P. 1
Negara Maju Dan Negara Berkembang (Prancis)

Negara Maju Dan Negara Berkembang (Prancis)

|Views: 230|Likes:
Published by nadyatulhanifah

More info:

Published by: nadyatulhanifah on Nov 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2015

pdf

text

original

NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG (PRANCIS

)
KELOMPOK 4 :
*AFRIA SANDO WAHYU AJI (01) *HAMDAN ANSORI *KINGKIN KINTAN KUMALA (12) *MAYANG HEMA MALINA *NADYATUL HANIFAH (09) (13) (15)

Negara ini juga merupkan negara tertua ketiga di dunia setelah negara Ethiopia dan San Marino. Prancis merupakan negara maju kedua (sesudah Amerika Serikat) yang mengekspor bahan makanan hasil pertanian. . menjadikan keadaan alamnya bervariasi dan semangat kebangsaannya tinggi. Wilayah Perancis yang luas.965km2. KEADAAN UMUM Negara Prancis merupakan negara terluas di Benua Eropa. Luas negara Prancis ialah kurang lebih 543.A. Hasil ekspor ini cukup penting artinya dalam menambah devisa negara Prancis.

Dataran ini bersifat sangat subur.utara : Selat Inggris dan Belgia .B. .selatan : Laut Mediterania dan Spanyol . sbb: a] Di bagian barat dan tengah: terdapat dataran rendah luas yang membentang sepanjang pantainya. dan Italia 2) Bentang alam Berdasarkan reliefnya. KEADAAN ALAM 1) Letak dan batas negara a] Letak astronomis : 42o LU – 51o LU dan 5o BT – 9o BB b] Batas wilayah : .barat : Jerman. wilayah negara Prancis terbagi menjadi 2. Swiss.timur : Samuder Atlantik .

Negara Prancis memiliki curah hujan rata-rata berkisar 500 . 3) Iklim Sebagian besar wilayah negara Prancis beriklim laut sedang (sesuai untuk kegiatan pertanian).1. Yura. dan Sungai Cher. .200 mm/th dan suhu rata-rata sekitar15oC (suhu terendah 9oC di Kota Lille dan suhu tertinggi 19. c] Di bagian tengah: terdapat dataran tinggi tengah (massif central) yang menjadi hulu dari Sungai Garonne.5oC di Kota Strasbourg). Sungai Loire.b] Di bagian selatan dan timur: terdapat pegunungan Vosges. dan Alpen dengan puncaknya ialah gunung Blance (4807 mdpl).

C. Protestan dan Yahudi.3% setiap tahunnya dan kepadatan penduduk 111 jiwa/km2 . . KEADAAN PENDUDUK Jumlah pendududk negara Prancis adalah 40. selain itu di Prancis terdapat kelompok etnis yang berasal dari kaum imgran seperti dari Poetugis Maroko. Italia. Penduduk asli negara ini adalah orang Prancis.4%) dan selebihnya ada yang menganut agama Islam. Bahasa persatuan penduduk negara Prancis adalah bahasa Prancis ser ta sebagian besar penduduk Prancis menganut agama Katolik Roma (kurng lbh 76.424.210 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0. dan Tunisia.

barley. apel. dan babi dengan hasil ternak berupa susu (penghasil terbesar ke-3 dunia). banyak ditanami anggur(penghasilan terbesar ke-2 dunia). Hasil-hasil pertanian Prancis lainnya. biri-biri. Daerah peternakna terdapat di panta barat laut(sapi perah) Normandia dan Requefort (keju). hyaitu kentang. daging. Di bagian selatan Prancis. dan mentega. dan sayur-sayuran – Peternakan Jenis ternak yang dipelihara adalah lembu. PEREKONOMIAN Perekonomian negara Prancis didukung oleh beberapa sektor berikut: – Pertanian Tanaman pertanian banyak ditanam di bagian utara dan timur laut negara Prancis. karena ytanah di daerah tersebut sangat subur dan cocok untuk ditanami bit (tebu) dan gandum. serta Prancis bagian tengah (daging) .D. keju.

dan kerang-kerangan. dan Lorraine . Nord. cod. Penangapan ikan dipusatkan di Pelabuhan Pantai Armonica sedangan pabrik pengalengan ikan terdapat di Kota Bolougne dan Lorient – Pertambangan Jenis-jenis tambang yang terdapat di Prancis antara lain (a) batu bara: di Artois. Provence. Vendee.– Perikanan Jenis-jenis ikan yang dihasilkan adalah ikan haring. dan Lorraine (b) minyak bumi: di Landes (c) bijih besi dan fosfat: (d) bausit: di Brignoles. Tuna. dan Largen Liere (e) potas: di selatan alsace (f) garam: di Midi.

pakaian. . kapal barang. kapas. persenjataan. minyak bumi. dan alatalat transportasi. barang kimia. lokomotif. bahan mentah industri. tekstil.– Perindutrian Jenis-jenis yang diusahakan dan dikembangkan antara lain: (a) industri pengawetan dan pengalengan ikan: di Bolougne dan Lorraint (b) industri/proyek tenaga listrik pertama dunia dengan arus pasang surut: di muara Sungai Rance di teluk Saint-Malo (Bretagne) (c) industri mobil: di Renault (d) industri besi baja: di Usinor Dunkerque (e) industri pesawat terbang: di Paris dan Toulouse (f) idustri kimia: di Lyon (g) industri elektronika: di Paris – Perdagangan • Komoditas ekspor : mobil. dan anggur • Komoditas ekspor: batu bara.

teknokrat. Di samping itu Prancis juga memiliki sejumlah ilmuan. . Perancag-perancang mode ternam adi dunia juga berasal dari Prancis. pemikir. KEBUDAYAAN Negara Prancis terkenal dengan seni bangunan. Adapun sekolah menengah yang disebut Lycee diberikan selama 4 tahun pada usia 11-15 thn.E. seniman. penulis. dan seni pahat. sehingga menjadikan ibukota Prancis (Paris) terkenal sebagai kota seni dan mode. lukis. Menara ini dibangun sejak tahun 1889 degan tinggi -+ 325 meter. musikus. dan arsitek terkenal di dunia. busana. Prancis memiliki perguruan tinggi. Pendidikan di Prancis langusng dikelola oleh pemerintah dan tidak di pungut biaya(terutama pada anak wajib belajar 6-11 thn untuk jenjang sekolah dasar). salah satunya adalah Universitas Paris yang didirikan sejak tahun 1150 (universitas tertua). Salah satu hasil kebudayaan Prancis yang terkenal di dunia ialah menara Eiffel di Paris (termasuk keajaiban dunia).

Kepala negara merupakn pemegang kekuasaan terbesar.f. panglima militer. Paris merupakan ibu kota yang sekaligus menjdi pusat kegiatan pemerintah. Kepala negara di Prancis memiliki asa jabatam 7 tahun. dan pejabat-pejabat tinggi lainnya. PEMERINTAHAN Bentuk pemerintahan negara Prancis adalah Republik dengan dikepalai oleh presiden (kepala negara) dan perdana menteri (kepala pemerintah). menteri-menteri. Beliaulah yang menunju perdana menteri. Parlemen Prancis terdiri dari majelis nasional (masa bakti 5 tahun) dan senat (masa bakti 9 tahun) .

5.D. memasuki Prancis melalui pelabuhan ini. . barang-barang maupun kebudayaan Afrika. Berikut ini kota-kota penting yang terdapat di negara Prancis: Marseilles: pelabuhan utama negara Prancis yang terletak di Pantai Laut Mediterania. KOTA KOTA PENTING 1. Kota ini juga merupakan pelabuhan paling penting di Sungai Rhein dan menjadi persimpangan jalan bagi perdagangan dan industri. 4. 3. Strasbourg: ibu kota provinsi Alsace. Kota ini juga terkenal denagan makanan yang terbuat dari hati angsa yang dinamakan Pate de foiegras Toulouse: pusat industri pesawat terbang yang terletak di sebelah utara Pyrene Lyon: pusat industri sutra Paris: ibu kota negara Prancis yang terenal sebagai pusat induetri barang mewah dan mode busana sehingga mendapat julukan Laville Lumiere atau atau cahaya 2. Sejak zaman kuno. Asia. dan Timur Tengah.

THANK’s for Your ATTENTION .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->