P. 1
KIMIA (Titik Beku - Titik Didih )

KIMIA (Titik Beku - Titik Didih )

|Views: 64|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ferry Christy Sumartha on Nov 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

E. PERTANYAAN 1.

Garam yang di campurkan pada Es batu di maksudkan agar es batu tidak mudah mencair karena garam berperan sebagai medium penghambat penguapan pada Es batu dengan menyerap panas pada Es batu, sehingga Es Batu akan lama mencair. Dan Garam yang ditambahkan pada es batu akan dapat menurunkan titik leleh es batu. 2. Karena zat terlarut yang ada di dalam larutan Urea lebih banyak di bandingkan larutan cuka hal ini menyebabkan titik beku larutan Urea lebih kecil di bandingkan larutan cuka dan penurunan titik beku larutan Urea lebih besar di bandingkan larutan cuka. Penurunan Titik Beku Larutan Cuka ( CH3COOH) ∆Tf = m. Kf . i ∆Tf = m. Kf . ( 1+ (n – 1) α ) ∆Tf = 0,5. 1,86 ( 1+ ( 2-1 ) 1 ) ∆Tf = 0,93 . ( 2 ) ∆Tf = 1,86 Penurunan Titik Beku Larutan Urea ([C0 (NH2)2] ) ∆Tf = m. Kf . ∆Tf = m. Kf . ∆Tf = 0,5. 1,86 ∆Tf = 0,93 Sifat koligatif larutan Non Elektrolit adalah sifat koligatif larutan yang sangat dipengaruhi oleh jumlah Zat terlarut yang ada dalam larutan. Penambahan zat terlarut dalam pelarut akan menghasilkan titik didih larutan yang lebih tinggi di bandingkan titik didih pelarutnya. Sedangkan sifat koligatif larutan Elektrolit lebih dipengaruhi jumlah zat ionisasinya tersebut. Jumlah partikel bertambah sehingga sifat koligatif larutan elektrolit lebih besar dari pada sifat koligatif larutan nonelektrolit dengan konsentrasi yang sama. Disimpulkan bahwa larutan elektrolit memiliki penurunan Titik Beku lebih besar dibandingkan larutan non elektrolit tetapi titik beku larutan elektrolit lebih kecil dibandingkan larutan non elektrolit. Hal ini disebabkan ion-ion larutan elektrolit lebih banyak di bandingkan ion-ion larutan non elektrolit.

3.

4.

5.

KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya, kami bisa menyelesaikan laporan praktikum yang berjudul “ Penurunan Titik Beku Larutan “. Dimana laporan ini memuat hasil-hasil dan kesimpulan dari praktikum yang telah kami lakukan.

Laporan ini kami buat guna melengkapi tugas dan untuk memberikan pengetahuan tentang Penurunan Titik Beku Larutan. Laporan ini berisi tentang

bagaimana cara melakukan kegiatan praktikum untuk mengetahui penurunan Titik Beku Larutan , sekaligus memberikan hasil yang telah kami dapatkan dari beberapa percobaan.

Namun kami sadari banyak kekurangan dalam laporan ini, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari Guru pembimbing, temanteman sebaya, sekaligus pembaca laporan ini, sehingga dilain kesempatan laporan ini dapat terselesaikan dengan sempurna.

Harapan kami, semoga laporan yang kami buat dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan memberikan informasi yang sifatnya membangun bagi pembaca laporan ini. Sekian dan Terimakasih.

Wonomulyo, 10 September 2012

PENYUSUN

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->