Himpunan dikatakan berhingga apabila terdapat m anggota yang berbeda dimana m adalah bilangan bulat positif. Himpunan yang lain dikatakan himpunan tak berhingga. Berikan contoh himpunan berhingga!

n(A  B) = n(A) + n(B) – n(A  B) Apabila A. dan C himpunan berhingga. B.    Apabila A dan B adalah himpunan berhingga dan saling asing n(A  B) = n(A) + n(B) Misalkan S himpunan berhingga dengan semesta S. A  B dan A  B adalah himpunan berhingga. bagaimana dengan n(A  B  C)? . maka n(A’) = n(S) – n(A) Andaikan A dan B adalah himpunan berhingga maka.

Contoh: Perhatikan data untuk 110 mahasiswa di sebuah asrama berikut ini: 30 mahasiswa mengambil jurusan Akuntansi (A) 35 mahasiswa mengambil jurusan PGSD (B) 20 mahasiswa mengambil kedua-duanya n(A  B) = n(A) + n(B) – n(A  B) = 30 + 35 – 20 = 45 S A 30-20 20 B 35-20 .

d. Yang belajar bahasa Perancis dan bahasa Jerman. Sebutkan contoh-contoh himpunan berhingga! 2. c. Yang tidak belajar keduanya. 25 orang belajar bahasa Perancis 20 orang belajar bahsa Jerman 5 orang belajar keduanya Tentukan banyaknya mahasiswa : a. . Perhatikan data 50 mahasiswa yang belajar bahasa Perancis (C) dan bahasa Jerman (D). b. yang tidak belajar bahasa Jerman.Latihan 1. yang hanya belajar bahasa Perancis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful