Burung Merak

Merak Biru atau Merak India, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus adalah salah satu burung dari tiga spesies burung merak. Merak Biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulubulunya tidak mengilap, berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Burung muda seperti betina. Merak Biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya tidak mengilap, berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Burung muda seperti Merak betina.  Kuskus

Kuskus Beruang atau Kuse (Ailurops ursinus) adalah salah satu dari dua jenis kuskus endemik di Sulawesi. Binatang ini termasuk dalam golongan binatang berkantung (marsupialia), dimana betinanya membawa bayi di dalam kantong yang terdapat di bagian perut. Panjang badan dan kepala kuse adalah 56 cm, panjang ekornya 54 cm dan beratnya dapat mencapai 8 kg. Kuse memiliki ekor yang prehensil, yaitu ekor yang dapat memegang dan biasa digunakan untuk

membantu berpegangan pada waktu memanjat pohon yang tinggi.Nasib Kuse di Sulawesi Utara berada dalam bahaya karena populasinya sudah terlampau kecil.Antara tahun 1980 dan 1995 di Tangkoko telah terjadi pengurangan kepadatan sebesar 50%, yakni dari 3,9 ekor per km2 menjadi 2,0 ekor per km2. Selama survei WCS di hutan-hutan lindung Sulawesi Utara tahun 1999, binatang ini hanya terlihat tujuh kali di sepanjang 491 km jalur transek. Ini menunjukkan kepadatan populasi yang sangat rendah.  Kijang

Kijang atau muncak adalah kerabat rusa yang tergabung dalam genus Muntiacus. Kijang berasal dari Dunia Lama dan dianggap sebagai jenis rusa tertua, telah ada sejak 15-35 juta tahun yang lalu, dengan sisa-sisa dari masa Miosen ditemukan di Prancis dan Jerman.Jantannya memiliki tanduk pendek yang dapat tumbuh bila patah.Hewan ini sekarang menarik perhatian penelitian evolusi molekular karena memiliki variasi jumlah kromosom yang dramatis dan ditemukannya beberapa jenis baru (terutama di Indocina).  Elang Jawa

Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia. Elang Jawa hanya terdapat di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan. Elang Jawa dimasukan dalam kategori Endangered atau “Genting”. Elang Jawa memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di Jawa.Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya dengan Garuda dan juga merupakan simbol jenis satwa langka di Indonesia. Sebagai predator puncak.  Bangau Hitam Masuk dalam suku ciconiidae. . bangau tongtong berhabitat asli di Asia. Berdasarkan kriteria keterancaman terbaru dari IUCN. khususnya wilayah India.

Spesies ini merupakan satu-satunya bangau yang tidak melebarkan kaki dan sayap pada saat terbang. berdarah panas. sawah. Panjang tubuh bisa mencapai 91 sentimeter. Dia dikenal karena tubuhnya yang kecil.Indo Cina dan Indonesia kecuali Irian dan Maluku. Tubuhnya berwarna hitam.  Alap Alap Burung ini termasuk carnivora atau pemakan daging. dan seperti burung pada umumnya. Burung alap-alap capung berparuh kecil. Di malam hari. Burung yang di daerah Jawa populer dengan nama sandanglawe ini sudah makin sulit ditemui. Mereka termasuk hewan yang mempunyai banyak variasi gaya hidup. alap-alap capung dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara dengan ukuran rata-rata sepanjang 15 cm dengan berat badan 35 gram. kecuali leher dan perut bagian bawah berwarna putih. dan hutan terbuka. sungai. Mereka termasuk satwa yang dilindungi undang-undang karena mulai terancam punah. Dikenal sebagai burung karnivora terkecil di dunia. hutan bakau. bangau tongtong bertengger di pohon. Salah satu jenis dari alap-alap ini yang populer adalah alap-alap capung. Kadang juga di daerah tanah kering dan berlumpur. Bangau tongtong bisa hidup menyendiri. Mereka menyebar ke Afrika. Burung berkaki kuat ini senang hidup di daerah rawa. berpasangan atau kadang berkelompok. Hong Kong dan Filipina.  Anoa . Myanmar. dia membiak dengan cara bertelur.

dan merupakan satu-satunya spesies di dalam genus tunggal Eulipoa. dengan panjang sekitar 31cm. Seperti umumnya sapi liar. Burung Gosong Maluku memiliki bulu berwarna coklat zaitun. tungkai kaki gelap. pakis. maka Anoa harus melengkapi makanannya dengan mencari natrium ditempat bergaram. walaupun pernah ditemui dalam kelompok. Terdapat dua jenis Anoa di Sulawesi.  Burung Gosong Gosong Maluku yang dalam nama ilmiahnya Eulipoa wallacei adalah sejenis burung gosong berukuran kecil. Anoa dikenal agresif dan perilakuknya sulit diramalkan. Anoa bersifat soliter. jumlah Anoa menurun 90% selama 15 tahun dan jenis ini sudah mengalami kepunahan setempat.Anoa (Bubalus spp). yaitu Bubalus depressicornis (Anoa dataran rendah) dan Bubalus quarlesi (Anoa dataran tinggi). bulu sisi bawah abu-abu biru gelap dan tungging berwarna putih. populasi Anoa merosot tajam. tuna daun. Karena hanya makan tunas pohon dan buah-buahan yang tidak banyak mengandung natrium. Di punggungnya . Pada saat ini. Makanan Anoa berupa buahbuahan. paruh kuning keabuabuan. Anoa merupakan satwa terbesar daratan Sulawesi. dan lumut. Di cagar alam Tangkoko Dua Saudara Bitung Sulawesi Utar. iris mata coklat. kulit sekitar muka berwarna merah muda. Anoa disebut juga sapi hutan atau kerbau kerdil. rumput.

penuh di seluruh tubuh bagia atas.com/2012/03/hewan-terlangka-dan-mendekatikepunahan. gelap yang terletak tepat di belakang sirip dada.blogspot. pasir dan rumput laut yh lebat. Hiu karpet berbintik (Hemiscyllium freycineti) Berpola kulit yang indah. hiu ini memiliki kemiripan yang luar biasa dengan kulit macan tutul. Sumber : http://asp-aspectaculer. Kecil bintik-bintik gelap menutupi moncong. Heksagonal cokelat bintik. Kedua sirip punggung dan sirip anus ditempatkan di belakang tubuh.pada ekor teb habitatnya pada air dangkal di terumbu karang. dengan pusat-pusat pucat.terdapat motif berbentuk palang dan penutup sayap yang berwarna merah gelap berujung abuabu.html#ixzz28zfn3FhQ 1. berada didaerah papua . dan besar.

tingginya 170cm dan beratnya mencapai 900 – 2. dan memiliki penampilan yg berlapis baja disebabkan oleh lipatan dalam kulit berbulu. WWF melidungi hewan ini. dan badak Jawa memiliki satu tanduk di moncongnya itu. Banten . Statusnya sangat terancam. Kita dapat menemui hewan ini di Taman Nasional Ujung Kulon. Dewasa dalam warna abu-abu.2. Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) panjangnya bisa mencapai 2-4 meter. seperti tanduk badak. Nama rhinoceros berasal dari bahasa Yunani untuk 'nose horn'.300 kg. tidak memiliki inti yang kurus tapi terdiri dari serat keratin.badak Jawa adalah salah satu mamalia besar paling langka di dunia .

Hidup di hutan hujan dan beriklim tropis. dan jangkauan dapat juga meliputi pusat. . meskipun studi lanjut pada penggolongan / taksonomi hewan ini diperlukan sebelum hal ini dapat dikonfirmasi.3. Beratnya mencapai 600kg. Babirusa Sulawesi (Babyrousa celebensis) Tergolong kedalam hewan yang rentan kepunahannya redaftar didalam data hewen yg hampir punah didunia. timur dan selatan-timur Sulawesi. Babirusa Sulawesi jelas diketahui menghuni semenanjung utara dan utara-bagian timur Sulawesi.

Paha yang hitam. Tinggal di dataran rendah dan pantai Burung mencolok ini memiliki khas kurus. Habitatnya di sulawesi dan pulau buton. Ini termasuk ringkikan keras dan. seperti bebek ber-kwek 5. ketika dalam perebutan. terutama di sekitar sarang sangat menjaga. Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) .4. dapat memancarkan suara sangat luar biasa. wajah berwarna kekuningan. dan perut putih. dengan warna merah muda pada dorsal(dada). tetapi. Maleo (Macrocephalon maleo) Ukurannya 55-60 cm termasuk ke dalam hewan yang terancam populasinya. gelap pada mahkota pelindung kepala. Burung langka ini biasanya diam.

Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) Panjang kepala-badan: 150 cm. Kuskus Sulawesi kecil adalah mungil. betina height: 18-26 cm. dengan lembut. possum-seperti marsupial. ekor: 24 cm. Spesies ini endemik untuk pulau Sulawesi Indonesia. Kus-kus Sulawesi (Strigocuscus celebensis) pajang badan dan ekornya hampir sama loh gan Kepala-badan panjang: 294-380 mm. Endemik dari Indonesia. Siau dan Muna 8.panjang ekor: 40 cm. pucat dan bulunya agak jarang. tinggi bahu: 70 cm. panjang ekor : 270-373 mm. jantan tinggi: 27-37 cm. Tanduk: 15 .20 cm . Hal ini juga terjadi di daerah berawa dan di masa lalu tercatat dari daerah pesisir 7. di mana jangkauan membentang sekitar 5. Sesuai dengan namanya jenis ini mendiami hutan dataran rendah.000 km². Kepala+ panjang badan: 180 cm. kuskus ini hanya ada di Sulawesi dan pulau-pulau dekat Sangihe.

Elang Jawa . ada hanya di provinsi Sulawesi dan pulau dekat Buton Sangat sedikit yang diketahui tentang preferensi habitat anoa gunung.Anoa gunung adalah hewan yg terancam punah. namun karena ukurannya yang kecil. Hewan endemik bagi pulau Bali di Indonesia dan sebelumnya ditemukan di sepanjang barat laut dari pulau ketiga. Jalak bali (Leucopsar rothschildi) Panjang: 25 cm. Ada yang mengatakan bahwa anoa pegunungan mendiami wilayah hutan lebat yang vegetationally beragam. itu lebih mirip dengan rusa. Hewan ini diketahui hidup di ketinggian antara 500 dan 2000 meter. sedangkan laporan lainnya yang suka area hutan yang relatif terbuka dengan kepadatan tanaman adapun yg mengatakan padadi sekitar daerah terbuka dan sumber-sumber air 9. namun laporan-laporan berbeda pada habitat lain. pada jalak bali dewasa memiliki sayap putih dengan strip hitam. karena itu adalah pemalu dan sedikit yg mempelajarinya. Berat 85-90 gr Populasinya sangat terancam. ekor tipis dan biru di sekitar mata.jalak Bali merupakan salah satu burung paling langka di dunia dan relatif baru bagi ilmu pengetahuan menjadi yang pertama dijelaskan pada 1912 oleh Walter Rothschild. Anoa gunung hewan endemik Indonesia. hewan ini adalah subfamili sapi liar.Mendiami hutan monsun dan akasia sabana 1.

itu lebih mirip dengan rusa. Elang Jawa dimasukan dalam kategori Endangered atau “Genting”. hewan ini adalah subfamili sapi liar. pada jalak bali dewasa memiliki sayap putih dengan strip hitam. 2.Mendiami hutan monsun dan akasia sabana. Tanduk: 15 .jalak Bali merupakan salah satu burung paling langka di dunia dan relatif baru bagi ilmu pengetahuan menjadi yang pertama dijelaskan pada 1912 oleh Walter Rothschild. namun karena ukurannya yang kecil.Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya dengan Garuda dan juga merupakan simbol jenis satwa langka di Indonesia. Berdasarkan kriteria keterancaman terbaru dari IUCN. Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia.20 cm Anoa gunung adalah hewan yg terancam punah. 3. Jalak bali (Leucopsar rothschildi) Panjang: 25 cm. Hewan endemik bagi pulau Bali di Indonesia dan sebelumnya ditemukan di sepanjang barat laut dari pulau ketiga. . Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) Panjang kepala-badan: 150 cm. Berat 85-90 gr Populasinya sangat terancam. Sebagai predator puncak. tinggi bahu: 70 cm. Elang Jawa hanya terdapat di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan. ekor: 24 cm. ekor tipis dan biru di sekitar mata. Elang Jawa memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di Jawa.

Anoa gunung hewan endemik Indonesia. sedangkan laporan lainnya yang suka area hutan yang relatif terbuka dengan kepadatan tanaman adapun yg mengatakan padadi sekitar daerah terbuka dan sumber-sumber air. yaitu ekor yang dapat memegang dan biasa digunakan untuk membantu berpegangan pada waktu memanjat pohon yang tinggi. Binatang ini termasuk dalam golongan binatang berkantung (marsupialia). ada hanya di provinsi Sulawesi dan pulau dekat Buton Sangat sedikit yang diketahui tentang preferensi habitat anoa gunung. Selama survei WCS di hutan-hutan lindung Sulawesi Utara tahun 1999. Kuskus Kuskus Beruang atau Kuse (Ailurops ursinus) adalah salah satu dari dua jenis kuskus endemik di Sulawesi. Ada yang mengatakan bahwa anoa pegunungan mendiami wilayah hutan lebat yang vegetationally beragam. yakni dari 3.Antara tahun 1980 dan 1995 di Tangkoko telah terjadi pengurangan kepadatan sebesar 50%. Ini menunjukkan kepadatan populasi yang sangat rendah.0 ekor per km2. Hewan ini diketahui hidup di ketinggian antara 500 dan 2000 meter. binatang ini hanya terlihat tujuh kali di sepanjang 491 km jalur transek. Kuse memiliki ekor yang prehensil. karena itu adalah pemalu dan sedikit yg mempelajarinya. 4.9 ekor per km2 menjadi 2. panjang ekornya 54 cm dan beratnya dapat mencapai 8 kg.Nasib Kuse di Sulawesi Utara berada dalam bahaya karena populasinya sudah terlampau kecil. . namun laporan-laporan berbeda pada habitat lain. dimana betinanya membawa bayi di dalam kantong yang terdapat di bagian perut. Panjang badan dan kepala kuse adalah 56 cm.

termasuk ke dalam hewan yang terancam populasinya. Habitatnya di sulawesi dan pulau buton. seperti bebek ber-kwek. Paha yang hitam. 6. Bangau Hitam .5. dan perut putih. dapat memancarkan suara sangat luar biasa. tetapi. wajah berwarna kekuningan. Burung langka ini biasanya diam. Maleo (Macrocephalon maleo) Ukurannya 55-60 cm. gelap pada mahkota pelindung kepala. dengan warna merah muda pada dorsal(dada). Ini termasuk ringkikan keras dan. terutama di sekitar sarang sangat menjaga. ketika dalam perebutan. Tinggal di dataran rendah dan pantai Burung mencolok ini memiliki khas kurus.

Burung berkaki kuat ini senang hidup di daerah rawa. . Kita dapat menemui hewan ini di Taman Nasional Ujung Kulon. Banten. Statusnya sangat terancam. bangau tongtong berhabitat asli di Asia.Masuk dalam suku ciconiidae. Tubuhnya berwarna hitam. Panjang tubuh bisa mencapai 91 sentimeter. Kadang juga di daerah tanah kering dan berlumpur. 7. Dewasa dalam warna abu-abu. kecuali leher dan perut bagian bawah berwarna putih. khususnya wilayah India. WWF melidungi hewan ini. Spesies ini merupakan satu-satunya bangau yang tidak melebarkan kaki dan sayap pada saat terbang. Mereka menyebar ke Afrika. Burung yang di daerah Jawa populer dengan nama sandanglawe ini sudah makin sulit ditemui. Mereka termasuk hewan yang mempunyai banyak variasi gaya hidup. bangau tongtong bertengger di pohon. dan badak Jawa memiliki satu tanduk di moncongnya itu. dan hutan terbuka. berpasangan atau kadang berkelompok.badak Jawa adalah salah satu mamalia besar paling langka di dunia .300 kg. Indo Cina dan Indonesia kecuali Irian dan Maluku. sawah. Di malam hari. hutan bakau. Badak Jawa panjangnya bisa mencapai 2-4 meter. Hong Kong dan Filipina. tingginya 170cm dan beratnya mencapai 900 – 2. Mereka termasuk satwa yang dilindungi undang-undang karena mulai terancam punah. tidak memiliki inti yang kurus tapi terdiri dari serat keratin. Bangau tongtong bisa hidup menyendiri. sungai. Nama rhinoceros berasal dari bahasa Yunani untuk 'nose horn'. seperti tanduk badak. Myanmar. dan memiliki penampilan yg berlapis baja disebabkan oleh lipatan dalam kulit berbulu.

Beratnya mencapai 600kg. Hiu karpet berbintik (Hemiscyllium freycineti) Berpola kulit yang indah. pasir dan rumput laut yang lebat. berada didaerah papua. Babirusa Sulawesi jelas diketahui menghuni semenanjung utara dan utara-bagian timur Sulawesi. . Hidup di hutan hujan dan beriklim tropis. Babirusa Sulawesi (Babyrousa celebensis) Tergolong kedalam hewan yang rentan kepunahannya redaftar didalam data hewen yg hampir punah didunia.pada ekor tebal habitatnya pada air dangkal di terumbu karang. meskipun studi lanjut pada penggolongan / taksonomi hewan ini diperlukan sebelum hal ini dapat dikonfirmasi. dengan pusat-pusat pucat. dan jangkauan dapat juga meliputi pusat. Kecil bintik-bintik gelap menutupi moncong. timur dan selatan-timur Sulawesi.8. dan besar. Heksagonal cokelat bintik. penuh di seluruh tubuh bagia atas. 9. Kedua sirip punggung dan sirip anus ditempatkan di belakang tubuh. hiu ini memiliki kemiripan yang luar biasa dengan kulit macan tutul. gelap yang terletak tepat di belakang sirip dada.

berdarah panas.10. Dikenal sebagai burung karnivora terkecil di dunia. Burung alap-alap capung berparuh kecil.html#ixzz28ziCKWtB Harimau Sumatera . Read more: http://bejagat. alap-alap capung dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara dengan ukuran rata-rata sepanjang 15 cm dengan berat badan 35 gram. dan seperti burung pada umumnya. Alap Alap Burung ini termasuk carnivora atau pemakan daging.blogspot.com/2012/03/10-hewan-asli-indonesia-yanghampir. Dia dikenal karena tubuhnya yang kecil. dia membiak dengan cara bertelur. Salah satu jenis dari alap-alap ini yang populer adalah alap-alap capung.

sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm.Harimau Sumatera salah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Mereka mengambil culah badak ini untuk digunakan sebagai obat. Badak Bercula Satu Badak bercula satu atau lebih di kenal dengan badak jawa adalah hewan yang saat ini hampir punah dan hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. Sedangkan makanannya sendiri adalah tumbuh-tumbuhan. Keberadaannya terganggu oleh manusia yang sekarang ini sering melakukan penebangan liar dan memburunya. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat sekitar 91kg. Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. Sangat disayangkan sekali memang. Saat ini jumlahnya semakin sedikit. Akan tetapi culahnya ini biasa digunakan untuk mencari makanan. karena Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk di ambil culahnya. Badak ini sangat mematikan jika menyerang musuhnya karena memiliki culah yang sangat tajam. Burung Merak . Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg.

Keberadaan hewan ini tak hanya ada di indonesia melainkan ada juga di negara lain seperti china. cacing dan kadal kecil. Burung ini sangat indah dan pasti membuat orang yang melihat ingin memilikinya. Kijang . Hewan ini hidup di hutan terbuka yang memiliki padang rumput luas. Orang Utan sendiri berasal dari bahasa indosnesia yang artinya adalah manusia yang hidup di hutan. Hewan ini hampir punah. pucuk rumput dan dedaunan. Orang Utan Orang Utan adalah hewan jenis kera yang memiliki rambut lebih panjang daripada jenis kera yang lain.Burung merak adalah burung yang saat ini sangat sulit kita jumpai. aneka serangga. Makanan utamanya adalah buah-buahan. dan hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah. India dan Malaysia. Hewan ini Tersebar di hutan kalimantan dan hutan Sumatra. serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba. Ancaman orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan dijadikan sebagai lahan kelapa sawit. dari segi bentuk dan DNA hampir sama. pertambangan dan pepohonan ditebang. Burung Merak memakan aneka biji-bijian. Memang orang utan memiliki banyak kesamaan dengan manusia.

Penyu . Mereka hanya berburu makanan pada malam hari untuk menghindari beberapa binatang buas yang sering menyerang. mulai dari India. Sula. seperti mangga. Babi Rusa Babirusa (Babyrousa babirussa) hanya terdapat di sekitar Sulawesi. muncak hanya dapat ditemui di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Beberapa jenis diintroduksi di Inggris dan sekarang banyak dijumpai di sana. Indocina. Buru dan Maluku. Kijang berasal dari Dunia Lama dan dianggap sebagai jenis rusa tertua. dengan sisa-sisa dari masa Miosen ditemukan di Perancis dan Jerman. jamur dan dedaunan. Pada masa sekarang. Habitat babirusa banyak ditemukan di hutan hujan tropis. Malenge. Hewan ini gemar melahap buah-buahan dan tumbuhan. Pulau Togian.Kijang atau muncak adalah kerabat rusa yang tergabung dalam genus Muntiacus. Srilangka. telah ada sejak 15-35 juta tahun yang lalu. Panjang tubuh babirusa sekitar 87 sampai 106 sentimeter. Tinggi babirusa berkisar pada 65-80 sentimeter dan berat tubuhnya bisa mencapai 90 kilogram. hingga kepulauan Nusantara. Kijang tidak mengenal musim kawin dan dapat kawin kapan saja.

Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. . Pada masa itu Archelon.Penyu adalah kura-kura laut. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air. komodo merupakan kadal terbesar di dunia. atau yang selengkapnya disebut biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo. dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini. dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Termasuk anggota famili biawak Varanidae. Menurut data para ilmuwan. yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu. sesekali naik ke permukaan. Komodo Komodo. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Rinca. Flores. dan klad Toxicofera. dengan rata-rata panjang 2-3 m. penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 . Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Gili Motang. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau. yang berukuran panjang badan enam meter.