Belajar Mengemudi Mobil Bagi Pemula

Keterampilan teknis yang satu ini, untuk jaman sekarang sangat dibutuhkan semua kalangan,baik bagi yang beruntung bisa memiliki mobil pribadi atau bagi sebagian orang bisa dijadikan profesi pekerjaan untuk menghidupi kehidupannya. Untuk orang yang mengemudi duduk dibelakang setir suka disebut sopir,siapapun dia entah orang yang mpunya mobil atau bahkan sang sopir yang disewa untuk itu. Meskipun kelihatan hanya sepele dan terlihat gampang,pekerjaan sopir sebenarnya sangatlah penting.Bagaimana tidak penting,sopir di dalam sebuah mobil dia adalah pemimpin di mobil itu, bertanggungjawab terhadap nyawa dirinya sendiri dan keselamatan nyawa para penumpangnya. Sopir bisa diklasifikasikan menurut jenis mobil yang dikendarainya,misalnya sopir pribadi yaitu yang mengemudikan mobil punya majikannya serta untuk melayani semua keperluan tetek bengek majikan dan keluarganya.Sopir Bus ialah sopir yang mengemudikan kendaraan besar Bus,sopir truk,sopir kontainer,sopir angkot dlsb. Karena pekerjaan informal sopir ini menjadi begitu sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan peradaban,maka berikut ini saya tulis teknik-teknik dasar belajar mengemudi. Tahap pertama Teori dulu, (mobil dalam keadaan off atau mesin dimatikan dan berhenti).Khusus untuk mobil Manual. 1.Mobil dalam keadaan off mesin tidak hidup,lihat dan pelajari nama-nama instrumen atau komponen di ruang kabin depan dan di dashboard dengan baik. Misalnya,Pedal Rem,pedal gas,pedal kopling,perseneleng,Rem tangan,stang untuk wiper kaca depan belakang,pengendali kaca spion,stick untuk lampu dim,lampu dekat,lampu sen-sen kanan dan kiri,tombol klakson,sabuk pengaman dan sejumlah panel control lainnya di dashboard. 2.Untuk mobil gigi gear manual,hapalkan dahulu skema perpindahan gigi persneling hingga hapal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai gigi satu,gigi mundur dan gigi selanjutnya hingga terakhir. Biasanya ada simbol hurup dan angka,misalnya angka O (nol) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal,Angka 1 s.d 5 atau tergantung model mobil dan hurup R (untuk berjalan Mundur). Lalu latihan menginjak pedal gas, bergantian dengan pedal rem dan pedal

spion kanan kiri arah depan dan arah belakang kemudian berakhir dengan pandangan mata lurus ke depan melihat jalan. Langkah berikut dengan mulai menghidupkan Mesin Mobil dan mulai berlajar Berjalan.tidak berjalan atau mobil berhenti.mata terus ke depan ke jalan).pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.tertib dan mantap.angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan. 3.tenang. harus selalu memulai dengan gigi satu.Setelah mesin hidup biarkan sekitar sepuluh detik mesin mobil hidup jikalau di awalnya sudah dipanaskan.kopling.menginjak pedal rem.terus tahan kaki kiri (kopling) jangan dilepas angkat perlahan disesuaikan dengan laju mobil yang mulai berangkat..masukan tongkat persneling ke gigi satu.atau P (parking) dan atau hurup N (normal). 1.ingat mesin dalam keadaan mati.ingat perlahan dahulu sesuaikan dengan rasa dan pikiran yang penuh.gas dan kopling.maka langkah berikut sudah mulai dapat menghidupkan mesin.ingat saja injak pedal REM dan injak Kopling.rasakan ketika secara perlahan mobil akan bergerak maju. Terus saja berlatih sampai anda mahir memindah persneling dan menginjak semua pedal dengan tanpa menengok ke arah alatnya. tetapi jika belum pernah dipanaskan biarkan mesin hangat sekitar 5 menit.kaki kanan masih di pedal Rem mesin dalam posisi langsam.Setelah hapal dan cukup bisa mengoperasikan minimal memindah tongkat persneling. 3.mata memeriksa semua bagian mobil.Masukan persneling di gigi Normal atau biasa ada hurup O (kosong).jika mau memulai berjalan.Pastikan Rem tangan masih dalam keadaan terpasang. 2.latih dan biasakan mata anda tetap tertuju ke depan dan ke spion kanan kiri. Lalu. . mulailah dengan menginjak pedal gas perlahan dan memakai perasaan. Setelah gas diinjak perlahan .).cirinya biasanya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi lainnya sesuai model mobil. (perhatikan langkah ini ini harus terus dilakukan sepanjang masa. lalu hidupkan mesin perlahan.lalu injak gas perlahan (kaki kanan pindah dari pedal Rem ke pedal Gas dengan naluri dan perasaan (jangan dilihat.melebihi langsam sedikit.injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan melesak ke bawah. Lalu melajulah dengan perlahan dahulu.jangan panik jika ada hal yang darurat di depan anda.injak pedal rem secukupnya.

.diangkat perlahan..tangan kanan/kiri diam di perseneling sekian detik untuk berjaga bila mobil sudah maju normal lima atau empat meter kedepan untuk segera dipindah ke gigi dua atau disesuaikan dengan kondisi. -Ketika mobil mulai bergerak maju.. letakkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam dan tangan kanan di arah angka jam 12 (untuk setir yang dikanan mobil.hehe.. Diawal berjalan.-Pandangan mata fokus ke depan ke jalan yang akan dilalui -Gigi gear persneling harus di gigi satu...Kalau mau kencang sangat gampang tinggal tancap gas saja dan memasang gear tinggi pasti kencang..tetapi itu nanti di arena balapan gan.angkatlah perlahan disesuaikan dengan injakan gas dan laju mobil.resiko mobil sangatlah besar tidak sama dengan resiko tabrakan sepeda misalnya.Majulah perlahan dahulu dengan sabar jangan terlalu kencang di awal belajar. Hati-hati dan waspada.tetapi tetap berjalan yakinlah selama sesuai "prosedur dasar "yang telah dipelajari sebelumnya pasti akan berhasil. Yang perlu diperhatikan pada saat mobil mulai maju.dan gas diinjak pelan.tahan saja dulu pedal kopling jangan di angkat sekaligus..atau tangan kiri di angka 12 dan tangan kanan di angka 3 arah jarum jam bila setir sebelah kiri mobil).di awal berangkatnya..pada awal mulai berangkat..kuncinya yaitu kopling ditahan dulu.. . Supaya mobil tidak enjot-enjotan.

yaitu 1. nggak nyendal atau loncat dan nggak mati mesin.. tuas persneling dan memindahkan gigi (persneling). Ketika memindahkan rasakan tekanan dan bunyi atau sesuatu jika berbunyi “klek” berarti pas. Si posisi yang semestinya.. Lepas bukan berarti kaki diangkat dari tuas. serta tetap focus mengatur jarak mobil di samping kanan-kiri dan depan. ketiga Kopling: memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai syarat untuk perpindahan gigi atau bahasa mudahnya untuk mengoper dan yang kedua adalah untuk syarat berhenti. dan R atau mundur.! kalo saat ini .. posisi harus rileks tidak ditekan ataupun ditarik. selain itu Melepas kopling merupakan suatu syarat supaya mobil berangkat atau jalan ketika pedal gas diinjak. kita harus dengan reflek menghafalkan letak posisi dan cara perpindahannya karena diusahakan ketika menyetir tidak melihat tuas ataupun panel lain di mobil.. pedal kopling harus diatur agar menghasilkan pelepasan yang pas. 2. Berikut skema mudahnya yang digambarkan dengan skema sebagai berikut.. karena berhentinya sebentar kalo di tengah disebut juga titik karena berhentinya lama. Selanjutnya diajari tentang persneling. tetapi diangkat pelan-pelan namun masih nempel. bahaya. 5. 4. tapi dipegang menggunakan dua ruas bawah jari telunjuk dan tengah serta diapit jari lainnya di kanan kiri. 3. Pada umumnya kendaraan manual tahun 90 an memiliki 5 speed. kedua ada Rem berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju mobil (meskipun semua orang juga tau nih. Bahkan jangan lihat gas ato persneleng atopun rem. bulatan besar menunjukkan posisi netral utama atau disebut nol besar (meminjam istilah Pak Instruktur) sedangkan lingkaran kecil menunjukkan posisi netral nol kecil atau kadang ketika perpindahan dari persneling 1 ke 2 disebut juga sebagai koma.Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama Pertama adalah gas: fungsinya untuk mempercepat atau memperlambat laju kendaraan. ya dengerin aja yang focus.. ). Cara memegang yang benar adalah ujung tuas berupa tonjolan tidak digenggam. Tanda hijau di tengah dan di samping kanan –kiri menunjukkan kalo di tempat tersebut merupakan posisi netral. Kemudian saya dijelaskan mengenai cara memegang setir. Ada dua hal yang menyebabkan matinya mesin pada saat pengopreasian yaitu saat berangkat lupa gas hanya melepas kopling saja dan yang kedua berhenti lupa tekan kopling.

Yang saya kesulitan pada hari pertama ini adalah memperkirakan apakah mobil yang saya setir itu berjalan lurus ataukah serong atau bahakan sedang belok. seperti terkadang saya keburu melepas kopling atau terburu menekan gas dengan kencang. namun perbedaan terletak pada saat mau pindah. tapi mencari posisi netral dari persneleng sehingga mobil nggak meloncat. sabar. karena ada berangkat pasti ada berhentinya juga khan. Jika mau mengoper: pada prinsipnya sama dengan ketika berangkat. tapi kalo pengen selamet ya mengalah saja. Kalo mau berhenti: nah ini bagian yang sangat penting. dll) dan yang kedua adalah MENGALAH! Meskipun kita ada di jalur yang benar. pengereman dan pengaturan kecepatan yang tepat. Pelan – pelan lepas kopling tanpa menambah gas. Kenapa bisa langsung diangkat tidak takut mesin mati. Ada dua prinsip utama yang harus diingat. Akhirnya tadi pagi lebih banyak belajar start atau mulai berjalan dan berhenti. terus belum bisa kira-kira apakah jarak yang ada merupakan jarak yang aman antara mobil saya dengan kanan-kiri Kalo katanya pak Dori sih. kopling ditekan. biarkan orang lain atau kendaraan lain dulu. rasakan hingga titik dimana mobil mulai berjalan. kopling bisa dilepas dan gas ditambah. memberikan tanda sebelum belok. mengangkat/lepas gas dan kaki kanan pindah di atas pedal rem tapi masih belum diinjak. Kemudian atur rem supaya kendaraan melaju lebih pelan dan kita bisa memposisikan pada tempat berhenti yang dituju. itu akan sejalan dengan waktu dalam artian butuh pengalaman. maklum tadi merupakan pengalaman pertama saya menyetir. kemungkinan mesin mati karena diangkatnya kopling sangat kecil karena mobil tetap berjalan dengan gas tertentu. karena kalo mobil posisi jalan.. . Jika mau berangkat: Hidupkan mesin. Cara berhenti yang saya pelajari hari ini adalah pertama menekan kopling. apabila sudah berjalan stabil. Ingat jangan menekan pedal rem dengan kencang dan mendadak. Pertama kali masuk mobil. tuas persneling dipindahkan kemudian kopling tidak diangkat pelan-pelan tapi langsung dengan bersamaan dengan menekan gas. kaki kanan menekan gas hingga terasa mobil bersuara lebih nyaring atau suara mesin meningkat. atau pengemudi dan penumpangnya sedikit terlempar ke depan. ada beberapa evaluasi sih.. kalo nggak bisa berhenti dengan tepat bisa nabrak.semua perlu proses.. berhenti dan mengoper. yang dilakukan bukanlah menytarter mobil. supaya menyetir dengan selamat: yaitu menyetir dengan benar (tidak ngerem mendadak. tetap di jalur..belum hafal. sekarang basic bagaimana ketika strart. berbahaya! Selain bisa menimbulkan insiden menyeruduk…bagian belakang kita :D menimbulkan insiden dan akan ada efek menyendal. injak kopling dan masukkan ke perneling 1 tetap injak kopling..

Belajarlah mengenali efek dari kopling dengan cara menekan atau menginjak dan lepaskan secara perlahan-lahan jangan sampai mesin mati karena anda melepaskan kopling terlalu cepat. pelajario seberapa efek dari rem yang anda injak. Posisi Duduk Di Belakang Kemudi Senyaman Mungkin Sekarang ambil posisi duduk dibelakang kemudi dengan senyaman mungkin. hal ini diperlukan karena posisi duduk kita akan menentukan kenyaman mengemudi kita baik pada saat belajar maupun bagi yang sudah ahli dalam mengemudi. Pada pedal gas. Pastikan Handrem dalam keadaan tidak aktif ( turunkan tuasnya). Memahami Kondisi Mobil yang kita Pakai Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam belajar menyetir mobil adalah Kondisi Mobil yang akan kita pakai untuk belajar. seberapa besar putaran full ke kiri dan ke kanan. Pahami juga putaran stir full. tetapi keberanian untuk menyetir juga termasuk faktor yang penting dalam belajar menyetir. sandarkan badan anda ke belakang secara . Periksa juga posisi Handrem atau Rem Tangan yang terletak disebelah kiri tempat duduk sopir. Cek Posisi Porsneling Mobil Sebelum menyalakan mesin Pastikan anda selalu mengecek kondisi tongkat prosneling dalam posisi netral / 0. cek semua rem serta kopling pastikan berfungsi dengan baik. Yang terakhir adalah kenali pedal rem. Inilah beberapa Cara Dasar dalam menyetir mobil: 1. Memahami Fungsi-fungsi yang ada pada mobil Yang harus anda lakukan adalah mengenali posisi tongkat Prosneleng beserta urutan giginya ( 1 2 3 4 5 R untk mundur) dan berusahalah untuk menghafalkannya. atau anda bisa menggoyangkan kekiri dan kekanan untuk mengetahui lebih jelasnya. tidak perlu full menginjak pada proses pembelajaran dan juga pelajari posisi pedal mobil. 3. Hal ini adalah posisi aman dalam tahap awal anda belajar menyetir mobil. 4. Posisi netral umumnya ada di tengah-tengah antara gigi 3 dan gigi 4.Cara Dasar Belajar Menyetir Mobil Menyetir mobil bukan merupakan hal yang mudah bagi beberapa orang. 2. kenalilah seberapa efek dari gas yang anda injak. keadaan mesin baik atau ada masalah dalam stir mobil. Bukan hanya kemampuan mempelajari teori dan praktek. Apakah siap dipakai.

cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T. Pelajari dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya. Pelajari Posisi kaki anda Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal mobil yang benar. Ingat kaki Kiri hanya satu tugas kopling dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menekan pedal GAS dengan lembut. Mulai menyalakan mesin Mobil Selanjutnya mulailah dengan menghidupkan posisi mesin mobil. Namun bila anda menginginkan untuk menjalankan mobil ke arah mudur maka tahan posisi tongkat presneling ka arah kanan sampai mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi presneling atret ( bunyi krek). posisi pedal kopling yaitu posisi pedal paling kiri. Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secara . maka biasanya akan terlapas dulu dari posisi kunci setir. Dan posisi kaki kanan berfungsi untuk Remdan pedal gas. Mulai mnjalankan mobil Tekan pedal Kopling secara peniuh / full dan tekan pedal Rem secukupnya saja . putar lagi maka anda melihat di speedometer mobil anda beberapa lampu tanda yang akan menyala dengan warna merah atau orange. Kemudian putar sekali lagi keposisi kanan . Posisi Tumit kaki ketika menyetir Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali . maka secara sepontan mesin mobil akan menyala. Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba untuk menekan posisi pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar / tidak rata (naik ataupun menurun). putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu. 5. 6. 7. Pahami Posisi Stir Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik nol tersebut yaitu kita bisa liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi setir kita akan berada di posisi titik nol pula. Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling saja tidak bisa berpindah ke pedal yang lain. kemudian i8masukan Posisi presneling keposisi kiri. Lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita. Anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin mobil anda . 8.normal jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu memajukan badan kedepan. atau anda tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah depan untuk masuk ke Gigi 1. namun di posisi tersebut kondisi mesin mobil belum bisa hidup. 9 .

dan nikmati laju dari mobil tersebut. Menikmati Laju Mobil Mobil sudah mulai bergerak. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulakan kecelakaan di posisi menikung. 12. 10. saat anda pada posisi menikung. jangan terburu-buru melepakan pedal Kopling. sentuh sedikit demi sedikit. tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap siaga / stanby pada posisi Rem. lakukan injakan lembut kaki kanan anda di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya. Semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget. Sesuai keinginan anda seberapa cepat mobil melaju. Mulai menggunakan pedal GAS Jika anda sudah sedikit lebih tenang dan bisa mengemudikan mobil dengan rileks walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan perlahan lepaskan kopling lepas hingga habis namun pastikan posisi kaki kiri tatap siap pada posisi pedal kopling dengan kondisi tumit sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada pedal kopling dan mulai pindahkan kaki kanan dari pedal REM ke pedal GAS.perlahan. Berusahalah untuk rileks dan tenang. maka hasilnya saya pastikan akan menimbulkan dengungan mesin yang halus. 11. Belajar Menikung Saat anda memasuki keadaan jalan yang menikung. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal yang sudah anda jaga. tetapi dalam tahap ini tentunya cukup pelan saja. . lakukan pemutran stir dengan tenang dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikan standby di posisi REM . KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti akan fatal. Rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengangkatan dari kaki kiri maka mulailah mengangkat sedikit demi sedikit kaki kanan dari pedal Rem dalam keadaan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil. JANGAN MENEKAN PEDAL GAS DENGAN TENAGA.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful