P. 1
DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT

DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT

|Views: 103|Likes:
Published by Siti Cholisoh
Makalah Ilmu Sosial Dasar
Makalah Ilmu Sosial Dasar

More info:

Published by: Siti Cholisoh on Nov 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Keunggulan dan kecanggihan teknologi informasi saat ini secara langsung mampu menggeser bahkan merubah sistem pola hidup manusia. Dalam perkembangannya teknologi informasi mampu memicu gejala-gejala sosial yang dapat dikatakan baru. Gejala tersebut antara lain, jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama, munculnya sistem pembelian dengan cara on-line, dan gejala yang sering terjadi adalah perubahan dalam bidang hukum, perundangan dan nilai-nilai budaya. Era Informasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi berkembang dengan cepat serta arus informasi berjalan dan menyebar dengan kecepatan tinggi seolah-olah tanpa batas. Setiap informasi penting dari negara manapun akan dapat tersebar dan diketahui oleh penduduk di seluruh dunia yang sudah dapat mengakses informasi. Segala macam informasi akan berlalu lalang dihadapan manusia. Menghadapi hal semacam ini setiap orang harus dapat menentukan sikap dan mengambil keputusan agar dapat memilih informasi yang tepat bagi dirinya. Pada dasarnya informasi yang ada baik atau buruk, benar atau salah pada hakekatnya bersifat netral. Artinya akibat dan efek informasi bagi seseorang atau masyarakat tergantung pada kepandaian dan kepiawaian seseorang atau masyarakat untuk menggunakan informasi tersebut. Pada saat ini sumber informasi sangat banyak, beragam dan tersebar dimana-mana. Sangat sulit untuk membatasi atau membentengi suatu informasi untuk tidak samapai kepada suatu masyarakat tertentu. Langkah yang terbaik bukannya menghalangi kehadiran informasi karena hal itu tidak mungkin, yang tepat adalah menyiapkan masyarakat untuk bisa menangani, menerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi yang tersedia. Persiapan kondisi psikologis bagi masyarakat untuk menerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi bagi diri mereka sendiri akan lebih efektif dan mendewasakan masyarakat untuk bisa mengelola informasi dengan baik. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat seolah-olah dunia ini ibarat ruang tanpa batas. Masyarakat dari berbagai negara di dunia dapat melakukan komunikasi dan berbagi informasi tanpa melihat ruang dan waktu. 2. Tujuan Adapun tujuan saya mengangkat tema “Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat” :
a. Memberikan informasi atau penjelasan dampak dari kemajuan teknologi dan informasi

itu sendiri. b. Mengelolahkan pembaca agar dapat memilih atau mengambil keputusan dalam memilih informasi yang terbaik untuk dirinya sendiri.
c. Melatih pembaca agar dapat menyeimbangkan antara IPTEK dan akhlak (norma – norma

dalam lingkungan sosial). 3. Sasaran Seluruh lapisan masyarakat dan pihak pemerintahan agar dapat menangani, menerima, menilai, dan memutuskan dari dampak perkembangan teknologi informs saat ini.

1

BAB II PERMASALAHAN
Analisis permasalahan dampak teknologi informasi terhadap perilaku sosial masyarakat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan dilihat dari aspek :
1. Kekuatan (Strength) a. Pengaruh dari luar negeri serta globlisasi. b. Penigkatan mutu pendidikan. c. Kemudahan serta biaya yang terjangkau. d. Persaingan yang tinggi dalam dunia bisnis (khususnya). 2. Kelemahan (Weakness) a. Minimnya perhatian pemerintah terhadap pengaksesan atau penggunaan teknologi

kondisi lingkungan internal maupun eksternal

informasi (internet).
b. Kemajuan teknologi tidak beriringan dengan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi

informasi.
c. Sikap ketergantungan terhadap dunia teknologi informasi. d. Meresahkan para orang tua terhadap pribadi anaknya. 3. Peluang (Opportunity) a.

Berkembangnya dunia pendidikan, bisnis, hiburan dll.
b. Pembunuhan karakter serta timbulnya kriminalitas siber.

c.

Tingkat kebutuhan akan dunia informasi yang semakin tinggi.
d. Tingginya jumlah inovator dalam peningkatan kualitas serta kemajuan teknologi informasi .

4. Tantangan/Hambatan (Threats) a.

Tingkat kewaspadaan masyarakat yang tinggi dalam penggunaan teknologi informasi. Minimnya pemahaman masyarakat dibidang teknologi informasi.
c. Persaingan yang ketat. d. Munculnya para hacker.

b.

2

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
a.

Kemajuan teknologi informasi merupakan akibat dari pengaruh budaya dari luar negeri Akan tetapi atas kemajuan teknologi informasi memberikan 2 sisi yitu sisi negative dan

serta globalisasi.
b.

sisi positif. Secara positif semuanya mendukung kehidupan manusia, membuat jarak komunikasi yang jauh menjadi dekat. Memberikan dukungan moril konsultatif kepada pelakunya meski secara nyata jarak tersebut tidak berubah. Semakin banyak layanan yang berbasis internet sehingga masyarakat secara lansung harus dapat mempelajari cara mengakses internet atau media informasi lainnya dan mau tidak mau kita juga berkenalan dengan bahsa inggris sebagai bahasa Internasional. Selain itu teknologi memberi kemudahan dalam dunia pendidikan dan hiburan. Serta dapat membuat kita bebas berexpresi, menyalurkan bakat sampai berbisnis dan menghasilkan uang. Bila kita lihat keunggulan atau dampak positif dari kemajuan teknologi informasi sangat besar manfaatnya. Tetapi, tidak dapat dielakkan juga bahwa dampak negatif yang dihasilkan oleh teknologi informasi ini juga muncul.Seperti ketergantungan pada teknologi semakin merajai kehidupan masyarakat kita, rasanya kiamat jika jauh atau tak memiliki alat canggih yang mampu membuat masyarakat kita benar-benar mendewakannya, akibat derasnya informasi yang masuk mengakibatkan masyarakat kita khususnya para remaja semakin sedikit rentang perhatiannya terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, kurang fokus, mengalami kecendrungan perubahan emosi jiwa. Belum lagi adanya kasus pelecehan sex, narkoba, hamil diluar nikah, kemerosotan prestasi anak, KDRT,perselingkuhan, bahkan perceraian pada rumah tangga.
c.

Dari beberapa segi positif dan negatif yang ada, bukan berarti kita harus menunda

perubahan dikarenakan dampak negatif yang mungkin dan pasti terjadi. Tidak ada waktu untuk menunda perubahan itu apalagi menolaknya. Lagi pula perubahan itu tidak hanya dalam satu atau dua fase kehidupan melainkan menyeluruh (bersifat global). Menghadapi perubahan masa depan, perlu antisipasi secara ketat. Antisipasi yang dimaksudkan agar masyarakat masa depan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Sehingga dapat menghindari dampak negatif dari perubahan, bahkan menciptakan perubahan secara konstruktif bagi diri dan lingkungannya. Karena Seperti pertebal iman, pupuk terus rasa empati, dan tingginya pengetahuan mengenai media informasi agar segala sesuatu yang didapat dapat ditelaah terlebih dahulu sebelum diterima bagi diri kita sendiri.
d.

Peran pemerintah serta masyarakat dalam perkembangan dalam media informasi. Peran

pemerintah dapat dinilai dari upaya-upaya yang telah ditetapkan, baik regulasi pemerintah dari segi peraturan atau perangkat hukum, maupun regulasi dari segi penyediaan sarana dan prasarana ICT. Pemerintah harus jeli menangkap peluang dan bersinergi dengan masyarakat berpengetahuan. Dan untuk masyarakat upaya yang dapat dilakukan dengan mengontrol dalam penggunaan media informasi serta memfilter segala sesuatu yang didapat dari media informasi tersebut. 2. Rekomendasi
3

a. Kemajuan teknologi informasi di Indonesia dipengaruh oleh luar negeri serta globlisasi. Karena seiring perkembangan dunia para inovator selalu berinovasi untuk menciptakan sesuatu yang baru dibidang informasi. Dan perkembangan yang amat pesat terjadi diluar negeri sebab untuk teknologi informasi diluar negeri mereka jauh lebih maju dan canggih dibandingkan negara kita.
b. Adanya perhatian pemerintah terhadap pengaksesan atau penggunaan teknologi informasi

(internet). Seperti peraturan atau perangkat hukum mengenai media teknologi informasi agar segala sesuatunya terkontrol. Dan peran orang tua tidak terlalu was – was dalam mengontrol anak – anaknya dalam penggunaan media informasi.
c. Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan trend kriminalitas baru di dunia maya (kriminalitas siber), seperti pembobolan kartu kredit, penipuan-penipuan dengan menggunakan sarana internet, dan pembajakan-pembajakan software menjadi PR bagi penegak hukum untuk mengatasinya. Selain itu perilaku manusia berubah menjadi sosok yang terhimpit karena manusia cenderung menjadi manusia yang terpengaruh oleh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadi semakin terkikis. Serta kebebasan kita terhimpit sebab kita harus menyesuaikan diri dengan alat-alat dan sistem. Waktu mengatur pekerjaan kita meskipun bertentangan dengan kronobiologi atau irama biologi kita. Hasil pekerjaan yang utuh tidak bisa dinikmati, karena pekerjaan yang sudah terfragmentasi dan monoton. Informasi yang dapat diolah semakin banyak, tetapi saluran untuk mengungkapkan informasi tersebut semakin sedikit. Belum lagi teknologi dapat menggeser manusia, sebagai contoh adanya robot yang dapat melakukan peketjaan yang dilakukan oleh manusia. Bila semua tidak segera diatasi dan dicari solusinya makin kedepan manusia mengalami atrofi atau dapat pula otaknya digantikan sehingga terjadi atrofi mental. Bahkan mungkin seluruh fungsi manusia diganti oleh robot, sehingga tergeser dari pekerjaannya. Tanpa inisiatif yang tinggi menyambut datangnya era informasi ini, kita hanya akan menjadi penonton, atau bahkan jadi korban (sitting duck). Namun jika kita mampu berada dan ikut menjadi pelaku di dalamnya, kita akan dapat menikmati dan merasakan sisi positif dari era informasi ini. Tentu saja hal ini tidak mudah, walaupun bukannya tidak mungkin. Untuk menghindari hal itu masyarakat harus dapat melihat dan membedakan isu-isu mana yang bermanfaat dan tidak bermanfaat untuk diadopsi demi untuk kemajuan dan kemaslahatan umat manusia secara keseluruhan. d. Peningkatan pemahaman masyarakat dibidang teknologi informasi sangatlah perlu. Hal itu dapat di

tempuh dengan jalur sosialisasi yang bertahap dan berkelanjutan mengenai teknologi media informasi agar pengguna (user) dapat memfilter informasi yang mereka. Tindakan – tindakan terebut dapat mengurangi dampak negative dari perkembangan media informasi itu sendiri.

4

Referensi

http://www.google.co.id/url? sa=t&rct=j&q=dampak+teknologi+informasi+dan+komunikasi+terhadap+ +perilaku+sosial+masyarakat&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CB8QFjAA&url=http%3A %2F%2Fbayusembilan.blog.fisip.uns.ac.id%2Ffiles%2F2011%2F12%2FPENGARUHPERKEMBANGAN-TEKNOLOGI-INFORMASI-TERHADAPMASYARAKAT1.doc&ei=eCecUOHgGcS8rAetgoG4AQ&usg=AFQjCNGYdyapbtnTBSYluK -HppbxZ7-L8w http://www.antaranews.com/berita/326138/psikolog-bergabung-teliti-dampak-tik-pada-prilaku http://dirhan-neil.blog.ugm.ac.id/2012/03/14/kemajuan-serta-pengaruh-teknologi-informasipada-masyarakat/ http://blog.unila.ac.id/faridh/category/pengaruh-it-terhadap-perilaku-konsumen/ http://ideguenews.blogspot.com/2012/08/pakar-ti-dan-psikolog-awasi-perubahan.html http://id.wikipedia.org/wiki/9_Teori_Dampak_Media https://docs.google.com/document/d/17dvqv5nkejdHxhlbqKfHZ69pJ6FpqClwNoFADSzkOc0/e dit?hl=en_US&pli=1 http://wijayalabs.com/2012/01/17/kekuatan-ict-dalam-dunia-pendidikan/ http://blog.binadarma.ac.id/kurniawan/2012/10/10/dampak-teknologi-dalam-kehidupanmasyarakat.html

• •

• • • • • •

5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->