P. 1
MAKALAH DIABETES MELLITUS

MAKALAH DIABETES MELLITUS

|Views: 1,366|Likes:
Published by sayu22
DIABETES MELLITUS
DIABETES MELLITUS

More info:

Published by: sayu22 on Nov 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/17/2015

$4.99

USD

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Diabetes mellitus adalah suatu keadaan dimana terdapat kadar gula yang berlebihan dalam peredaran darah , dan ini terjadi karena badan kekurangan suatu hormone yang disebut insulin, dan hormone itu yang diperlukan untuk menukar gula kedalam tenaga pada badan kita. Akibatnya ialah glukosa bertumpuk di dalam darah (hiperglikemia) dan akhirnya diekskresikan lewat kemih tanpa digunakan (glycosuria). Karena itu produksi kemih sangat meningkat dan pasien harus sering kencing (poliuria), merasa amat haus (polidipsia), berat badan menurun dan berasa lelah. Penyakit diabetes juga sebagai penyakit keturunan atau kadang bisa muncul diluar faktor keturunan. Menurut laporan terakhir WHO didunia kini terdapat sekitar 120 juta penderita diabetes mellitus dan diperkirakan akan naik menjadi 250 juta pada tahun 2025. Kenaikan ini antara lain karena faktor usia harapan hidup semakin meningkat, diet kurang sehat, kegemukan serta gaya hidup modern. Di Indonesia menurut survey 1993 prevanlensi penyakit diabetes dikota-kota besar 6-20 tahun yaitu 0,26%, usia di atas 20 tahun 1,43%, dan usia diatas 40 tahun 4,16%, sedangkan dipedesaan usia diatas 70 tahun 1,47%. Diperkirakan seluruh penderita diabetes di Indonesia sekitar 2,5 juta orang.

1

Penyakit Diabetes yang ditemukan pada usia muda ( paling banyak ditemukan pada usia antara 10-12 tahun ).BAB II PEMBAHASAN 2. Penyakit itu ditandai oleh naiknya kadar gula darah (hiperglikemia) dan tingginya kadar gula dalam darah (glikosuria). Penyakit Diabetes yang ditemukan pada orang dewasa diatas 30 tahun disebut Adult Diabetes.1. mungkin diambil sebagai nama penyakit itu untuk menggambarkan tingginya kandungan gula dalam urin penderita.1. Jika seseorang menderita diabetes biasanya ia juga mengetahui siapa sanak keluarganya yang juga menderita penyakit yang sama. disebut Juvenile Diabetes 2. terutama dalam membagi insulin yang memproses gula dalam tubuh dengan baik sehingga kurang aktifnya produksi hormone insulin dari sel kelenjar langerhans pada organ pancreas. Umumnya penyakit diabetes dianggap sebagai penyakit keturunan. 2.1. macetnya produksi ini bisa karena menyusutnya jumlah sel penghasil hormon insulin sejak seseorang dilahirkan 2 .2. untuk melakukan fungsinya secara wajar. Diet therapy pada Penderita Diabates Mellitus 2. Perkataan diabetes berasal dari bahasa Yunani (Diabetes) yang berarti “Bocor ” sedangkan kata mellitus berasal dari bahasa Latin (Mellitus) yang berarti “madu”.1. Berdasarkan usia penderitanya. Dalam bahasa Indonesia penyakit itu disebut sebagai penyakit “kencing manis”. Pengertian Diabetes Mellitus Diabetes mellitus merupakan penyakit endokrin yang paling umum ditemukan. penyakit diabetes ada 2 macam yaitu : 1. Penyebab Diabetes Mellitus Penyakit ini disebabkan oleh adanya kerusakan kelenjar pancreas ataupun alat dalam pancreas.

Gejala-gejala Penderita Diabetes Mellitus Untuk mengetahui apakah seorang menderita DM yaitu dengan memeriksakan kadar gula dalam darah. yang tergantung pada insulin. Gejala akut yang ditunjukkan pada satu penderita dengan penderita yang lain selalu tidak sama. meskipun mekanismenya belum diketahui dengan jelas dan umur pun juga merupakan faktor pada orang dewasa karena semakin bertambahnya umur kemampuan jaringan mengambil glukosa darah semakin menurun. DM ini disebabkan insulin yang ada tidak dapat bekerja dengan baik. DM type II atau disebut NIDDM (Non-Insulin Dependent Diabetes Melitus). atau penyakit dengan degenerative. 3 .1.Biasanya terjadi pada usia muda dan memerlukan insulin seumur hidup. atau disebut IDDM (Insulin Dependent Diabetes Melitus). kadar insulin dapat normal. 75% dari penderita DM type II dengan obesitas atau sangat kegemukan dan biasanya diketahui setelah usia 30 tahun.3.Akibat glukosa dalam darah tetap tinggi sehingga terjadi hiperglikemia.(bawaan. Ada 2 macam type DM : 1. Faktor penyebab diabetes mellitus adalah faktor keturunan dan diabetes berkaitan erat dengan kegemukan. yang tidak tergantung insulin.sebagian penderita DM type ini berat badannya normal atau kurus. dan sering haus. 2. Kadar gula darah normal adalahPada saat : Puasa (nucthter) : 80 -<110 mg/dl dan Setelah makan : 110-<160 gr/dl. serangan virus. sering lapar. 2. Gejala yang menonjol yaitu sering kencing (terutama malam hari).DM ini disrebabkan akibat kekurangan insulin dalam darah yang terjadi karena kerusakan dari sel beta pancreas. DM type I. keturunan). Namun ada gejala yang khas yang sering kurang dirasakan. Bahkan juga akibat penyakit autoimun. rendah atau bahkan meningkat tetapi fungsi insulin untuk metabolisme glukosa tidak ada atau kurang.

Pada penderita diabetes tipe I. maka sel-sel ini mengambil energi dari sumber yang lain. 2. Sedangkan pada diabetes kronis biasanya gejala timbul secara perlahan. Sel lemak dipecah dan menghasilkan keton. antara lain: 1. Kadar gula didalam darah adalah tinggi tetapi karena sebagian besar sel tidak dapat menggunakan gula tanpa insulin. Gatal-gatal dan bila ada luka sikar sembuh. Mudah kram 5. 6. yang merupakan senyawa kimia 4 . 4. 7. teritama dalam malam hari. gejalanya timbul secara tiba-tiba dan bisa berkembang dengan cepat ke dalam suatu keadaan yang disebut dengan ketoasidosis diabetikum. Mengantuk 6. Mata kabur 7. Sering kencing (pelyuria). Kemampuan seksual menurun bahkan impotent Pada ibu hamil sering terjadi keguguran yang mengakibatkan kematian janin dalam kandungan. Rasa tebal di kulit 4. Sering merasa leleh dan mengantuk.Adapun gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penderita DM adalah sebagai berikut : 1. Gatal sekitar kemaluan (terutama wanita) 8. Gigi mudah goyang dan lepas 9. Diabetes mellitus pada kehamilan umumnya sembuh dengan sendirinya setelah persalinan. Berat badan menurun meskipun banyak makan. Kalau bayi dilahirkan selamat pun berta lahir bayi lebih dari 4 kg. 5. Sering kesemutan 2. Menurunnya gairah sek. Kulit terasa panas atau seperti tertusuk jarun 3. Sering haus (polidipsia) dan makan (poliphgia) 3. Nyeri otot.

4. muntah. Kadar gula setelah puasa biasanya berkisar antara 70 mg – 100 mg per 100 ml darah. Tanpa pengobatan. Pernafasan menjadi dalam dan cepat karena tubuh berusaha untuk memperbaiki keasaman darah. kadang dalam waktu hanya beberapa jam. Komisi diabetes dari WHO merekomendasikan konsentrasi glukosa darah baik setelah puasa ataupun setelah 2 jam diberi glukosa sebagai berikut : Konsentrasi Glukosa (mg / 100 ml) Bukan diabetes < 110 <120 <135 Penderita diabetes >130 >140 >155 Sampel Darah Darah vena Darah kapiler Plasma darah 5 . Gejala awal dari ketoasidosis diabetikum adalah rasa haus dan berkemih yang berlebihan. Demikian juga halnya dengan kandungan gula darah pada pemeriksaan 2 jam seterlah makan. harus diulakukan test lebih lanjut karena kandungan gula darah sedemikian itu sudah merupakan petunjuk adanya penyakit diabetes mellitus.1.apabila kandungan darah yang ditemukan pada kedua test itu berkisar antara 110 mg – 120 mg per 100 ml darah. Tes Untuk Mengetahui Diabetes Millitus Penyakit diabetes mellitus dapat diketahui dengan cara memeriksa kandungan gula dalam darah. Dalam keadaan normal kandungan gula darah akan menurun sesuai dengan jarak waktu setelah pemberian caira gula. 2. Pemeriksaan kandunga gula darah yang paling sering dilakukan adalah kandungan darah setelah puasa (fasting blood glucose test).beracun yang bisa menyebabkan darah menjadi asam (ketoasidosis). ketoasidosis diabetikum bisa berkembang menjadi koma. lelah dan nyeri perut (terutama pada anak-anak). Bau nafas penderita tercium seperti bau aseton. atau kandunagn gula darah 2 jam sehabis makan (postprandial blood glucose test). mual.

Kadar glukosa darah bisa menurun drastis jika penderita menjalani diet yang terlalu ketat. Bahaya yang Menyertai Diabetes Mellitus Komplikasi DM dapat bersifat akut atau kronis. dianjurkan untuk dapat memeriksa sendiri adanya gula dalam urin. 6 . dengan menggunakan pipet.5. Untuk itu diperlukan peralatan sederha berupa tabung reaksi. maka berarti terdapat gula dalam urin yang diperiksa. Dapat juga bagian bawah tabumg dimasukkan ke dalam air mendidih selama 5 menit. 1. Campuran dipanaskan sambil dikocok di atas api sampai mendidih. Jika campuran dalam tabung berubah warna. dan larutan benedict sebagai pereaksi.1. pipet kecil. Arti perubahan warna campuran urin dengan larutan Benedict yang dipanaskan itu adalah sebagai berikut : Perubahan warna Warna larutan tetap biru tua Warna larutan berubah hijau Warna larutan berubah kekuning-kuningan Warna larutan berubah hijau coklat Warna larutan berubah merah coklat Tafsiran Gula negatif Ada gula : + Ada gula : ++ Ada gula : +++ Ada gula : ++++ 2.Bagi penderita yang sudah jelas menunjukkan tanda diabetes. Perubahan yang besar dan mendadak dapat berakibat fatal. Larutan Benedict sebanyak 5 ml dimasukkan ke dalam tabung reaksi kemudian ditambah dengan 8 tetes urin yang akan diperiksa. Komplikasi akut Komplikasi akut terjadi jika kadar glukosa darah seseorang meningkat atau menurun dengan tajam dalam waktu relatif singkat.

berdebar-debar. mengeluarkan keringat.6. hipotensi. Komplikasi kronis Komplikasi kronis diartikan sebagai kelainan pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan serangan jantung. Hipoglikemia yaitu keadaan seseorang dengan kadar glukosa darah di bawah nilai normal. 2. Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus Tujuan utama dari pengobatan diabetes adalah untuk mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran yang normal. Koma hiperosmoler non ketotik yang diakibatkan adanya dehidrasi berat. Koma lakto asidosis yang diartikan sebagai keadaan tubuh dengan asam laktat yang tidak dapat diubah menjadi bikarbonat. Kadar gula darah yang benarbenar normal sulit untuk dipertahankan. lupa suntik insulin. pusing. Gejala hipoglikemia ditandai dengan munculnya rasa lapar. jantung. dan gangguan saraf. pola makan yang terlalu bebas. kadar asam laktat dalam darah meningkat dan seseorang bisa mengalami koma. dan penderita bisa menjadi koma. Komplikasi kronis sering dibedakan berdasarkan bagian tubuh yang mengalami kelainan. maka kemungkinan terjadinya komplikasi sementara maupun jangka panjang adalah semakin berkurang. tetapi semakin mendekati kisaran yang normal. mulut. Ketoasidosis diabetik-koma diabetik yang diartikan sebagai keadaan tubuh yang sangat kekurangan insulin dan bersifat mendadak akibat infeksi. Karena itu. gemetar. dan shock. 2. gangguan fungsi ginjal. urogenital. Akibatnya. seperti kelainan di bagian mata.Dalam komplikasi akut dikenal beberapa istilah sebagai berikut: 1. saraf. koma hiperosmoler non ketotik diartikan sebagai keadaan tubuh tanpa penimbunan lemak yang menyebabkan penderita menunjukkan pernapasan yang cepat dan dalam (kusmaul). 2. Tetapi 7 . 4. 3.Seseorang yang obesitas yang menderita diabetes tipe II tidak akan memerlukan pengobatan jika mereka menurunkan berat badannya dan berolah raga secara teratur. dan kulit. atau stres.1. gelisah.

Karena itu biasanya diberikan terapi sulih insulin atau obat hipoglikemik per-oral. Olah raga 3. Obat-obat hipoglikemik per-oral 8 . Pengobatan diabetes meliputi obatobatan. Obat-obatan 3. 1. olah raga dan diet .kebanyakan penderita merasa kesulitan menurunkan berat badan dan melakukan olah raga yang teratur. Diet 2.

terutama dalam membagi insulin yang memproses gula dalam tubuh dengan baik sehingga kurang aktifnya produksi hormone insulin dari sel kelenjar langerhans pada organ pancreas .1. 3. Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang berdampak pada produktifitas dan dapat menurunkan Sumber Daya Manusia. 6. Penyakit diabetes mellitus dapat diketahui dengan cara memeriksa kandungan gula dalam darah. berat badan menurun meskipun banyak makan. faktor keturunan dan diabetes berkaitan erat dengan kegemukan. Pemeriksaan kandungan gula darah yang paling sering dilakukan adalah kandungan darah setelah puasa (fasting blood glucose test). disebut Juvenile Diabetes 4. penyakit diabetes ada 2 macam yaitu : Penyakit Diabetes yang ditemukan pada usia muda ( paling banyak ditemukan pada usia antara 10-12 tahun ).menurunnya gairah sek.nyeri otot. Penyakit Diabetes yang ditemukan pada orang dewasa diatas 30 tahun disebut Adult Diabetes 5. Penyakit ini disebabkan oleh adanya kerusakan kelenjar pancreas ataupun alat dalam pancreas. atau kandunagn gula darah 2 jam sehabis makan (postprandial blood glucose test). 9 . Berdasarkan usia penderitanya. 2. Penyakit Diabetes Mellitus juga disebut penyakit kencing Manis. 7.gatal-gatal dan bila ada luka sikar sembuh. untuk melakukan fungsinya secara wajar. Kadar gula setelah puasa biasanya berkisar antara 70 mg – 100 mg per 100 ml darah. Adapun gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penderita DM adalah sebagai berikut : sering kencing (pelyuria). sering haus (polidipsia) dan makan (poliphgia). Sering merasa leleh dan mengantuk. Kesimpulan 1.BAB III PENUTUP 3.

Pengobatan diabetes meliputi obat-obatan. Pada dasarnya penderita diabetes boleh berpuasa tetapi tergantung seberapa penyakitnya. Bawang putih merupakan salah satu bahan yang baik untuk dikonsumsi terutama bagi penderita Diabetes karena bawang putih mengandung sugar regulating faktor. 9. 12. Sedangkan terkait dengan obesitas maka etika makan dalam islam adalah solusi yang paling utama. lemak dan hidrat arang. keturunan dan obesitas). 10. Tujuan utama dari pengobatan diabetes adalah untuk mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran yang normal.terkait dengan keturunan sebenarnya dapat dicegah dengan selektif ketika mencari pasanagn atau jodoh. protein.dahulu banyak makanan yang dipotog atau dibatasi bagi penderita DM.sehingga dalam pandangan islam. 10 . Daftar bahan makanan penukar adalah suatu daftar nama bahan makanan dengan ukuran tertentu dan dikelompokkan berdasarkan kandungan kalori. yang bermanfaat untuk mengendalikan bahkan menurunkan kadar gula seorang penderita diabetes. Tapi menurut penelitian. olah raga dan diet. 15.8. faktor paling potensial yang menjadi penyebab penyakit diabetes mellitus yaitu ( bawaan. Bahaya yang menyertai Diabetes Mellitus menyangkut komplikasi akut dan kronis. Peran pemerintah dan DPRD/DPR terkait dengan Diabetes mellitus dapat terlihat pada pembagunan bidang kesehatan. sebagian penderita diabetes termasuk dalam kategori yang boleh berpuasa. 14. Strategi gizi atau perencanaan makanana yang tepat merupakan pengobatan diabetes yang penting. 11. Tujuan perencanaan makanan adalah mempertahankan kadar glukosa darah senormal mungkin serta mengusahakan agar berat badan penderita mencapai batas-batas normal. 13.

my/BM/nasihat/artikel diakses tanggal 06 mei 2008.org. Penyakit Kencing Manis. Malang Budiyanto. diakses tanggal 06 mei 2008. (http://www.htm. Pengetahuan Makanan dan Diit Untuk Penyembuhan Penyakit. Gramedia Pustaka Utama.sabah kencing manis. A. org. 1992. Malang Hismani. 1999. (http://www. 2002. Jakarta Jokoprawiro. UMM Press. 2008.K. 2004. 2002. Diabetes Millitus Klasifikasi Diagnosis dan Terapi.htm. Gramedia Pustaka Utama. Peranan Gizi bagi penderita Diabetes Mellitus.M.DAFTAR PUSTAKA Badrus.sabah. kesehatan/penyakit Budiyanto.K. Moehyi. online. S. online. UMM Press. A. Jakarta kesehatan/penyakit 11 . M. Dasar-Dasar Ilmu Gizi. Gizi dan Kesehatan.A.my/BM/nasihat/artikel kencing manis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->