Upacara Pernikahan di Jawa

Upacara-Upacara, Simbolisme, dan Perbedaan Daerah di Pulau Jawa

Rebecca Adams

ACICIS 2001

Fakultas FISIP

Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur

' SB|

Upacara Pernikahan di Jawa
Upacara-Upacara, Simbolisme, dan Perbedaan Daerah diPulau Jawa

Rebecca Adams ACICIS 2001

Fakultas FISIP

Universitas Muhammadiyah

Malang, Jawa Timur

Upacara Pernikahan di Jawa
Upacara-Upacara, Simbolisme, dan Perbedaan Daerah di Pulau Jawa

!SI

Rebecca Adams ACICIS 2001
fiPl

'ipi

pi

Fakultas FISIP

Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur

UPACARA PERNIKAHAN 26 27 28 Akad Nikah Upacara Panggih m RESEPSI PENUTUP DAFTAR WAWANCARA DAFTAR PUSTAKA 30 35 35 36 37 pi r .|pSI DAFTAR ISI ABSTRAK PENDAHULUAN 3 Latar Belakang Penelitian Fokus Penelitian 9 9 Tujuan Penelitian Metode Penelitian BABI-PELAMARAN 9 9 10 Nontoni Nglamar Srah-srahan 10 11 Ngeuyeuk Seureuh BABH-PERSIAPAN 13 15 15 m Penentuan Hari Tarub Sesaji Pingintan RiasPengantin Paes 17 17 17 18 RambutPengantin Busana Perhiasan BABEI .UPACARA SEBELUM PERNIKAHAN 19 20 21 22 23 23 Siraman Pemecahan Kendhi Menanam Rambut Penjualan Dawet Meratus Rambut 24 25 Upacara Ngerik Malam Midodareni 25 26 m p» Kembar Mayang Upacara Langkahan BABIV .

Pelamaran Secara adat pelamaran terdiri dari tiga bagjan. perhiasan. Walaupun orang muda memutuskan untuk menikah sendiri. uang dan Iain-lain. pi Persiapan Sesudah pelamaran seorang pria diterima olehseorang wanita. Hariyang paling baik untuk pernikahan ditentukan secaraadat. upacara nontoni tidak dilakukan lagj. alat-alat rumah tangga. yaitu: 1 Nontoni: Nontoni adalah langkah pertama untuk pernikahan. Olehkarenaitu sayamemilih topik miuntuklaporan saya. seseorang pria dengan orang tuanya pergj ke rumah gadis untuk melihat danmemutuskan kalau diamau melamar gadis itu. Hadiahnya biasanya termasuk pakaian. perencanaan upacara pernikahan r dimulai. dantanggal lahir kedua pengantin dihitung untuk menentukan hari upacara. calon pengantin laki-laki biasanya masih melamar secara resmi dengan upacara nglamar. Srah-srahan: Kalau gadis tersebut setuju untuk menikah.lil ABSTRAK Pendahuluan Penelitian saya mengenai upacara pernikahan dipulau Jawa. Padahal pernikahan adalah peristiwa yang sangat penting dalam kehidupan seseorang dan upacara-upacara yang dilaksanakan didalam pernikahan merupakan adat dan tradisi yang perludilestarikan. 2 3 IS) Nglamar: Saudara pria disuruh untuk menyampaikan pelamaran secara lisan atautertulis. dan perbedaandaerah di pulauJawa. bermacam-macam hadiah. simbolisme dan makna PI upacara dan bahan-bahan. diberikan olehpriakepada gadisuntuk menentukan tunangan. Peningset. Penelitian sayatermasuk upacara-upacara dari pelamaran sampai resepsi. karenaorang tua makin jarang menjodohkan anaknya dan kebanyakan orang muda berpacaran terlebih dahulu. . Upacarapernikahan merupakan tanggung-jawab orang tua pengantin putri. Pertama kali saya melihat upacara pernikahan Jawa saya terkejut pada kerumitan dan sangat tertarik pada makna atau simbolisme didalam upacara dan perlengkapannya. Kini. bulan yang baik untukpernikahan dipilih menurut bulan Jawa. upacara srah-srahan diadakan. kalau cocok. Kini adat istiadat menjadi kurang penting dalam kehidupan modern danupacara pernikahan adat makin jarang dilakukan. tergantung pada kemampuan keluarga pengantin pria. dan upacara-upacara biasanya diselenggarakan di rumahnya.

Upacara pernikahan dimulai dengan pemasangan bleketepe. Tuwuhan. kekuning-kuningan dan bercahaya. Sesaji terdiri dari berbagai jenis makanan. seharusnya kulitnya kelihatan halus. Sesudah sanggul dirapikan selanjutnya perhiasan dipasang. atau pintu masuk. buah-buahan. sedikit rambut di atasteriepas untuk digelung menjadi lungsen. Tata rias pernikahan bermaksud supaya pengantin putri kelihatan seperti putri raja. dan tidak ada kekurangan. diikat dandigelung menjadi sanggul. dan campuran bahan-bahan untuk setiap sesaji tergantung pada maksud dan maknanya. Busana Ada beberapa gaya busana yang bisa dipakai untuk upacara pernikahan Jawa tetapi adaduagaya busana yang utama. Yp^l . minuman. Ada beberapa sesaji yang disediakan khusus untuk upacara-upacara pernikahan.pi Tarub Secara fungsi. daun-daun dan buah-buahan yang digantung di kiri dan kanan gerbang. Paes DiJawa Tengah rambut di dahi pengantin putri dipotong dan dicukur membuat bentuk/wes sesudah upacara siraman supaya siap untuk dirias dengan warna hitam pada pagi sebelum akadnikah. mempunyai arti sendiri-sendiri. Adabeberapa macam busana basahan tetapipadadasarnya semuanya sama. Simbolismepaes mi adalah untuk mempercantik pengantin putri. Pengantin putramemakai topi kuluk yang berwarna birumuda. Bentuk pares mi terdiri dari beberapa bagian yang harus diukur dan digambar dengan hati-hati supaya mengikuti bentuk yang benar. atau rambut bagian belakang. salah satunya adalah sesaji atau sajen. untuk membuang pikiran atau perilaku yang tidak baik supaya dia bisa menjadi orang yang baik dan matang. Kehendak orang yang menyajikan sajen adalah agar upacara-upacara selamat dan sejahtera. Busana basahan terdiri dari beberapa jenis kain saja. sehingga upacara lancar dan selamat. untuk mengusir roh-roh jahat. yaitu busana basahan dan busana putri. Bagian depan rambut disasak dan dibentuk menjadi sunggar. tetapi kepentingannya lebih dari yang fisik saja. yaitu tidak memakai baju atasan. dan selop bludiran. yang mandi memakai lulur dan jarang keluar dicahaya matahari sehingga kulitnya halus dan kuning. Busana gaya putri pada dasarnya adalah baju panjang bludiran. Pengantin priajuga memakai sedikit riasuntukupacara panggih. Cemara. Rambut Pengantin Sesudahmuka dan dahi diriasrambut dibuat dalam bentuksanggul. Sesaii Tentu saja adabanyak hal yang hams diurus sebelum upacara dimulai. bunga-bunga dan bahan-bahan lain. atau lebih spesifik. gaya dodotan. tarub adalah bangunan sementara untuk tamu di depan rumah. Tata Rias Pengantin Untuk setiap upacara pengantin putri harus kelihatan cantik. kain padan dan selop bludiran. anyaman janur kecil yang digantung di tengah gerbang.

Tetapi tidak boleh Ibuyang sudah bercerai. biasanya dilakukan di kamar mandi atau di kebun. Peniualan Dawet Sesudah pengantin putrimasuk kamar untukdirias upacara menjual dawet. yang dilaksanakan pada siang hari sebelum pernikahan. ttfml Ibu pengantin putri memulai upacara dengan mengoleskan bubuk sabun kepada tangan dankaki putrinya. Kedua pengantin dimandikan di rumah sendiri dalam upacara berbeda. Pecahan dari kendhi diberikan kepada tamu untuk 'membeli1 dawet dari Ibu pengantin putri yang memakai barang-barang penjual dawet. Kotoran ini dianggap sebagai halangan dan harus dibuang supaya tidak ada halangan lagiuntuk kehidupan baru. dilaksanakan. agar mudah dan cepat punya anak. menuangkan tigagayung airbunga kepada kepala danbadan pengantin. maksudnya untuk membuang sangkal atau kotoran dari masakecil. maksudnya pengantin sebagai raja sehari. Pecahan kendhi diberikan kepada Ayah yang membawa payung dan dia memberi kembalian. Pendapatan (pecahan kendhi) dari penjualan dawet dimasukkan ke dalam . gelang. janda. Ibu-Ibu yang terhormat dandianggap berakhlak tinggi diminta untuk ikut upacara ini. ataulebih asalkan ganjil. Sebagian air dari mangkuk siraman putri dioleskan kepada kendhi untuk dibawa ke rumah pengantin putra untuk upacara siraman dia. Pemecahan iniadalah simbol pengantin sudah dewasa dan siapuntuk meninggalkan keluarga untuk mulai keluarga sendiri. sejenis minuman cendol. Rambut pengantin putrajuga dipotong dandibawa ke rumah putriuntuk ditanam bersamasamadi kebun. Upacara *• m ini adalah acara memandikan pengantin supaya dia bersih dan suci untuk malam midodareni dan untuk pernikahan pada hari berikutnya. Banyak perhiasan dipakai supaya pengantin kelihatan cantik dan mewah. Memotong Rambut Upacara berikutnya juga melambangkan akhirdarimasakecil dan permulaan masa dewasa untuk pengantin. Pemecahan Kendhi Sesudah acara siraman diselesaikan Ibu pengantin menjatuhkan dan memecahkan kendhi. cincin dan anting keemas-emasan dipakai oleh calon pasangan suami-isteri. Maksudnya supaya pengantin diberi berkat seperti Ibu-Ibu ini. Kemudian tujuh orang. Sedikit dari ujung rambutnya dipotong. Bermacam-macam kalung. adalah siraman. Selain dariIbu danBapak pengantin. dengan makna sendiri-sendiri.Perhiasan Perhiasan kebanyakan mengikuti gaya raja di kraton. orangtuanyatidak mempunyai tanggung-jawab Iagi. yangbelum mempunyai anak atauyang tidakbisa mempunyai anak. Kemudian pengantin putri digendong masuk kamaroleh Bapak untuk kasihsayangyang terakhirkalisebagai anak dan sebagai lambang ayah membawa anaknya kepada hidupmandiri untuk mulai keluarga sendiri. JW Upacara Sebelum Pernikahan Siraman P Upacara pertama.

Upacara ini bisa dilakukan digereja untuk orang Kristen. Dalam acara meratus. Upacara Pernikahan Akad Nikah §B Kira-kira jamsembilan pagi pada hari berikutnya upacara Akad Nikah diselenggarakan. Pengantin putra harus menyetujui untuk memenuhi semua syarat-syarat ini dan bersumpah untuk menjaga dan melindungi isterinya. Upacara Ngerik Sesudah upacara meratus rambut. dandirias dengan hati-hati. Pertama BapakPenghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) atau kyai membaca syarat-syarat pernikahan. di mesjid untuk orang Islam atau di rumah saja.Fn^ m kantong dan disimpan. Malam Midodareni Malam sebelum hari pernikahan merupakan malam terakhir pengantin putri sebagai remaja atau gadis. Lalu Bapak pengantin putri menyerahkan putrinya kepada pengantin putra. Lalu rambutnya digelung. bubuk ratus dan gula pasir dipanaskan dengan api dan asapnya diarahkan kepada rambut pengantin putri supaya baunya wangi. Meratus Rambut Sambil upacara penjualan dawet dijalankan diluar. Upacara ngerik merupakan persiapan untuk tata rias yang akan dipakai untuk upacara pernikahan pada hari berikutnya. malam ini dianggap suci dan diberi nama malam midodareni. Selama waktu ini pengantin putridiberi makanan olehorang tuanya untuk terakhir kali. di dalam kamar pengantin perias sedang menjemur dan meratus rambut pengantin putri. Anak rambut di dahi gadis dihilangkan dan bagian-bagian dicukur dalam bentuk paes. waktu ini dimaksudkan untuk berkenalan dengan keluarga fsS) pengantin putra dan untuk menerima nasihat tentang kehidupan sesudah menikah. Upacara penjualan dawet ini bermaksud untuk membuat upacara ramai. Keduasaksi inidihadirkan untukmenentukan bahwa keduapengantin menikah atas keinginan sendiri. Menurut pemerintah cuma acara akad nikah yang perlu dilaksanakan untuk menikah secara hukum. tidak ada yang memaksa. Akad Nikah merupakan pernikahan secara agama dan secara resmi. Sekarang pengantin putri sudah siap untuk malam midodareni. seperti minuman ini. t^\ . dan supayanantipendapatan pengantin banyak. Dari jam enam sampai jam 12 malam pengantin putri tidak boleh keluar dari kamar. Sesudah kedua pihak setuju untuk menikah kedua pengantin dan kedua saksi menandatangani surat nikah. upacara ngerik dilangsungkan. muka danlehernya dicuci.

F Upacara Panggih Pada siang hari sesudah akad nikah. dan terus menyuapbersama. dandianggap sebagai waktu yang menyenangkan. Ibuputri bertanya kepada Bapak siapa yang lebih berat dan diamenjawab bahwa mereka samasaja. 5. Pengantin putra-putri saling melempar daun sirih. Kedua mempelai bersalaman. 8. Pengantin putra menempelkan telur ayam kampung kepada dahi sendiri dan dahi pengantin putri danlalu melempar telurini supaya pecah. yaitu upacara panggih. Wiji dadi. Dipelaminan kedua pengantin duduk di pangkuan Bapak putri. upacara pernikahan adat dilaksanakan. Sindur Binqyang. 4. Resepsi Padasore atau malam sesudah upacara pernikahan. Saling menyuap. 3. sebagai berikut: 1. Upacara Panggih terdiri-dari beberapa bagian. 2. putri di kaki kiri. 7. dan uang receh dibungkus dalam kain berwarna merah dan putihkepadawanita dan dia memberikannya kepadaorang tuanya. Pasangan suami-isteri masuk ruangan yang disediakan untuk resepsi dengan upacara kirab. Pengantin putra masuk pintu depan dipayungi dua pendamping dan kedua pengantin menukar kembar mayang yang dilempar ke atas tarub. Minta doa restu. Timbang. 6. Sawat-sawatan atau halangangantal sirih. resepsi diselenggarakan untukmerayakan pernikahan. Temu pengantin. danIbu putri menutup bahu keduanya dengan kain selendang yang berwarna merah dan putih dan pengantin diantar oleh Bapak ke kursi pelaminan. Kaki mempelai pria dibasuh dengan air bunga setaman dan dibersihkan oleh pengantin putri yang duduk di depannya. Pengantin putra memberi makanan kepada isterinya danlalu pengantin putri memberi makanan kepada suaminya. Akhirnya upacara pernikahan selesai dan pasangan suami-isteri pulang untuk mulai kehidupan baru bersama. Artinya bertemunya duaperasaan. Pengantin priamemberi beras. Kacar-kucur. dan putra dikaki kanan. berpegangan tangan dengan jari kelingking. . Para tamuyang diundang memberi salam danselamat kepada pasangan suami-isteri baru. untuk melempar hari. kacang.

upacara-upacara dan bahan-bahan semuabermakna khusus untukkeselamatan dankesejahteraan pasangan pengantin dan keluarganya. Dan makna ini yang membuat upacara pernikahan penting. Semoga upacara pernikahan adat tidak hilang seiring perkembangan zaman. jSl |5) £p) . persiapan. kalau tidak ada makna pasti tidak akan ada maksud. Jadi ini merupakan tugas untuk semua orang untuk menjaga dan melestarikannya.pn Penutup PS) Upacara pernikahan adat di pulau Jawa begitu rumit.

Padahal pernikahan adalah peristiwa yang sangat penting dalam kehidupan PI seseorang dan upacara-upacara yang dilaksanakan di dalam pernikahan merupakan adatdan tradisi yang perlu dilestarikan. 'pi . dan perbedaan di daerah-daerahPulau Jawa. Oleh karenaitu di laporanberikutnama upacaraJawa Tengahakandipakai untukjudul subbabdan perbedaan di daerah lain akan dijelaskan di dalam subbab tersebut. tatabusana. upacara sebelum pernikahan dan upacara pernikahan. Keadaan dan kejadian pernikahan di pulau Jawa akan digambarkan dan dijelaskan. simbolisme atau makna upacara.r F PENDAHULUAN Latar Belakang Penelitian ^ m Penelitian saya mengenai upacara pernikahan di Pulau Jawa. Acara pernikahan daridaerah lain di pulau Jawajuga sudahditeliti. tata rias. Olehkarena itu sayamemilih topik iniuntuklaporan saya. Lebih spesifik. tetapi ternyata kebanyakan orang Jawa juga kurangtahu. Saya merasa saya bisa lebih menikmati upacaranya kalau saya mengerti artinya. PI Fokus Penelitian Penelitianini tentang upacara pernikahandi Pulau Jawa. JawaTengah. persiapan. Upacarayangdisaksikan peniliti diadakan di DaerahIstimewa Yogyakarta.upacara-upacara yang termasuk dalam acara pernikahan: pelamaran. pi Kini adat istiadat menjadi kurang penting dalam kehidupan modern dan upacara-upacara pernikahan adat makin jarang dilakukan. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan semua halberkaitan dengan upacara pernikahan di Jawauntuk menambah pengetahuan dan melestarikan bagian adatistiadat Jawayangpenting dalam hidup semua orang. Pertama kali saya melihat upacara pernikahan Jawa saya terkejut pada kerumitan dan sangat tertarik pada makna atau simbolisme di dalam upacara dan perlengkapannya. tata rambut danalat-alat yang dipakai dan pi bahan-bahan lain. Metode Penelitian jpi Penelitianini memakai cara qualitative. Informasi iniditemukan di P P berbagai buku dan lewat wawancara dengan perias yang bekerja di salon pengantin dan orang lain.

urang sakalian ngalunaskeun hutang bae. melangsungkan keturunan. ^ Nontoni ini adalah acara pertama menurut adat. Putra dan orang tuanya datang ke rumah orang tua putri dan membicarakan hal-hal biasa. datang ke rumah orang tua putri untuk melamar. yang dijodohkan oleh orang tuanya. sekalian (sekaligus) melunaskan hutang. mendekatkan kekeluargaan mudah-mudahan tiadasesuatu halangan danrintangan." {Adat dan Upacara Perkawinan Jawa Barat. Kalau adaorang yang ingin membatalkan rencana tidak ada masalah danalasan yang benar tidakharus diucapkan. Kalau putra itutidak ingin menikah dengan putri itutidak f ada masalah karena belura ada kesepakatan ataupun rencana. Kini banyak orang muda memilih calonnya sendiri. Kalau waktunya sudah cukup untuk putra dan orang tuanya. Kini acara ini dan bisa dilewati dengan pelamaran saja. Dengan acaraini P p» orang tua putra atau orang lain yang dihormati datang ke rumah orang tua putri untuk membuat kesepakatan bahwa anaknya akan menikah. putri itu akan masuk beberapa kali jadiadawaktu untuk melihat dia. Menurut adatorang yang datang untuk Neundeun Omong memakai kalimat yang sama: "Urang nepungkeun bangkelung ngadeukeutkeun baraya. bisa 10 (pi . ucaporangdari kanan dankiri. Congkok. kalau putra suka pada putri itu dia bisa IP memutuskan untuk mulai merencanakan pernikahan. cuma alasan yang tidak akan menyakiti hati jodoh.^^ P BAB I .PELAMARAN P Nontoni Istilah Nontoni berasal dari kata menonton. Jadi keinginan untuk menikah bisa dimulai dengan pelamaran saja. omong pn ti sisi ti gigir. Maksud acara ini adalah supaya putra bisa melihat putri yang dia belum kenal. Kini acara ini jarang diselenggarakan karena orang tua makin jarang menjodohkan anaknya. Putra yang datang tidak boleh menatap putri itu tetapi melihat saja. Putri lainselain yang sedang ditonton dilarang menawar supayatidak \ terjadi kebingungan. Sesudah beramah-tamah congkok memberikan lamaran. calon pengantin putra dan mungkin diikuti laki-laki lain f^i diterima olehbeberapa orangdi rumah putri. maksudnya seorangputra datang ke rumah seorang P _ putri untuk melihat putri itu. sugan dipinareng tayahalangan harungan. Menurut adatJawaBaratacarayang pertama dinamakan Neundeun Omong. mereka akan minta diri untuk pulang dan memberi tahu orang tuaputri kalau mereka mau lain kali akan memulai membicarakan tentang pernikahan. nuluykeun pirundayaneun. tidak membicarakan kemungkinan pernikahan. 1978/1979:81) Percakapan ini bukan perjanjian tetapi pengucapan keinginan saja dan kecocokan kedua jodohini harus dipertimbangkan dulu. Pertemuan ini dianggap seperti penerimaan tamu biasa sehingga persiapan sekedamya saja. r p^ Nglamar Kalau semua ingin dilanjutkan orangtua putraakan minta seseorang. dan biasanya berpacaran terlebih dahulu." Terjemahan dalam Bahasa Indonesia: "Kitapertemukan tangkai sirih. disebut congkok. Putri yang ditonton masuk ruangan tamu untuk menawarkan makanan dan minuman.

ipi bertanya kalau sudah ada orang yang meminang putri itu dan kalau belum. w$\ Kini calon pengantin putra akan membawa duabuah cincin sebagai tanda kedua calon menjadi tunangan. Jawa Tengah. Selain cincin adajugapakaian. (Adat dan Upacara Perkawinan Jawa Barat. pi Srah-Srahan Biaya upacara pernikahan merupakan tanggung-jawab orang tua pengantin putritetapi keluarga pengantin putra memberikan kontribusi dengan upacara srah-srahan. Kalau lamaran secara tertulis seseorang yang dianggap cocokakandipilih untuk pi membacakannya. keluarga putri akan memakai waktu ini untuk mencari tahu tentang keluarga putra yang melamar. Dulu surat ini ditulis dalam Bahasa Jawa dan dengan hurufJawa tetapi kini Bahasa Indonesia bisa dipakai asal isinya halus dan sopan. kalau sudah diputuskan oleh keluarga putri. yaitu bermacam-macam hadiah dan uang untuk menentukan kedua pengantin sudah diikat. Arti nanyaan adalah bertanya. baju surjan bergaris. yaitu membawa sirih untuk diserahkan kepada keluarga putri pada waktu pelamaran. Katangelamar berasal dari kata p» melembar yang berarti menyerahkan lembar-Iembaran sirih. kapur. secara lisan atau tertulis. Beberapa hari sebelum pernikahan orangtua pengantin putra datangdengan membawa peningset.W) (PI secara lisan atau tertulis. 1978/1979:83) Kata-kata ini berasal dari tradisi yang makin jarang dilakukan. kue-kue. DiSolo. surat lamaran dibawa oleh kakak ibu ataubapak calon pengantin putrake calon pengantin putri. Sesudah orang tuaputri setuju dengan pelamaran. Pengantin putra harus memakai pakaian sederhana. bertanya kalau diarela menikah. Orang yang datang ke rumah putri untuk melamar akan mengatakan maksud untuk datang. sedikit uang. gambir dan tembakau. putrinya dipanggil untuk dilamar. Keluarga putri bisa menerima pelamaran langsung tetapi biasanya mereka berkata mereka harus mempertimbangkan dulu dan akan memberi jawaban nanti. Busana gaya Yogyakarta adalah kesatrian. dan kalau sirih tidak dimakan bermaksud W\ pelamaran tidak diterima. Istilah lain untukacara ini adalah Ngelamar atauNyeureyhan. Sesudah beberapa minggu calon pengantin putri membalas dengan surat untuk menerima atau tidak. Jawaban akan dikirim. yaitu jas dengan lengan pi 11 . Keluarga putri akan melakukan ini walaupun mereka sudah memutuskan untuk menerima pelamaran sebagai lambang putrinya tidak mudah dikawini atau diberikan kepada orang lain. Akhirnya uang secukupnya diserahkan kepada keluarga putri sebagai pengikat. istilah Nyeureyhan jugamempunyai arti memberi sirih. Upacara ini dinamakan Nanyaan diJawa Barat dan terdiri dari tigabagian utama. Kalau putri itu setuju. atau barang-barang lain bisa diberikan untuk pestajuga. artinya putri sudah menjaditunangan. Kalau bungkusnya dibuka sebelum dimakan bermaksud ada sesuatu yang diinginkan. Hadiah sirih ini diikuti pinang. sirih pinang itu akan diserahkan w\ kepada bapak calon pengantin putri dan dimakan oleh semua orang di rumah. Dan kalau terjadi pelamaran ini tidak diantisipasi. Hal ini penting untuk gengsi keluarga putri. dan tidak boleh memakai perhiasan selain dari cincin tunangan.

Jadah. alat rias. pakaian. Keluarga putra harus berusaha memenuhi permintaanini sebagus mungkin karena hadiah ini akan diperlihatkan kepada semua orang. bahagia dan manis seperti makanan ini. 3. jenang dan pisang dimasukkan dalampanjang Hang. Artinya supaya pasangan hidup erat. Pisangnyaharus sudah masak. kalung karset dan keris. Raja supaya mereka bahagia seperti raja. Untuk gaya Solo pangeranan. Secara tradisipeningset ini terdiri dari: 1. Pisang Raja. uang dan lain lain. Kini. Berkaitan dengan peningset ketiga. masakan nasi dengan gula dan kelapa. seperti makanan ini. perhiasan. Keluarga pengantin putrijuga bisa minta sesuatu lagi yang diinginkan.panjang biasanya terbuat dari kain bertenun. Jenang. kalau kesepakatan untuk menikah dibatalkan. blankon Yogyakarta. 2. tergantung pada kemampuan. masakan yang terbuat dari nasi dan kelapa. Artinya supaya calon suamidan istri akan bersatu dengan kuat. susah untuk dipisahkan. alat-alat rumah tangga. jas beskap. pisang yang belum masak akan dibawa. yaitu bakul kecil yang terbuat dari janur yang dianyam. peningset yang diberikan pengantin putra bisa termasuk barang- barang yang Iain misalnya kain. Jadah. Peningset di Kamar Pengantin " ~ 12 . Hadiah ini diberikan kepada keluarga pengantin putri serta uang di dalam peti kecil. selain dari makanan dan uang. Pengantin putra bertemu dengan keluarga dan teman pengantin putri tetapi tidak boleh bertemu dia sendiri. sebagai lambang rencana belum terjadi. kalung karset dan keris yang dipakai. artinya perbincangan antara keduanya selalu jadi (masak).

tujuh. r 9. HPI Pisang ayu. Kalau mampu. kalau dibatalkan oleh putra. artinya perasaan tetap. 4. hadiahyang diberi diperlihatkan di tengah ruangan. berkembang. hadiah tidak akan dikembalikan. Arti kata seureuh adalah sirihdan arti kata ngeuyeuk adalah mengurus. Melambangkan makanan. fp) Kain batik truntum. uang. Setagen. Kemudian hadiranmakan dan pulang. uang. Kalau r m putra tinggal cukup dekat dia akan berjalan kaki. kecuali pengantin putra yang akanmenginap di rumah keluarga tunangannya walaupun dia tidakboleh bertemu dengan tunangan sendiri. mengeijakan atau berpegang-pegangan. Bisa juga cincin emas. 5. garam. Melambangkan sedyo rahayu. harus turundari kendaraan sembelum sampai rumah putri danberjalan kaki. Dua batang tebu wulung kira-kira 30 cm. Ada banyakbahan yang harus disiapkan untuk 13 . kain berwarna putih terbuat dari benanglawe. 7. Simbolantepingkalbu. Dua buah cengkir gading. alat-alat rumah tangga dan lain lain kepada pengantin putri. ketetapan hati. Kain batik tradisional. sirih ayu.SI Kalau sesudah acarasrah-srahan pernikahan dibatalkan oleh putripeningset iniharus dikembalikan. Yang merupakan simbol kenceng ingpikir. yang hanya ada padaadat Sunda. Keluarga putri akan menyiapkan makanan dan minuman sekedarnya untuk menerima tamuyang ikut pengantin. 6. Di Solo hadiah peningset yang diberikan oleh keluarga pengantin putra adalah sebagai berikut: Wl 1. yaitu harapan kesejahteraan. m 8. Dua buah jeruk besar. Sebagai lambang bertekad bulat. 2. Melambangkan pakaian. 3. Padawaktu ini putra diserahkan kepada keluarga putri. Yang berarti tumuruntun atau turun temurun. waktu dimana pengantin putra membawa hadiah untuk membantu keluarga putri dengan pernikahan. biasanya dilaksanakan padasore hari satu hari sebelum pernikahan. F Di JawaBaratjuga ada upacara seserahati. 10. Orang tua putri memberikan pakaian pernikahan kepada pengantin putra dan dia memberikan bermacam-macam hadiah yangterdiri-dari makanan. Semuayang hadir duduk dan sesudah pidato penyerahan. Jumlah orangyang ikut upacara ini harusberkelipatan tujuh. Ngeuyeuk Seureuh P* p Upacara ngeuyeuk seureuh. gula jawa. Nomor tujuh dianggap nomor keberuntungan. Dengan nama cita-cita yang luhur. 14 atau 21. Padi. kalau jauh.

tidak dinikmati oleh yang makannya. mayang pinang. memakai rambu yang hasil perempuan jadi inimerupakain symbol perempuan mengikat laki-laki. akhimya akan dibawa ke kuburan dibungkus didalam kain putih. Pembawa acara memulai acara dengan pidato. pakaian pengantin putri dan putra. dengan sifatyangbagaimanapun.(PI p upacara ngeuyeuk seureuh. pi Adadua bentuksirihyangdisiapkan utuk upacara ini. Pelitadengan tujuh sumbu. Penjelasan ini bisa dilihat karena lampu tersebut menerangi sekelilingnya saja. Keduanya diikat bersama. W) tekad dan hati-hati. lungkun dan tektek. bunga-bunga dan uang. pelita. simbol tujuh berarti hari dengan matahari yang f *m\ terang. bokor dengan airdan bunga-bunga. Yang lungkun digelung sebagai simbol laki-laki P p dan tembakau dimasukkan dalam Iubang untuk tektek. pinang. tikar pandan. Rambunya kuat sekali. misalnya: sirih beranting. menceritakan bahwa semua orang. sambil mengangkat tikardan kain putih. kapur sirih. kendhi berisi air. tetapi didalamnya adabayangan. gambir. kain putih dan bermacam-macam kain lain. kayu bakar dan daun pisang. lalu seorang laki-laki membakar kemenyan danmembaca doa selamat. Dua macam sirihini melambangkan dua orang yang berasal dari tempat berbeda. BS| 14 . telur. Tektek juga melambangkan keselarasan karena ramuanharus sesuaiatau tidak baik. kunyit. seperti dikawinkan. sebagai simbol perempuan. Pembawa acara. symbol isteri haruskuat. tidakmudah patah. melambangkan pengantin akan jujur dalam hubungan dan memperlihatkan keadaan baik-baik saja kepada orang lain. Semua bahan-bahan ini diletakkan di Iantai bersama-sama (kecuali pelita) di atas tikar yang ditutupi dengan kain putih. bokor dengan beras putih. tembakau.

untuk tamu. digantung dikiri dan kanan gerbang atau jalan masuk. Juga melambangkan pn kesembuhan karena air kelapa bisa dipakai untuk obat. kata ini merupakan lambang pengantin sudah berubah menjadi dewasa dan harusmeninggalkan pemikiran masa muda. Tarub ini terdiri-dari: 1. Hari lahir dianggap baik dan hari meninggal dianggap tidak baik. Tandan pisang raja yang masak. jugakedudukannya dalam masyarakat sudah berubah menjadi keluarga batih dan mereka harus bertanggungjawab untuk akibatnya. yang dibuat beberapa hari sebelumnya dan tetap selama upacara-upacara pernikahan. Menurut adat Jawa adabulan dan hari yang baik dan kurang baik untuk pernikahan jadi penentuan hari pernikahan penting. Cengkir melambangkan istilah kencengingpikir. P*» « Janurini melambangkan bahwa orangtua pengantin sudahmengajar anaknya. supaya pikiran pengantin kuat dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Selain bulan ini bulan besar dianggap baik untuk pernikahan dan bulan sura dianggap sebagai bulan istirahat. Tarub P?l Tarub adalah bangunan sementara. lingkungan dan masyarakat. Anyamanjanur (daun kelapa muda) tua. 4. sesudah bulan Ramadhan.!Pl BAB II-PERSIAPAN Penentuan Hari Hari pernikahan ditentukan dengan cara perhitungan. atau tratag. Kedua pengantin sudah setuju dan mantap."{Adat dan Upacara Perkawinan Daerah Istimewah Yogyakarta. 3. kalau ada masalah di dalam keluargajangan sampai diketahui orang lain diluar keluarga. Tuwuhan. daun-daun dan buah- buahan. Pasangan cengkir. dirumah atau tempat pernikahan. kelapa muda. namun pernikahan tidak dilarang pada bulan ini.untuk keluarga. Arti tuwuhan ini secara keseluruhan adalah baik Pfl "kemakmuran tanaman maupun harapan kemakmuran bagi calon keluarga yang baru. Jadimereka tidakakanterpisah karenasudah ada kesepakatan. pernikahan sudahdipertimbangkan. j. Juga supaya pengantin mempunyai cahaya yang mempesona. adalah sesaji kepada Tuhan untuk keselamatan upacara pernikahan. Pisang rajadipakai supaya hidupnya bahagia seperti rajadansupaya putrabisamenjadi pemimpin yangbaik. 1977/1978:47) Kata tuwuhan berasal dari katatumbuhan. Artinya kedua pengantin sudah saling tertarik dansaling mencintai. di kiri dan kanan gerbang. kurang cocok untuk pernikahan. Pasangan kelapa gading (dengan kulit yangsudahkuning) di kiri dan kanan gerbang. (psi 2. adalah bulan yang paling sering dipilih untuk pernikahan karena dianggap waktu suci atau sakral. Tanden pisang supaya 15 . Tarub ini. Waktu haji.

Bleketepe (anyamanjanur tua) di atas gerbang dari kiri sampai kanan. Tebu wulung (kulit berwarna kemerah-merahan). Padi merupakan makanan pokok dan pekerjaan atau kehidupan kebanyakan orang Jawa. Kata wulung melambankan kematangan jiwa. Jadi arti semuanya adalah: kalau kejadian sudah dipikirkan dan diputuskan. 7. Padijuga berhubungan dengan Dewi Sri yang dianggap dewi rumah tanggaatau Dewi Kesuburan. Daun beringin hendaknya supayapasangan tumbuh seperti pohon beringin. serba tahu. menyesuaikan diri dengan tempat dan menjadi keluarga yang berhasil. Kata tebu melambangkan kata-kata antebing kalbu. dan diharapkan untuk membantu kalau orang lain ada urusan. Daun apo-apo berarti tidak ada apa-apa. Antebing berarti ketekadan dan kalbu berarti hati sanubari. 5. supaya tidak bisa dipisahkan oleh siapapun. Daun alangalang berarti tanpa halangan. Setangkai padi juga dipasang untuk mulai upacara. 6. sama seperti pohon pisang.pengantin bisa tinggal dimana saja. Sebelum upacara-upacara dimulai ayah dan ibu pengantin putri menggantung bleketepe yang kecil di tengah yang besar untuk mengusir roh-roh jahat dan sebagai tanda pernikahan akanterjadi. jadi artinyaketekadan hati sanubari supayatidak mudahdipengaruhi. Tarub 16 . Bermacam-macam daun. keluarga batih baru ini akan menjadi pelindung keluarga luas. Padi. melakukannya dengan tekad dan jangan menyerah. Daun kluwih melambangkan kata lirtuwih. Ini juga lambang bahwa pasangan suami-isteri dianggap satu dan teguh tetap satu.

dia sabar. kulitnya seharusnya kelihatan halus. yang mandi memakai lulur dan jarang keluar di cahaya matahari sehinggakulitnyahalus dan kuning. 17 . perasaan yang gembira dan tenteram. supaya setiap upacara lancar. buah-buahan. daging kerbau. gerbang. 2. dan tidak ada kekurangan. sebuah tandan pisang pulut dipasang di kiri gerbang sebagai lambang kedua pengantin akrab mesra. Untuk mendapatkan ridho AllahSWT. minuman. Ada beberapa macam sajen dengan maksud berbeda yang terdiri dari berbagai jenis makanan. Ada sajen khusus yangharusdisediakan dulu untuk semuaupacara. kamar mandi. coba-cobaan. pendirian yang tetap. Kehendak orang yang menyajikan sajen secara dasar adalah agar upacara-upacara selamat dan sejahtera. Dapat menahan diri.pi pi Tarub gaya Solo memakai pisang raja disebelah kanan gerbang saja. bunga-bunga. dapur. Daun pandan melambangkan kata sepadan yaitu harmonis. tumpeng. Tidak mudah tergoda. r ^ pi Sesaji Sebagian upacara pernikahan yang kurang diperhatikan oleh para tamu tetapi yang merupakan maksud yang penting sekali adalah sajen atau sesaji. Sebelum tarub dibuat sesajen harus disajikan yang terdiri dari pisang. dan dijalan. 3. Pertama perias membersihkan. Selama waktu ini dia tidak boleh keluar atau bekerja keras. Daun bayem melambangkan hati ayem. menuangkan penyegar dan mengoleskan pelembab padamuka pengantin wanita. si Daun pupus berarti dipupus. Tata rias pernikahan bermaksud supaya pengantin putri kelihatan seperti putri raja. Lalu alas bedak berwarna kekuning-kuningan dioleskan kepada muka. leher dan badan yang kelihatan. Maksudnya untuk menerima berkat dari nenek moyang dankeselamatan dari roh-roh jahat. Daun kroton melambangkan kata maton. bunga-bunga dan barang-barang lain. tempe. Lulur pengantin. Juga ada arti sendiri untuk sajen seperti sajen I I SSI rasulan yang disajikan pada sore hari sesudah upacara siraman dan bermaksud untuk mengirimkan doa kepada leluhur. Pingitan Dulu pengantin putri dipingit kira-kira tujuh hari sebelum hari pernikahan. kue-kue bermacam minuman. kelapa. diterima secara ikhlas. kekuning-kuningan dan bercahaya. buah-buahan lain. Untuk setiap upacara pengantin putri r r harus kelihatan cantik. Putrijuga puasaselama waktu ini untukmemperlihatkan bahwadia: 1. Rias Pengantin Rias pengantin adalah bagian perhiasan yang penting sekali. Sesajen seharusnya diletakkan disemua tempat yang akan dipakai untuk upacara misalnya. jamu dan lain lain. yaitu krim jamu badan. dioleskan kepada kulitnya setiaphari untuk memperhalus dan memperputih kulitsupaya bercahaya. agar hidupnya bahagia. tarub.

darirambut di atastelinga. kataBahasa Jawayangberarti sesuatu yang paling besar. Pengapit. Pengantin pria jugamemakai sedikit rias untuk pernikahan adat. Pensil alis mata hitam dipakai untuk membuat bentuk cantik danrapi. ditengah dahi. duajari di depan telinga sampai ujung satujari di depan daun telinga. tetapi tidak terlalu banyak. Pengapit adalah pendampmgpenunggul. upacara panggih. Berikutnya menurut gaya Yogyakarta. sebagai berikutnya: 1. setengah jari dari bentukpenunggul ada bentukpengapit. kalau perlu. duasetengah jari. jugatigajarilebar. Warna yang cerah dipilih untuk pemerah bibir. Muka dibersihkan dan dioleskan dengan pelembab dan alas bedak. jadipenunggul merupakan simbol harapan pengantin menjadiorang yang sempurna. Gaya Malang memakai warna coklat. oranye dan kuning. Penitis melambangkan harapan orang bisa mencapai tujuan yang tepat. maksudnya untuk mengingatkan bahwa walaupun seseorang berusaha untuk menjadi orang yang baik. satujari lebar. atau lebih spesifik. Di depan kedua telinga adagodeg. paes diwarnai hitam. coklat dan kuning. Simbolismepaes ini adalah untuk mempercantik pengantin putri. Penunggul. Lalu ad&penitis. Pengapit yang di kiri melambangkan pengaruh buruk danyang di kanan melambangkan pelindung yang mengingatkandiri untuk tetap kuat dan tekad. untuk membuang pikiran atau perilaku yang tidak baik supaya diabisa menjadi orang yang baik danmatang. Bentukpaesini terdiri dari beberapa bagian yang harus diukur dan digambar dengan hati-hati supaya ikutbentuk yang benar. Maskara dipakai untuk mempertebal dan menghitamkan bulu mata. P5I Paes DiJawaTengah rambut di dahi dipotong dandicukur membuat bentukpaes sesudah upacara siraman supaya siap untuk dirias dengan warna hitam pada pagi sebelum akad nikah. PI Penitis. Sesudah bentuknya diukur dan garis-garis digambar dengan pensil alis.Untuk riasmataada warna khusus yang dipakai untuk pernikahan yang tergantung padadaerah. Rias mata berwarna coklatdan pemerah bibirkecoklat-coklatan dipakai. Dikiri dankanan. paling tinggi ataupaling baik. coklat SI tuadan hijau. Gaya Yogyakarta memakai warna hijau. selalu adapendamping yang bisa mempengaruhinya. tiga jari lebar danturun sampai ujung tigajaridi atas alis. Bibir bisa dibuat kelihatan lebih tebal atau lebih tipis. Yang pertama bemamapenunggul. 18 . Bagian-bagian paesjuga mempunyai arti sendiri. dan juga dipakai untuk garis mata supaya mata kelihatan lebih nyata. 3. Penunggul berhubungan dengan kata/wn/w/i//. denganpemakaian pensilwarna bibir. bentuk ini sedikit berbeda menurut gaya Yogyakarta dangaya Solo. Gaya Solo memakai warna coklat emas. 2.

akibat pengaruh darrkraton Yogyakarta dan kraton Surakarta. sunggar untuk digelung menjadi lungsen. diikat dandigelung menjadi sanggul. Tempat asalnya adalah lebih penting daripada tujuan. IP1 Bentuk alis jugamengikuti bentuk paes. Bentuk godegmelambangkan bahwa orang harus tahudarimana asalnya danke mana tujuannya. seperti kupu-kupu. setengah jari dan pengapit ada penitis. misalnya gaya si Yogyakarta biasa memakai sanggul Tekuk. sedikit lebih tinggi dari dahi dan lebih lebar dari telinga. bagian belakang rambut. 19 . Sedikit rambut diatas teriepas dari pr. sampai adapuncak di tengah tetapi menurut gaya Solo alis berbentuk bulat. bentuknya lebih tipis. Lalu.. Ada bermacam-macam bentuksanggultergantung padagaya pakaian dan daerah. 1977:55). DiYogyakarta alis berbentuk tajam.4.. F1 melambangkan "manusia yangsebelumnya masih terpecah-pecah dan tidakteratur.danlebih bulat. orang harus siap untuk SI kembali ke tempat asalnya. setengah bulatan ujung ditengah dahi tiga jari diatas alis dan empat jari lebar. lebih bulat dan ukurannya jugalain. Godeg. MalangKeprabon memakai sanggulUkel Keprabon. yang bulat." (Marmien Sardjono. HP^ Rambut Pengantin Sesudahmuka dan dahi dirias rambutdibuat dalambentuksanggul. danlebih tajam. Di Jawa Timur dan Jawa Baratpaes tidak dipakai.. Bentuk yang ditengah dahi bernama gajah. yang dua setengah jari..akhirnya menjadi sifat bulat manusia seutuhnya. Sanggul. Sangguldirapikan dan perhiasan dipasang. yang ditutup dengan bunga melati. Paes inikhusus di Jawa Tengah. satujari lebar. karena merupakan rambut terurai yangtidak teratur dibentuk menjadi rapi dan teratur. adabentukpengapit. F1 bagian depan dan bagian belakang. bentuknya kurang tajam. Pertama rambut dibagidua. sama dengan gayaYogyakarta. Dandi depan kedua telinga adagodeg. Setengah jaridari bentuk gajah di kiri dan kanan. bentuk seperti ombak. Sala Putri. Cemara. seperti kupu-kupu. gaya Solo. Bagian depan rambut disasak dan dibentuk menjadi sunggar. Yogyakarta kebesaran memakai sanggul Bokor. Di Solo pores juga dipakai tetapi gayanya sedikit berbeda. memakai sanggul Ba?igun Tulak.

Kain mempunyai arti moralitas manusia yang dulu masih remaja menjadi dewasa. timang dan lerep boro. Solo Basahan 20 . Sggg Malang Keputren Malang Keprabon Ada beberapa macam busana basahan tetapi pada dasarnya semuanya memakai kain saja. yang belum lengkap menjadi sempurna. Pelepasan pending melambangkan kehilangan kesucian. Pengantin putri memakai selop bludir kembar dan pengantin putra memakai selop bludiran dan topi kuluk yang berwarna biru muda. Busana gaya putri untuk pengantin putra terdiri dari baju sikepan bludiran. ikat pinggang. udet cinde. Busana gaya putri untuk pengantin putri terdiri dari baju panjang bludiran. kain padan. Pertama kain cinde. yaitu busana basahan dan busanaputri. kamus bludiran. kain pradan. lalu kain kampuh di luar. pending dan buntal. tidak memakai atasan. lontong. ikat pinggang adalah peringatan untuk menguasai nafsu. setagen dan selop bludiran.Busana Pengantin Ada beberapa gaya busana yang bisa dipakai untuk upacara pernikahan tetapi adaduagaya yang utama. Pending. kalung dan karset. keris branggah dengan bunga Sritaman.

Jadi cunduk mentul ini merupakan simbol peringatan "jangan baik didepan saja tapi dari PI belakang dan luar dalam sama" (Marmien Sardjono. maksudnya pengantin sebagai raja sehari. Kedua ceniung melambangkan kesempurnaan karena perlengkapan. 1977:56). Bisikan yang baik diterima dengan telinga kanan dan bisikan yang jahatdengan telinga kiri. 3. Kalung susun adalah tigakalung yang terikat. Limacunduk mentid melambangkan limanafsumanusia. mulai melengkung kebawah dan SI mengarah ke atas melambangkan orang menyatu dengan Allah. Banyak perhiasan dipakai supaya pengantin kelihatan cantik dan mewah. Bermacam-macam kalung. dipakai di kepala pengantin putri. gelang. yang kedua sedang danketiga besar. Artinya ketiga kalung adalah: 1. kalau pengantin memakai busana basahan perhiasannya banyak sekali. Paes. Maksudnya. tetapi semuanya bersama menjadikan orang yang sempurna. kebanyakan pendapatan diperoleh dengan tangan. 2. Hidup. pn -fPI 21 . Nafsu keinginan Nafsu kekuasan 5. Untuk upacara panggih. 1977:56). Bentuknya. cincin dananting keemas-emasan dipakai oleh calon pasangan suami isteri.Perhiasan Pengantin Untuk upacara siraman. Kemauan. Wujud. malam midodareni dan untuk akad nikah perhiasan sederhana saja dipakai. Perhiasan busana basahan ikut gaya raja di kraton. Kedua ceniung dipakai diatas dahi di kiri dan kanan. Ketiga kalung terikat menjadi satu karena salah satusifat sendiri tidak berguna. 4. jadi peraturan dan ikatan diperlukan supaya berhasil. Nafsu kasih sayang Nafsu kenikmatan 3. bunga emas diatastangkai. pernikahan adat. yaitu: P5) 1. Subang atau anting yang dipakai di daun telinga kiri dankanan melambangkan bisikan yang didengar. 2. Cincin dangelang merupakan simbol peraturan dan ikatan tangan. rias dan perhiasan lain menghadap kedepan tetapi cunduk mentul menghadap kebelakang. Menurut gaya kebesaran Yogyakarta lima cunduk mentul. Nafsu kesucian (Marmien Sardjono. Yang pertama kecil.

UPACARA SEBELUM PERNIKAHAN Siraman Acara siraman. Air dari tujuh mata air. adalah acara memandikan pengantin supaya diabersih dan suci untuk malam midodareni (malam yang suci atau sakral) dan untuk pernikahan pada hari berikutnya. Kedua pengantin dimandikan di rumah sendiri dengan upacara sendiri. atau lebih asalkan ganjil. Siraman Isi air bunga: 1. termasuk bunga melati. PertamaIbu mengoleskan bubuk sabun kepada tangan dan kaki putrinya. Pengantin putri memakai kain putih dan kain berpola Grompol atau Nagasari dan bunga melati yang dirangkai menjadi baju. Disamping pengantin ada mangkuk yang terbuat dari tembaga atau perunggu yang berisi air bunga. dan empat jenis kain. Pengantin putri memakai riastetapi rambutnya terurai. Bapak 22 . 4.BAB III . menuangkan tiga gayung air bunga kepada kepala dan badan pengantin. Bermacam-macam bunga. Lima warna bubuk berlaku sebagai sabun. Sebagian air dari mangkuk siraman dioleskan kepada kendhi untuk dibawa kepada rumah pengantin putra untuk dipakai dalam upacara siraman dia. Lalu tujuh orang. air kelapa dan air asam jawa. dan kendhi berisi air suci. Sampo dan konditioner secara tradisional: abu beras. 2. yangdilaksanakan pada hari sebelum pernikahan. termasuk dlingo beng/e (yang dipakai untuk obat). Sebelum acara dimulai pengantin minta do'a restu dari orangtua. biasanya di kamar mandi atau di kebun. Ditempatnya disediakan kursi kecil diatas tikar yang ditutupi dengan bermacam-macam jenis daun. gayung yangterbuat daridua tempurung kelapa yang terikat. dan orangtua juga minta do'a restu dari nenek dan kakek kalau masih hidup. 3. bunga mawar dan bunga sedap malam.

lalu Ibupengantin. Sesudah acarasiraman pengantin putridigendong masuk m kamar oleh Bapak untuk terakhir kali kasih sayang sebagai anak. Perhiasan peningset di dalam keranjang yang anyamannya jarang." Menanam Rambut Bapakdan Ibu memotong sedikit dari ujung rambut pengantin. janda.I. inidilakukan untukmembuang sangkal atau kotoran darimasa kecil. Bunga setamantermasuk bungamelati. Bahan-bahanyang disediakanuntuk upacara siramanadat Sunda: 1. Pemecahan ini adalahlambang pengantin sudah dewasadan siap untuk meninggalkan keluarga untuk memulai keluarga sendiri. bungamawar. Pengantinjuga mencuci muka sendiri denganair dari kendhi. pn Pemecahan Kendhi si Sesudah pengantin dimandikan Ibu pengantin menjatuhkan danmemecahkan kendhi. yang tidak mempunyai anak atauyang tidakbisamelahirkan anak. 1997:32) Keranjang janur. ada orang lainyang bertanggungjawab. (Bratawidjaja. Roeswoto (1992:11)lambang pemecahan kendhi adalah bahwa"calon pengantin putri sudah pecah pamor atau daya tariknya. 23 . Di upacara siraman Jawa Barat keris-kerisan dimasukkan ke air siraman dan badan pengantin diperciki dengan air tersebut sambil membaca do'a. Rambut pengantin putrajuga dipotong dan rambutnya dibawa ke rumah putri untukditanam bersama-sama di kebun. Tetapi tidak bolehIbu yangsudahbercerai. Maksudnya supaya pengantin diberi berkatseperti Ibu-Ibu ini supaya mudahdan cepat punya anak. Tujuhbuah keris-kerisan terbuat darijanur kuning diikat bersama. Maksud do'a iniadalah "Semoga calon pengantin ini selalu hidup bahagia dantidakada halangan satu pun". H. 2. Ibu tidak bertanggungjawab lagi. Menurut Dra. Bapak menggendong putrinya jugabisa melambangkan ayah membawa anaknya kepada hidup mandiri untukmulai keluarga sendiri. bunga pacar banyu.psi pengantin memulai siraman dulu. dengan perhiasan peningset di dalamnya. danselanjutnya Ibu-Ibu terhormat yang dipilih karena dianggap berakhlak tinggi.bunga ceplok piling dan bunga soka. Kotoran ini dianggap sebagai halangan dan harus dibuang supaya tidak spi ada halangan lagiuntuk kehidupan baru. dipegang di atas kepala pengantin danair siraman dituangkan melalui keranjangitu dengan cara yang dijelaskan di atas. 3.

namanya gerak memuncak. untuk membuat suasana lebih akrab dan meriah. dan supaya nanti pendapatan pengantin banyak. waktu matahari mencapai puncaknya. Bapak yang membawa payung menerima pecahan kendhi dan memberi kembalian. Kata dawet berhubungan dengan kemruwet. Penjualan Dawet 24 . artinya ramai atau banyak penunjung. Pecahan dari kendhi dipakai oleh tamu sebagai uang untuk 'membeli' dawet dari Ibu pengantin putri yang memakai alat-alat penjual dawet. untuk melambangkan perkembangan. Penjualan dawet ini supaya upacara kelihatan ramai. Penjualan dawet dilakukan sebelum jam 12. Pendapatan (pecahan kendhi) dari penjualan dawet dimasukkan di dalam kantong dan disimpan.Menanam Rambut Penjualan Dawet Dawet adalah sejenis minuman cendol yang dianggap bagus untuk kecantikan. yaitu hadiah kecil seperti uang receh buat-buatan dengan pesan minta do'a restu.

PR! Sebagai simbol sifat limiwih. Perias duduk di belakang pengantin putri. Menurut gaya Solo simbolisme alat-alat upacara ngerik sebagai berikut: 1. Daun Alang-alang Supaya tidak ada halangan. tenang. PI 8. Lalurambutnya digelung. PI Daun Dadap Srep Melambangkan daya sirep. tikar dan kainputihnya dijahit dan daundaunnya dimasukkan di dalam. Tempat duduk pengantin secara adatterdiri dari tikar. Upacara Ngerik P nn Sesudah meratus rambut perias menghilangkan anak rambut didahi gadis dan mencukur bagian rambut menjadi bentukuntuktata riasyangakandipakai padaharikemudian untuk upacara pernikahan.^ Meratus Rambut Sesudah siraman periasmenjemur rambut pengantin putri denganhandukdan meratus(memberi m wangi-wangian dari asap bubukwangi)rambut. m 7. 4. Simbol pola kain ini adalahuntuk hidupyang sejahteradan pemujian dari orang lain. bermacam-macam daundiatasnya. Kain putih Sebagai simbol kesucian. dan dirias dengan hati-hati supayadia siap untuk malam midodareni. KlosoBongko Sebagai alas. 6. Kini tempat dudukini sering disiapkan dulu. 2. danditutupi dengan kainputih. Wt 25 ((W . rambutnyadisisirdan handuk dibentangkan di atas kepala supaya asap dari bawah tidakcepatkeluar. Pengantin putri memakai kain berpola Sidomukti atau Sidoasih dan kebaya. Sindur Bangun Tulak Melambangkan kata-katatulak bahaya supaya tidak ada yang berbahaya. Asapnya daribubukratus dan gula pasir yang diberi api. Daun Opo-opo Supaya tidak terjadi apa-apa. 5. Daun Kluwih r 3. Daun Nanas Karena buah segar melambangkan kesegaran dan kesehatan. muka danlehemya dicuci. merupakan simbol dasar hidup. unggul.

Sesudah pasangan menikah Nawang Wulan melahirkan seorang putri. walaupun mereka tidak bolehbertemu. bemama Nawangsih tetapi nanti Nawang Wulan berpisah dari putrinya. Roeswoto. Kepercayaan ini berasal dari legenda 'Joko Tarub'. Dia akan menginap di rumah pengantin putri. (Dra. 1992:20) Kembar Mayang Kedua mempelai membuat kembar mayang pada malam midodareni untuk ditukar pada hari esoknya. karena persiapan untuk pernikahan dimulai pada pagi hari. Pengantin diberi makanan untuk terakhir kali oleh orang tuanya. kalau dia menikah. Selama waktu ini dia dikunjungi oleh keluarga dan teman (perempuan saja). dan terdiri dari bermacam-macam bentuk anyaman. Menurut cerita ini seorang laki-laki bemamaJoko Tarub ingin beristeri dengan seorang bidadari bernama Nawang Wulan. Dari jam enam sampai jam 12 malam pengantin putri tidak boleh keluar dari kamar. Joko Tarub menyembunyikan busana Nawang Wulan waktu dia mandi supaya diatidak bisa kembali ke surga karena dia tidak bisa terbang lagi.H. Malam Midodareni Pada malam sebelum pernikahan pengantin putra diserahkan kepada keluarga putri dalam acara nyantri. Kembar Mayang terbuat dari anyaman janur. Juga ada kepercayaan bahwa pengantin putri dikunjungi bidadari supaya dia kelihatan cantik selama upacara pernikahan. Suatu hari Nawang Wulan menemukan busana sehingga diabisa pulang ke surgatetapi dia berjanji untuk kembali dan mengunjungi putrinya.I.Malam Midodareni Malam ini merupakan malam terakhir pengantin putri sebagai remaja atau gadis. pada malam sebelum upacaranya. 26 . Waktu ini untuk perkenalan dengan keluarga pengantin putra dan untuk memerima nasihat tentang hidup sesudah menikah dari Ibu-Ibu.

Upacara ini dilakaukan pada malam midodareni sebelum ramai karena upacara ini untuk keluarga saja. Duluhadiahnya merupakan tongkat yang terbuat dari tebu wulung dan panggang ayam. 4. Keris-kerisan Dalam pasangan kembar mayang ada 80 keris-kerisan. 5. IP1 BD 27 . Janur fW) Sebagian katajanur. supaya pengantin kelihatan cantik. Payung-payungan Dua buahpayung-payungan melambangkan perlindungan untuk sepasang pengantin o karenapayung melindungi dari hujan atau matahari.jlp^l m Kembar mayang melambangkan harapan untuk masa depan yang sehat. Akhirnya delapan rangkaianbunga melati diikatkan pada kembar mayang. sejahtera dan nyaman. yaitu supaya tidak ada halangan. upacara langkahan bermaksud untuk menghindari kemungkin terjadi akibat yang buruk untuk kakak yang belum menikah. Tetapi bagian-bagian kembar mayang juga mempunyai arti sendiri. Walang-walangan Delapan buah bentuk walang-walangan merupakan simbol sama dengan pemakaian daun alang-alang. Bentuk keris melambangkan sifatsifat keris. Burung-burungan Delapan buah burung-burungan adalah lambang keindahan. Bagian-bagian kembar mayang dibuat dengan hati-hati dan disatukan rapatsecararapi. bercahaya dan mempesona. •W\ 3. Inijuga berkaitan dengan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. yaitu kekuatan untuk melindungi pengantin. Bagian-bagian kembar mayang dan simbolisme menurut gaya Solo: 1. nurberarti cahaya. supaya kedua pengantin hidup !Pl bahagia seperti burung. 2. Kini hadiah tertentu bisa diminta oleh kakak menurut kemampuan. Upacara Langkahan Upacara langkahan diselenggarakan cuma kalau kakak pengantin belum menikah. Adik yang mendahului kakakuntuk menikah dianggap kejadian yang kurang baik. Adik memberi hadiah kepada kakaknya sambil mohon diperbolehkan untuk menikah lebih dahulu olehkakaknya.

Yang berikut adalah acaraakad nikah Islam yang diselenggarakan di rumah pengantin putri. /W 28 . Sesudah keduabelahpihak sudahsetuju untukdinikahkan keduapengantin dan keduasaksimenandatangam surat nikah.j^^ BAB IV . Pengantin putrimemakai kain dengan kebaya putihyanghalus sekali danjuga memakai bungamelati di rambutnya.UPACARA PERNIKAHAN Wl Akad Nikah Akad Nikah adalahupacara pernikahan secaraagamadan secara resmi. Upacara ini bisadilakukan di gereja untuk orangKristen. Kedua saksi ini dihadirkanuntuk menentukanbahwa kedua pengantin menikahatas keinginan sendiri. Menurut pemerintah cuma akadnikah yang perlu dilaksanakan untuk menikah secara hukum. Pengantin putraharus menyetujui untuk memenuhi semua syarat-syarat ini danbersumpah untuk menjaga dan melindungi isterinya. Putra memakai jas dan kopiah dan dudukdi seberang meja dari calon isteri yang duduk di tengah Ibu dan Bapaknya. Pertama BapakPenghulu dariKantor Urusan Agama (KUA) membaca syarat-syarat untuk pernikahan. di mesjid untukorangIslam atau di rumah. bukan karena paksaan. Bapak pengantin putri menyerahkan putrinya kepada pengantin putra.

Minta Do'a Restu Tr•^:s-^:^'^^'-~^r.^yg Akad Nikah !" Akad Nikah 29 .

Kembar Mayang ini dilempar di atas tarub untuk melambangkan hidup pasangan nanti selalu naik ke atas. Pasangan pengantin memakai busana tradisional. Di daerah-daerah di Jawa ada perbedaan kecil. dan dibersihkan oleh pengantin putri yang duduk di depan putra. beberapa yang dijelasakan di bawah. Wiji Dadi 30 . bahwa diamasih gadis. pengantin putra membawa pisang raja sebagai tanda dia sudah siap dan masuk gerbang atau pintu depan diikuti dua pendamping (saudara atau teman akrab orang tuanya) yang membawa payung.Upacara Panggih Pada siang hari sesudah akad nikah upacara pernikahan adat dilaksanakan. Acara ini menunjukkan kesucian putri. Ini melambangkan pikiran kedua pengantin menjadi satu supaya bisa mengatasi semua masalah. Pengantin putra meletakkan telur ayam kampung kepada dahinya sendiri dan dahi pengantin putri dan lalu melempar telur ini supaya pecah. belum kawin. bunga mawar dan bunga kenanga. Lalu kedua pengantin menukar kembar mayang sebagai tanda pengantin masih suci. bahwa dia akan menjadi ayah. Tetapi dahulu acara ini berasal dari kepercayaan bahwa daun sirih bisa membuat makhluk yang menyamar sebagai pengantin kembali ke bentuk aslinya. tetapi kebanyakan acara sama. Ini melambangkan bahwa putri menghormati suaminya dan bahwa dia tetap setia dan tetap sedia melayani suaminya. Upacara panggih dimulai dengan sawat-sawa/an atau balangan gantal sirih. Kemudian dilaksanakan acara wiji dadi. dan dianggap waktu yang menyenangkan. Pertama ada 'temu pengantin'. dan sebagai simbol mengembangkan keturunan. Kakinya dibasuh dengan air bunga setaman. Kini artinya bertemunya perasaan (melempar hati). berisi bunga melati. Untuk acara ini orang tua pria tidak boleh ikut. Pengantin putra-putri saling melempar daun sirih.

kepada isterinya untuk disimpan. Maksudnya suami akan memberi hasil kerja. ada upacara lain. dan terus menyuap bersama. putri di kaki kiri. kalau pengantin putri adalahanak pertama atau anak terakhir. tidak ada yang kurang. tempe kering. Pertama pengantin putra memberi makanan kepada isterinya danlalu pengantin putri memberi makanan kepada suaminya. dan Ibu pengantin putri menutup bahu keduanya dengan kain selendang yang berwama merah dan putih. Ini adalah simbol kepentingan sama. tidak ada perbedaan. Kedua pengantin duduk di pangkuan Bapak mempelai putri. diantara anak sendiri dan anak menantu. kacang. abon dan lain lain. Pengantin pria memberikan beras. Ibu pengantin putri bertanya kepada Ayah bagaimana rasanya dan dia menjawab segar dan lezat. bergedel. lambang Bapak menunjukkan kepada pasangan mempelai jalan hidup yang baik supaya bahagia. bermacam-macam makanan misalnya telurdadar. penting karena banyak dipakai dalam makanan Indonesia. bahwa hasil rejeki akan dipakai bersama. Ibu putri bertanya kepada Bapak siapa yang lebih berat dan diabertanya bahwa mereka sama saja. berpegangan tangan dengan jari kelingking. danputradi kaki kanan. Kemudian ada acara kacar-kucur. atau kekayaan. dan Ibu memberi semangat. Di Solo acara ini dijelaskan sebagai simbol bahwa nanti pasangan suami isteriakan saling menolong. biasanya nasi kuning dan lauk pauk. Acara ini melambangkan bahwa mereka saling memberi dan menerima. Kalau dia anak pertama minuman terbuat dari kelapa hijau yang diminum oleh Ayah dan Ibu pengantin putri dan diikuti pasangan pengantin. Kacar-Kucur Akhirnya pasangan pengantin makan bersama dalam acara dahar klima. Ditambah dengan acara biasa. Warna merah melambangkan gulamerah dan putih melambangkan kelapa.Lalu kedua mempelai bersalaman. Ayah jawaban begini supaya rumah tangga 1 31 . keduanya saling bertanggungjawab dalam rumah tangga. dan uang receh yang dibungkus dalam kain berwarna merah dan putih kepada wanita selanjutnya diberikan kepadaorangtuanya. Pengantin diantar oleh Bapak ke kursi pelaminan.

kecuali kalau keluargainginupacara pernikahan lengkap. tentang cita-cita yangdiperlukan seperti JPI harus setia. Berlangsung dengan upacara biasa. Kalau menurut acarapernikahan Malang. 32 . 3. Kini acara iniseringtidak dilakukan. Kalau kedudukan isteri dalam masyarakat lebih tinggi daripada suaminya sungkemmenunjukkan 'R) bahwa dalam keluarga dia berbakti dan menghargai suaminya. 2. dan memenuhi semua syarat upacara menurut adat Jawa. Lalu upacara panggih diselenggarakan. dalamBahasa Sunda. dan tidak harus. Uang receh Simbol kekayaan atau kecukupan. semua harus dijalani bersama.p?l BSJ (P selalu segar. JawaTimur. melambangkan orangtua memberi kekuatan kepada anaknya. sukadan duka. P) Kemudian ada upacarasaweran. Pengantin putrabicara memakai sandi. Payung W\ w _ Simbol perhatian. Upacara panggih menurut gayaSolodimulai dengan upacara sungkem. pembacaan yang dilagukan. 5. Kunyit Simbol kejujuran dan kemuliaan. Pengantin laki-laki dan perempuan membawa rontek. Lalukeduanya minum air putih yang diberi orangtuanya. tongkat yang dihiasi dengan kertas berwama-warni dalam bentukbunga. Kemudian pasangan berpegangan jari kelingking dan berputar membuat angka delapan melambangkan masa berdua. Beras putih Simbol kebahagian hidup. sebelum upacara panggih dimulai pengantin putramembawa ayam untuk diberi kepada tunangan. selalu siap untuk susah dan senang. Laluayam diberikan kepada wakil putridan kedua pengantin baru bisa bertemu. diaberkata W\ kepada wakil putri bahwa diamencari jodohuntukayamnya. dan masukdari arah berbeda untuk bertemu. Bahan-bahan yang disiapkan: 1. Kalau pengantin putri merupakan anak terakhir upacara pernikahan ini adalah yang terakhir jadi ada uang yang dibagikankepada saudara-saudara pengantinputri. 4. Sesudah acaramenginjak telur. sebagai lambang kebaktian isteri terhadap suami. yaitu petua nyinden. f$) Upacara inidiselesaikan dengan pasangan pengantin minta do'a restu dari orang tua. bunga ditukar sebagai tandakedua pengantin saling kasih sayang. Pengantin putrijuga bisamelakukan sungkem kepada suaminya. Pesan-pesan iniuntuk pengantin mengenai rumah tangga. kebahagian dan kesusahan. Kedua mempelai mengucapkan terima kasih untukbimbimgan sejak lahir sampai menikah dan menunjukkan baktinya kepada orangtua dankeluarga yang lebih tua supaya dapat berkat Tuhan dalam halrumah tanggayang baru. Bunga-bunga Simbol keharuman nama baik rumah tangga.

Kemudian mempelai pria menginjak telursampai pecah dan kakinya dibersihkan olehmempelai wanita. Pengantin putri menjawab dengan pertanyaan danditeruskan dengan tanya jawab syair tertentu dan akhirpengantin putri _ meminta kepada pengantin putra untuk mengucapkan do'a. Pengantin putri masuk rumah tetapi pengantin putramenunggu diluar untuk upacara berikutnya. (PI Telur ayam Melambangkan keinginan untuk menjadi orang yang bertanggungjawab dan keinginan isteri untuk mengikutibimbingan suami. Sirih dijadikan serutu Simbol kejujuran diantara pasangan suami-isteri. karena bisa mengakibatkan hidup yang tidak harmonis. Sambil membaca petua melemparkan campuran bahan-bahan ini sebagai peringatan kepada pengantin putri dan putra bahwa kalau hidupnya mulia dan bahagia seharusnya senang membantu orang lain. harus berilmu. Pengantin priamemegang pelita yang dinyalakan danpengantin wanita membakar tujuh tangkai sagar dengan apinya. tidak mudah patah. Permen Simbol watak manis dan ramah tamah. Tujuh tangkai sagar (lidi enau) Sifatnya keras. 33 . Lalukeduapengantin melangkahi papan tersebut bersama. Kunyit dicampur dengan air danlalu dicampur dengan berasputih. Api dimatikan.6. 3. Wanita atau laki-laki yang belum menikah tidakboleh melangkahi papan karena kepercayaan kalau terjadi mereka tidakakan dapatjodoh. Sebagai peringatan jangan sampai kosong.- 6. Pengantin putra berdiri di tanggadan pengantin putri berdiri di anak tangga satutingkat lebih tinggi. . asuh dan asih. Akhirnya pengantin putra boleh masuk rumah. dijadikan nasi kuning. Papan P m Untuk menginjak telur. P» Pengantin putra mengetuk pintutiga kali untuk memulai upacara buka pintu. potongan bambu yang kosong I 5. Berikutnya adalah upacara nincak endog. yaitu injak telur. peringatan kepada kedua pengantin agarjangan cepat P) marah. 7. yang BB melambangkan nasihat untuk keselamatan kedua pengantin. Pelita dengan tujuh sumbu pi Untukmenerangkan cara mengurus rumah tanggasupaya keduanya asah. selanjutnya sagar dipatahkan dandibuang. 2. Do'a ini merupakan janji keduanya akan tetap setia. 4. Elekan. untuk membuat suasanayangbaik. 8. Bahan-bahan upacara ini. Kendhi berisi air bening Sebagai alat pembersih dan pendingin. terdiri-dari: 1. Tetapi yangsudah menikah harus melangkahi papanuntuk melambangkan isteri harus mengikuti bimbingan suaminya.

Pengantin putra melingkarkan tangan kanannya ketengkuk pengantin putri dan sebaliknya. pfi p?) pi jffi w\ . Kemudian adalah rebutan ayam.3*1 Dalam upacara huap lingkung kedua mempelai makan bersama. Kedua mempelai memegang kaki ayamdan menarik sampai terbagi dua. Mereka saling memberi makanan tiga kali dan lalu memberi minuman. Upacara inijuga bermakna keduamempelai harus bekerja sama untuk mencari rezeki. Siapa yang dapat bagian yang paling besar akan dapat rezeki yang paling besar.

Akhirnya upacara pernikahan seiesai dan pasangan suami-isteri pulang untuk mulai kehidupan bersama. Tamu yang diundang memberi hadiah. Pertama cucuking lampah. upacara-upacara dan bahan-bahan semua bermakna khusus untuk keselamatan dan kesejahteraan pasangan pengantin dan keluarganya. biasanya adik atau saudara pengantin. menandatangam buku tamu dan memberi salam dan selamat kepada pasangan suami-isteri baru. orang tua kedua pengantin dan keluarga lain. dua anak perempuan berpakaian kembar. 35 . Kalau ada hiburan biasanya merupakan tarian tradisional untuk sambutan saja. Makanan disajikan dan tamu diterima selama kurang lebih duajam. Pasangan pengantin diikuti kelompok putri domas. Dan makna ini persis yang membuat upacara pernikahan penting. keluarga yang belum menikah. Resepsi PENUTUP Upacara pernikahan adat di pulau Jawa begitu rumit.RESEPSI Pada sore atau malam sesudah upacara pernikahan resepsi diselenggarakan untuk merayakan pernikahan. atau musik gamelan yang mengiringi selama resepsi. tergantung pada jumlah hadirin. Pasangan suami-isteri yang baru menikah memasuki ruangan yang disediakan untuk resepsi dengan upacara kirab. persiapan. masuk dan lalu pasangan pengantin didahului patah sakembar. seseorang sebagai penunjuk jalan. kalau tidak ada makna tidak ada maksud. dua orang perjaka.

Semeru 1/1070. Malang.DAFTAR WAWANCARA PJ Ny. Malang. Bpk. Yogyakarta. Kestrian Terusan 87. Jl.H. Singgalang 7. Dra. Malang. Yogyakarta. Bagus Prio Kusumatama IjS) Anton Prabu Semendawai Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua orang yangdiwawancarai dan yang membantu sehingga tugasini bisadiselesaikan dengan bagus. Kemasan 3. Gerryvan Klinken. Jl. Sri Hanjati. Asman Semendawai Ny. Yogyakarta. Wiek Sambadha. Kotagede. dan Mbak Lestari. B. khususnya Drs Achmad Habib MA. Ireda 18A. Semeru 49. Ny. Jl. Toko Penny. Novi Alissa Semendawai S. Sunarti Hartianto. Drs Saiman MSI. Bpk. Jl. Ny. JI. Salon Larasati. Jl. Wisma Rias KartikaAsri. Jl. Malang. Salon Sari. SSi Linda Beauty Salon. PS) l^t 36 . KaliurangKm 5. Gester Istana Gaun Pengantin & Salon. Sustiyah Basuki. Ny. Ibu Helene van Klinken. dan dosendosenFISIP Universitas Muhammadiyah Malang. Sanggar Niassari.

Upacara PerkawinanAdat Sunda. et al. Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah.Dirk dan Irien Damayanti. 1985. H. Tata Rias Pengantin "Malang Keprabon" Propinsi Jawa Timur Indonesia. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo. Departmen Pendidikan dan Kebudayaan. Bratawidjadja.be/dvran. 1997. 1978/1979.DAFTAR PUSTAKA Bratawidjadja. 1977. Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya. Departmen Pendidikan dan Kebudayaan.skynet. 1978/1979. Proyek Penelitian dan SB Pencatatan Kebudayaan Daerah. Thomas Wiyasa. Adatdan UpacaraPerkawinanJawa Tengah. Naniek. Seni TataRias Pengantin. Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah. 1980. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo. Yogyakarta: Andi Offset.. Adat dan UpacaraPerkawinanJawa Barat. et al. Diktat TataRias Pengantin "SalaPutri" Surakarta. Thomas Wiyasa. Marmien. http://users. Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya.''inhound. Jakarta: Yayasan Institut Andragogi Indonesia (Insani). ^1 Saryoto. Departmen Pendidikan dan Kebudayaan. IS Roeswoto. Sardjono.I.Gaya Yogyakarta dan Segala Upacaranya. Adat dan Upacara Perkawinan Daerah Istimewa Yogyakarta. 1992. Jakarta:.I. 151 . Pelajaran Tata Rias Pengantin Solo Putri.htm.. Dra. Tim "Harpi Melati" Malang. H. 1977/1978. A Javanese Wedding. Dibaca 13Maret 2001. 2001. Dengan Tata Busana & Upacara Adat. Vrancken. Pelajaran TataRias PengantinSolo Putri. Javanese Culture. Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya. UpacaraPerkawinan AdatJawa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful