Manusia, Tanggung jawab, dan Pandangan Hidup

I. Pengertian. Tanggung jawab ialah suatu beban psikis (kejiwaan) yang melandasi pelaksanaan kewajiban dari tugas tertentu. Kesanggupan seseorang terhadap tugas yang wajib ia kerjakan akan berakibat suatu celaan atau menerima akibat tertentu jika tidak dilaksanakan dengan benar, sebagai contoh: seorang menteri diberi jabatan oleh kepala negara untuk melaksanakan tugas di pemerintahan, jika didapati ia melakukan kesalahan dan ia tidak dapat mempertanggung jawabkannya dengan benar maka ia akan menerima sanksi berupa pemecatan. Dalam agama pun ada macam-macam kewajiban yang harus dikerjakan, contohnya dalam agama islam: 1. Wajib (fardhu), artinya suatu tugas yang harus dikerjakan akan mendapat pahala dan jika ditinggalkan maka akan mendapat dosa. 2. Sunnah, artinya tugas yang diperintahkan Allah yang jika dikerjakan akan mendapat pahala, tetapi jika ditinggalkan tidak berdosa. Dari tugas wajib ini masyarakat luas menerapkan agar seseorang jika mempunyai kewajiban harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Lahirnya kewajiban-kewajiban ini adalah karena adanya hubungan manusia antara: 1. Manusia dengan manusia lain, yaitu tanggung jawab atas pengabdian diri kepada orang lain. 2. Manusia dengan Tuhan, yaitu tanggung jawab kepada tuhannya karena manusia sebagai makhluk tuhan harus melaksanakan kewajibannya. Disamping itu semua ada juga tanggung jawab terhadap diri sendiri, ini biasanya dikaitkan dengan nilai-nilai yang diterima dan di integrasikan dalam dirinya dan dijadikan harapan-harapan untuk dicapainya.

3. Sebab dengan itulah manusia dapat membangun kesusilaan. sikap itu dilakukan karena . Hean (daya pikir) b. Drijarkara ialah bahwa manusia itu mempunyai hukum kodrat. setelah itu manusia harus mencari pertanggung jawabannya. Manusia wajib menyadari makna dari “arti ada dan hidup ini”. Bila manusia sudah mempunyai pegangan. tanggung jawab berarti sikap atau pendirian yang menyebabkan manusia menetapkan bahwa dia hanya menggunakan kemerdekaannya untuk berbuat susila. yaitu agar ia menjadi manusia seutuhnya ia harus memilki sikap dasar yang mengarah pada kebaikan. Heart (daya perasaan) c. Health (kesegaran atau kesehatan jasmani) 4H ini dilaksanakan oleh pihak gereja disamping pendidikan agama.J mengenai manusia dan wajib ditekankan pada:”wajib mencari arti ada dan hidup manusia. itulah salah satu dari wajib yang pokok dari manusia dalam abad atom ini”. Arti tanggung jawab menurut Prof. Hand (daya ketrampilan motorik) d. Manusia harus berani mengadakan konfrontasi antara pandangan hidupnya dengan pendapat-pendapat lain yang timbul. Menurut Drijarkara S. Jika dihubungkan dengan tanggung jawab maka menrut beliau ialah bahwa rasa tanggung jawab itu dapat berupa siap sedia mencari arti ada dan hidup ini. Manusia harus berani menghadapi pertanyaan-pertanyaan dengan pikiran terbuka untuk mencari kebenaran. maka ia harus berani mempertanggungjawabkan apa yang menjadi pegangan hidupnya. 2. dengan sungguhsungguh dan mencari jawabannya. Unsur-unsur wajib itu meliputi: 1. hidup manusia diarahkan untuk memiliki harga karena ia melakukan kesusilaan. Dipandang dari sudut kemerdekaan manusia.Di Amerika ada pendidikan 4H: a.

II. 2. Makna Tanggung Jawab. Dipandang dari segi kemerdekaan individu. dengan itulah manusia dapat berbuat dan bertindak. Tidak mempunyai kewajiban beda dengan tidak mempunyai tanggung jawab. tanggung jawab berarti pendirian orang yang akan menggunakan kemerdekaannya hanya untuk melaksanakan perbuatan yang susila. bila dihubungkan dengan kewajiban dapat berupa kesediaan untuk melakukan kewajiban. 6. dan juga hubungan dengan tuhannya. Terkadang sebagian tanggung jawab dapat dilimpahkan kepada orang lain. Jika diurutkan satu demi satu maka dapat dilihat: 1. Kewajiban lahir karena adanya hubungan manusia dengan sesamanya. Seseorang yang diberi kewajiban harus melaksanakan kewajiban itu sampai tuntas karena itu merupakan tanggung jawab. Prof. 3. dari wajib ini kemudian berkembang nilai-nilai tanggung jawab pada masyarakat umumnya. Sebagai makhluk pribadi ia mempunyai pendapat dan perasaan sendiri. Walaupun demikian manusia tetap harus mempunyai tanggung jawab. tetapi ia juga makhluk pribadi. Ajaran islam mengenal adanya kewajiban yang bersifat sunnah. Tanggung jawab ialah kesadaran manusia akan tingkah lakunya baik disengaja maupun tidak. Drijarkara mengatakan dalam hubungannya dengan tanggung jawab bahwa manusia itu memiliki hukum kodrat. macam-macam tanggung jawab itu berupa: . Itulah aspek positif dari tanggung jawab. Manusia pada dasarnya ialah makhluk bermoral. tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. jika ia lalai maka ia dikatakan tidak mempunyai tanggung jawab moral. 7. 4. 5.manusia mengerti dan sadar akan tuntutan kodratnya.

Tanggung jawab kepada bangsa dan negara. Sebagai makhluk pribadi ia mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya. Sebagai warga negara manusia juga harus patuh terhadap hukum yang berlaku. manusia tidak dapat berbuat semaunya yang dapat melanggar aturan karena tiap individual adalah warga suatu negara. Manusia harus mempertanggung jawabkan seluruh perbuatan dalam hidupnya kepada tuhan. jika ia melanggarnya maka sudah tentu ia harus bertanggung jawab kepada negara. sebagai makhluk ciptaan Tuhan manusia dapat mengembangkan diri sendiri. tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya karena tanggung jawab ini aka menyangkut pada nama baik keluarga. Tanggung jawab kepada Tuhan. jika ia berbuat kesalahan maka akan dikenakan dosa yang setimpal dan sebaliknya jika berbuat kebajikan akan mendapat pahala. Jika ia melanggar peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh negara maka ia harus bertanggung jawab kepada negara. d. tetapi karena manusia juga sebagai makhluk sosial maka ia juga harus mempunyai tanggung jawab terhadap perbuatannya dalam bermasyarakat. dalam perbuatannya pasti terdapat kesalahan-kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. c. manusia ialah makhluk ciptaan tuhan.a. Dari itu semua dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab ialah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Sama saja dengan tuhannya. segala amal perbuatan maupun dosanya kelak akan dipertanggung jawabkan kepada tuhannya. . b. Tanggung jawab kepada masyarakat. Dalam mengembangkan dirinya manusia bertingkah laku dan berbuat. karena manusia juga sebagai makhluk sosial maka dalam berpikir dan bertingkah laku manusia selalu terikat oleh masyarakat. Tanggung jawab kepada keluarga.

Dapat disimpulkan bahwa pengabdian pada dasarnya ialah rasa tanggung jawab yang diwujudkan dengan perbuatan. Berikut macam-macam pengabdian: a. manusia wajib mengabdi kepada Tuhan yang menciptakannya. Bantuan dan pengabdian tidak sama. pendapat maupun tenaga sebagai wujud dari kesetiaan yang dilakukan dengan ikhlas. pendapat. dan itu merupakan perwujudan tanggung jawabnya kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Pengabdian kepada masyarakat. maupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan akan cinta. pikiran. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran. ia juga wajib mengabdi pada masyarakat karena merupakan bagian dari masyarakatnya. Manusia wajib mengabdi kepada keluarga karena ia bagian dari keluarga. ikut berpartisipasi dalam pembangunan. dan mencintai produk dalam negeri. Pengabdian kepada keluarga. Pengabdian kepada negara.III. c. Kasih sayang ini mengandung pengertian pengabdian dan pengorbanan. Mencintai negara dilakukan dalam bentuk pengabdian seperti rela menjadi sukarelawan jika ada konflik. Pengabdian kepada Tuhan. karena bantuan bersifat atas dasar ingin menolong antar sesama. Pengabdian yang dimaksud ialah penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan. d. sebagai makhluk sosial manusia pasti bergantung pada orang lain karena tiap-tiap orang saling membutuhkan. kasih sayang. . seseorang wajib mencintai bangsa dan negaranya karena ia merupakan warga dari negaranya. Jika ada manusia yang berusaha mengasingkan diri dari tengah-tengah masyarakat. Makna Pengabdian. hormat yang dilakukan dengan ikhlas. b. pada hakikatnya manusia hidup berkeluarga didasarkan oleh cinta dan kasih sayang. maka ketika ia menghadapi kesulitan yang membutuhkan pertolongan orang lain tidak ada yang mau membantunya.

karena tanpa pengorbanan kasih sayang tidak akan muncul. tenaga. waktu. pikiran. . transaksi. perasaan. Pengorbanan kepada keluarga. Pengorbanan dilakukan dengan ikhlas tanpa pamrih.Selain itu yang terpenting ialah pengabdian seseorang terhadap negara dan bangsa. jika manusia tidak menjaga kesadaran dalam hidupnya maka dalam hidupnya akan menemui kegoncangan. terlebih lagi pengabdiannya kepada Tuhan yang telah menciptakannya. Tetapi terkadang juga ada orang yang dapat melanggar banyak norma dalam perbuatannya. IV. Setiap manusia harus memiliki kesadaran moral sebab pelanggaran moral dapat mengakibatkan rusaknya nama. Semua itu dilakukan atas dasar cinta. Makna Kesadaran. Kasih sayang memerlukan pengorbanan. V. kesetiaan. intinya kapan saja diperlukan seseorang rela berkorban demi pengabdiannya. tanpa ada perjanjian. bahkan nyawa. siuman. sampai dengan jiwa. bangun dari tidur. Makna Pengorbanan. pengorbanan dapat berupa harta benda. dasar hidup berkeluarga adalah kasih sayang. Pengertian antara pengabdian dan pengorbanan hampir sulit dibedakan. Kesadaran ialah keinsyafan akan perbuatannya. Pada dasarnya sadar itu bermakna tahu dan ingat akan dirinya. karena tanpa ia sadari pelanggaran norma yang ia lakukan saling terkait dengan pelanggaran lainnya. Pengorbanan mengandung pengertian memberikan secara ikhlas yang berupa harta benda. karena biasanya pengorbanan dilakukan atas dasar pengabdian. Kesadaran berarti juga hati yang telah terbuka atau pikiran yang telah terbuka tentang apa yang telah dikerjakan. Berikut macam-macam pengorbanan: a. dan kebenaran. mengerti akan suatu hal. pikiran.

Demi negaranya seorang warga harus rela memberikan harta benda. karena itu manusia dalam hidupnya harus ada pengorbanan yang dilakukan dengan rasa ikhlas. waktu. pengorbanan didalam bermasyarakat tidak lepas dari rasa pengabdian seseorang terhadap masyarakat sekelilingnya. pengorbanan demi kebenaran dan pengorbanan demi cinta kepada agama dan cinta kepada Tuhan. harta. c. berkorban untuk agama merupakan wujud pengabdiannya terhadap Tuhan. Pengorbanan kepada masyarakat. kasih sayang. pengorbanan demi hidup di masyarakat. bahkan nyawanya dengan ikhlas demi kepentingan negara. semua itu tidak lepas dari kehidupan manusia. sebagai bangsa dan warga negara. e. bahkan nyawa demi pengabdian. seseorang yang mengakui bahwa ia merupakan anggota suatu bangsa dan warga negara suatu negara akan mempunyai kewajiban membela negaranya. Dapat disimpulkan bahwa pengorbanan: Pengorbanan ialah pemberian secara ikhlas berupa pikiran. Pengorbanan demi keluarga. kebenaran. pengorbanan demi cinta kepada bangsa negara. dan cinta. Manusia hidup sebagai pribadi. Pengorbanan karena kebenaran. Pembelaan itulah disebut pengorbanan. Pengorbanan kepada bangsa dan negara. tenaga. tenaga. . d.b. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dengan sesamanya. Dari kehidupannya itulah muncul bermacam macam jenis pengorbanan. demi kebenaran seseorang harus berani menghadapi apapun karena pada hakikatnya manusia mempunyai hak kemerdekaan dalam hidupnya. Manusia ada karena diciptakan oleh Tuhan. dan juga sebagai makhluk Tuhan. Pengorbanan kepada agama.

TUGAS . MOESTOPO BERAGAMA 2010 .ILMU BUDAYA DASAR(MANUSIA. DAN PANDANGAN HIDUP ) NAMA NIM : RICKY LEO SATRIA : 2004-22-048 FISIP (HUBUNGAN INTERNASIONAL) UNIVERSITAS Prof. TANGGUNG JAWAB.Dr.