Mata Pelajaran : Biologi Kelas : VIII/Semester 1

Penulis : Wiwi Marwiyah, S.Pd., M.Si

Secara anatomi (disayat melintang) struktur dan jaringan penyusun akar tumbuhan tersusun dari lapisan-lapisan jaringan berikut :  Epidermis terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat. Dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Memiliki rambut-rambut akar yang merupakan hasil aktivitas sel dari belakang titik tumbuh. Rambut rambut akar berfungsi memperluas bidang penyerapan.  Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis. Dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas.  Endodermis terletak di sebelah dalam korteks. Endodermis berupa satu lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Dinding selnya mengalami penebalan gabus. Deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. Endodermis merupakan pemisah antara korteks dengan stele serta berfungsi sebagai pengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.  Perisikel terletak di sebelah dalam endodermis, terdiri dari satu lapis sel yang berfungsi membentuk cabang akar dan cambium gabus.  Stele (silinder pusat) terletak di sebelah dalam endodermis, tersusun dari sel-sel parenkim yang disebut empulur. empulur. Berkas pengangkut terdapat di antara

Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah, S.Pd., M.Si)

9

. Monokotil • Susunan lapisan jaringan: epidermis – korteks – endodermis – perisikel – floem – xilem .2.Sumber: Campbell Gambar 1. maka dapat dibandingkan antara struktur monokotil sebagai berikut: Tabel 1. S.Si) 10 . M.empulur • Berkas pengangkut xilem – floem tersusun dalam satu lingkaran Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah.Pd.5.empulur • Berkas pengangkut xilem – floem memancar seperti jari-jari pusat roda sepeda dengan floem terletak di antara jari-jari xilem. Sayatan Melintang Akar Dikotil dan Monootil Berdasarkan gambar sayatan melintang akar dikotil dan monokotil di atas. Perbandingan Struktur Jaringan Akar Dikotil dan Monokotil jaringan penyusun akar dikotil dan Dikotil • Susunan lapisan jaringan: epidermis – korteks – endodermis – perisikel – floem – xilem .

Sebagai tempat pengangkutan air dan unsur hara dari akar. Adapun bagian ujung batang terdapat tunas terminal. Fungsi Batang Secara umum.sentra-edukasi.6. Batang sudut di antara daun dan batang dinamakan tunas aksiler.com Selain buku dan ruas. Perhatikan Gambar 1. Memperluas tajuk tumbuhan untuk efisiensi penangkapan cahaya matahari. yaitu bagian batang yang letaknya di antara buku-buku. dan bunga. Tunas ini berpeluang menjadi cabang. 3). tunas. misalnya daun. Efisiensi penyerbukan dan membantu pemencaran benih. M. 2). 4). Tempat tumbuhnya organ-organ generatif. Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah. Letaknya berada di atas tanah. Pada bagian batang terdapat buku (nodus) atau tempat daun melekat dan ruas (internodus).2. Organ ini dikategorikan sebagai penghasil alatalat lateral.Si) 11 .. a.Pd. batang mempunyai beberapa fungsi berikut: 1). Sumber: www. pada batang terdapat suatu tunas. Tunas yang terdapat pada Gambar 1.6. BATANG Batang merupakan bagian sistem tunas pada tumbuhan. S.

Si) 12 . Siapkan mikroskop sampai menemukan bidang pandang yang jelas. Adakah perbedaan susunan berkas pengangkut pada batang monokotil dan dikotil? Jelaskan! Kesimpulan: …………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………… Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah.. Apa saja jaringan penyusun batang dikotil? Sebutkan secara berurutan dari luar ke dalam! 3. Ambil setiap kelompok 1 mikroskop. preparat batang monokotil dan dikotil. Aktivitas 4 Bagaimana Strutur Jaringan Batang? Tujuan: Untuk mengetahui struktur jaringan batang monokoti dan dikotil. sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. S. M. Apa yang kamu perlukan? Mikroskop. Amati satu per satu preparat dengan teliti dan gambarkan hasilnya pada buku praktikum! Pertanyaan: 1. Apa saja jaringan penyusun batang monokotil? Sebutkan secara berurutan dari luar ke dalam! 2. 1 preparat batangmonokotil dan 1 preparat batang dikotil . Struktur Batang Batang dapat diumpamakan sebagai sumbu tubuh tumbuhan.5). Buat kelompok terdiri dari 3-4 orang. 2. 3. Bagian ini umumnya tumbuh di atas tanah. Pada tumbuhan tertentu. 4. b.Pd. Apa yang harus kamu lakukan? 1. misalnya berupa umbi atau rimpang.

Terdapat kolenkim dan sklerenkim yang berfungsi sebagai penyokong dan penguat tubuh. struktur jaringan penyusun batang tumbuhan terdiri atas tiga bagian. Pada tumbuhan kayu yang telah tua terdapat kambium gabus yang menggantikan fungsi jaringan primer. Di dalamnya terdapat sel parenkim dan berkas pengangkut. korteks. dan stele. Aktivitas kambium gabus adalah melakukan pertukaran gas melalui celah yang disebut lentisel. tanpa ruang antarsel.. Sayatan Melintang Batang Monokotil Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah. M. Adapun struktur jaringan penyusun batang (dari luar ke dalam) beserta ciri-cirinya dijelaskan dalam uraian berikut.6.  Stele: Lapisan terluar disebut perisikel.Si) 13 .  Korteks: Tersusun oleh beberapa lapis sel parenkim yang tidak teratur dan berdinding tipis. dinding luar terdapat kutikula yang berfungsi untuk melindungi batang dari kehilangan air yang terlalu besar. S. yaitu epidermis.Secara umum.Pd. Campbell Gambar 1.  Epidermis: Tersusun oleh selapis sel. tersusun rapat. banyak ruang antarsel. Sumber: Biologi 1.

Jaringan dasarnya terdiri dari korteks di bagian luar dan empulur di bagian dalam. Sayatan Melintang Batang Monokotil Sumber: Campbell Gambar 1. Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah..6. S. Sayatan Melintang Batang Dikotil Pada tumbuhan dikotil letak berkas pembuluh angkut tersusun dalam sebuah lingkaran. Gambar 1. Jaringan dasarnya terdiri dari korteks di bagian luar dan empulur di bagian dalam.Pd.6.Pada tumbuhan monokotil letak berkas pembuluh angkut terletak menyebar di seluruh jaringan dasar. M. Diantara xiem dan floem batang tanaman berkayu terdapat jaringan kambium yang bersifat meristematik membuat floem ke arah luar dan xilem ke arah dalam.Si) 14 .

Pd.kompas. Di daerah yang banyak hujan. Daun memiliki bentuk dan ukuran tertentu sehingga dapat melakukan tugas penting.7. Daun merupakan modifikasi dari batang. Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun.3. daun ada juga yang berwarna kuning. merah. S. a. membuat makanan seefisien mungkin. Namun. DAUN Daun terletak di bagian atas tumbuhan dan melekat pada batang. Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. Daun Berduri sebanyak mungkin.Si) 15 . Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dari batang. Membuat makanan melalui proses fotosintesis.com yang lebar agar dapat menangkap sinar matahari Gambar 1. Fungsi Daun Tumbuhan memiliki daun. Secara umum daun memiliki fungsi sebagai berikut: 1). Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah. sementara daun lainnya tebal dan kuat untuk bertahan di udara dingin. Daun umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau. Beberapa daun memiliki duri untuk melindungi diri.. atau ungu. daun sering memiliki lapisan yang mengkilat dan tahan air. M. Tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap dan teduh memiliki daun Sumber: kfk.

Tulang daun bercabangcabang membentuk tulang rusuk daun.. Daun ditopang oleh tangkai daun. Struktur daun dibedakan atas struktur luar dan struktur dalam. Struktur Luar Daun 1).Pd.com Batang Gambar 1. Sebagai tempat pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi. Struktur Daun Daun berbentuk pipih melebar dan berwarna hijau. b.Si) 16 . Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1( Wiwi Marwiyah. Struktur Luar Daun Secara morfologi daun terdiri dari:  Helaian daun ( lamina ).2).8.kompas. Tempat pertukaran gas. Tangkai daun berhubungan dengan tulang daun. 3). M. Helai daun Tulang rusuk daun Tulang daun Tangkai daun Pelepah stipula Sumber: kfk. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful