P. 1
Cara Belajar Yang Baik

Cara Belajar Yang Baik

|Views: 2|Likes:
Published by Rusli Haikal Afandi

More info:

Published by: Rusli Haikal Afandi on Nov 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

Cara Belajar yang Baik

Belajar adalah kata yang unik bagi manusia, kata yang bisa merubah hidup sesorang ntah itu menjadi baik maupun buruk. Tapi ada yang menarik bagi saya tentang belajar, bila kita mati ada perbedaan yang mencolok tentang belajar waktu kita kecil dan saat ini ketika kita telah dewasa. Kata belajar menjadi semakin mebosan kan dan bikin pusing. Baru denger aja udah pusing….!!!#$ hadeuh alay banget sich Menurut saya kita merasa bosan dan gak ngerti-ngerti karena kita gak selalu mengupdate car belajar kita. Padahal semakin bertambahnya usia maka kita semakin harus bisa memodifikasi cara belajar kita. Berikut ini saya pengen kasih sedikit cara belajar yang baik menurut saya, check this out!!! 1. Belajar Kelompok Secara alami emang kalok sesuatu kita kerjakan pake metode keroyokan(baca: kelompok) itu pasti terasa semakin mudah dan enteng banget dah. Begitu juga dengan belajar, kalok dalam belajar kita lakukan berkelompok suatu itu jadi semakin mudah dan menyenangkan. Kalok kita gak bisa ntar ka nada temen yang lain yang bisa dan ngasih tau kita, begitu sebaliknya. Namun terkadang kelompok belajar bisa berubah jadi kelompok bermain(mirip Play Group dong) kalok kita semua gak ngerti materi pelajaran dengan baik dan gak ada yang ngawasi. Maka dari itu agar dalam belajar kelompok lebih efektif kamu bisa minta orang yang lebih tua untuk ngawasi kalian waktu belajar kelompok. Yah tapi jangan ketat-ketat amat deh karea kalok terlalu ketat juga kita malah stress, jadi minta aja emak kita yang sedang masak di dapur gitu untuk awasin kita dari dapur nya. Nah kalok udah kedengeran kita gaduh baru diingetih deh. Setelah itu biar dalam belajar kelompok lebih efektif mintalah teman mu yang pinter buat gabung. Intinya dikelompok belajar mu harus ada orang yang pinter dan minimal menguasai pelajaran, biar waktu pada bingung ada yang jelasin materinya. 2. Buat Catatan Singkat Sebesar apa pun kapasitas otak seseorang tentu suatu saat kita akan pernah merasakan lupa terhadap sesuatu. Jadi wajar ya ada istilah “Ingatan tak lebih panjang dari tulisan di kertas”. Jadi buatlah catatan materi yang kalian penge fahami, ingat catatan yang bagus itu yang enak dibaca, dan sesingkat mungkin. Biar kita bisa baca catatan nya dimana pun kita berada. Agar lebih enak catatan bisa kita beri hal-hal yang menarik. 3. Buat Rencana dan Targetan Rencana yang kita buat bukan untuk membatasi kita tapi untuk membantu kita mengatur waktu agar lebih efisien dan gak terbuang percuma. Jadi rencana itu alat bantu kita untuk membagi waktu aja. So..” buatlah rencana serealistis mungkin dan gak membebani kita. Untuk targetan yang kita buat ini bukan bermaksud untuk membuat kita merasa tertekan dengan apa yang harus kita capai. Tapi targetan adalah penyemangat kita untuk mencapai sesuatu. Jadi tiap kita melihat targetan kita jangan munculkan rasa tertekan, tapi munculkan perasaan semangat untuk mencapainya. Oke….!!! 4. Ta’ati Ingat rencana sebagus apapun dan targetan setinggi-tingginya tidak akan terpenuhi kalau kita acuhkan dan gak kita usahakan untuk kita capai. Jadi kita harus disiplin terhadap apa yang kita rancang kalo kita emang bener-bener pengen berhasil sesuai rencana. 5. Bertanya dan Ditanya

Dan kalo’ udah ketagihan pasti kita nyepele’in belajar karena kita selalu mikir kalok gak bisa mah nyontek aja. bukan lama nya.Jangan pernah malu untuk bertanya kalau gak ngerti. pendekatan yang dimaksud disini ada dua. Pendekatan yang kedua tentu pendekatan sama Alloh SWT. Good Luck buat kalian semua yang pengen nyoba ya. tapi untuk nyari tau mana yang kita belom paham. Evaluasi Evaluasi bukan lah untuk mencari kesimpulan kalok kita bodoh atau gak ngerti. PeDeKaTe Yang terakhir pendekatan tuh. Nah ini sebenernya racun yang paling dahsyat buat kita jadi anak yang bodoh atau terpaksa bodoh lebih tepat nya. So kalo kitaudah tau mana yang belom paham kita bisa belajar lebih dibagian itu. Itu sebenernya kenapa seorang guru bisa terlihat sangat pintar di depan murid-murid. Gitu ho maksudnya evaluasi. Tapi kalo’ banyak tanya malu-maluin juga sih. Amin… . Jadi jangan pernah lupa dekatkan diri sama Alloh SWT kalo’ emang pengen sukses. Lalu kita bilang “ngapa gak dari dulu saya kayak gini ya”. Focus dan serius itu satu kesatuan yang kalok kita lakukan pasti kita merasa lebih enak dan mudah mengerti. 10. saya pernah lakuin semua lho dan Alhamdulillah berhasil. karena malu bertanya sesat dijalan. So’ kalok pengen gak malu-maluin kalok’ ada yang gak ngerti lalu tanyain terus kalok udah ngerti inget-inget or catet biar gak lupa lagi. Yang pertama pendekatan sama guru yang ngajar. dan kalok udah cape’ ya berenti dong jangan siksa badan . Semoga berhasil kayak saya lah. Jadi belajar lah saat fresh. jadi jangan pernah takut kalo nilai evaluasi kita kecil. 7. Kalo’ masih gak percaya bukti’in aja sendiri dah. Fokus dan Serius “Kalo’ lagi belajar itu yang serius” mungkin ini kata-kata yang dianggap kuno dan klise bagi orang-orang saat ini. Apa lagi belajar sampe jam 12 malem. Jujur Jujur lah dalam ujian atau yang lainnya. 8. karena semakin kita dekat sama guru yang ngajar kita maka kita akan semakin nyaman belajar. Tapi percaya atau enggak kenyata’annya saat kita belajar serius selama 30 menit itu lebih berarti dibandingkan kita belajar gak serius selama 3 jam. 6. Kayaknyta ini normative dan kuno ya. Sebenernya ngejelasin ke orang lain itu salah satu cara belajar yang paling efektif dan elegant lho. Ini lah beberapa cara belajar yang efektif menurut saya. karena semua upaya kita hanya Alloh lah yang bisa mengabulkan nya. ihh alay banget dah(kayak kagak ada waktu lagi aja). tapi bener deh kalo’ kita udah terbiasa buat gak jujur itu pasti ketagihan. Jadi satu-satunya barang yang kalo’ kita share bisa nambah itu ya ilmu. 9. Percaya gak ketika kita ngejelasin sesuatu ke orang lain kita kan semakin paham dan ngerti tentang apa yang kita jelasin. Jangan Lebay Belajar itu jangan lama-lama kalok masih pemula(jangan lebay dah). Yang penting untuk pemula tuh biasain aja rajin belajar itu yang penting. Ya karena guru seneng banget kalok suruh jelasin sesuatu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->