOP dan sering berlatih dengan “hands on”, artinya benar-benar mengetik code dengan tangan kita sendiri.  b. Install Android SDK dalam computer anda, ini penting sebagai engine dan basic platform-nya. Anda dapat mendownlaodnya disini: http://developer.android.com/sdk/index.html. Setelah di download, maka install-lah. c. Eclipse lengkap dengan ADT (Android Development Tools) android di dalamnya, caranya adalah sebagai berikut : 1. Bukalah Eclipse kita (sekarang saya menggunakan eclipse versi Galileo) pilih bagian Install New Software di menu Help -> Install New Software.

© 2011, Al-Amanah Cyber Production Ini di dedikasikan untuk mendukung semua pemrograman open source.

2. Akan ada kotak dialog yang muncul , lalu ketikkan alamat berikut https://dlssl.google.com/android/eclipse/, di dalam form yang disediakan, pastikan anda sudah terhubung kedalam koneksi internet.

3. Setelah selesai maka secara otomatis eclipse anda akan mencari plugin android dari intenet berdasarkan URL tersebut, kemudian setelah selesai maka klik menu install. Tunggulah beberapa saat ketika eclipse menginstal.

Jika kita menemukan kesulitan dalam mendapatkan plugin android dari websitenya, saya sudah menyediakannya disini : https://github.com/rifaiaja/bundle-eclipse-android Tinggal di download kemudian di ekstrak filenya menggunakan winrar, pilihlah salah satu dari part, lalu ekstrak-lah, maka part-part lainnya sudah akan secara otomatis akan ikut terekstrak.

© 2011, Al-Amanah Cyber Production Ini di dedikasikan untuk mendukung semua pemrograman open source.

d. Pemrograman ANDROID dapat menggunakan laptop, notebook ataupun komputer PC, pemrograman menggunakan notebook tidak disarankan, tapi dapat juga dilakukan walaupun sedikit agak lama pemrosesannya. e. Jika kita mempunyai handset ANDROID, maka itu jauh lebih baik. Kenapa? Karena hasil dari pemrograman aplikasi kita akan dapat langsung dilihat pada handset tersebut. Namun jika kita tidak mempunyainya maka pemanfaatan AVD (Android Virtual Device) yang sudah ada dalam bundle eclipse + android yang saya sertakan diatas sudah cukup memadai. 3. Jika semua persiapan sudah dilakukan maka kita dapat melanjutkannya dengan mengecek apakah semua yang kita install sudah benar-benar dapat digunakan. a. Bukalah kembali eclipse yang tadi sudah ada ADT didalamnya, kemudian ke menu Preferences ada di Window -> Preferences. Dalam bagian eclipse ini sudah dapat kita lihat, jika kita telah berhasil mengisntal Android dalam Eclipse maka akan mucul ikon android seperti dalam lingkaran hijau dibawah ini.

© 2011, Al-Amanah Cyber Production Ini di dedikasikan untuk mendukung semua pemrograman open source.

b. Setelah itu akan muncul kotak dialog Preferences, di bagian SDK Location maka pilihlah path dimana tadi anda menginstal Android SDK. Jika kita sudah benar menginstal ADT tadi, maka akan muncul level-level jenis platform android mulai dari generasi pertamanya sampai kapan terakhir kita meng-update ADT itu. Kebetulan dalam bundle eclipse + android yang saya sertakan tadi sampai pada platform 3.1 atau honeycomb versi 3.1.

4. Jika semua tahap itu sudah selesai dilakukan, maka kita telah menyelesaikan tahap-tahap persiapan pemrograman android. Selamat Berkarya .

© 2011, Al-Amanah Cyber Production Ini di dedikasikan untuk mendukung semua pemrograman open source.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->