Himpunan dikatakan berhingga apabila terdapat m anggota yang berbeda dimana m adalah bilangan bulat positif. Himpunan yang lain dikatakan himpunan tak berhingga. Berikan contoh himpunan berhingga!

A  B dan A  B adalah himpunan berhingga. n(A  B) = n(A) + n(B) – n(A  B) Apabila A. B. bagaimana dengan n(A  B  C)? . dan C himpunan berhingga. maka n(A’) = n(S) – n(A) Andaikan A dan B adalah himpunan berhingga maka.    Apabila A dan B adalah himpunan berhingga dan saling asing n(A  B) = n(A) + n(B) Misalkan S himpunan berhingga dengan semesta S.

Contoh: Perhatikan data untuk 110 mahasiswa di sebuah asrama berikut ini: 30 mahasiswa mengambil jurusan Akuntansi (A) 35 mahasiswa mengambil jurusan PGSD (B) 20 mahasiswa mengambil kedua-duanya n(A  B) = n(A) + n(B) – n(A  B) = 30 + 35 – 20 = 45 S A 30-20 20 B 35-20 .

Yang tidak belajar keduanya. Perhatikan data 50 mahasiswa yang belajar bahasa Perancis (C) dan bahasa Jerman (D). c. .Latihan 1. 25 orang belajar bahasa Perancis 20 orang belajar bahsa Jerman 5 orang belajar keduanya Tentukan banyaknya mahasiswa : a. Yang belajar bahasa Perancis dan bahasa Jerman. Sebutkan contoh-contoh himpunan berhingga! 2. d. yang hanya belajar bahasa Perancis. yang tidak belajar bahasa Jerman. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful