PERAKITAN DAN INSTALASI KOMPUTER

PENGENALAN KOMPUTER

DISUSUN OLEH :

1. ROBINGAH NGADAWIYAH 2. VITASARI CAHYANINGRUM 3. BIMBING SHADIKIN
KELAS E2

12520241028 12520241032 12520244046

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

menganalisa. dipegang.  Program Aplikasi adalah software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user. DASAR TEORI Computer berasal dari bahasa latin computare (to compute/to reckon) yang artinya menghitung. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat. mengurutkan.membandingkan. SOFTWARE : suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun berbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan . atau mencari di storage  Output : Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device). Programmer. HARDWARE : Peralatan fisik dari komputer itu sendiri. yaitu berupa informasi 2. yaitu menerima input. memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan. Process. mengendalikan.A. System Analyst 1. Modul TKJ SMK N 2 Depok Kelas X Laporan Praktikum – Pengenalan Komputer Page 2 .com. mengklasifikasikan. menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya. Program Aplikasi Operator. Komputer Hardware Software Brainware Input. JUDUL SUB BAB Pengenalan Komputer B. Output Sistem Operasi. menjalankan komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer) Sumber : www. 3.ilmukomputer. merancang dan membentuk suatu system / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer. ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer. Menurut Blissmer (1985).  Sistem Operasi adalah software yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.  System Analyst : orang yang bertugas mempelajari. ataupun dipindahkan  Input : Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)  Processing : Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung. BRAINWARE : orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. serta menyediakan output dalam bentuk informasi.  Programmer : yang bertugas di dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi  Operator : yang bertugas mempersiapkan komputer utk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer. komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas.

DATA PENGAMATAN Tabel No 1 2 3 1 (Panel Bagian Depan) Nama Panel USB port (2 port) Audio line in (mic port) Audio line out (speaker port) Fungsi Untuk menghubungkan perangkat USB Untuk menghubungkan perangkat audio input (microphone) Untuk menghubungkan perangkat audio output (speaker) Tabel 2 (Bagian Belakang) No 1 Nama port USB port (4) Bentuk Jumlah pin Fungsi Untuk mengkoneksikan perangkat USB 2 PS2 port 6 pin + 1 penanda Untuk mengkoneksikan keyboard/ mouse yang masih menggunakan PS2 Untuk menghubungkan perangkat grafik atau visual (monitor. modem. dll) 3 VGA port 15 pin 4 Parallel port 25 pin Untuk menghubungkan perangkat yang menggunakan kabel paralel contohnya printer. scanner. LCD. dll Laporan Praktikum – Pengenalan Komputer Page 3 .C.

Tak hanya dibagian belakang tapi di bagian depan sering dipasang juga. headset. USB port Port ini adalah port yang saat ini bisa dibilang wajib ada di setiap computer. Biasanya berwarna merah muda dan berbentuk bulat. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat. dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer. Audio input port (Audio Line In port) Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat audio input. dll Untuk mengkoneksikan perangkat audio lanjutan (pengolah audio) contohnya mixer 7 Audio output 8 Audio output lanjutan D. ANALISA HASIL DAN JAWABAN TEST Berdasarkan Tabel 1 maka dapat dianalisa bahwa di panel bagian depan PC terdapat beberapa port yaitu: 1. sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah Kelebihan USB port :  Kecepatan yang lebih tinggi  Fleksibel dalam penggunaan  Diterima oleh pasar secara luas Kelemahan USB port :  Panjang kabel maksimal hanya 15 kaki tidak bisa lebih. 2. apabila tidak ada warnanya maka terdapat gambar microphone. Port USB merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada perangkat USB. sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. Laporan Praktikum – Pengenalan Komputer Page 4 . Port USB merupakan pengembangan dari port serial. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot.5 LAN port Untuk menghubungkan komputer ke sebuah jaringan komputer (RJ45) 6 Audio input Untuk mengkoneksikan perangkat audio input contohnya microphone Untuk mengkoneksikan perangkat audio output contohnya speaker. Selain itu. USB juga mendukung arsitektur daisychain ganda. yaitu penggunaan USB hub.

LCD Projector. kabel konektor adalah 25 pin. 3. Sehingga hanya ada satu port dengan warna ganda. Tapi apabila semua berwarna hitam biasanya ada gambarnya. biasanya port ini jarang di gunakan. dsb. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer. Oleh sebab itu seara umum port paralel lebih cocok untuk alat yang melakukan banyak perpindahan data port yang mempunyai kemampuan menteranfer data dengan kecepatan standart parallel port (SPP) 200 Kb / detik. USB port (4 port) 2. Jawaban Test 1. LPT2 dan LPT3. Komponen-komponen pada PC yang termasuk unit input adalah :  Keyboard  Mouse Laporan Praktikum – Pengenalan Komputer Page 5 . Audio input port (Audio Line In port) 7. dan port penghubung disk drive. jadi digunakan untuk kabel LAN yang meggunakan konektor RJ-45 6. port PS2 biasanya dipisah antara port untuk keyboard dan mouse. port paralel dapat menerima atau membaca data beberapa bit sekaligus melalui sejumlah kabel yang dimilikinya. Sedangkan berdasarkan Tabel 2 pada bagian panel belakang sebuah PC terdapat beberapa port yaitu: 1. Parallel port Port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Struktur Diagram/Blok Komputer Input Process/ALU Output Memasukkan data yang akan diolah melalui perangkat input Mengolah data yang telah dimasukkan menggunakan ALU Mengeluarkan data yang telah diolah/diproses melalui perangkat output 2.3. Perangkat grafis bisa berupa monitor. 4. Berdasarkan pengamatan port LAN yang ada di PC adalah bertipe RJ-45. Untuk keyboard berwarna ungu dan mouse berwarna hijau. Audio output port (Audio Line Out port) 8. Pada computer tipe lama. Apabila tidak ada warnanya maka terdapat gambar headset. Audio output port (Audio Line Out port) Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat audio output. PS2 port Port PS2 digunakan untuk mengkonesikan perangkat keyboard/mouse yang masih menggunakan kabel PS2. modem. 5. LAN port (Network port) Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN). VGA port VGA port digunakan untuk menghubungkan computer dengan perangkat grafis yang mampu menampilkan hasil data yang telah dipreses computer. Biasanya berwarna hijau dan berbentuk bulat. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. yaitu ungu dan hijau. Port parallel terdiri dari: LPT1. Untuk computer tipe sekarang port PS2 antara keyboard dan mouse dijadikan satu. Audio input lanjutan Berwarna biru dan berbentuk bulat.

parallel port. E. 4. ketika tombol power switch terhubung singkat maka PC akan menyala. Laporan Praktikum – Pengenalan Komputer Page 6 . serial port. LAN port.  Apabila Led Indicator Power dan HDD mati tapi ada bunyi kipas berputar dan PC tidak bisa masuk OS kemungkinan led indicator power mati dan HDD rusak/mati. audio line out.  Apabila Led Indicator Power dan HDD mati tapi ada bunyi kipas berputar dan PC Normal bisa masuk OS kemungkinan led indicator power dan HDD mati/kabel putus. sedangkan yang di bagian belakang terdiri LAN port.  Apabila PC dalam keadaan hidup. VGA Port. dsb. a) Hal yang akan terjadi jika tombol reset terhubung singkat :  Apabila PC dalam keadaan hidup dan normal maka PC akan mengalami warm booting (Restart/Reboot)  Apabila PC dalam keadaan mati maka PC tidak akan mengalami perubahan apa-apa (Tetap mati) b) Hal yang akan terjadi jika tombol power switch terhubung singkat maupun terputus :  Apabila PC dalam keadaan mati. PS2 port. dan serial port.  Biasanya panel yang terdapat di computer bagian depan itu adalah USB port dan audio port. Proses/ALU (Mengolah data yang telah dmasukkan melalui input) 3. KESIMPULAN  System kerja computer digambarkan dalam sebuah blok/diagram computer yang meliputi: 1. sedangkan port output terdiri dari VGA port. Masing-masing dari port diatas mempunyai cirri dan fungsi yang berbeda-beda. Pengaruh pada PC apabila Led indicator Power dan HDD mati dalam kondisi PC Normal :  Apabila Led Indicator Power dan HDD mati serta kipas tidak berputar maka PC itu mati/tidak nyala. Scanner  Joystick 3. Parallel port. USB port dan audio port. Ketika terputus akan mati. audio line in. Output (Menampilkan hasil olahan data)  Dalam suatu computer terdapat port input dan output . VGA port. ketika tombol power switch terhubung singkat maka PC akan mati/shutdown. Input (Berfungsi memasukkan data yang akan diolah) 2. Port input terdiri dari USB port. Selain itu bisa juga di bagian belakang computer ditambah port yang yang ditambahkan di port PCI/AGP seperti LAN port. PS2 port.