P. 1
Alat Lab Geomorfologi

Alat Lab Geomorfologi

|Views: 583|Likes:
Published by Al-amriy Massiq Al

More info:

Published by: Al-amriy Massiq Al on Nov 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2014

pdf

text

original

2011

PETUNJUK ALAT UKUR SURVEY LAPANGAN

TIM ASISTEN DAN LABORAN LAB . GEOMORFOLOGI DASAR FAKULTAS GEOGRAFI UNIVERSITAS GADJAH MADA

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 2

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan Laboratorium Geomorfologi Tujuan Mendiskripsikan fungsional, komponen dan metode pengukuran dari alat – alat ukur survey lapangan. Ruang Lingkup Instruksi penggunaan alat survey lapangan Definisi 1. Alat Ukur Jarak, Ketinggian, Lereng 1. Meteran……………………………………………………………………………………… 1 1. Yallon…………………………………………………………………………………………. 2 1. 3 1. . Abney Level…………………………………………………………………………………. Leica

2 3 4 7 1 2 1 9 2 9

4 DISTO………………………………………………………………………………….. 2. Alat Survey 2. Kompas Saku Geologi (BRUNTON)…………………………………………… 1 2. GPS ETREX VISTA HCx…………………………………………………………………. 2 2. Stereoskop.................................................................................................... 3 ................

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 3

Meteran atau Pita Ukur
Definisi
Meteran dipergunakan untuk mengetahui jarak antar satu titik pengamatan, dapat juga dipergunakan dalam pengukuran kedalaman sumur dengan memberikan pemberat di ujung pita, selain itu dapat dipergunakan untuk mengukur ketinggian lereng atau kedalaman perlapisan tanah pada suatu singkapan tanah.

Spesifikasi
Pita panjang sekitar 30 – 100 m bahan yang cukup kuat dan tidak memuai. dipergunakan Satuan pada pita yang ukur A B terbuat mudah adalah yaitu C Inchi. sederhana, lokasi D
Gambar Pita Ukur plastik

dari

standar pada pita ukur biasa centimeter (cm), meter (m) dan Penggunaan dari alat ini cukup yaitu langsung di letakkan di akan di ukur jaraknya dari titik 0 yang dimaksud, kemudian hasil langsung dibaca, Yang perlu pada saat pengukuran baik itu

yang titik

sampai dapat

diperhatikan jarak

ataupun ketinggian lereng atau kedalaman perlapisan tidak boleh ada penghalang dan harus lurus, agar tidak mengalami penyimpangan hasil.

Komponen Alat
a. Grip: Tangkai pegangan tangan yang disediakan untuk mempermudah pengguna. b. Tuas penggulung: disediakan untuk kemudahan pengguna dalam menggulung pita ukur atau meteran agar masuk ke dalam kotak pita. c. Kotak pita: adalah tempat gulungan pita.

B. serta dapat dipergunakan untuk menandai sudut utara magnetis. berselangseling. Penyimpanan alat : Penyimpanan dalam kondisi tegak vertikal dan hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Setiap ruas warna yang berbeda pada tongkat memiliki panjang 20 cm C. Pita meteran : adalah pita yang memiliki skala tertentu untuk pengukuran Penyimpanan alat : Hindarkan dari sinar matahari secara langsung.1 YALLON Definisi Yallon merupakan salah satu alat yang dipergunakan untuk membantu menentukan kedudukan titik sebelum di tembak. Warna yang mencolok pada yallon memudahkan dalam penggunaan pengamatan. Bagian bawah yang runcing berfungsi untuk menancapkan alat ini pada tanah. Mata yallon . Komponen Alat A.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 4 d. cukup ditancapkan pada titik C Gambar Yallon yang akan di amati atau diukur. Bentuk alat ini menyerupai tongkat yang di bagian A bawahnya runcing. Pemakaian alat ini cukup sederhana. Pastikan alat dalam keadaan kering dan dalam kisaran suhu ruangan (< 500 C) 1. Yallon termasuk ke dalam alat ukur yang sederhana. dipergunakan untuk menancapkan yallon ke tanah. Alat ini berfungsi sebagai penanda penempatan titik di lapangan. Pastikan alat dalam keadaan kering dan dalam kisaran suhu ruangan (< 500 C) . Tongkat atau stik yang berwarna merah berseling dengan warnah putih. B Spesifikasi Tubuh yallon berwarna merah dan putih. yang setiap bagian warna memiliki panjang 20 cm.

perbandingan jarak vertikal dengan jarak horizontal dikalikan % = (ΔH/L) * 100 % . di sebelah kirinya dari tabung kecil (E) merupakan lensa obyek (B).Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 5 1. maupun elevasi tempat. tiang. Selain itu. didalam tabung terdapat gelembung udara yang dapat menunjukkan posisi horizontal tabung. Derajat dan menit. Ketika gelembung dalam tabung telah berada di tengah maka kunci ayun (D) dapat dikencangkan dengan memutar knop searah jarum jam. diantaranya adalah: 1. Tabung dikenal juga dengan istilah nivo. sudut yang dibentuk dari bidang horizontal. Terdapat empat skala penentuan kemiringan lereng. ΔH (0) = Arc Tg α * (ΔH/L) 2. pada bagian lengan ayun terdapat nilai skala kemiringan yang dinyatakan dalam persen (%) maupun derajat ( 0). Besar sudut tersebut adalah arc tg α perbandingan jarak vertikal (ΔH) dengan jarak horizontal (L). Pada bagian bawah tabung (C) merupakan lengan ayun yang dapat digerakkan untuk A menyesuaikan posisi gelembung udara. α L 100%. Dapat pula digunakan untuk menghitung ketinggian pohon. Berdasarkan Gambar 1 pengamatan (observer) dilakukan melalui titik A. Gambar 1 menunjukkan pada skala kemiringan 450 atau 100%.2 ABNEY LEVEL Definisi Abney level adalah alat untuk mengukur kemiringan lereng. Komponen Alat Komponen alat abney level ditunjukkan oleh Gambar 1. Persen kemiringan.

Metode Alat bantu Untuk mendapatkan ketinggian pengukuran abney level yang akurat. = ΔH (m) /L (Km) (meter). Meter per kilometer. Nilai kemiringan lereng didapat dari rata – rata kedua pengukuran. adalah perbandingan antara jarak horizontal (meter) dan jarak vertikal = (ΔH/L) 4. Metode Pengukuran Kemiringan Lereng Metode pengukuran lereng dengan menggunakan abney level dapat dilakukan dengan dua cara. P adalah persen kemiringan lereng. 1. 2. pertama dilakukan dengan bantuan alat bantu lain seperti staff atau yallon dan kedua tanpa menggunakan alat. . perbandingan jarak vertikal dengan jarak horizontal dikalikan 1000. Koreksi Pengukuran Panjang Lereng persen jarak Jika nilai kemiringan lereng dalam dapat digunakan untuk koreksi horizontal lereng dengan rumus : C = P2 / 200 Dengan C adalah faktor koreksi. titik pengukuran lereng dengan menggunakan yallon pastikan dengan tembak adalah sama.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 6 3. Metode ketinggian mata Tanpa menggunakan alat bantu selain abney level dalam hal ini tetap membutuhkan dua orang untuk melakukan pengukuran. Pecahan. maka observer dapat menentukan sasaran berupa mata asisten observer. Lakukan pula pengukuran dari sisi sebaliknya. Dengan memastikan ketinggian observer dengan asisten observer adalah sama tinggi.

72 Jika jarak horizontal pada kemiringan lereng 100. Contoh: Jarak horizontal 325 meter dengan kemiringan 100 .72 meter maka setelah dikalikan faktor koreksi jarak horizontal sesungguhnya adalah 100 m.9848 = 320. Pastikan alat dalam keadaan kering dan dalam kisaran suhu ruangan (< 500 C) . maka koreksi jarak horizontal lereng dikalikan dengan nilai cosinus derajat kemiringan lereng.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 7 Contoh: Hasil pengukuran persentase kemiringan lereng 12%.9848.1 Berbagai Metode Pengukuran Ketinggian Penyimpanan alat : Hindarkan dari sinar matahari secara langsung. maka faktor koreksi sebesar C = (12)2 /200 = 0. dengan cos 100 = 0. Jarak horizontal = 325 x 0. Jika nilai kemiringan lereng dalam derajat.

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 8 1. dan volum. Leisa DISTO didisain untuk digunakan pada area permanen dan lingkungan yang sulit dijangkau. area. Alat ini memudahkan pengukuran jarak jauh yang tidak bisa ditempuh menggunakan meteran biasa. Semua menu dapat dispesifikkan sesuai dengan perhitungan yang dimaksud.3 LEICA DISTO Definisi Leica DISTO merupakan sebuah alat ukur dengan sistem laser yang digunakan untuk mengukur jarak. Semua menu yang ada dalam komponen Leisa DISTO dapat digunakan setelah dilakukan penyetingan dan pemasangan baterai. Komponen Alat .

Tombol untuk penyimpanan 11. Tombol plus (+) 4. Tombol untuk menghidupkan / tombol pengukuran 2. Tombol untuk mengukur suatu area atau volume 6. Tombol fungsi 9.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 9 Keterangan : 1. Pengukuran Miring . Pengukuran Jarak Tunggal Pengukuran jarak tunggal dapat dilakukan dengan cara menyalakan tombol ON untuk mengaktifkan laser dan diarahkan pada jarak atau titik tertentu yang akan diukur kemudian tekan tombol DIST untuk mengetahui jarak yang telah diukur dan hasil tersebut akan tertera dalam layar digital. b.Tombol menu 12. Tombol minus (-) 5. Tombol untuk mengukur phytagoras 7. Tombol petunjuk 8. Tombol untuk mengukur jarak horisontal 3. Timer 10.Tombol untuk mematikan/menghapus Metode Pengukuran a.

Tekan tombol (no.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 10 Tekan tombol no. Kemiringan akan ditampilkan sebagai ° atau % tergantung pada pengaturan. Simbol akan muncul pada layar. Tekan tombol ON/DIST untuk mengukur kemiringan dan jarak c. jarak diukur dan tinggi tidak langsung. Tekan lagi tombol untuk menonaktifkan pengukuran horisontal .2) sampai terlihat simbol. hasil pengukuran akan terlihat pada layar digital.2 untuk mengaktifkan sensor kemiringan.2) lebih lama untuk menampilkan informasi tambahan mengenai pengukuran sudut miring. Pengukuran Horisontal Aktifkan tombol untuk pengukuran horizontal (no. Jika sudah aktif arahkan laser sehingga membentuk garis dengan kemiringan ± 45° dengan jarak horisontal yang akan diukur kemudian arahkan laser pada jarak melintang dengan kemiringan ± 10° untuk mendapatkan jarak horisontal yang dimaksud.

# jika laser dalam mode operasi kontinyu.5. simbol • • • (panjang). Tekan tombol no. perangkat akan dimatikan secara otomatis setelah 15 menit. akan muncul di layar.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 11 d. e. Tekan tombol ON/DIST untuk mengambil pengukuran panjang pertama yang muncul secara permanen dan suara dip terdengar. Laser Kontinyu Tekan tombol ON/DIST terus dan tahan tombol tersebut saat menghidupkan perangkat hingga terlihat karakter pengukuran jarak. • Tekan tombol ON/DIST untuk menghentikan pengukuran. Lalu perlahan-lahan menggerakan laser bolak-balik dari atas ke bawah titik target yang diinginkan (misalnya sudut kamar). Pengukuran Area Tekan tombol no. Nilai untuk jarak maksimum dan minimum akan ditampilkan pada layar serta nilai ukur terakhir dalam baris ringkasan. Fungsi ini biasanya digunakan untuk mengukur diagonal suatu ruang (nilai maksimum) atau jarak horisontal (nilai minimum). Tekan sekali lagi ON/DIST untuk mengambil pengukuran panjang kedua (lebar).5 lebih lama untuk menghitung keliling. Pengukuran Maksimum / Minimum Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mengukur jarak maksimum atau minimum dari titik pengukuran yang tetap. Tekan tombol CLEAR/OFF terus untuk mengaktifkan perangkat dan oprasi kontinyu dari laser. • Tekan dan tahan tombol ON/DIST sampai terdengar bunyi bip. f. Tekan tombol ON/DIST lebih lanjut untuk melakukan . Hasilnya akan ditampilkan dalam baris ringkasan.

5.8. lingkar. simbol • • • • (panjang).Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 12 g. Pengukuran Volume Tekan tombol no. Tekan tombol ON/DIST untuk mengambil pengukuran panjang kedua (lebar). simbol segitiga akan muncul di layar • • • Tekan tombol ON/DIST dan ukur sisi segitiga pertama Tekan tombol ON/DIST dan ukur sisi segitiga kedua Tekan tombol ON/DIST dan ukur sisi segitiga ketiga . Tekan tombol ON/DIST untuk mengambil pengukuran panjang ketiga (tinggi) Volume kemudian muncul dalam baris ringkasan # tekan tombol lebih lama untuk menampilkan informasi kamar tambahan seperti plafon lantai. h. Pengukuran Segitiga Luas segitiga dapat dihitung dengan pengukuran dari tiga sisi akan muncul di layar. Tekan tombol ON/DIST untuk mengambil pengukuran panjang pertama Tekan dua kali tombol no. luas permukaan dinding.

ditandai dengan perubahan jarak tempuh laser. Berhati – hati pada kondisi alat yang telah tidak stabil.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 13 • Hasil akan ditampilkan di baris ringkasan # tekan dan tahan tombol no. Dapat berbahaya diarahkan pada mata seseorang yang sedang menggunakan binocular. PERHATIAN Laser klas 2. Dapat berbahaya pada situasi tertentu yang dapat mengakibatkan cedera serius maupun kematian. 2.1 KOMPAS SAKU GEOLOGI (BRUNTON) . Tidak untuk dihadapkan secara langsung ke mata. Pemakai alat ini merupakan orang yang telah berpengalaman dalam training maupun keselamatan kerja.8 untuk menampilkan informasi tambahan tentang pengukuran seperti sudut yang disertakan oleh dua pengukuran pertama perimeter segitiga .

1Round Level (nivo bulat) Untuk pengukuran azimuth.3 Graduated Circle Digabungkan dengan jarum.2Needle (jarum penunjuk) Jarum untuk mendeteksi magnet bumi. 1 lingkaran lurus memungkinkan untuk pembacaan azimuth yang akurat hingga untuk ½ derajat 1. kemiringan objek.4 Long level (nivo tabung) . hand level. Komponen Alat 1. lereng. menjatuhkan. clinometer. grade persent. Peralatan ini digunakan untuk mengukur azimuth (kompas bearing). sudut vertikal. pengukuran dip dan pengukuran arah secara akurat pada saat gelembung ditengah lingkaran 1. inklinasi. Perawatan harus dilakukan hindari. Menunjukan utara magnetik dalam waktu singkat 1. kelas persen. suhu tinggi. Tripod dan unipot membantu dalam pengukuran dengan kompas . tinggi benda dan untuk leveling dan inklinasi dari objek. untuk mendukung dalam pengukuran sudut. simpan dalam tempatnya. kompas primatic. dan plum.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 14 Definisi Kompas saku brunton adalah kombinasi dari kompas survei .

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 15 Tabung panjang untuk pengukuran kemiringan. 1. pusat gelembung berada pada tengah tabung 1. Untuk pengukuran yang akurat. 1.15 Needle locking adjustment-2 positions Sesuaiakn jarum tuas pengunci untuk mengunci dan membuka jarum 1. 1. Jika tidak ada penyesuaian yang perlu pin harus di titik 0° pada lingkaran azimuth. 1.7 Needle release Mechaniam-2 position Terkunci: Ketika jarum mengunci adalah membuka ayunan jarum bebas.10 small sight (penglihat kecil) Digunakan untuk bantalan yang tepat dan kemiringan penampakan.14 Vernier adjuatment (pengatur vernier) Penyesuaian sorong berputar tingkat sorong dan panjang untuk pengukuran kemiringan. Terkunci: Ketika jarum penyesuaian mengunci dalam posisi terkunci jarum terkunci di tempat sampai mekanisme rilis jarum ditekan. bahkan ketika jarum mekanisme pelepasan ditekan.16 side/bottom long levels menempel pada sebuah .5 Rare earth magnet Magnit bumi yang mencari magnetis utara sangat cepat dan memungkinkan untuk jarum mendeteksi lebih cepat. 1.13 Large Sight peep sight (pengintip besar) Pemandang yang besar untuk mengintip digunakan untuk azimut tepat dan kecenderungan pengukuran.6 Zero pin (titik nol) Zero pin pointer digunakan untuk penyesuaian deklinasi megnetik.9 Miror (cermin) Cermin dan garis tengah digunakan untuk pengukuran azimut dan kemiringan akurat.8 Vernier Sorong ini digunakan untuk pengukuran inklanasi dengan akurasi untuk 30 menit 1.11 Ball & Socket tripod mount Genakan slot pada kedua sisi tubuh untuk memasang GEO untuk bola Brunton opsional dan soket meningkat.12 Magnetic declination Adjustment Screw Sesuiakan kompas untuk deklinasi magnetik. 1. dengan memutar sekrup penyesuaian deklinasi menggunakan obeng 1. 1. yang pada gilirannya tripod Brunton opsional atau monopod 1.

Ketika deklinasi magnetik barat. gunakan sisi/bawah. Sudut diantara utara magnetik dan utara sebenarnya disebut deklinasi magnetik.17 hinge inclinometer Mengukur kecenderungan menggunakan tutup dan setidaknya salah satu tingkat gelembung. Ketika deklinasi magnetik timur. Contohnya: 15 derajat deklinasi barat diataur dengan memutar sotled screw sehingga compass circle (lingkaran compas) berputar berlawanan arah jarum jam dari titik nol derajat berada di titik nol. Berikut adalah penjelasan cara tentang pnyesuaian deklinasi. Peta yang digubakan menggunakan utara sebenarnya sehingga harus menyetel lingkaran kompas (compass circle) dengan deklinasi magnetik yang ada diarea tersebut. 1. Penyesuaian deklinasi magnetik Jarum putih pada kompas brunton menunjukkan utara magnetik. Dari titik nol sebesar nilai sudut deklinasi. jadi angka 345 2. c. Sehingga jika menginginkan utara sebenarnya lingkaran kompas (compass circle ) harus disesuaikan. putar compas circle berlawanan arah jarum jam. Fungsi dan Cara Kerja: 1. Mengukur azimuth . Untuk menyesuuaikan deklinasi magnetik timur.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 16 Ketika tidak mungkin untuk melihat putaran. Jika tidak gunakan slotted screw sampai compass circle (lingkaran kompas) berputar pada posisi yang benar (0). b. nol pada compass circle harus ada pada titik nol. tingkat panjang untuk tingkat kompas untuk azimut dan pengukuran kemiringan. a. Contohnya: 15 derajat deklinasi timur diatur dengan memutar slotted screw sehingga lingkaran kompas (compass circle ) berputar searah jarum jam sehingga titik nol 15 derajat. putar kompas circle dari titik nol serah jarum jam kenilai sudut deklinasi. Untuk menyesuiakan deklinasi barat. Ketika deklinasi magnetik nol (0) Dengan kompas circle disetel untuk deklinasi nol. Penyesuaian lingkaran kompas (compass circle) terhadap deklinasi adalah dengan memutar compass circle dengan slotted screw yang terletak disamping alat. Jika itu telah dilakukan jarum akan menunjukkan utara sebenarny pada lingkaran kompas.

Ketika obyek terlihat lebih dari 45 derajat dibawah pengamat.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 17 Azimuth adalah diukur searah jarum jam dalam derajat. 3. Paeralatan digenggam dengan tanagan kiri dengan kaca didepan operatordistabilkan dengan tanagn kanan. Posisikan kaca lebih ke belakang dan atur penglihat depan sehingga lebih condong dengan bagian bawah langkah selanjutnya ikuti langkah a. pengintip depan tegak lurus dengan badan kompas. Brunton menyajikan kedua jenis. Nol derajat adalah utara. Posisikan penglihatan depan sehingga menjauhi bagan pnegamat sekitar 45 derajat dan buka kaca sekitar 45 derajat. Penglihat pesar harus menghadap ke pengguna. c. Ketika objek terlihat lebih dari 15 derajat dibawah pengamat. 4. b. Obyek dapat dilihat dengan tepat ketika melihat ke kaca dengan melihat garis tengah pada kaca dan dengan melihat kedepan dan obyek dapat dilihat. Ketika objek terlihat tidak lebih dari 45 derajat diatas dan dibawah 15 derajat dari pengukur. Pada saat itu gelembung berada ditengah pada nivo bulat. Menggunakan kompas prismatic . Kaca dan penglihat depan harus distel agar posisi yang tepat sehingga penglihat besar membentuk garis lurus dengan kaca (liat gambar dibawah) Pada posisi ini azimuth dibaca pada selatan (black) dari jarum. Istilah bearing kadang sama seprti azimuth. Bearing umumnya menggunakan empat tipe pengukuran. Alat diletakkan sepinggang dan buka tutup terhadap pemakai sekitar 45 derajat. a. 90 derajat adalah timur. Lihat jarum putih menunjukkan nilai sudut azimuth pada lingkaran compass (compass circle). 180 derajar adalah selatan dan 270 derajat adalah timur. Untuk mengukur sudut horisontal Pengukuran sudut horisontal seperti pengukuran azimuth.

Atur nivo tabung hingga ditengah dan baca vernier vertical sehingga sudut vertical dapat dibaca. Yang dibaca adalah selatan pada jarum. Dalam hal ini posisikan pengintip depan vertikal atau tegak lurus dengan badan kompas. Pengguna disarankan menggunakan instrumen setinggi mata. Obyek dilihat menggunakan lubang kecil dan lingkaran terbuka pada kaca. a. Langkah sama seperti bagian lima tetapi index yang dibaca adalah persen. Pegang instrumen dengan kedua tangan. Sekarang jarum jam dapat dibaca pada kaca. Posisikan hinggga gelembung berada di tengah nivo bundar. Naikkan lubang kecil dari pengintip depan. Tempatkan kompas memanjang horisontal di . dan persimpangan dari bidang horisontal imajiner permukaan buka Langkahnya adalalah penutup penglihat besar sampai membentuk garis lurus. posisikan lubang kecil di sudut yang tepat. Kaca diposisikan kira-kira 45 derajat. Letakkan instrumen seperti gmabar.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 18 Ketika ada kedua penghalang antar titik observasi dengan objek atau hal serupa lain. 7. Dengan penglihat depan diletakkan terhadap pengguna dan kaca dibagian kiri dan tubuh alat diposisikan vertikal. 6. Pengukuran strike Strike dan adalah cenderung garis yang dibentuk yang oleh diukur. Untuk mengukur persen dari lereng. 5. Sudut ketinggian dibaca pada skala kekanan dari nol dan sudut depresi pada skala kekiri dari nol. Untuk mengukur sudut vertikal Kebelangkan penglihat besar hingga lurus. Pengukuran dip dan Strike Pengukuran dilakukan langsung ketika ada singkapan.

Buka penutup penglihat besar sampai membentuk garis lurus. Pengukuran dip menggunakan engsel inklinometer Metode ini menggunakan tutup engsel inklinometer. sekarang mengukur arah dip. Tempatkan engsel kompas di sebelah permukaan batuan yang tersingkap. Sesuaian penutup ke sudut batuan yang tersingkap (out cropping). Baca arah dip pada jarum s 8. Tambahan pengunaan dari kompas saku brunton adalah sebagai menentukan ketinggian.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 19 permukaan batu yang miring (petunjuk tempatkan papan menulis untuk memperpanjang garis horisontal. diukur dari horisontal. Baca susut dip pada skala engsel inklinometer (petunjuk: jika kompas tidak dalam posisi untuk melihat nivo bulat gunakan nivo panjang). skala bawah. b. c. dipakai sebagai plub bob. Dengan engsel berada di sebalah outcropping dan kompas mengukur arah dip. Posisikan hingga gelembung berada di tengah pada nivo bulat. a. Pengukuran Dip Dip adalah sudut vertikal (kemiringan dari permukaan batu. untuk menentukan inklinasi obyek. Sesuaikan sorong sampai gelembung berpusat di nivo tabung(panjang). Arah dip Setelah pengukuran dip menggunakan engsel inklinometer.Baca sudut strike baik pada N atau S. d. Atur hingga gelembung berada di tengah pada nivo bulat.Tempatkan kompas pada sisinya sepanjang permukaan batu sehingga skala sorong berada di bawah. Menentukan titik ketinggian . Baca sudut dip di garis tengah vernier.

9.. Posisi anda berada dalam segitiga kecil. Trianggulasi Gunakan trianggulasi untuk menentukan posisi perkiraan anda. c. tiga Yaitu lokasi yang dengan ditandai mengidentifikasi dilapangan yang dapat diidentifikasi dengan peta topografi. Menarik garis pada peta untuk masing-masing azimuth pad alokasi yang ditandai. . Gunakan pemandang kecil sebagai pointer. Orientasikan peta kearah utara sebenarnya. b. dengan menggunakan kompas dan peta. Putar sorong penyesuaian sampai gelembung berada di tengah pada nivo tabung. Pastikan peta disesuaiakan dengan deklinasi magnetik. Atur hingga gelembung berpusat pada nivo tabung. Baca kecenderungan dalam derajat atau persen.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 20 Sesuaiakn vernier pada posisi 0. Tempatkan transit pada objek. Inklinasi Posisikan kompas pada sisinyadiatas objek dengan sorong dibawah. Lihat azimutth pada setiap lokasi dan menandai mereka pada peta. atau titik yang dibentuk oleh pertemuan dari tiga garis. menggunakan sorong penyesuaian. Menentukan plum bob Letakkan kompas dalam posisi terbuka.

layar warna. KOMPONEN ALAT A.2 GPS ETREX VISTA HCx FITUR kompas. altimeter. kemampuan routing otomatis. high-sensitivity GPS receiver. juga . Rocker Key (Tombol Rocker).Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 21 2. slot kartu microSD. baterai 25-jam. 176 x 220 piksel layar. ada juga yang mengatakan Joy Stick.

Cincin pembuka dan penutup untuk penutup batere: digunakan untuk membuka atau menutup pelindung batere. berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan GPS. bila anda ingin mengganti. C. mengaktifkan lampu pada layar tampil. Tombol Menu dan juga Find. Untuk menampilkan menu find: Tekan dan tahan sampai tampil menu find. harus menekan tombol Tenaga beberapa . Juga untuk menggerakan panah penunjuk pada halaman peta. a. Tombol Tenaga: a. Tempat mengikat tali leher. B. Untuk mengkonfirmasi pesan yang tampil atau fungsi enter: Tekan sedetik. Tombol Zoom In atau Out: Pada halaman peta. a. Ada tiga fungsi pada tombol ini. sepeda motor. Tombol ini bisa digunakan untuk menampilkan menu utama. I. Tombol Halaman. Penutup batere. G. tanpa harus bersusah payah mencari halaman Mark untuk menandai suatu titik. Sehingga ini merupakan jalan pintas untuk menggunakan fungsi mark. sehingga GPS aktif atau non aktif. gunakan tombol rocker untuk meningkatkan pencahayaan sesuai yang anda inginkan. sampai tampil kotak kombo E. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kompas: Tekan dan tahan. MENGAKTIFKAN GPS Untuk mengaktifkan dan mematikan GPS. b. b. Adapter untuk breket GPS: Diaplikasikan bersama dengan huruf H. J. Bila GPS sedang aktif: tekan sebentar. mobil). H. Untuk mengaktifkan tombol menu halaman: Tekan sedetik. F. c. Berfungsi untuk menggerakan kursor ke kiri-kanan atas-bawah. Lubang adapter breket GPS: Lubang ini untuk menempatkan adapter huruf K) yang nantinya berguna saat memasang breket pada kendaraan anda (misalnya sepeda. K. tombol ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil peta.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 22 berfungsi sebagai enter. sehingga pengatur pencahayaan b. yaitu dengan membuat pilihan berwarna hitam (highlight). memasang atau mengeluarkan batere. dengan cara: Tekan sedetik. b.   Tekan dan tahan. Tekan dan tahan: akan menampilkan jendela Mark. D. yaitu: a. USB port: berguna untuk mengunggah dan mengunduh data dari dan ke GPS.

tidak dapat tersimpan) karena GPS sudah digunakan sebelum satelit pada GPS berubah ke jendela peta. Bila indikator ini timbul maka anda harus segera mencari lokasi yang “bersih” sehingga GPS terhubung kembali dengan satelit. Continue Acquiring: Pilih opsi ini bila tidak satupun pilihan diatas cocok dengan kondisi GPS anda. Setelah GPS aktif maka GPS akan menampilkan jendela yang berisi informasi pemilik yang dilanjutkan dengan tampilnya jendela yang memperlihatkan satelit mengelilingi bumi. tidak ada satelit yang terkoneksi. Seringkali data tidak tepat (tidak akurat. 2. lingkaran besar pada arah mata angin terdapat huruf N. misalnya anda baru menggunakan GPS anda di luar negeri atau dalam negeri tetapi jauh. Kemudian terlihat pula dua buah lingkaran yatu lingkaran besar dan lingkaran kecil. East (Timur). Restart Search: Pilih opsi ini bila alat penerima GPS anda baru saja disimpan dengan melepaskan batere (disimpan tanpa batere) atau bila tamggal yang ditunjukkan GPS tidak sesuai dengan hari anda menggunakan GPS. baik karena adanya penghalang antara GPS dan satelit akan ditandai dengan tampilnya kotak kombo yang berisi tulisan Poor Satellite Reception atau pada jendela satelit terlihat informasi “Weak GPS Signal” terlihar lingkaran satelit kosong. Terkadang titik-titik tersebut berwarna-warni atau abu-abu. Pada jendela Satellite akan terlihat titik-titik yang ditengahnya memuat nomor. 3. E. 4. New Location: Pilih ini bila anda terakhir kali menggunakan GPS ini pada daerah yang jauhnya ratusan kilometer dari posisi anda saat ini. Sedangkan lingkaran kecil merujuk pada arah 45° dari horizon. Oleh karena itu pelaksana di lapangan diharapkan bersabar untuk menunggu tampilnya jendela ini. demikian untuk titik-titik yang berada di sekitar lingkaran kecil menandakan bahwa satelit berada 45° dari horizon.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 23 detik. . ini merujuk pada arah mata angin North (Utara). GPS siap digunakan bila jendela satelit telah berganti menjadi jendela peta (Map). Kemudian tampil jendela main page menu yaitu menu satelit dengan tampilan pencarian satelit GPS. Use With GPS Off: Pilih ini bila anda ingin mematikan fungsi GPS. yaitu: 1. Pada kondisi dimana satelit yang telah terhubung mengalami proses pemutusan hubungan. Bila kotak kombo terlihat maka akan ada empat pilihan untuk memanfaatkan GPS. S dan W. sesuai pilihan anda untuk menampilkan jendela satelit. Saat GPS baru mulai aktif maka akan terdapat kalimat “Locating Satellite” atau “Acquiring Satellite”. Lingkaran besar merujuk pada arah di horizon pandangan kita. South (Selatan) dan West (Barat). Titik-titik yang ada di sekitar lingkaran besar menandakan satelit yang bersangkutan berada di sekitar horison.

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 24 Nomor pada titik-titik baik yang berwarna maupun abu-abu menunjukkan bahwa titik itu mewakili satelit nomor yang bersangkutan. Ingat!!! Selalu gunakan batere yang sejenis dan ganti kedua-duanya dengan batere baru. Titik berwarna dan berkedip-kedip lemah sehingga titik menunjukkan mudah yang bersangkutan sudah terhubung namun masih lepas sedangkan berwarna berkedip-kedip berarti satelit yang bersangkutan telah terhubung dengan “erat” terhadap GPS anda. NiMH. . misalnya satelit nomor 10 ditunjukkan dengan titik yang bernomor 10. dengan cara memutar cincin pengait penutup batere melawan arah jarum jam. sekitar ¼ arah. tidak tehubung dengan GPS anda. atau Lithium. BATERAI GPS GPS tipe ini menggunakan betere tipe AA alkaline. Titik abu-abu pada jendela menunjukkan bahwa satelit yang bersangkutan satelit dari serta belum yang GPS. eTrex Vista HCx dapat mengetahui posisis dengan cepat dan tepat dan mempertahankan lokasi GPS bahkan di daerah dengan tutupan yang lebat dan di dalam jurang. 2. 3. Angkat penutup batere. WAAS-enabled GPS receiver. Keuntungan yang jelas jika berada di dalam hutan atau di dekat gedung-gedung tinggi dan pohon-pohon. Pasang atau ganti batere. Buka penutup batere. Mengganti atau Memasang Batere Untuk mengganti atau memasang batere dapat mengikuti langkah berikut: 1. Vista HCx dapat digunakan untuk menemukan jalan ketika di butuhkan. SISTEM PENERIMAAN Dengan sensitivitas tinggi-.

Klik tongkat kendali pada icon lapisan buku yang terletak di sudut kanan atas. Klik anda tombol berputar start > kemudian jarum jam. Klik OK bila indikasi kalibrasi telah penuh. MENGETAHUI ARAH Vista HCx memiliki kompas elektronik yang menyediakan informasi yang jelas bahkan saat sedang berdiri diam. anda dapat melakukannnya dengan cara: 1. KARTU MicroSD™ . Disarankan untuk mengkalibrasi GPS setiap akan menggunakan GPS bila GPS telah lama tidak digunakan. 2. dan altimeter barometric tekanan dalam perubahan jalur digunakan untuk menentukan ketinggian yang tepat. walaupun batere dikeluarkan saat penggantian atau penyimpanan untuk jangka waktu lama tanpa batere. Terlihat kotak yang mengindikasikan proses sedang berlangsung. terlalu cepat searah sebanyak dua kali. Altimeter juga dapat digunakan untuk plot tekanan udara dari waktu ke waktu. GPS anda telah terkalibrasi. 4. Jangan berputar 5. kalibrasi 6.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 25 Keluarkan batere bila anda tidak menggunakan GPS untuk waktu yang lama. 3. MENGKALIBRASI KOMPAS Mengkalibrasi kompas GPS dilakukan setiap kali setelah mengganti baterai agar tingkat akurasi GPS baik. Untuk mengkalibrasi GPS. 7. Tampil Menu. Klik Calibration. Data yangtersimpan dalam GPS tidak akan terhapus atau hilang. yang dapat membantu dalam pengawasan perubahan kondisi cuaca.

Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 26 GPS tipe ini dilengkapi dengan slot MicroSD yang berguna untuk menyimpan data. Slot Micro SD terletak kompartemen menginstalasinya 1. Slot terletak di kiri kompartemen. adalah tekan kartu dan angkat jari anda dengan cepat. Sehingga kita bisa mengunggah Micro data Indonesia. Buka penutup kompartemen 2. besar di anda yakinkan kartu Micro SD pada saat membeli GPS ini. kartu ke 3. Micro SD. Fungsi lain dari Kartu adalah kartu ini memuat kota-kota Jadi.Silahkan angkat Micro SD-nya. HALAMAN SATELIT Halaman ini tampil otomatis bila anda mengaktifkan GPS dan juga bisa diakses melalui Main Menu. Untuk mengeluarkan baterai. SD peta atau mengunduh data. . mendapatkan anda di Untuk dengan cara: baterai. Manfaatnya bila kita menggunakan data tambahan yang terdapat di MicroSD ini adalah tampilan peta pada GPS akan lebih lengkap dan bisa memanfaatkan fasilitas Highway untuk mencari suatu lokasi. atas masukkan slot tersebut.

baik itu batas desa. sedang untuk North diatas 3. Multicolor/Single Color: Bila anda mengklik Multicolor hanya berwarna hitam-putih. TRACK Menggunakan Fasilitas Track Salah satu fungsi yang dapat digunakan dalam GPS adalah fungsi Track. maka di layar akan tampil kotak dialog yang memuat: 1. persawahan. Use With GPS Off/On: Fungsi ini berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan GPS pada alat penerima GPS yang sedang kita gunakan. dusun. 5. Track Up/North Up: Pegklikkan Track Up akan menampilkan cincin indikasi satelit berdasarkan kemana arah GPS anda mengarah. atau danau dsb. 2. maka tampilan satelit GPS akan berwarna-warni.000 Km jaraknya dari jarak anda saat ini. New Location: Gunakan fungsi ini bila GPS yang sedang anda gunakan terakhir kali digunakan lebih dari 1. Up akan menampilkan arah mata angin utara (N) tampilan (lihat gambar 3). Klik icon main menu > klik Track. Track digunakan untuk membuat lintasan-lintasan.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 27 Bila anda mengklik tombol Menu. sedangkan bila anda mengklik SingleColor maka tampilan satelit 4. Untuk mengaktifkan fasilitas ini anda harus: 1. GPS Elevation: menunjukkan tingkat elevasi saat anda menggunakan GPS. sungai perkebunan. .

3. Letakkan kursor pada icon On > klik. Bila ingin melakukan track lain lakukan seperti langkah no. 2. desa) 2. telah Tampil Track tergambar sebagai orang yang sedang dan meninggalkan jejak. Pipa penyaluran air bersih (mis. anda menyelesaikan satu Track maka anda harus menyimpan Track tersebut ke dalam GPS. pindahkan kursor ke icon Clear dan klik. Langkah meng-Clear-kan ini sangat penting sehingga lintasan yang akan anda buat selanjutnya tidak tumpang tindih dengan lintasan yang telah dibuat. Maka anda siap men-track lintasan yang anda inginkan.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 28 Icon berjalan 2. Pindahkan kursor ke icon Save. Off berwarna hitam). dengan jalan: 3. Jendela akan kembali ke jendela Track. jendela track. Kemudian terlihat lintasan hasil Track yang telah anda lakukan. 3. Indikator bahwa anda telah siap. Klik icon Off. PAM) . selanjutnya klik icon OK. Batas perkebunan atau persawahan 3. Yakinkan bahwa anda telah menekan tombol OK sebelum anda melakukan langkah nomor 5 di bawah ini. Selanjutnya terlihat jendela yang memuat informasi Save Back Through. Jalan atau gang 4. Menggunakan fasilitas track dalam memetakan daerah Fungsi track dalam pemetaan biasanya digunakan untuk memetakan: 1. 6. klik icon yang telah berwarna hitam. Batas daerah (dusun. 4. 5. terlihat pada berpindahnya kursor secara otomatis ke icon Off (Icon Setelah 1.

Tentukan tim pemetaan Sebelum anda memulai pemetaan yakinkan anda telah menentukan titik awal dan menandainya.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 29 5. Kemudian setelah kursor otomatis pindah ke icon off maka anda sudah bisa bergerak untuk menyusuri batas yang akan anda petakan. Karena GPS eTrex Vista HCx yang anda gunakan hanya dapat memuat 20 data. MARK Mark digunakan untuk menandai lokasi-lokasi (Waypoint) penting. lakukan: 1. Bila area yang dipetakan kecil anda dapat kembali ke tanda awal tersebut untuk meng-off-kan fungsi track pada GPS. Sehingga titik A adalah titik awal untuk tim A dan juga titik akhir untuk tim E. Klik icon Main Menu. salah satunya adalah icon Mark > Klik icon Mark. 2. tim A berjalan menyusuri batas sampai titik B yang merupakan titik yang telah disepakati sebagai titik awal tim B dan titik akhir tim A. namun dapat meng-off-kan fungsi track ditempat yang telah anda sepakati bersama tim lain (yang biasanya merupakan titik awal dari tim lain yang juga memetakan area) Titik A merupakan titik awal untuk tim A. Icon ini tergambar dalam GPS sebagai orang yang sedang membawa bendera. Anda bisa juga meng-off-kan fungsi track bukan dititik awal tetapi dititik dimana anda sudah tidak bisa lagi melanjutkan pemetaan dikarenakan anda harus melewati (misalnya) rawa yang sulit dilalui atau hambatan lainnya. titik B adalah titik awal untuk tim B dan juga sebagai titik akhir tim A. Untuk menandai lokasi yang anda inginkan. demikian seterusnya. onkan fungsi track seperti pada panduan diatas. demikian seterusnya. Setelah anda menentukan titik awal. Keluar jendela dengan beberapa icon. Daerah yang sering terkena bencana Untuk menggunakan fungsi track: 1. maka anda harus segera mentransfer data yang telah anda dapat ke komputer sebelum GPS anda full. 3. . 2. Namun bila daerahnya luas anda tidak harus kembali ke tempat semula.

tampilan layar. Klik icon Time. selanjutnya akan tampil jendela Mark Waypoint (langkah ke-3). b. nomor pada bendera ini adalah sebagai panduan pencatat dalam mencatat tempat yang akan anda tandai. untuk menandai lokasi selanjutnya klik icon Mark. heading measurement. unit pengukuran. opsi interface dan sistem operasi mode. Terlihat jendela berikut. 1. 4.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 30 Cara lain memanfaatkan fungsi Mark adalah dengan menekan rocker key beberapa detik. Pada tampilan Main Menu > klik icon Setup. SETUP Pada menu Setup ini kita dapat menyesuaikan tampilan GPS kita. Tampil jendela setup c. . misalnya 001 untuk rumah Bapak Hidayat. Lihat nomor pada bendera. Catat nomor tertentu untuk keterangan tertentu.Selanjutnya jendela akan menunjukkan Main Menu. lanjutkan seperti langkah diatas. yang dapat kita sesuaikan antara lain adalah waktu. Klik OK 6. 3. 5. Mengatur waktu Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: a.

Disusul dengan tampilnya jendela berikut. pilihlah Bangkok dengan memindahkan kursor ke kota Bangkok kemudian klik kota Bangkok. d.s’’ adalah dengan cara seperti pada No. Karena Bangkok menggunakan waktu yang sama dengan Indonesia. Pindahkan kursor ke format hddd°mm’ss. Mengatur Unit Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: a. Misalnya letak 2 rumah yang berdempetan dapat diketahui koordinatnya dengan baik dari kedua rumah tersebut. i. selanjutnya akan tampil jendela nama-nama kota. Setelah anda memformat waktu pindahkan kursor ke Time Zone. Selanjutnya adalah menyetel Time Zone.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 31 d. Pindahkan kursor ke 24 Hour > klik. Hal ini untuk mendapatkan keakurasian posisi yang baik.s’’ karena kita akan bekerja di area yang kecil yaitu desa. Selanjutnya tampil jendela Units c. f. 2. selanjutnya akan tampil jendela f. 4 dan seterusnya. Cara menyetel ke format hddd°mm’ss. e. . Tampil jendela berikut e. Bila anda ingin merubah tampilan Time Format ke dalam format 24 jam maka pindahkan kursor ke 12 Hour > klik. Pada jendela Setup > klik icon Unit.s’’ > klik. b. g. Time Zone kita adalah Bangkok. Anda telah selesai memformat waktu h. Kita harus merubah Position Format ke dalam bentuk hddd°mm’ss. Pindahkan kursor ke kolom Position Format > klik.

Kemudian pilih Map Datum ke WGS 4. 3. Position Format telah disetel.6 x 3. Mengatur Ketinggian Langkah-langkah adalah sebagai berikut: a. Mengatur Kecepatan Langkah-langkah adalah sebagai berikut: a. 5.3 "x 1. LebarxTinggixKedalaman: 4. Pindahkan kursor ke Elevation > klik b. Pindahkan kursor ke Map Datum > b.5 oz (156 g) dengan baterai Baterai: 2 baterai AA (tidak termasuk) Baterai: 25 jam Waterproof: yes (IPX7) Mengapung: tidak ada High-sensitivity receiver: yes Interface: USB RoHS tersedia versi: ya Maps & Memory: Basemap: yes Preloaded peta: tidak ada Kemampuan untuk menambahkan peta: ya Built-in memory: tidak ada Menerima data kartu: microSD ™ card (tidak termasuk) .0 cm) Tampilan ukuran.7 x 5. Kemudian pilih Metric > klik. a. Mengatur Datum Langkah-langkah adalah sebagai berikut: klik. WxH: 1.3 x 4. Pindahkan kursor ke Distance/Speed > klik b. 84 > klik.2 "(10.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 32 g.7" (3. WxH: 176 x 220 piksel Display type: 256 tingkat warna TFT Berat: 5. SPESIFIKASI Fisik & Performance: Unit dimensi. Pilih Meters > klik.2 "x 2.3 cm) Tampilan resolusi.2" x 1.

000 poin.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 33 Waypoints / favorit / lokasi: 1000 Rute: 50 Track log: 10. 20 trek disimpan Fitur: Automatic routing (routing secara bergiliran di jalan-jalan): ya Kompas elektronik: ya Barometric altimeter: yes Geocaching-friendly: yes Outdoor GPS games: yes Hunt / ikan kalender: ya Matahari dan bulan informasi: ya Tide tabel: tidak ada Area perhitungan: ya Custom POIs (kemampuan untuk menambahkan poin tambahan dari bunga): ya Unit-untuk mentransfer-unit (saham data nirkabel dengan unit serupa): tidak ada Picture viewer: tidak ada .

Foto udara pada umumnya lebih banyak menampilan gambar 2 dimensi. Pada kegiatan pengamatan ini stereoskop berfungsi untuk menampilkan gambar 3 dimensi. terutama pada foto udara tegaklurus. panjang dan tinggi. Terdapat daerah bertampalan pada foto udara. Setiap foto udara/citra yang akan diinterpretasi harus merupakan foto udara/citra yang berurutan garis terbangnya dan mempunyai daerah tampalan (pada foto 1 ada sebagian wilayah yang sama dengan foto 2) 2. . Bidang 3 dimensi memungkinkan dilakukan pengamatan terhadap beda tinggi dan kemiringan lereng suatu obyek.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 34 STEREOSKOP A. Bidang 3 dimensi menunjukkan obyek yang mempunyai unsur ukuran lebar. Gambar 3 dimesi dari citra yang diinterpretasi akan memudahkan pengamatan. Untuk dapat menampilkan bentuk 3 dimensi dari foto udara yang diamati. PENGAMATAN STEREOSKOPIS Adalah suatu kegiatan interpretasi citra/ foto udara dengan menggunakan alat bantu yang bernama stereoskop. Untuk dapat diinterpretasi dengan jelas maka lebar daerah yang bertampalan kira-kira 1/3 – 2/3 dalam sebuah foto/citra. ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu : 1.

saja 4.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 35 Prinsip kerja stereoskop adalah sebagai berikut : 1. 3. Mata 1 (mata kanan) mengamati citra sebelah kanan Mata 2 (mata kiri) mengamati citra sebelah kiri Stereoskop menyatukan daerah bertampalan sehingga seolah-olah hanya mengamati 1 citra . 2. Daerah bertampalan menghasilkan gambar 3 dimensi yang dapat digunakan untuk mengamati unsur ketinggian dan kemiringan.

Stereoskop Saku atau Stereoskop Lensa Lebih murah daripada stereoskp cermin. Hal ini disebabkan karena : 1. Cukup kecil hingga dapat dimasukkan kedalam saku. 2. Terdiri dari susunan lensa convex yang sederhana.PENGENALAN STEREOSKOP Stereoskop ialah suatu alat yang digunakan untuk dapat melihat sepasang gambar/foto secara stereoskopis. Mata difokuskan pada jarak yang sangat pendek ± 15 cm dari foto yang terletak diatas meja. yaitu : 1. sedangkan pada saat itu otak kita mengamati atau melihat sudut paralaktis dengan tujuan dapat membentuk stereo model pada suatu jarak atau kedalaman. Keadaaan yang demikian sangat mengacaukan pandangan stereoskop. Mempunyai factor perbesaran yang cukup besar. .Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 36 B. Untuk dapat melihat sepasang foto yang saling overlap secara streoskopis tanpa bantuan perlengkapan optis. Karena kesukaran-kesukaran itulah diperlukan suatu stereoskop untuk membantu kita dalam pengamatan. sangat dirasakan sekali kesulitannya. Melihat sepasang foto dari jarak yang dekat akan menyebabkan ketegangan pada otot-otot mata. Ada 2 jenis stereoskop.

2. Gunakan perekat seandainya posisi citra/foto udara telah Nampak tiga dimensi. 3. Siapkan citra yang bertamalan. Bagian-bagian stereoskop: • • Lensa. Cara pemakaian: 1. Daerah yang dapat dilihat secara stereoskopis sangat terbatas. Peyangga. untuk mencegah penataan ulang. Atur sedemikian rupa sehingga citra atau foto udara yang bertampalan nampak tiga dimensi dilihat dari lensa ( pemasangan seperti terlihat pada gambar di atas).Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 37 - Mudah dibawa ke lapangan. Penggunaan aman: .

Lebih besar dari stereoskop saku. 2. Karena bentuknya agak besar maka agak lebih sukar dibawa ke lapangan. 2. .Daerah yang dapat dilihat secara stereoskop lebih luas jika dibandingkan dengan menggunakan stereoskop lensa. Bersihkan lensa jika kotor guna mempermudah melihat stereoskipis. Stereoskop Cermin. Beristirahatlah sejenak seandainya mata lelah.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 38 1. Pastikan penyimanan stereoskop lensa pada tempat yang baik. Bagian-Bagin Stereoskop . 3. .

5. Siapkan citra yang bertamalan. Cara pemakaian: 1. Pastikan penyimanan stereoskop cermin pada tempat yang baik (pada box-nya). 3. 2. 3. 2. Pengatur perbesaran. 4. Siapkan stereoskop dan jangan lupa buka penutup cermin. Beristirahatlah sejenak seandainya mata lelah. Bersihkan lensa jika kotor guna mempermudah melihat stereoskipis. Atur sedemikian rupa sehingga citra atau foto udara yang bertampalan nampak tiga dimensi dilihat dari lensa ( pemasangan seperti terlihat pada gambar di atas). untuk mencegah penataan ulang. Gunakan perekat seandainya posisi citra/foto udara telah nampak tiga dimensi. Penggunaan aman: 1. . Cermin. Penyangga.Petunjuk Alat Ukur Survey Lapangan 39 • • • • Lensa. Terdapat lensa cebung untuk pengaturan perbesaran gambar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->