P. 1
Kebudayaan Orang Timor Leste

Kebudayaan Orang Timor Leste

|Views: 51|Likes:
Published by Fabiano F M Madeira

More info:

Published by: Fabiano F M Madeira on Nov 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

Sejarah Timor leste Sejarah Timor Leste berawal dengan kedatangan orang Australoid dan Melanesia.

Orang dari Portugal mulai berdagang dengan pulau Timor pada awal abad ke-15 dan menjajahnya pada pertengahan abad itu juga. Pada tahun 1975, ketika terjadi Revolusi Bunga di Portugal dan Gubernur terakhir Portugal di Timor Leste Lemos Pires tidak mendapatkan jawaban dari Pemerintah Pusat di Portugal untuk mengirimkan bala bantuan ke Timor Leste yang sedang terjadi perang saudara. maka Lemos Pires memerintahkan untuk menarik tentara Portugis yang sedang bertahan di Timor Leste untuk mengevakuasi ke Pulau Kambing atau dikenal dengan Pulau Atauro.

Kemudian Indonesia masuk ke Timor Leste pada desember 1975 tetapi pada saat kekosongan kekuasaan, Partai Fretelin telah mendeklarasikan kemerdekaan Timor leste, sehingga selama dibawah kekuasaan Indonesia terjadi separatisme yang menuntut kemerdekaan dari Indonesia. Sampai akhirnya terjadi refrendum pada tahun 1999 dan akhirnya Timor Leste resmi menjadi sebuah negara pada tanggal 20 Mei 2002.

Politik Kepala Negara Republik Timor Leste adalah seorang presiden , yang dipilih secara langsung dengan masa bakti selama 5 tahun. Meskipun fungsinya hanya seremonial saja, ia juga memiliki hak veto undangundang. Perdana menteri dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat/ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas. Sebagai kepala pemerintahan, Perdana Menteri mengepalai Dewan Menteri atau kabinet dalam kabinet pemerintahan. Jumlah kursi di parlemen antara 52 dan 65 tetapi saat ini berjumlah 65. Undang-Undang Dasar Timor Leste didasarkan konstitusi portugal.

Ekonomi Mata pencaharian orang timor Leste bertani. Tetapi secara nasional perekonomian Timor Leste begantung kepada eksploitasi minyak bumi dan gas alam. Mata uang yang digunakan adalah dollar Amerika . Saat ini tiga bank asing memiliki cabang di Dili. ANZ National Bank, Banco Nacional Ultramarino yang merupakan anak perusahaan dari bank terbesar Portugal dan Bank Mandiri dari Indonesia.

Bahasa Sejak kemerdekaan Timor Leste pada tahun 2002 setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB berdasarkan konstitusi Timor Leste memiliki 2 bahasa resmi yaitu Bahasa Tetun dan Bahasa Portugis. Selain itu dalam konstitusi disebutkan pula bahwa Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dijadikan bahasa kerja. Dalam praktek keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetun Portugis sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis.

Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah. Selain itu terdapat pula belasan bahasa daerah, diantaranya: Bekais, Bunak, Dawan, Fataluku, Galoli, Habun, Idalaka, Kawaimina, Kemak, Lovaia, Makalero, Makasai, Mambai, Tokodede, dan Wetarese.

Demografi Pada tahun 2005 penduduk Timor Leste diperkirakan berjumlah 1.040.880 jiwa. Penduduk Timor Leste merupakan campuran antara suku bangsa melayu dan Afrika sebagian kecil keturunan Portugis. Mayoritas penduduk Timor Leste beragama Khatolik ( 93%). Diikuti Protestan, islam , dan aliran kepercayaan.

Adat Istiadat Timor Leste memiliki adat istiadat yang beragam misalnya mulai dari adat pernikahan hingga tata cara kehidupan sehari-hari. Di wilayah Lorosae misalnya kebiasaan para perempuan adalah menenun yang merupakan kebiasaan dari nenek moyang harus bisa dilakukan oleh setiap perempuan.

Adapun kebiasaan lainya adalah pada upacara pernikah pada wilayah Loromanu tidak menyertakan mahar sedangkan di wilayah lorosae setiap upacara pernikahan harus menyertakan mahar sebelum melakukan upacara pernikahan.

Rumah adat orang Lorosae

Rumah adat orang loromonu

Kain adat Untuk laki-laki dan perempuan

selendang

TAIS

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->