KUNCI JAWABAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 2 SEKOLAH DASAR

OLEH SRI TEMINAH, S. Pd.SD Telp. 081329434242/082136907789

Materi 1 Hidup Rukun

Lembar Kerja 1. orang lain 2. manusia/orang 3. pemersatu 4. warga negara 5. sosial 6. Kristen/katolik 7. Ponorogo 8. damai 9. orang lain 10. suku bangsa Tugas Mandiri Kebijaksanaan guru (disesuaikan dengan keadaan siswa) Lembar Kerja 1. Perumahan Cermai Indah 2. Pada hari minggu 3. Arka dan Syafi 4. Agar hidup rukun antara kakak dan adik. 5. Mengajak adiknya bermain.

Tugas Mandiri 1. Jarang (disesuaikan dengan siswa) 2. Sering (disesuaikan dengan siswa) 3. Kadang-kadang (disesuaikan dengan siswa) 4. Jarang (disesuaikan dengan siswa) 5. Sering (disesuaikan dengan siswa) 6. Jarang (disesuaikan dengan siswa) 7. Sering (disesuaikan dengan siswa) 8. Sering (disesuaikan dengan siswa) 9. Kadang-kadang (disesuaikan dengan siswa)

10. Jarang (disesuaikan dengan siswa)

Lembar Kerja Kakak
Eyang Rajin UKS Kelas Usia Nakal Air Nasi

Tugas Mandiri 1. Melayat 2. Kerja bakti membersihkan selokan. 3. Ikut membantu 4. Menengok/menjenguk 5. Semua warga masyarakat

Lembar Kerja 1. menolong 2. ilmu 3. teman 4. taati/patuhi 5. bangga/tersenyum 6. menolong 7. menyapu 8. teman 9. halaman 10. kedamaian

Tugas Mandiri

rukun 2. Dimana saja/rumah. Kegiatan ini dapat memupuk kerukunan di antara sisiwa. (disesuaikan dengan siswa) Lembar Kerja 1. rukun 6. Orang yang lebih tua 3. 3. membantu pekerjaan rumah orang tua. Kerukunan menciptakan persatuan bangsa. 2. Mengajak adik main. . rukun 8. c Pembahasan: kerukunan di rumah dapat di terapkan dengan anggota keluarga (ayah. rukun 5. Menyayangi Ulangan Harian 1 I. dan kakak atau adik). tidak rukun 9. tidak rukun 4. sekolah. 5. 1. (disesuaikan dengan siswa) Gambar merupakan gambar anak-anak yang jajan di kantin. tidak rukun 7. dan masyarakat. tidak rukun 10. c Pembahasan: kerukunan harus dijaga di rumah. tidak rukun 3. ibu. Kegiatan ini dapat memupuk kerukunan karena siswa yang berbeda kelas dapat saling mengenal.Gambar menggambarkan kegiatan gotong royang siswa perempuan dan laki-laki. tidak rukun Tugas Mandiri 1. masayarakat (dimana saja) 2. 4. sekolah. b Pembahasan: kerukunan harus diterapkan sejak dini atau kecil.

rukun 2. Isian 1. c Pembahasan: kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama 12. a Pembahasan: tidak membeda-bedakan teman merupakan salah satu cermin kerukunan di sekolah 11. c Pembahasan: sebelum sekolah kita harus meminta izin dan doa restu kepada orang tua kita 10. b Pembahasan: jika kita bertemu dengan guru atau orang yang sudah dikenal kita harus menyapa dengan baik agar tercipta kerukunan II. b Pembahasan: kerja bakti membersihkan lingkungan dapat mempererat kerukunan di lingkungan masyarakat. menyayangi . a Pembahasan: jika ruangan kotor harus segera disapu atau dibersihkan 13. 8. c Pembahasan: kita harus menolong orang yang sedang kesulitan 6. kita wajib meminjami jika kita punya lebih 7. c Pembahasan: jika ada teman yang sakit kita harus menjenguknya 15. sosial 4. a Pembahasan: jika ada teman yang lupa membawa peralatan sekolah. a Pembahasan: kita harus membantu orang tua yang sedang mengerjakan sesuatu 5. a Pembahasan: segala sesuatu yang baik harus ditanamkan sejak kecil atau dini 14. b Pembahasan: bertengkar termasuk perbuatan yang tidak rukun 9. kecil atau usia dini 3.4.

5. dapur 8. Semua anggota keluarga (bapak. tidak 8. sekolah. Karena manusia adalah makhluk social yaitu membutuhkan bantuan orang lain. Di mana saja (rumah. Menjenguk oaring sakit. menolong adik bangkit dari sepeda 6. 4. mmenjenguk atau menengok 9. Rukun berarti hidup berdampingan dengan orang lain. Meminjami teman yang lupa membawa pensil warna. Perbaikan 1. 2. membantu atau menolong ibu 2. 2. disapu atau dibersihkan 7. minta maaf 10. tidak 3. aman atau damai Pengayaan 1. terima kasih 5. minta maaf 4. tidak akan terjadi pertengkaran di masyarakat. Membantu ibu memasak di dapur . suku III. Membantu korban bencana alam 5. dan anak). menyayangi 10. menganggu 6. dan masyarakat) 3. membantu atau menolong 7. Tidak berebut mainan dengan adik. Jawab Singkat 1. ibu. ijin atau doa restu 9.

5. Membantu adik menyesaikan PR 7. Bermain sepak bola di halaman. Makan bersama 9. Membersihkan halaman bersama 6. Bertengkar dengan teman Berebut mainan dengan adik.Bermain bersama dengan teman. 3. Tidak bertengkar dengan adik 8. Membersihkan kelas bersama-sama. Bermain bersama adik. Tugas Non Berstruktur Gambar yang mencerminkan ketidakrukunan adalah berebut mainan dengan adik. Membantu ayah memperbaiki pagar rumah. Membantu ayah memperbaiki pagar Mengerjakan tugas kelompok 4. 4. Membantu ibu memasak di dapur 2. 3. Membantu ibu memasak di dapur. Membantu teman yang kesusahan. 8. 5. 9. Akan terjadi perpecahan dan hidup menjadi tidak damai. Tugas Berstruktur No Hidup rukun di rumah Hidup rukun di sekolah Meminjami teman pensil warna Bermain bersama di halaman 1. Merawat orang tua yang sakit 10. Mengobati rasa sakit dan menghiburnya. 6. Gambar yang mencerminkan kerukunan adalah gambar bermain bersama di halaman sekolah. Tidak menganggu kakak belajar. Tidak setuju. Membantu adaik bagaimana cara mengerjakan PR. . Kita tidak boleh membeda-bedakan teman yang kaya dan teman yang miskin. 10. Kerja bakti membersihkan rumah Melaksanakan jadwal piket bersama Mengobati teman yang terluka Menggalang dana korban bencana Membantu guru membawa buku Merawat taman sekolah Melaksanakan upacara bendera Lomba kebersihan kelas. 7.

9. Perbuatan yang Dilakukan ( √ ) Menolong teman yang jatuh dari sepeda ( √ ) Mencuci piring setelah makan ( X) Mengejek teman yang bodoh ( X) Membantu teman yang mencuri mangga ( √ ) Menghadiri pesta ulang tahun ( X) Sering bertengkar dengan teman ( √) Meminjami pensil kepada teman yang tidak membawa (X) Membantu mencorat-coret tembok sekolah ( √ ) Mengajak adik bermain bersama (X) Suka merebut uang jajan teman . 5. 2. 3. 8. 10. 7. 4.(Kebijaksanaan Guru) MATERI 2 HIDUP GOTONG ROYONG DAN SALING BERBAGI Lembar Kerja No 1. 6.

Adik bermain air sendirian di Menemani adik bermain air kamar mandi 4. 10. Soni kursi Lembar Kerja No 1. 8.Tugas Mandiri No 1. Peristiwa Tindakan yang harus dilakukan Ibu sibuk memasak di dapur Menolong ibu memasak di dapur sendirian 2. Bentuk pertolongan Meminjami teman pensil warna Membantu ibu memasak ayam Menjenguk tetangga di rumah sakit Gotong royong membersihkan selokan Membawakan buku ibu guru Merawat bapak yang sakit √ √ √ √ √ Tempat Rumah Sekolah √ Masyarakat . 4. Anisa lupa tidak membawa Meminjami Anisa pensil warna pensil warna 5. Ruli kesulitan mengerjakan PR Membantu matematika menyelesaikan PR matematika Tidak menganggu kakak 7. Nenek tidak bisa memasukan Membantu nenek memasukkan benang benang ke lubang jarum ke lubang jarum Ruli bagaimana cara 6. Andi dan Toni berebut mainan Melerai Andi dan Toni agar tidak berebut mainan dan bermain bersama 3. 2. 6. 5. Kakak sedang belajar di kamar Mobil-mobilan temannya adik dirusak Membantu memperbaiki mobil-mobilan adik 9. Andi mengejek temannya yang Menasehati Andi agar tidak mengejek miskin lagi keberatan mengangkat Membantu Soni mengangkat kursi. 3.

selesai 4. ikhlas 3. agustus Lembar Kerja 1. 10.7. Membantu teman yang jatuh Mengecat gapura Mengajari adik naik sepeda Membantu teman yang pingsan √ √ √ √ (disesuaikan dengan keadaan siswa) Tugas Mandiri 1. . 8. runtuh 8. dijinjing 3. ditolong 5. sekolah. disapu 7. gotong royong 9. menjenguk atau menengok 7. meminjaminya 10. penyakit 8. persaudaraan Tugas Mandiri 1. ikhlas atau tanpa pamrih 2. menolong atau membentu 10. kecil atau dini 4. dan masyarakat). awal atau pagi 9. dapur 6. rukun dan tolong menolong 5. orang lain 2. sendiri 6. 9. Di mana saja (rumah.

Pekerjaan berat akan menjadi ringan karena dikerjakan oleh banyak orang. saling memahami dan saling tukar pikiran. Ulangan Harian Hidup Rukun dan Saling Berbagi I. 5. a Pembahasan: orang yang suka menolong berarti memiliki sikap yang baik. waktu pengerjaan lebih singkat dan lebih cepat selesai. c Pembahasan: gotong royong adalah melakukan pekerjaan yang sama dan dilakukan oleh banyak orang 2. Pilihan silang 1. b Pembahasan: tolong menolong dapat mempererat persaudaraan karena orang yang tidak kenal akan menjadi kenal 7. Menjenguk atau menengok teman yang sedang sakit. Karena kita membutuhkan bantuan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. maka ia akan memiliki banyak teman 4. c Pembahasan: setiap orang wajib ikut gotong royong jika di sekitarnya ada pekerjaan yang dilakukan bersama-sama 5. c Pembahasan. 3.2. a Pembahasan: menolong harus dilandasi rasa ikhlas karena itu merupakan kewajiban setiap orang 6. biaya lebih hemat kerena saling membantu. b Pembahsan: tolong menolong adalah nama lain dari membantu] 3. mempererat tali persaudaraan. kita dapat tolong menolong di mana saja . 4. Kerena dapat menyebabkan banjir.

a Pembahasan: membolos termasuk perbuatan tidak baik. c Pembahasan: tolong menolong hanya dilakukan demi kebaikan saja 9. jadi kita tidak boleh menolong atau berbagi 12. c Pembahasan: membersihkan selokan merupakan pekerjaan yang baik 18.8. b Pembahasan: terima kasih merupakan ucapan untuk menghargai orang yang telah membantu 13. b Pembahasan: pertolongan yang bermanfaat berarti pertolongan yang dibutuhkan oleh orang tersebut 19. b Pembahasan: membersihkan kelas merupakan kewajiban semua anggota kelas 15. c Pembahasan: teman yang membersihkan kelas wajib dibantu 16. a Pembahasan. kerena ayah adalah orang yang wajib kita dahulukan 10. a Pembahasan: tidak tegur sapa berarti tidak rukun 17. c Pembahasan: menolong orang yang kesusahan adalah kewajiban setiapa orang 11. a . a Pembahasan: menolong orang yang kesusahan merupakan kewajiban setiap orang 14.

Mencontek saat ulangan Menolong teman mencuri mangga Membantu teman yang bertengkar 4. Membantu ibu memasak di dapur Menolong adik yang jatuh dari sepeda Membantu ayah memperbaiki pagar 2. sosial 2. anak yatim piatu 4. Meminjami teman yang lupa membawa pensil Membantu ibu guru membawakan buku Menggalang dana korban bencana alam 3. ikhlas 9. menolong membawa belanjaan 5. dijinjing 7. Pekerjaan berat menjadi ringan Menyingkat waktu pengerjaan Mempererat tali persaudaraan 5. jika jatuh harus segera ditolong II.Pembahasan: tetangga merupakan saudara terdekat. terima kasih III. Isian 1. satu 10. minta maaf 3. jadi kita harus tolong menolong 20. kecil/dini 8. Segera menolong teman yang jatuh dari sepeda . Jawab singkat 1. kebaikan 6. c Pembahasan: adik harus kita sayangi.

sosial 2. Menolong ibu memasak di dapur Membantu ayah memperbaiki pagar Menolong adik yang jatuh dari sepeda 3. ikhlas 3. kebaikan 10. dini/kecil Pengayaan 1. 2. rumah 5. disapu/dibersihkan 4. dijauhi 8. terima kasih 9. rukun 4. gotong royong 10. baik. imbalan dan pujian 7. sekolah 6. jahat Tugas Berstruktur 1. ikhlas 3. jadi kita harus saling berbagi. Karena manusia tidak bisa hidup sendiri. pilih kasih 7. kecil 5.Perbaikan 1. pasti membutuhkan bantuan orang lain. Bhinneka Tunggal Ika 8. sedang kesusahan/sedih 2. tulus 6. suku bangsa 9. Ikhlas berarti tidak mengharapkan imbalan .

b Pembahasan: orang yang tertimpa musibah wajib kita bantu 2. a Pembahasan: kerja sama hanya dilakukan untuk kebaikan saja 8. Tetapi jika tidak bulan Agustus gotong royong sangat jarang dilakukan. Masyarakat membersihkan lingkungan secara gotong royong. c Pembahasan: perbuatan baik harus ditanamkan sejak kecil 4. a Pembahasan: contoh/teladani 7. Manusia tidak dapat hidup sendiri pasti membutuhkan bantuan orang lain. Latihan Tengah Semester I. Plih kasih berarti dalam menolong memilih orang-orang tertentu saja 5. c Pembahasan: hidup rukun dapat diterapkan di mana saja 5. Pilihan Silang 1. c Pembahasan: ayah adalah tulang punggung keluarga 9. inu-ibu maupun anak-anak.4. Tugas Non Berstruktur Setiap menjelang hari kemerdekaan. Semua bekerja. baik bapak-bapak. a Pembahasan: setiap orang wajib menolong orang yang sedang tertimpa musibah 3. b Pembahasan: membantu mencuci piring dapat dilakukan di rumah 6. di daerahku pasti ada gotong royong. b perbuatan yang buruk tidak boleh kita .

setiap bulan Agustus diadakan gotong royong menyambut kemerdekaan 11. a Pembahasan: apotek hidup disebut juga TOGA (tanaman obet keluarga) 22. a Pembahasan. a Pembahasan.Pembahasan. a Pembahasan: makan bersama termasuk hidup rukun 15. gambar orang perggi ke gereja 12. c Pembahasan: main sepak bola harus di lapangan 21. b Pembahasan: ini berarti kita harus hidup rukun menjaga persatuan 14. menolong merupakan perbuatan yang baik 18. c Pembahasan. rukun membawa kedamaian dan kenyamanan 19. a Pembahasan: orang sakit wajib kita jenguk dan tengok 13. b Pembahasan: membuang sampah tidak boleh sembarangan . hidup rukun akan menciptakan suasana damai 10. a Pembahasan: gotong royong akan meringankan pekerjaan yang berat 20. a Pembahasan. b Pembahasan: sisikamling singkatan dari sistem keamanan lingkungan yang diadakan di masyarakat 17. c Pembahasan: kebersihan rumah menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga 16.

menolong harus sesuai dengan kebutuhan orang yang terkena musibah 26. kecil/dini 4.23. b Pembahasan. dijinjing 5. bertengkar atau menghina 6. rukun 2. c Pembahasan: kita harus melerai teman yang sedang berantem 27. Isian 1. masyarat . terima kasih 9. c Pembahasan: Indonesia 24. c Pembahasan: sampah dapat menyumbat saluran air 30. orang lain 3. a Pembahasan: tempat kotor menjadi sarang penyakit 28. a Pembahasan: jika melakukan hal yang baik hati terasa puas dan senang kerena dapat meringankan beban orang lain 29. gotong royong 7. Hindu 10. a Pembahasan: menolong teman merupakan kewajiban II. b Pembahasan: salah satu manfaat gotong royong adalah gotong royong merupakan cerminan bangsa meringankan pekerjaan yang berat 25. menolong/ memberi uang 8.

laut. siswa. Gunung.III. Lingkungan alam dan lingkungan buatan 3. danau. Di mana saja (sekolah. Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam yang diciptakan oleh Tuhan. Pekerjaan berat menjadi ringan Menghemat waktu dan tenaga Mempererat tali persaudaraan 5. rumah. dan penjaga sekolah) Materi 3 Cinta Lingkungan Lembar Kerja 1. dan pantai 4. Jawab Singkat 1. Gunung . Tuhan Tugas Mandiri Tidak setuju Alasannya karena jika sampah itu berkumpul. Dikerjakan secara bersama-sama atau gotong royong 4. 2. Pengairan sawah Tempat mencuci dan mandi Tambak ikan 5. Membersihkan selokan Membangun gapura desa Membantu tetangga yang membangun rumah 3. masyarakat) 2. Seluruh atau semua warga sekolah (guru. maka aliran sungai akan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir Lembar Kerja 1. kepala sekolah.

Pantai Laut Tambak Pemukiman para nelayan Hutan bakau Tugas Mandiri No Pernyataan Lingkungan Alam 1. 5. Rumah Sekolah Sawah Jalan Selokan 3. 4.Sungai Sawah Hutan 2. 2. 6. 8. 5. pegunungan sawah terminal bandar udara pantai laut sekolah gunung rumah sakit √ √ √ √ √ √ √ √ √ Lingkungan Buatan . 3. 7. Sekolah Taman Jalan Sawah 4. 9. Karena taman bermain sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

pasar 1.10. sungai jembatan danau perumahan pasar pelabuhan √ √ √ √ √ √ Lembar Kerja 1. Tempat berlindung dari hewan buas 2. Tempat membeli kebutuhan pokok 2. 13. Tempat berkumpulnya anggota keluarga 3. Danau Toba Danau Batur Danau Tondano 3. Mencari ikan c. 12. Nama Lingkungan rumah Manfaat 1. PLTA dan menampung air hujan Lembar Kerja No 1. 14. Tempat menjual hasil pertanian . Jawa Tengah dan Yogyakarta 4. Danau adalah genangan air yang sangat luas dan dibatasi oleh daratan 2. 11. Mencari ikan Tempat olahraga dan pariwisata Pengeboran minyak lepas pantai 5. Tempat olahraga dan abunya menyuburkan tanah d. Tempat berlindung dari panas dan hujan 2. Digunakan untuk pengairan sawah b. 15. Gunung adalah permukaan tanah yang agak tinggi Tugas Mandiri a.

gereja 6. Tempat bertemunya penjual dan pembeli 3. Tempat menanam palawija 5. rumah sakit 1. Tempat menanam padi 2. stasiun 3. Tempat penelitian penyakit 4. pewarna alami . rumah 7. kolam ikan 2. 2. sawah 1. 5. 6. Tempat pariwisata Tugas Mandiri 1. 3. jembatan 1. jalan raya 9. Tempat menyebrang 3. 7. Penghubung dua daerah yang terpisah 2. Tempat dokter dan paramedis bekerja 3.3. sawah 10. Tempat petani bekerja 3. sekolah 4. Nama Tumbuhan karet kapuk atau rundu padi singkong jahe tebu kunyit Manfaat Digunakan sebagai bahan baku industry ban Untuk membuat kasur. taman bermain 5. Mengobati orang sakit 2. pasar Lembar Kerja No 1. dan guling Sebagai mekanan pokok bangsa Indonesia Pengganti nasi Obat dan penghangat badan Bahan dasar gula pasir Obat dan jamu. 4. bandara 8. bantal.

4. bebek. 10.8. laut 2. kolam buatan/ akuarium 6. tenaganya 4. 10. membuat tas. ayam. sepatu 7. dan kambing/domba 3. Nama Tumbuhan pohon mangga padi pisang bayam kangkung sawi pohon rambutan kol pohon duren tebu Pohon jarak Lembar Kerja 1. 11. hewan langka Bisa Dimakan/Tidak Bisa Dimakan Tidak bisa dimakan Tidak bisa dimakan Tidak bisa dimakan Bisa dimakan Bisa dimakan Bisa dimakan Tidak bisa dimakan Bisa dimakan Tidak bisa dimakan Bisa dimakan Tidak bisa dimakan Tugas Mandiri No Hewan Bagian yang dapat dimanfaatkan . jakt. 2. 6. anggrek jagung mawar Tanaman hias Pengganti nasi Tanaman hias Tugas Mandiri No 1. bebek 10. 3. kerbau. 9. sapi. dan angsa 5. 5. 7. 9. 8. pasien atau orang 9. rumput 8.

perkutut √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ulangan Harian Mencintai Lingkungan I. lele 11. belut 12. kakak tua 15. a Pembahasan: laut dan pantai termasuk lingkungan alam 2.Daging Telur √ Susu √ √ √ √ Bulu √ Kulit √ √ √ Kicauan Keindahan 1. 4. Pilihan Silang 1. ayam sapi kerbau kambing domba kelinci arwana buaya landak √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 10. nuri 18. ayam jago 16. 5. 3. 9. bebek 17. 8. ikan koi 13. b . cacing 14. 7. angsa 19. 6. c Pembahasan: lingkungan ada 2 yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan 3. 2. kenari 20.

c . b Pembahasan: sebagian besar ikan bernapas dengan insang. a Pembahasan: hutan yang gundul dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor kerana tidak ada pohon menahan air hujan 15. b Pembahasan: pohon pisang ada di daratan 6. jadi tempat hidupnya di air 8. b Pembahasan: susu sapi digunakan manusia untuk menambah gizi 11. a Pembahasan: podon mangga yang dapat dimanfaatkan adalah buah dan batangnya 10. c Pembahasan: Tuhan menciptakan alam semesta untuk manusia 5. a Pembahasan: kambing berkembang biak dengan beranak. b Pembahasan: tempat untuk memasak disebut dapur 14. c Pembahasan: sampah dapat menyumbat aliran air sehingga menyebabkan banjir 13. a Pembahasan: petani menanam padi dan palawija di sawah 7. c Pembahasan: daun pisang dimanfaatkan untuk pembungkus makanan yang alami 9. sedangkan ayam dan burung dengan cara bertelur 12.Pembahasan: rumah adalah buatan manusia jadi termasuk lingkungan buatan 4.

a Pembahasan: sikap peduli dapat ditunjukkan dengan menyayangi hewan dengan cara memberi makan dan minum secara teratur 20. b Pembahasan: pesawat dapat mendarat di bandar udara atau bandara II. daunnya 4. laut 5. bus III. alam 2. Jawab Singkat 1. banjir 7. mengobati orang sakit 3. pupuk 8. Isian 1. Gunung dan pegunungan Laut dan pantai Danau Sungai . daging 6.Pembahasan: daun papaya dapat dimakan oleh manusia setlah direbus 16. subur 10. tanaman obat keluarga 9. c Pembahasan: asap pabrik mengandung karbon yang berlebihan sehingga dapat mencemari udara 19. b Pembahasan: tempat berhentinya kereta api disebut terminal 17. a Pembahasan: tempat pembayaran di super market adalah kasir 18.

berapi 3. Sapu (lidi atau rayung) Kemoceng atau sulak Perbaikan 1. daging dan bulunya 6. Akan menjadi sarang penyakit dan mengakibatkan banjir di musim penghujan 5. Memberi makanan dan minuman secara teratur Membuatkan kandang yang terpisah dari manusia Membawa ke dokter hewan 3. Gunung dan pegunungan . irigasi 8. Suaka marga satwa 4. bakau 9.2. waduk. tempat sampah 10. akuarium 2. Semua orang 3. daunnya 4. Karena hutan gundul dan banyak sampah di sungai yang menyumbat aliran air 5. tambak Pengayaan 1. Gunung adalah permukaan bumi yang menjulang tinggi 2. tanaman atau tumbuhan 7. kolam. Perumahan Sawah Sekolah Pasar Rumah sakit 4. hutan 5.

kulit. Domba Burung merak Tugas Berstruktur No 1. tenaga. tenaga. Akan menjadi sarang penyakit dan penghuni lingkungan menjadi tidak nyaman 8. Nama Hewan ayam sapi bebek kambing kuda kerbau perkutut arwana kakak tua ikan koi Yang Dimanfaat Daging. 8. Masinis 10. 10. Nama Tumbuhan kunyit jahe binahong Temu lawak Manfaat Mengurangi rasa sakit perut Menghangatkan badan Mengurangi rasa gatal dan penyembuhan luka Penambah nafsu makan . dan susu Kicauan Keindahan Kicauan dan keindahan bulunya keindahan Tugas Non Berstruktur No 1. 4. 9. 6. 7. 5. dan susu Daging. Pelabuhan 9. bulu Daging. 4. Memberi makanan dan minuman secara teratur Membawa ke dokter hewan jika sakit Membuatkan kandang khusus 7. susu. 3. 3. kulit Telor dan daging Daging. 2.Pantai dan laut Danau Sungai 6. telur. 2. dan susu Daging.

daun jambu biji Daun katuk Daun dadap serap Kumis kucing Temu ireng laos Obat diare Memperbanyak air susu ibu Mengurangi panas Untuk mengobati kencing manis Untuk bahan jamu Bumbu masak Materi 4 Memelihara Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Lembar Kerja No Nama tumbuhan/binatang Cara Memelihara Memberi makan dan minum teratur 1. 7. orang hutan rotan ikan arwana Tugas Mandiri . 4. apotek hidup (TOGA) Menyirami pagi dan sore hari Memberi pupuk Tidak memburu secara liar Tidak membunuhnya Mengambil seperlunya saja Memberi makan dan minum secara teratur Membuatkan kolam atau akuarium 3. 5. 9. kucing persia Menyisir bulunya Membawa ke dokter hewan secara teratur 2. 6.5. 8. 10.

Tidak membuang sampah dan limna ke sungai 3. Di musim kemarau akan terjadi kekeringan dan kebakaran hutan Di musim penghujan terjadi banjir dan tanah longsor 2. Pekerjaan yang Dilakukan Membersihkan kamar tidur Menyapu halaman yang kotor Menyapu lantai kelas Rumah Rumah sebelum Sekolah Sekolah/Rumah pelajaran di mulai Bermain dengan teman di halaman Bermain bola bersam adik di sore hari Sekolah rumah . 4. 2.(Kebijaksanaan Guru) Lembar Kerja No Bencana kebakaran hutan Penyebab Kemarau panjang atau membuang putung rokok di semak kering Hutan gundul dan 2. Tidak membuan sampah di sekitar gunung Tidak menebang pohon hutan di gunung secara liar 5. 3. 5. 4. kolam buatan. danau. akuarium. maupun tambak ikan 4. Tidak membuang sampah di sekitar pantai Menanam pohon bakau di sepanjang pantai Lembar Kerja No 1. Tugas Mandiri 1. tanah longsor kekeringan ikan mati Hutan gundul Hutan gundul keracunan Pencegahan Tidak membuang putung rokok sembarangan Reboisasi dan tidak membuang sampah ke sungai Reboisasi Reboisasi Tidak membuang limbah ke sungai 1. banjir sampah mentumbat aliran sungai 3. Di sungai. 5.

9. 2. Orang menginjak-injak taman Lembar Kerja Tugas Mandiri 1.Tugas Mandiri No 1. jalan raya 2. daerah 3. Keadaan Lampu menyala pada siang hari Halaman rumah sangat kotor Air kran mengalir sampai tumpah Teman mencuri mangga tetangga Lantai kamar kotor Tanaman di taman layu Papan tulis kelas 2 kotor Televisi menyala dan tidak ditonton Teman membuang sampah di sungai Tindakan yang Dilakukan Mematikan lampu Menyapu halaman Mematikan kran air Menasehati agar tidak mencuri Menyapu lantai kamar Menyirami tanaman dengan air Membersihkan penghapus Mematikan televise Menasehati agar tidak papan dengan membuang sampah ke sungai Mengingatkan menginjak taman agar tidak 10. 5. 7. 4. jalan raya . 8. nyamuk 4. 6. 3.

cikungunya 10. a Pembahasan: memberi makan dan minum merupakan salah satu pemeliharaan hewan 8. malaria. jembatan layang atau zebracross 7. a Pembahasan: petani adalah orang yang bekerja di sawah menanam padi dan aneka sayur 2. sungai dan tanah 6. demam berdarah. b Pembahasan: karena pancing dan jaring tidak akan merusak sungai 10. c . Pilihan Silang 1. dimatikan Ulangan Harian Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan I.5. berhenti 8. c Pembahasan: air yang menggenang menjadi sarang penyakit 5. c Pembahasan: ruangan yang kotor harus segera dibersihkan 7. sampah 9. c Pembahasan: air merupakan minuman bagi tanaman 3. b Pembahasan: traktor merupakan alat bajak me\odern 4. c Pembahasan: pohon di bantaran sungai dapat mengurangi erosi 9. a Pembahasan: lawan dari menggenang adalah mengalir 6.

c Pembahasan: ruang tidur adalah salah satu ruangan yang ada di rumah bukan sekolah 20. Isian 1. c Pembahasan: asap dari pembakaran hutan dapat mencemari udara 14. a Pembahasan: gunung disebut paku buku karena gunung sebagai alat penyeimbang bumi 19. b Pembahasan: anggrek hitam hanya ada sedikit di hutan 13. sehingga harus ditanami kembali 12. alam . b Pembahasan: tanaman bakau hanya bisa di tananam di sekitar laut atau pantai untuk mengurangi abrasi 18.Pembahasan: pohon dapat meyerap air yang kemudian menjadi air tanah yang dimanfaatkan manusia 11. c Pembahasan: memburu sama dengan menangkap secara liar II. b Pembahasan: mencuci dapat dilakukan di sumur 16. a Pembahasan: hutan yang gundul dapat menyebabkan banjir karena tidak ada pohon yang menyerap air hujan 15. keluarga 2. c Pembahasan: hutan gundul adalah hutan yang pohonnya telah habis ditebangi. b Pembahasan: jika air laut dikeringkan maka akan terbentuk garam kasar 17.

3. Cara memelihara sungai antara lain:      Tidak menebang pohon di sepanjang sungai Tidak membangun bangunan di bantaran sungai Tidak membuang sampah dan limbah ke sungai Tidak menambang pasir secara liar Menangkap ikan tidak menggunakan peledak atau racun 2. Agar terjadi pertukaran udara 4. Mereka dapat menjadi sahabat ketika kita berbuat baik kepada mereka. Tidak setuju dengan tindakan tersebut karena akan menyebabkan banjir dan tanah longsor di musim penghujan dan kekeringan di musim kemarau . Karena binatang juga ciptaan Tuhan. hutan gundul 9. tempat sampah 6. makan 10. transportasi 4. dicorat-coret 7. Cara memelihara danau antara lain:     Tidak membuang sampah di danau Tidak mengambil tanah di sekitar danau Menanam pohon di sekitar danau Menangkap ikan tidak menggunakan racun Tugas Berstruktur 1. banjir 8. sungai III. sawah 5. Jawab Singkat 1. Akan terjadi banjir ketika musim penghujan 5. tetapi jik kita jahat binatang itu akan menjadi musuh yang menakutkan 3.

b . 2 Nopember 2011 Selasa. a Pembahasan: sikap saling menyayangi dapat mempererat tali persaudaraan 2. Tindakan ini akan menyebabkan sungai tercemar dan dapat menyebabkan ikan mati Tugas Non Berstruktur No Hari/Tanggal Senin. Tindakan ini menyakiti hewan karena menggangu kebebasan burung tersebut 4. Masyarakat kurang menjaga kebersihan karena membuang sampah di sungai. 1 Nopember 2011 Selasa . Rabu. (Disesuaikan dengan keadaan siswa) LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER I. 3.2. 2 Nopember 2011 Selasa. Adik 4. 2 Nopember 2011 Kegiatan Ayah membuang putung rokok di lantai Ibu membuang sisa sayuran di sampah Adik membersihkan tempat tidur Kakak membuang kertas di halaman Nenek membuang 5. 3 Nopember 2011 sirih ke tempat sampah Nenek Pelaku keterangan Ayah tidak Ayah menjaga kebersihan Ibu Ibu menjaga kebersihan Adik menjaga kebersihan Kakak tidak Kakak menjaga kebersihan Nenek menjaga kebersihan 1. Pilihan Silang 1. Ini dapat menjadi sarang penyakit dan penyebab banjir 3. Saya tidak akan melakukan perbutan tersebut karena akan mencemari sungai 5. 2.

b pembahasan: perang dan tawuran tidak mencerminkan sikap kerukunan 12. a pembahasan: kerja sama hanya dilakukan dalam kebaikan saja 11. b pembahasan: laut termasuk ciptaan Tuhan 14. Indonesia 7. c pembahasan: kita harus rukun dengan siapa saja 4. c . c pembahasan: Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar negara memiliki makna berbeda-beda tetapi satu jua 10. c pembahasan: manfaat kerukunan selain damai adalah mempererat tali persaudaraan 13. b pembahasan: meskipun berbeda kita tetap satu. a pembahasan: hal yang baik harus ditanamkan sejak kecil 9. c pembahasan: berebut mainan merupkan sikap tidak rukun 5. a pembahasan: sesama teman kita harus saling tolong menolong 8. a pembahasan: sampah yang menyumbat aliran sungai dapat menyebabkan banjir 6. b pembahasan: menembaki burung di hutan dapat mengurangi jumlah burung di hutan sehingga dapat punah 15.pembahasan: bermain bole bersama merupakan contoh kerukunan 3.

dan laut termasuk lingkungan perairan alam 24. b pembahasan: membantu orang yang kesusahan adalah kewajiban setiap orang 19. c pembahasan: sungai. b . c pembahasan: manfaat gotong royong salah satunya adalah pekerjaan berat teras ringan 20. a pembahasan: air merupakan minuman tanaman 26. berhidung panjang dan bertelinga lebar 27. b pembahasan: kelestarian lingkungan wajib kita jaga 25. danau. a pembahasan: kerja sama hanya dilakukan untuk kebaikan saja 23. a pembahasan: semua anggota keluarga bertanggung jawab atas kebersihan rumah 17. c pembahasan: memberi pupuk merupakan kegiatan memelihara tumbuhan 18. b pembahasan: jika lingkungan bersih maka masyarakat akan sehat 21. b pembahasan: reboisasi merupakan usaha memelihara hutan 22. c pembahasan: gajah adalah binatang besar.pembahasan: tercemarnya sungai mengakibatkan airnya tidak jernih dan ikan banyak yang mati 16.

disapu 6. asin 9. alam 7. Pada musim penghujan terjadi banjir dan tanah longsor Pada musim kemarau terjadi kekeringan dan kebakaran hutan 4. ikhlas atau tulus 4. tanah longsor. sedangkan lingkungan buatan ciptaan manusia II. teman 3.pembahasan: memberi makan kucing termasuk memelihara lingkungan 28. a pembahasan: lingkungan alam ciptaan Tuhan. c pembahasan: asap kendaraan dan pabrik banyak mengandung gascarbon yang dapat mencemari udara 30. dan kekeringan 8. Membersihkan kelas bersama-sama Tidak saling bertengkar Bermain bersama di halaman sekolah 2. a pembahasan: kita harus membuang sampah di tempatnya supaya lingkungan menjadi bersih dan nyaman 29. penyakit 10. Jawab Singkat 1. banjir. ringan 5. kesehatan III. kecil atau dini 2. Semua orang . Menolong ibu yang kerepotan memasak di dapur 3. Isian 1.

Pengairan sawah atau irigasi b.5. Transportasi . Menampung air hujan c. Manfaat dari sungai: a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful