P. 1
Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama

Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama

|Views: 313|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Rusydi Aziz on Nov 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

Indonesia adalah Negara yang memiliki keragaman suku,agama, dan ras yang bermacam – macam. Kita mengenal ada suku jawa ,suku Madura, suku dayak , agama Islam, agama Kristen, dan lain – lain. Keanekaragaman ini tidak hanya berkumpul di suatu tempat di Indonesia, tetapi sudah menyebar di seluruh Indonesia. Kemudian mereka membentuk komunitas – komunitas sesuai kesamaan mereka. Misalnya komunitas Ambon, komunitas Islam, komunitas Cina, dan lain – lain. Dengan berjalannnya waktu, orang – orang yang bergabung dalam komunitas tersebut semakin banyak sehingga komunitas itu semakin kuat dan kuat. Dengan semakin kuatnya komunitas – komunitas masing, pada suatu saat pasti akan terjadi benturan antar komunitas tersebut yang menyebabkan banyak masalah di sekitarnya. Tentu hal ini membuat orang – orang yang tidak terlibat menjadi ikut terlibat di dalam masalah itu sendiri. Ini tentu membuat orang yang tidak tahu menjadi resah dan bingung harus berbuat apa. Padahal masalah – masalah yang terjadi sering kali disebabkan oleh masalah – masalah sepele yang tidak terselesaikan terlalu lama dan berulang – ulang sehingga masalah ini menjadi semakin besar. Biasnya masalah ini muncul karena adanya sikap fanatisme terhadap kelompoknya. Sikap fanatisme ini membuat masalah yang kecil tadi menjadi besar karena menganggap komunitas atau kelompoknya lah yang paling benar. Sikap ini juga membuat orang tidak akan mengalah pada kelompok lain yang menurutnya salah sehingga masalah kecil ini berbuntut menjadi panjang dan besar. Dari sikap ini muncullah sikap baru, yaitu rendahnya toleransi satu dengan yang lainnya. Sikap toleransi yang rendah terhadap orang lain ini muncul karena sikap fanatisme tadi yang menganggap dirinya dan kelompoknya lah yang paling benar sehingga orang dan kelompok lain dianggap rendah dan salah. Saat orang dan kelompok lain melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan pemikiran dari diri dan kelompoknya, maka mereka tidak menerima hal yang telah dilakukan oleh kelompok lain sehingga muncullah masalah yang baru dan lain. Karena sikap ini juga, sering kali terjadi salah tangap informasi yang ada dan menimbulkan masalah – masalah yang lain lagi.
Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 1

Di dalam agama Islam sendiri, kita telah diajarkan dalam menyelesaikan masalah – masalah yang terjadi dengan orang lain atau kelompok lain. Misalnya dengan musyawarah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan masih banyak lagi. Meski banyak cara dalam menyelesaikan masalah dengan orang lain atau kelompok lain, kita dapat mencegah masalah yang akan timbul atau paling tidak masalah yang timbul adalah masalah – masalah yang sangat kecil. Dalam hal ini misalnya kita perlu bersikap ukhwah islamiyah. Ini membantu mengurangi perselisihan diantara umat beragama. Kerukunan mengandung makna hidup dalam kebersamaan. Oleh karena itu, dalam usaha membina kerukunan hidup bangsa kita yang menganut berbagai agama dan kepercayaan itu, kita harus berusaha membangun semangat dan sikap kebersamaan di antara penganut berbagai agama dan kepercayaan di kalangan bangsa kita Nilai kerukunan hidup antarumat beragama di pandang dari aspek sosial-budaya menempati posisi yang sangat sentral, penting dan strategis bagi kesatuan bangsa Indonesia untuk menjadi perekat kesatuan bangsa yang sangat handal. Melalui ikatan semangat kerukunan hidup antarumat beragama akan mampu membangun atau memperkokoh persatuan masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai daerah dan pulau menjadi sebuah komunitas negara kesatuan yang sangat solid. Dari penguraian diatas perlu kita mencari tahu apa saja yang perlu dilakukan dalam menjaga kerukunan dalam umat beragama ini, terutama di Indonesia kita sendiri. Serta bagaimana kerukunan dari teladan kita Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya yang harus kita tiru agar dapat menciptakan kerukunan antar umat beragama. Selain itu juga kita harus belajar pula untuk hidup dengan simpati maupun empati terhadap sesama muslim.

Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama

Page 2

dan Konghucu. dan teroris identik dengan umat Islam terkhusus orangorang yang dipandang “militan”. Hindhu. Banyak fitnah-fitnah serta hujatan-hujatan oleh berbagai kalangan yang menyamakan ajaran Islam dengan teroris. yaitu Islam. Sayangnya di Indonesia kerukunan antar umat beragama masih cukup sulit untuk diwujudkan. sehingga kita harus dapat menjalin kerukunan antar umat beragama.BAB II PERMASALAHAN Di dalam menghadapi negara bahkan dunia yang semakin berbeda (multikulturalisme) ini. Indonesia mengakui 6 agama. Fakta sebenarnya. Allah menurunkan Islam melalui Nabi-Nya dengan misi utama adalah Islam sebagai rahmat di dunia. Rasulullah (utusan Allah) yang selalu membacakan ayat-ayat Allah kepada umatnya. Ketahuilah bahwa Islam merupakan agama rahmat bukan negara teroris.1 Permasalahan Islam Sebagai Rahmat Seluruh Alam Situasi dan kondisi pada hari-hari ini cukup memprihatinkan. Dimana Islam diopinikan sebagai agama teroris. Banyak contoh kasus konflik maupun kerusuhan yang ditimbulkan oleh kegagalan menjalin kerukunan di dalam umat beragama. membersihkan (jiwa) mereka. dan lain sebagainya. 2. Protestan. diantaranya yang terjadi di Sampang. Budha. Ambon. yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah. kita harus mampu menjalin kerukunan diantara sesama khususnya menjalin kerukunan antar umat beragama. Dari agama-agama tersebut tentulah tiap agama. sebagaimana firman-Nya: Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri. Katholik.tersebut menganut kepercayaan yang berbeda-beda. dan mengajarkan kepada Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 3 . membersihkan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka al kitab(Al Qur‟an) dan Al Hikmah.

dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci. Program inipun dijalankan oleh orang-orang munafik (orang-orang yang menampakkan keislaman. Hari-hari mereka berisikan makar terhadap orang-orang yang beriman. Ali-Imran : 164) 2. Yahudikah. (QS.mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Cobalah anda buka catatan sejarah. sebagaimana firman Allah: Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 4 .1 Kebencian Musuh-Musuh Islam Ketika cahaya Islam menerangi kegelapan peradaban umat manusia sejak 1439 silam. maka benar Allah dengan segala firman-Nya”. Majusikah. niscaya akan terucap sebuah pengakuan .” ( Ash Shaff : 9 ) Maka dari itu orang-orang kafir dan musyrik dari berbagai macam jenisnya sangat berkepentingan untuk menjalankan program jahat tersebut. maka musuh-musuh Islam tiada henti membencinya. Upaya-upaya memadamkan cahaya itu pun senantiasa dilakukan. Kristenkah. namun menyembunyikan kebencian terhadap Islam). dll. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu. mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata. Allah berfirman : ” Meraka berupaya untuk memadamkan cahaya ( agama ) Allah dengan mulut ( ucapanucapan ) mereka.1. ( Ash Shaff : 8 ) Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama meskipun orang-orang musyrik benci.

karena Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 5 . Knitter.2.Ag. peledakan-peledakan bom di tempat keramaian yang banyak di kunjungi turis. Ali Masrur. orang-orang kafir dan munafik (Amerika. Hingga akhirnya tertanam suatu paradigma yang salah di tengah masyarakat. bahwa ciri-ciri teroris adalah selalu berpakaian muslim ( jubah. Sikap ini muncul sebagai akibat dari pola perjumpaan tak langsung (indirect encounter) antar agama. gamis. rajin shalat berjamaah. salah satu masalah dalam komunikasi antar agama sekarang ini. sorban dll). Yahudi. dan kaum wanitanya berbusana muslimah. Sehingga dalam sudut pandang mereka yang radikal itu." Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya). 2. berjenggot.2 Kendala-kendala Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama 2.1. Tentu saja. Sehingga kalangan umat beragama merasa enggan mendiskusikan masalah-masalah keimanan. Sementara dilain pihak. khususnya di Indonesia. dan aksi-aksi terror lainnya di negeri-negeri kaum muslimin merupakan bagian dari jihad fiisabillah.1.3 Sikap Orang Kafir dan Munafik Tentang Kesalahan Pemahaman Oleh Sebagian Kaum Muslimin Melihat keadaan tersebut. ada oknum-oknum dari kaum muslimin yang berlebihan bahkan sesat di dalam memahami makna jihad fi sabillah. dsb) memanfaatkan hal ini untuk menyebarkan isu terorisme oleh orang Islam.1 Rendahnya Sikap Toleransi Menurut Dr. Astaghfirullah. Sehingga merekapun berupaya mengopinikan di dunia internasional sebagai terorisme. M. (QS at-Taubah: 107) 2. dialog yang lebih mendalam tidak terjadi.2 Terorisme bukan dari Islam Keberadan syariat jihad fi sabilillah ( perang dijalan Allah ) yang demikian mulia dalam agama Islam.Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yang mendirikan masjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mukmin). pakaian di atas mata kaki. khususnya menyangkut persoalan teologi yang sensitive. adalah munculnya sikap toleransi malas-malasan (lazy tolerance) sebagaimana diungkapkan P. 2. benar-benar sebagai monster yang mengerikan bagi orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Padahal itu adalah tuntunan Rasulullah. Mereka Sesungguhnya bersumpah: "Kami tidak menghendaki selain kebaikan. untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu[660]. bom bunuh diri.

maka akan timbullah yang dinamakan konflik.2 Kepentingan Politik Faktor Politik. Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 6 . bukan perjumpaan sesungguhnya. Sehingga karena sikap fanatisme yang berlebihan.baik pihak yang berbeda keyakinan/agama sama-sama menjaga jarak satu sama lain. Masingmasing agama mengakui kebenaran agama lain. Seperti yang sedang terjadi di negeri kita saat ini. Yang terjadi hanyalah perjumpaan tak langsung. Faktor ini terkadang menjadi faktor penting sebagai kendala dalam mncapai tujuan sebuah kerukunan anta umat beragama khususnya di Indonesia. Bisa saja sebuah kerukunan antar agama telah dibangun dengan bersusah payah selama bertahun-tahun atau mungkin berpuluh-puluh tahun. jika bukan yang paling penting di antara faktor-faktor lainnya.3 Sikap Fanatisme Yang Berlebihan Di kalangan Islam. Tanpa politik kita tidak bisa hidup secara tertib teratur dan bahkan tidak mampu membangun sebuah negara. yakni pemahaman keagamaan yang menekankan praktik keagamaan tanpa melihat bagaimana sebuah ajaran agama seharusnya diadaptasikan dengan situasi dan kondisi masyarakat. yang mudah-mudahan diterima di sisi-Nya.2. kita tidak hanya menangis melihat political upheavels di negeri ini. darah saudara-saudara kita. pemahaman agama secara eksklusif juga ada dan berkembang. tetapi lebih dari itu yang mengalir bukan lagi air mata. Namun tiba-tiba saja muncul kekacauan politik yang ikut memengaruhi hubungan antaragama dan bahkan memorakporandakannya seolah petir menyambar yang dengan mudahnya merontokkan “bangunan dialog” yang sedang kita selesaikan. 2. Bahkan akhir-akhir ini. 2. dan dengan demikian kita pun hampir memetik buahnya. tetapi kemudian membiarkan satu sama lain bertindak dengan cara yang memuaskan masing-masing pihak. menyebabkan terjadinya konflik antar umat beragama yang tentu saja tidak kita inginkan. tetapi dengan alasan politik juga kita seringkali menunggangi agama dan memanfaatkannya. di Indonesia telah tumbuh dan berkembang pemahaman keagamaan yang dapat dikategorikan sebagai Islam radikal dan fundamentalis.2. tetapi darah. Sehingga dapat menimbulkan sikap kecurigaan diantara beberapa pihak yang berbeda agama.

baik oleh manusia sendiri maupun oleh makhluk-makhluk yang lain apabila manusia srbagai pengemban amanah Allah telah mentaati ajaran tersebut. seperti bersikap adil terhadap sesama manusia. Subtansi rahmat terletak pada fungsi ajaran tersebut . baik sebagai substansi pengetahuan maupun sebagai sarana pengabdian. ajaran salat. tetapi Allah tidak memaksakan kehendak-Nya bagi manusia untuk menerima petunjuk-Nya itu. artinya mampu dipahami rasionalitasnya. ajaran Islam memberikan kemudahan sehingga kerja akal lebih efisien. Sekalipun Allah memberikan petunjuk kebenaran bagi manusia.1. Al-Anbiya: 107 Bentuk-bentuk kerahmatan Allah pada ajaran Islam itu adalah sebagai berikut: 1. dan fungsi itu baru akan dirasakan.BAB III PEMBAHASAN 3. Ajaran itu diperlukan manusia. Islam memberikan kebebasan kepada manusia untuk menggunakan potensi yang diberikan oleh Allah secara bertanggung jawab. tetapi tanpa bimbingan Islam tidak ada jaminan kalau manusia sendiri dengan akalnya mampu menemukannya. (QS. Fungsi Islam sebagai rahmat Allah bagi semua alam itu dijelaskan oleh Allah adalah: Dan tiadalah Kami mengutus kamu. Islam menunjuki manusia jalan hidup yang benar. memanfaatkan alam secara proprosional.1 Fungsi Islam Sebagai Rahmat Allah Fungsi Islam sebagai rahmat Allah tidak bergantung pada penerimaan atau penilaian mannusia. Sebagian ajaran Islam yang lain bersifat rasional atau ta‟aqquli. melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. Allah hanya mengingatkan konsekuensiKelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 7 . dan lain-lain. artinya di atas kemampuan akal manusia untuk mengetahuinya. dan lain-lain. Ajaran Islam sebagiannya bersifat supra rasional atau ta‟abbudi.1 Islam Agama Rahmat Bagi Seluruh Alam 3. sepertu Kemahaesaan Allah. 2.

Yang membedakan manusia yang satu dengan lainnya hanyalah ketakwaannya. Islam mengatur pemanfaatan alam secara baik dan proporsional. Begitu juga dalam pemanfaatan hewan. karena itu semua manusia mempunyai kedudukan. Allah menghalalkan memakan daging dari sebagian Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 8 . baik mereka muslim maupun non-muslim. Allah mengingatkan bahwa kerusakan yang terjadi di alam ini diakibatkan oleh perbuatan manusia yang tidak terkontrol dan akibatnya akan menyengsarakan hidup manusia juga. tetapi dalam QS ar-Rum : 41. Islam menghargai dan menghormati semua manusia sebagai hamba Allah. tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Al-Furqan : 19) 4.konsekuensi yang harus diterima manusia dengan pilihan hidupnya itu. (QS. hal itu timbul karena kondisi masing-masing secara spesifik berdasarkan perbuatan yang dilakukannya. diberikan jizyah. Apabila terjadi konsekuensi-konsekuensi dalam kehidupan. dan yang lain. Asas persamaan itu mengharuskan perlakuan adil kepada setiap manusia dan tidak boleh menyakiti. harus membayar zakat. Yunus : 99) 3. Penilaian dan balasan Allah terhadap pilihan hidup manusia secara mutlak akan diberikan di hari akhir nanti. Allah telah memberikan hak kepada manusia untuk memanfaatkan alam beserta isinya ini. Dan jikalau Tuhanmu menghendaki. Dalam al-Qur‟an Allah SWT memperingatkan: maka sesungguhnya mereka (yang disembah itu) telah mendustakan kamu tentang apa yang kamu katakan maka kamu tidak akan dapat menolak (azab) dan tidak (pula) menolong (dirimu). mendzalimi satu sama lain. Manusia bebas untuk menerima atau menolaknya. niscaya Kami rasakan kepadanya azab yang besar. Sekalian dalam QS al-Baqarah : 29. Allah berfirman: 99. Di hadapan Allah manusia itu sama. hak dan kewajiban yang sama. dan barang siapa di antara kamu yang berbuat zalim. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya ? (QS. seperti harus dikenakan sanksi hukum.

orang yang lupa atau tertidur sehingga waktu salat habis ia boleh salat ketika ingat atau bangun dari tidurnya sekalipun waktu telah lewat. Jadi. sosial. kelalaian kaum Muslim dalam melaksanakan kewajiban menegakkan Khilafah ini termasuk ke dalam salah satu dosa besar (kabâ‟ir al-itsm). Kewajiban ini bahkan merupakan kewajiban terbesar (al-fardh al-akbar) karena merupakan tumpuan bagi pelaksanaan seluruh kewajiban lain. banyak hukum yang tidak bisa tegak tanpa adanya Khilafah seperti hukum-hukum yang terkait dengan sistem ekonomi. Islam juga menghormati pilihan bebas manusia untuk menentukan keyakinannya sendiri. mereka juga tidak boleh dimusuhi. orang yang lapar dan tidak ada makanan kecuali barang haram ia boleh memakannya sekedar untuk bertahan hidup. peradilan.binatang yang ada di bumi. 2. dakwah bukan sekadar seruan kepada orang lain agar melakukan kebaikan. politik dan militer (termasuk di dalamnya jihad dan perjanjian dengan negara-negara asing). Dakwah juga bisa didefinisikan dengan usaha untuk mengubah keadaan yang rusak dan tidak islami menjadi baik sesuai dengan Islam. yaitu: 1. dan lain sebagainya. menyakiti atai memusuhi orang Islam. Para ulama dan cendekiawan Islam yang salih memahami bahwa Khilafah adalah kewajiban mendasar di antara kewajiban-kewajiban agung dalam agama Islam. Islam menghormati kondisi spesifik individu manusia dan memberikan perlakuan yang spesifik pula. Menerapkan syariat Islam secara kâffah dalam wadah Khilafah Islamiyah. dll.1.2 Cara mewujudkan Islam Sebagai Rahmat Bagi seluruh Alam Ada beberapa cara mewujudkan Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam. Sebab. 3. Rasulullah mengingatkan apabila menyembelih binatang hendaknya disembelih dengan cara yang baik dan menggunakan pisau yang tajam agar tidak menyiksa binatang tersebut. pendidikan. 6. melainkan harus disertai dengan usaha untuk melakukan perubahan. Dakwah adalah seruan kepada orang lain untuk memeluk Islam atau agar melakukan kemakrufan dan mencegah kemungkaran. 5. Perubahan yang dimaksud adalah Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 9 . Oleh karena itu. Karena itu terhadap orang kafir selama mereka tidak mengganggu. tetapi dalam hal menyembelih binatang. Orang yang bepergian jauh di bulan Ramadhan diberikan dispensasi untuk berbuka. Menyebarluaskan Islam ke seluruh dunia melalui dakwah dan jihad. keamanan. Dalam masalah keyakinan. Dll.

Jihad dalam pandangan Islam bertujuan untuk menghilangkan kekufuran di muka bumi. Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 10 . Berjihad dengan menjalankan dakwah berdasarkan ilmu yang benar dan praktik nyata.1. maupun negara. hlm. Berjihad dengan melaksanakan ilmu yang telah diperolehnya. 3. karena ilmu tanpa amal adalah tidak berarti. 1. Juz 3.mengarahkan ‟segala hal‟ yang tidak sesuai dengan Islam menjadi sesuai dengan syariat Islam. Jihad adalah metode efektif dalam menyebarkan Islam sebagai rahmat ke seluruh dunia. (QS al-Baqarah : 193) Ayat tersebut jika diteliti kembali maka jihad hanya dilakukan jika terjadi fitnah terhadap umat muslim (adanya serangan dari kaum kafir) dan itu harus ditunjukkan untuk Allah bukan untuk hal lain seperti kepuasan pribadi seperti ingin menguasai dsb. Demikian juga dengan jihad. pendidikan. Allah swt beersabda: Dan perangilah mereka itu. kelompok.3 Terorisme Bukan Bentuk Dari Jihad Berikut ini adalah 13 jenis jihad yang telah dilaksanakan secara sempurna oleh Rasulullah Shalallahu „Alaihi Wasalaam (Ibnul Qayyim al-Jauziyah. Zaadul Ma‟ad. maka tidak ada permusuhan (lagi). Jihad menundukkan hawa nafsu (meliputi 4 tahap). sosial. Berjihad dengan mempelajari ajaran agama Islam demi kebahagiaan dunia dan akhirat. Maksud dari zalim disini adalah orang yang merusak kerukunan antar umat beragama sehingga perlu untuk di berantas. Selain itu jika kaum kafir sudah tidak memusuhi kaum muslim lagi. Ini meliputi seluruh aspek. 6–12): I. ekonomi. 3. dan bahkan membahayakan. 2. baik yang dilakukan oleh individu. pemerintahan. dan sebagainya. sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu). maka tidak boleh ada permusuhan lagi kecuali orang-orang zalim. kecuali terhadap orang-orang yang zalim.

Kalau tidak. Jihad melawan kaum kuffar lebih utama dengan tangan (kekuasaan). Berjihad dengan harta. 2. Berjihad dengan qalbu (hati). 2. III. Berjihad melawan pemikiran setan berupa syubhat dan keragu-raguan yang dapat merusak keimanan. dan minimnya ilmu agama yang murni dari Rasulullah dan para sahahabatnya. Berjihad dengan lisan.4. Jawaban dari pertanyaan “ darimana ajaran tentang jihad yang salah itu?” adalah ajarannya kaum khawarij yang dinyatakan oleh Rasulullah ” anjing-anjingnya penduduk neraka”. yang kata Imam Syafii. kemungkaran. 2. niscaya surah Al-Ashr cukup bagi manusia. Dengan modal semangat keislaman yang tinggi. Kalau masih tidak mampu. seandainya Allah tidak menurunkan ayat lain kecuali Al-‟Ashr. II. 4. dan bid‟ah (ditempuh melalui 3 tahap). 3. Berjihad dengan tangan. Jihad apakah yang mereka lakukan ? Sungguh perbuatan mereka itu lebih pantas disebut terorisme dan mereka lebih pantas disebut teroris. 1. Berjihad dengan tangan (kekuasaan) kalau mampu. IV. (Lihat As-Sajdah: 2). Caranya dengan sabar dan menahan diri dengan berpuasa. Jihad melawan kaum kufar dan munafikin (melalui 4 tahap). dari pada kebaikan yang mereka inginkan. Berjihad melawan setan yang membisikan agar terjerumus kepada syahwat hawa nafsu. 1. 1. Empat hal inilah makna yang terkandung dalam surah Al-Ashr. Perlawanannya adalah dengan keyakinan. dengan lisan. Jihad melawan kezaliman. maka terakhir dengan hati. Berjihad dengan menekan diri agar sabar terhadap cobaan dakwah berupa gangguan manusia. (HR Muslim). sementara terhadap kaum munafikin dilakukan dengan lisan. Tapi ingatlah akan janji Allah dalam firman ini: Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 11 . Jihad melawan setan (meliputi 2 hal). 3.

maksudnya perasaan simpati dan emapti antara dua orang atau lebih.Dan (ingatlah).2. dan aspek-aspek kehususan lainnya. seperti perbedaan pemikiran.1 Pengertian Ukhwah Islamiyah Kata ukhuwah berarti persaudaraan. suku. yang disebut ukhuwah insaniyah. baik senang maupun sedih. yaitu Islam. sehingga tidak menjadi penghalanag untuk saling membantu atau menolong karena di antara mereka terikat oleh satu keyakinan dan jalan hidup. ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu. dan berlaku pula pada semua umat manusia secara universal tanpa membedakan agama. atau mengusirmu. (Al-Anfal: 30) 3. Persaudaraan sesama muslim. yang disebut ukhuwah Islamiyah. baik suka maupun duka. Agama Islam memberikan petunjuk yang jelas untuk menjaga agar persaudaraan sesama muslim itu dapat terjalin dengan kokoh sebagaimana disebutkan dalam al-Qur‟an: Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 12 . Masing-masing pihak memiliki satu kondisi atau perasaan yang sama. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya. berarti saling menghormati dan saling menghargai relativitas masing-masing sebagai sifat dasar kemanusiaan. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu.2 Ukhwah Islamiyah 3. Ukhuwah atau persaudaraan berlaku sesama umat Islam. Jalinan perasaan itu menimbulkan sikap timbal balik untuk salling membagi kesenangan kepada pihak lain bila salah satu pihak menemukan kesenangan.

boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. Hai orang-orang yang beriman. Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai 2. Memperhatikan saudaranya & membantu keperluannya 9. Memohon dido‟akan bila berpisah 3. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan 6. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah. Hai orang-orang yang beriman. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 13 . Dan bertakwalah kepada Allah. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain. jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan).2 Manfaat Ukhuwah Islamiyah Hal-hal yang menguatkan Ukhuwah Islamiyah: 1. maka mereka itulah orang-orang yang zalim. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara) 8. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya.Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. supaya kamu mendapat rahmat. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Menunjukkan kegembiraan & senyuman bila berjumpa 4. boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.2. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu 7. karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. (QS AlHujurat: 10-12) 3. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim) 5.

Mempermudah pemerintahan dalan memerintah 6. Merasakan lezatnya iman 2. Banyak manfaat yang kita peroleh dengan menjalin kerukuanan satu sama lain. Berikut adalah manfaat dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama secara umum: 1. Memperbaiki sifat bangsa yang telah hancur 5. Mencegah terjadinya perpecahan dan permusuhan 3. Mendapatkan tempat khusus di syurga 3. Menyatukan masyarakat Indonesia 4. Mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat (termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi) 3. Mempercepat pembangunan nasional 2. Membentuk masyarakat agamis 6.3 Kebersamaan Dalam Pluralitas Agama 3.Buah Ukhuwah Islamiyah 1. dll Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 14 . Membentuk masyarakat yang saling tolong-menolong satu sama lain 5.1 Pentingnya Menjalin Kerukunan Antar Umat Beragama Kerukunan umat beragama di Indonesia adalah hal yang sangat penting untuk diwujudkan. Memperkokoh silaturahmi antar sesama 4. Meminimalisir adanya konflik 3. dll Berikut adalah manfaat dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama untuk negara Indonesia: 1.3. Menciptakan kedamaian dalam hidup bersama 2. Kita harus mempunyai sifat toleransi kepada sesama umat beragama dengan batas-batas toleransi tersebut.

Hadits 2491) c. seperti kepada: a. Hadits 5033. "Pergilah! kalian bebas". Manaqib. Ibunya Abu Hurairah sebelum masuk Islam. Hindari diskriminasi terhadap agama lain karena semua orang berhak mendapat fasilitas yang sama seperti pendidikan. Biarkan umat lain melaksanakan ibadahnya jangan olok-olok mereka karena ini bagian dari sikap saling menghormati. Jangan menyalahkan agama seseorang apabila dia melakukan kesalahan tetapi salahkan orangnya. lapangan pekerjaan dan sebagainya. Menghilangkan perasaan curiga atau permusuhan terhadap pemeluk agama lain yaitu dengan cara mengubah rasa curiga dan benci menjadi rasa penasaran yang positf dan mau menghargai keyakinan orang lain.1 Perilaku Rasulullah SAW Dalam Menjalin Kerukunan Antar Umat Beragama Rasulullah SAW telah mencontohkan kita bagaimana menjalin kerukunan antar umat beragama.Maka dari itu menjaga kerukunan antar umat beragama sangatlah penting. Pada masa Fathu Makkah beliau memberikan grasi kepada para musuhnya. Berikut ini adalah perilaku Rasulullah dalam menjalin kerukunan antar umat beragama yang patut kita contoh: 1. Bani Tsaqif. (Lihat Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 15 . Fadlail alSahabat no. (Imam Bukhari. no. 4. I 1415 H. kitab fadlail sahabat. Ibnu Hisyam. Hadits 2779. (Imam Muslim. (Al-Sirah al-Nabawiyah. Beliau mendo'akan kepada non muslim. beliau bersabda. Hadits 3942) d. Imam Ahmad 2/243) b. Orang yahudi yang minta dido'akan beliau ketika bersin. Al-Adab. no.2 Langkah-langkah Dalam Mewujudkan Kerukuna Antar Umat Beragama Indonesia yang multikultural terutama dakam hal agama membuat Indonesia menjadi sangat rentang terhadap konflik antar umat beragama. 3. Daus.3. (Imam Turmudzi. cet. 3.3. Imam Abu Dawud. Hadits 2524. no. bab fadlail Abi Hurairah. Dalam kaitannya untuk menjaga kehidupan antar umat beragama agar terjaga sekaligus tercipta kerukunan hidup antar umat beragama dalam masyarakat khususnya masyarakat Indonesia misalnya dengan cara sebagai berikut: 1. Imam Ahmad 2/353). Imam Muslim.3.2. 2. Al-Adab. Al-Jihad wa al-Sair no. (Imam Bukhari. Hadits 5870. Dar Ihya alTurats al-Arabiy Bairut. Misalnya dalam hal terorisme. no. juz 4 hal 61) 2.

Hadits 719). (Lihat juga Imam Bukhari. Imam Ahmad. Al-Qasamah no. no. Al-Zakat. I 1409 H. kitab Al-Maghazy. Hadits 2686. Al-Janaiz. Abu Daud. Al-Muqadimah. no. Imam Muslim. (Imam Abu Daud. no. Al-Diyat. no. (Imam Bukhari. Al-Diyat. hal. juz 13 hal. bab 'iyadatu al-musyrik. 200) 4. Hadits 2477. (lihat juga Imam Bukhari. Beliau menerima pemberian dari non muslim. 67). Imam Muslim. 6/42). (lihat juga Imam Bukhari. Al-Kharraj wa al-Imarah wa al-fai' no. Al-Bany. AlJihad wa al-sair. 2/451). Imam Ibnu Majah. Hadits 1003. (Lihat juga Imam Bukhari. Al-Bany. no. Hadits 1668. Beliau SAW menyuruh untuk bersilaturrahmi / menjalin kekerabatan meskipun beda agama (non muslim). Imam Abu Daud. Hadits 2759. Imam Nasa'I. Al-Jizyah no. Dalam hal ini para fuqaha' membolehkan menerima pemberian dari non muslim meskipun yang memerangi kaum muslim. Hadits 5333. Hadits ini dinyatakan shohih oleh Imam Al-Bany. Al-Hibah wa fadzluha wa tahridz 'alaiha. Hadits 4467). (Lihat juga Imam Bukhari. no. Hadits 2436. no. Hadits 2620). Hadits 3166). Hadits 1603. juz II hal. 59). ( Lihat juga Imam Bukhari. Imam Ahmad. Al-Ikrah. 5. kitab Al-Hibah. (Al-Mughni. 3/175). Imam Ahmad. Beliau SAW menjadi jaminan bagi non muslim yang terikat perjanjian dengan kaum muslimin (mu'ahada). Imam Nasa'I. 8. 3. Al-Masaqah. lihat Shahih al-Adab al-Mufrad. Hadits 4750. Al-Daramy. (Imam Bukhari. Ibnu Qudamah. no. Beliau SAW mengunjungi rumah-rumah non muslim. bab itsmu man qatala mua'ahadan no. Al-Jihad wa Sair. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Imam Al-Bany dalam kitab Shahih sunan Abi Daud. bab Al-Hadiah lil musyrikin. 348 no. Al-Kharraj wa al-Imarah wa al-fai'. bab Qabul al-Hadiyah min al-Musyrikin. Hadits 3052. no. Hadits 5657). Hadits 1765.juga Imam Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad. Imam Ahmad 2/186). Al-Maktabah Al-Islamy Bairut. cet. Imam Ibnu Majah. 6/347). Hadits 6545. bab Idza 'Athasa al-Yahudy. kitab Al-Jizyah wa al-muwada'ah. Al-Buyu'. Imam Ahmad. no. 7. karena Nabi juga menerima hadiah dari Maqoqas dari Mesir. Hadits 2995. seperti menerima pemberian Zainab bin Harits seorang Yahudi. no. (Imam Abu Daud. Hadits 3003. bab Ijla' al-Yahud min al-Hijaz. Al-Mardla no. Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 16 . 6. kitab Al-Mardla. no. Al-Ahkam. Abu Daud. (Imam Bukhari. 4510. Al-Zakat. Beliau SAW juga melakukan transaksi jual beli dengan non muslim. Imam Muslim. no. Hadits 2617). Hadits 4650. Kitab Al-Hibah. Hadits 3095. ( Imam Bukhari. no. no. Beliau menjenguk orang yahudi yang sedang sakit. no.

Juz I hal. Al-Albani.hal 430 no. maka biarkan mereka dan jangan dirusak tempat ibadah mereka". Lihat juga kitab Shahihu al-Adab alMufrad. 8). menulis kepada 'Adiy bin Artha'ah. lalu mereka diberikan usaha (yang sesuai dengan kemampuannya) dan diberikan gaji Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 17 . Ibnu al-Juzie. juz I. "Kalian akan melewati masyarakat (non muslim) yang beribadah dalam tempat-tempat ibadah. demikian juga semoga memberkahimu.3. (Ighatsatu allahfan min mashayid al-syaithan. I 1409 H. Berikut ini adalah perilaku para sahabat dalam menjalin kerukunan antar umat beragama yang patut kita contoh: 1. 446).3. (Futuhu al-Syam. "Kalau seandainya Fir'aun mendo'akanku. 'Amir utusan Khalifah Umar juga pernah mendo'akan ahli kitab di sebuah daerah Hamsh. (Shaffatu alShafwah. Riwayat ini menunjukkan bahwa mendo'akan kepada non muslim tidak bertentangan dengan syari'at. juz I hal. agar supaya menepati perjanjian mereka dan tidak membebani diluar kemampuan mereka. serta berwudlu' dengan pancuran bejananya orang nasrani. Ibnu Abbas berkata. hadits 847). (Kitab al-Kharraj. Dalam riwayat lain. Abu Yusuf. Darul Ma'rifah Bairut. 2. 5. (diriwayatkan Imam Bukhari dalam al-Adab al-mufrad bab bagaimana mendo'akan kepada orang Dzimmi. 3. dan Fir'aun sudah mati. Ibnu al-Qayim. 6. Dar al-Jail Bairut. Dar al-Kutub al-Ilmiyah Bairut. hal 126). hal. Khalifah Umar bertemu dengan seorang Yahudi yang sudah tua dan buta mengajak ke rumahnya dan memberikan sesuatu serta mengambilkan bagiannya dari baitul mal. Khalifah Abu Bakar berpesan kepada para tentara Islam. Khalifah Umar bin Abdul Aziz.2 Perilaku Sahabat Dalam Menjalin Kerukunan Antar Umat Beragama Para sahabat juga telah mencontohkan bagaimana menjalin kerukunan antarn umat beragama.2. AlWaqidi. juz 1 hal 356). Khalifah Umar bin Khatab berpesan kepada khalifah setelahnya. (Al-Mausu'ah fi samahatil Islam. maka aku akan mendo'akannya. 4. semoga Allah memberkahimu. "Lihatlah orang sebelum kamu dari kalangan Dzimmah telah lanjut usia dan semakin lemah kekuatannya. Ketika orang-orang ahli kitab menyiapkan makanan di gereja maka beliau menyuruh Ali bin Abi Thalib dan para sahabat untuk masuk dan makan. meminjam baju seorang Nasrani hingga menyulam dan mencucinya. 153157). cet. Khalifah Umar ketika mendatangi Jabiyah sebuah daerah di Syam.

Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 18 . hadits 95. Tapi Fir'aun sudah mati.3. 211) 7. teraniaya dan tidak diberikan beban diluar batas kemampuan mereka serta tidak mengambil harta mereka kecuali dengan baik. Pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid. (Al-Bidayah wa al-Nihayah.3. juz 9 hal. ‫قال ابن عباس رضي هللا عنه لو قال لي فرعون: بارك هللا فيك قلت: وفيك، وفرعون قد مات‬ Artinya: Kalau Fir'aun mendo'akanku. Abu Yusuf. 1399 H hal. kita akan teguh pada pendirian. Dengan bersikap optimis. Muhammad Shadiq 'Arjun.3.3. juz I hal. Dar al-Fikr. dengan menyampaikan aspirasi tiap umat beragama akan memuncukan suatu kesepakatan bersama yang tidak merugikan berbagai pihak. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari "Adab Mufrad" bab "Kaifa yad'u lidzimmy". 3. selain itu sikap optimis yang dibarengi dengan sikap toleransi akan dapat pula menimbulkan kerukunan umat beragama.2 Bersikap Optimis Bersikap optimis adalah hal yang sangant penting. 213). Bairut. Dalam do'a adalah menarik hati orang yang di do'akan dan setiap orang ingin mendapatkan do'a yang baik. (Kitab al-Amwal. Bairut.3 Solusi Terhadap Masyarakat Yang Tidak Bisa Menjaga Kerukunan 3. semoga Allah memberkatimu. 3. al-Qadhi Abu Yusuf (Murid Imam Abu Hanifah) berpesan kepada khalifah supaya memperhatikan ahl dzimmah sehingga tidak terdzalimi. Riwayat ini menunjukkan bahwa keadilan harus ditegakkan tanpa harus melihat latar belakang agama.72 no. 125) * Mendo'akan non muslim adalah sesuai dengan ketentuan syara' dan merupakan keagungan gambaran toleransi dalam Islam yang memandang manusia dengan pandangan hormat dan membantu. Maka saya mendo'akan juga. Abu Abied.1 Dialog Antar Umat Beragama Dialog antar umat beragama adalah hal yang sangat penting. Ibnu Katsir. semoga Allah memberkatimu. hal 57. lihat juga alMausu'ah fi samahah al-Islam. (Al-Kharraj.secukupnya dari baitul mal muslimin. 8. Khalifar Umar bin Abdul Aziz juga pernah membela seorang ahli kitab yang didzalimi oleh Al-Abbas bin Abd al-Mulk. Dalam hal ini Ibnu Abbas mengatakan. lihat "Shahihul Adab Al-Mufrad" Al-Baniy hal.3. Dar al-Ma'rifah.

Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 19 . 3. pendapat yang mengatakan islam penuh terorisme itu salah. permusuhan. kita harus memilki sikap toleransi antar umat beragama (dalam batas tertentu). Terorisme bukanlah bentuk dari jihad yang disebutkan dalam Al-Qur‟an. Islam juga tidak mengajarkan balas dendam walaupun terhadap musuh-musuh Islam sekalipun. suku. yang disebut ukhuwah insaniyah. Oleh karena itu. Oleh karena itu. Dalam Islam dikenal Ukhwah Islamiyah. Dan hindari memiliki sifat fanatik yang berlebihan sehingga merendahkan agama lain. dan berlaku pula pada semua umat manusia secara universal tanpa membedakan agama. dan aspek-aspek kehususan lainnya. dan lain sebagainya. Islam adalah agama yang penuh kasih sayang dan toleransi terhadap sesama manusia. kita tidak boleh membuat politik menjadi hal yang menghambat dalam membentuk kerukunan antar umat beragama. 2. 5. Kerukunan antar umat beragama merupakan hal yang harus kita wujudkan khususnya di negara Indonesia. selain itu sebagai negara demokrasi. yang juga telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat. 4. Adakan pula dialog antar umat beragama agar kerukunan tetap dipertahankan. Dalam islam dikenal pula kerukunan antar umat beragama. Sehingga Islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam. Islam bukanlah agama yang mengandung unsur kebencian.BAB IV KESIMPULAN 1. yang berlaku sesama umat Islam.

shvoong. PPA Universitas Brawijaya http://materitarbiyah.wordpress.com/document_downloads/direct/90358408?extension=docx&ft=1347252 614&lt=1347256224&uahk=3pzX0395zt86j6n63ewmDRqXmOQ Kelompok 5 – Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Page 20 .com/2006/09/19/islam-rahmat-bagi-semesta-alam-bukan-agamateroris/ http://kebunhidayah.com/2012/06/kerukunan-hidup-antar-umat-beragama. 2010.com/2009/05/20/jenis-jenis-jihad/ Tim Dosen PAI Brawijaya. Malang.wordpress.com/2012/05/toleransi-rasulullah.com/writing-and-speaking/2062432-cara-mewujudkan-islam-sebagairahmat/ http://www.blogspot.buletin-alilmu.scribd.DAFTAR PUSTAKA Al-Qur‟an http://id.html http://www.blogspot.com/2008/03/15/ukhuwah-islamiyah/ http://kelompokvii-mi.html http://abiaidangalah. Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->