1

Kata Pengantar Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT,kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini tidak dapat terselesaikan tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada: 1. Kepala Sekolah (SMKN Takeran) yang telah memberikan izin dalam pembuatan makalah. 2. Guru pembimbing yang telah memberikan bimbingan serta arahan kepada kami. 3. Wali kelas yang telah memberikan dukungan dan motivasi kami. 4. Guru-guru SMKN Takeran yang telah memberikan dukungan. 5. Teman-teman yang memberi inspirasi. 6. Semua pihak yang telah memberikan bantuan. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat mengurangi pencemaran. Makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan,maka kritik dan saran pembaca dan guru pengajar sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Tim penyusun

2

Daftar isi Halaman judul Kata pengantar ………………………………………………………………… Daftar isi ………………………………………………………………………. BAB I. Pendahuluan A. Latar belakang masalah ………………………………………………. B. Identifikasi masalah …………………………………………………... C. Rumusan masalah …………………………………………………….. 3 D. Tujuan penulisan .…………………………………………………….. 3 E. Manfaat penulisan ……………………………………………………. 3 BAB II. Kajian pustaka,Data dan Fakta ……………………………………… 4 A. Landasan teori ……………………………………………………… 12 B. Pemaparan data dan fakta …………………………………………… 13 BAB III. Pembahasan………………………………………………………... 23 BAB IV. Kesimpulan dan saran …………………………………………….. 26 A. Kesimpulan …………………………………………………………. 26 B. Saran ………………………………………………………………... 26 Daftar pustaka ………………………………………………………………. 27 Lampiran

2. Manfaat Penulisan Makalah ini ditulis bermanfaat untuk: 1. Tujuan Penulisan Makalah ini ditulis bertujuan sebagai berikut: 1. Memperluas dan memperdalam wawasan IPA tentang pencemaran udara terhadap kesehatan. Untuk mengetahui cara yang dapat menanggulangi pencemaran udara terhadap kesehatan. 3. 2. Rumusan Masalah Sehubungan dengan masalah yang diteliti dalam penelitian ini. Bagaimana pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan manusia.maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1.3 C. Meningkatkan keperdulian kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak tercemar. Untuk mengetahui pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan. Meningkatkan kesadaran kita akan berharganya lingkungan yang indah dan bersih. D. Dapat member informasi tentang pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan. 4. . E.

Nitrifikasi dan denitrifikasi biologi C. Sumber-sumber penyebab polusi/polutan udara. Pembakaran (perapian. Sumber Alami 1. Kegiatan manusia 1. data dan fakta 1. Transportasi ammonia 2. Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik kimia. Sumber-sumber lain 1. 2. A. kompos. Pembangkit tenaga listrik 4. Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti CFC B. Industri 3. Kebocoran tangki klor . Transportasi 2. incinerator dengan berbagai jenis bahan bakar) 5.4 BAB II. Kajian Pustaka. dan tumbuhan mengganggu estetika dan kemampuan atau merusak property.atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Kebakaran hutan 4. furnace. hewan. Rawa-rawa 3. Pengertian pencemaran udara. Gunung berapi 2.

rohani (jiwa). dan sosial bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit.9 tahun 1960 tentang pokokpokok kesehatan menyatakan bahwa : “Kesehatan adalah meliputi kesehatan badan (somatik) .pasal 2 undang-undang no. menyatakan bahwa kesehatan adalah keadaan yang sejahtera dari badan. a.5 3. Substansi pencemaran yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui system pernapasan jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh . Timbulnya gas metana dari lahan uruk/tempat pembuangan akhir sampah 4. Polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang tak ramah lingkungan. Terutama karena masih mengandung sejumlah Pb. Uap pelarut organic 3. dikhawatirkan akan menurunkan kualitas sumber daya manusia. Kini banyak tanaman yang mengandung residu Pb.akibat polusi udara oleh bahan kimia. Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan Ada beberapa pengertian tentang kesehatan.jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Celakanya. b. timbal(Pb) tidak hanya terserap lewat saluran pernapasan. Berdasarkan undang-undang RI nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan pada pasal 1 butir 1. Dalam bab I. karena akan menurunkan tingkat kecerdasan anak-anak. cepat dan kelemahan”.

6 tergantung kepada jenis pencemar. Karbon monoksida ternyata dapat menyebabkan bahaya pada jantung. apalagi bila telah ada tanda-tanda penyakit jantung ischemic sebelumnya. b) Emphysema pulmonum c) Branchopneumania d) Ashma bronchiale e) Cor pulmonale kronikum f) Kanker paru g) Penyakit jantung. hal ini menyebabkan/ membuktikan prevalensinya tak dipengaruhi oleh pekerjaan sehari-hari. zat pencemaran diserap oleh system peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Dengan membersihkan udara dapat terjadi penurunan 40% dari angka mortalitas. Afinitas CO terhadap hemoglobin adalah 210 kali lebih besar daripada O2 . Penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh polusi udara adalah: a) Bronchitis Kronika Pengaruh pada wanita maupun pria kurang lebih sama.sehingga bila COHb sama atau lebih besar dari 50% akan terjadi nekrosis otot jantung. Kadar lebih rendah dari itu pun tidak dapat mengganggu facel jantung. . juga ditemukan dua kali lebih besar morbiditasnya di daerah dengan polusi udara tinggi. sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas.

ukuran polutan juga menentukan lokasi anatomis terjadinya deposit polutan dan juga efeknya terhadap jaringan sekitar. Namun demikian. Selain faktor zat aktif yang di bawa oleh polutan tersebut. pembuluh darah dan pernapasan. Pajanan polutan udara dapat mengenai bagian tubuh. Indicator akibat panjanan jangka pendek dan jangka panjang polutan terhadap kesehatan adalah sebagai berikut: . dan tidak terbatas pada inhalasi ke saluran pernapasan saja. sedangkan di daerah lain pembentukannya normal. serta diabetes mellitus). seperti iritasi mata. Sebab. i) Penyakit-penyakit lain. ditemukan dua kali lebih banyak pada daerah polusi tinggi. Efek yang ditimbulkan oleh polutan tergantung dari besarnya pajanan (terkait dosis/kadarnya di udara dan bina/waktu pajanan) dan juga factor kerentanan host(individu) yang bersangkutan (missal: efek buruk lebih mudah terjadi pada anak. Juga gangguan pertumbuhan anak dan kelainan hematologic pernah diumumkan.individu pengidap penyakit jantung. contoh pengaruh polutan udara juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan mata. Fine PM(cl mm) dapat dengan mudah tersebut masuk ke pembuluh darah sistematik.7 h) Kanker lambung. sebagian besar peneliti polusi udara terfokus pada efek akibat inhalasi/terhirup melalui saluran pernapasan mengingat saluran napas merupakan pintu utama masuknya polutan udara kedalam tubuh. Di Rusia pernah ditemukan hambatan pembentukan antibodi terhadap influenza vaccine didaerah kota dengan tingkat polusi tinggi. kulit dan sebagainya banyak juga dihubungkan dengan polusi udara.

d) Gejala akut (batuk. Asap terutama terususun dari partikel-partikel kecil karbon dan tar yang berasal dari pembakaran batu bara dipusat-pusat pembangkit tenaga listrik atau . b) Meningkatnya insiden prevelensi penyakit paru-paru kronik (asma. 4. 1) Asap Asap adalah hasil pembakaran bahan organik yang tidak sempurna. sesak. d) Kanker. penyakit paru abstruktif kronis).8  Panjanan jangka pendek: a) Perawatan di rumah sakit. akibat penyakit yang terkait dengan respirasi (pernapasan) dan kardiovaskular. Jenis-jenis polutan Udara Berikut ini adalah beberapa zat yang merupakan polutan yang mencemari udara. c) Gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin. e) Perubahan fisiologis (seperti fungsi paru dan tekanan darah)  Pajanan jangka panjang: a) Kematian akibat penyakit respirasi/pernapasan dan kardiovaskular. b) Berkurangnya aktifitas harian akibat sakit. c) Jumlah absensi (pekerjaan ataupun sekolah). infeksi saluran pernapasan). kunjungan ke Unit Gawat Darurat atau kunjungan rutin dokter.

Oleh sebab itu jika keracunan gas ini dapat menyebabkan pusing-pusing. kayu. 3) Partikelat Dihasilkan dari gas-gas buangan kendaraan bermotor (terutama yang bermesin diesel) mengandung partikel-partikel mikroskopis yang dilapis hidrokarbon. fermentasi. dan dapat menyebabkan pingsan.9 dirumah-rumah. gangguan saraf. Selain itu karbondioksida juga berasal dari beberapa proses alam seperti respirasi mahkluk hidup. 5) Karbon monoksida (CO) Karbon monoksida merupakan gas kecil pembakaran tidak sempurna oleh mesin kendaraan bermotor. pelapukan batuan dan pengaruh magma di bawah permukaan tanah. 4) Karbondioksida (CO2) Gas ini berasal dari pembakaran bahan-bahan organik seperti minyak bumi. batu bara. dekomposisi bahan-bahan organik. kabut asap mengiritasi mata dan paru-paru serta merusak tumbuhan. Asap yang ada di udara akan mengurangi jumlah sinar matahari yang mencapai bumi. . Oleh mesin pabrik maupun motor alat transportasi. Gas ini mempunyai daya ikat sel darah merah terhadap oksigen. dan lain-lain. 2) Kabut asap Kabut asap tipis yang terjadi di kota-kota dengan iklim tertentu.

daerah pertanian. serta dari letusan gunung berapi. Setelah dingin. Selain itu. hutan. Dapat menewaskan mahkluk hidup yang di laluinya. b) Hujan abu vulkanik yang menyertai letusan dapat menyebabkan terganggunya pernapasan juga pandangan yang gelap. d) Gas yang mengandung racun dapat mengancam keselamatan mahkluk di sekitar gunung api.pendingin di AC (air conditioning).10 6) Klorofluorocarbon (CFC) CFC adalah gas-gas yang mencair jika dimampatkan. letusan gunung berapi dapat menimbulkan polusi udara karena: a) Letusan gunung api melemparkan berbagai material padat yang dapat menimpa perumahan. . sehingga ketika hujan turun menimbulkan banjir. e) Lava panas yang meleleh akan merusak dan mematikan apa saja yang dilaluinya. dan sebagainya. c) Aliran lahar dapat menyebabkan pendangkalan sungai. tumbuhan jika abunya masih panas. CFC biasanya digunakan untuk pendingin dalam lemari es. 7) Sulfur oksida (SOx) Dihasilkan pembakaran bahan bakar fosil. lava tersebut akan membeku menjadi batuan keras yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. f) Awan panas yang berhembus dengan kecepatan tinggi dan tidak terlihat mata.

Tidak menggunakan lemari es dan AC yang memakai CFC. Menanam pohon-pohon / reboisasi. Larangan penggunaan gas CFC.11 8) Nitrogen oksida (NOx) Berasal dari pembakaran bahan bakar fosil serta dari pembusukan bahanbahan organic yang mengandung protein. . Menguragi polusi / polutan udara. jika proses memasak selesai. Mengurangi / tidak merokok di dalam ruangan. 5. Tidak membakar sampah dipekarangan. Membatasi beroperasinya mobil dan mesin pembakaran yang sudah tua. Saat inisudah tersedia AC dan lemari es bebas CFC. Segera mematikan kompor gas / kayu bakar. Upaya menanggulangi / solusi / pencegahan pencemaran udara terhadap kesehatan.

12 A. industri. kimia atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia hewan dan tumbuhan mengganggu estetika dan kenyamanan atau merusak properti. Landasan teori Polusi udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. maupun transportasi. Polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan. Celakanya. timbal (Pb) tidak hanya terserap lewat saluran pernapasan. karena masih mengandung sejumlah Pb dikhawatirkan akan menurunkan tingkat kecerdasan anak-anak. . zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh tergantung kepada jenis pencemar partikulat berukuran besar dapat tertahan disaluran pernapasan bagian atas sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru. Polusi udara disebabkan oleh aktifitas manusia.

kata Michael Walsh. Karena timah hamper hilangsebagai zat aditif bensin di Amerika Serikat. para pengemudi telah meninggalkan bensin yang mengandung timah penyebab kebanyakan polusi udara bermuatan timah begitu sempurnanya mereka menjauhi bensin itu sehingga sebagian besar pompa bensin tidak lagi menjualnya. maka konsentrasi rata-rata zat ini dalam darah anak-anak menurun hamper setengahnya. Walaupun para pembuat bensin bermuatan timah dan zat aditif timah memperingati bahwa harga bahan bakar akan meningkat dan persediaan berkurang. Swis dan negara-negara lain. Swedia. seorang konsultan pemerintah Cina. Para pengemudi di Amerika Serikat sekarang hamper tidak merasakan tiadanya zat bahan bakar beracun ini. Penurunan tingkat konsentrasi timah di atmosfer merupakan “suatu keberhasilan lingkungan terbesar”. Pemaparan data dan fakta Keberhasilan yang tidak tampak Di Amerika. menghilangnya bensin bermuatan timah telah membantu lahirnya suatu generasi baru bahan berwawasan lingkungan yang lebih bersih lagi di pasaran. Sesungguhnyalah.13 B. Bensin jenis-jenis baru ini telah diformulasikan ulang untuk mrnghilangkan sampai 90% zat benzene dan kandungan yang beracun lainnya. walaupun mereka tahu zat tersebut pernah ada. ternyata kedua hal tersebut tidak terjadi. misalnya. sehingga tingkat pencemaran udara di banyak kota di AS menurun sampai 15 persen dalam kurun waktu satu tahun setelah .

Pada 1980.000 kasus medis darurat yang meliputi TBC. 40 dari setiap 1000 bayi yang lahir di kota itu meninggal saat dilahirkan. kota industri Cubatao.000 dan 100. lebih sering tidak bersekolah karena sakit. pneumonia. yang tingkat pencemaran udaranya cenderung jauh lebih rendah daripada di kota-kota di Negara berkembang. Tetapi bahkan di AS. meninggal pada minggu pertama hidupnya. 40 yang lain kebanyakan cacat. . studi oleh para peniliti di Universitas Harvard menunjukkan bahwa kematian akibat pencemaran udara berjumlah antara 50. asma. dan lebih sering dirawat di rumah sakit. misalnya. dan penyakitpenyakit pernapasan lain. Tapi keberhasilan ini tidak terbatas pada program-program penggantian jenis bahan bakar saja. Brasilia. melaporkan bahwa sebagai akibat pencemaran udara.000 penduduk. Sumber pencemaran udara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 70 persen penduduk kota di dunia pernah sesekali menghirup udara yang tidak sehat. Anak-anak yang tinggal di kota dengan tingkat pencemaran udara lebih tinggi mempunyai paru-paru lebih kecil. dengan 80. sedangkan 10 persen lain menghirup udara yang bersifat “marjinal”. bronchitis. Cubatao mengalami sekitar 10. emphysema.14 diberlakukan penjualan yang dianjurkan. Pada tahun yang sama.000 per tahun.

Asap kendaraan merupakan sumber hampir seluruh karbon monoksida yang di keluarkan di banyak daerah perkotaan. Zat nitrogen oksida ini sendiri menyebabkan kerusakan paru-paru. ozon (asap kabut fotokimiawi). bergantung pada lamanya seorang wanita hamil terpajan. . WHO telah membuktikan bahwa karbon monoksida yang secara rutin mencapai tingkat tak sehat di banyak kota dapat mengakibatkan kecilnya berat badan janin. Karbon monoksida. karbon monoksida dan timah. nitrogen oksida. meningkatnya kematian bayi dan kerusakan otak. Nitrogen oksida yang terjadi ketika panas pembakaran menyebabkan bersatunya oksigen dan nitrogen yang terdapat di udara memberikan berbagai ancaman bahaya. hidrokarbon.15 Bahan pencemar udara khusus Sejak tahun 1970-an. Nitrogen oksida. kebijakan pencemaran udara AS cenderung berpusat pada pengendalian beberapa jenis polutan perkotaan yang serius: partikulat zat yang mengandung partikel (asap dan jelaga). Emisi sulfur dioksida terutama timbul dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung sulfur terutama batubara yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik atau pemanasan rumah tangga. Sulfur dioksida. sulfur dioksida. dan bergantung pada kekentalan polutan di udara.

atau penyakit-penyakit serius lain. Hidrokarbon. terdiri dari beratus-ratus zat kimiawi yang terdapat dalam asap kabut. Ozon. terbentuk ketika hidrokarbon pekat di perkotaan bereaksi dengan oksida nitrogen. Tetapi. tetapi yang paling berbahaya adalah “ partikel-partikel halus” butiran-butiran yang begitu kecil sehingga dapat menembus bagian terdalam paru-paru. Jenis-jenis hidrokarbon lain. pemerintah menggunakannya sebagai tolak ukur untuk menetapkan konsentrasi oksidan secara umum. Sebagian benda partikulat keluar dari cerobong pabrik sebagai asap hitam tebal. karena salah satu zat kimiawi itu. bendabenda partikulat ini sering merupakan pencemar udara yang paling kentara.16 Benda partikulat. dan juga sebagai gas organic reaktif (“reactive organic gases/ROG”). adalah yang paling dominan. yaitu ozon. yang sebagian menyebabkan leukemia. kanker. Ozon merupakan zat oksigen yang begitu kuat (slain klor) sehingga beberapa kota menggunakannya sebagai disinfektan pasokan air minum. berbentuk cairan untuk cuci-kering pakaian sampai zat penghilang lemak untuk industri. Ozon atau Asap Kabut Fotokimiawi. Zat ini sering disebut sebagai asap atau jelaga. Zat ini kadang-kadang disebut sebagai senyawa organik yang mudah menguap (“volatile organic compounds/VOC”). . Hidrokarbon merupakan uap bensin yang tidak terbakar dan produk samping dari pembakaran tak sempurna. dan biasanya juga paling berbahaya.

arsenik. nikel dank zink) sampai bermacam-macam senyawa organic (seperti benzene dan hidrokarbon lain dan aldehida). menghambat pertumbuhan.17 Timah. Zat-zat ini mulai dari asbes dan logam berat(seperti cadmium. Oleh sebab itu . mengurangi kemampuan untuk mendengar dan memahami bahasa. yang biasanya mereka telan dalam bentuk serpihan cat pada dinding rumah. Gambar kebakaran menimbulkan asap yang dapat membuat pencemaran udara Pencemaran Udara Yang Terjadi Di Indonesia Indonesia merupakan Negara di dunia yang paling banyak memiliki gunung berapi (sekitar 137 buah dan 30% masih dinyatakan aktif). Logam berat ini merusak kecerdasan. mangan. Logam berwarna kelabu keperakan yang amat beracun dalam setiap bentuknya ini merupakan ancaman yang amat berbahaya bagi anak di bawah usia 6 tahun. dan menghilangkan konsentrasi.

Asap tebal dari hasil kebakaran hutan ini sangat merugikan. radang tenggorokan. radang paru-paru. Gambar asap kendaraan bermotor salah satu sumber pencemaran udara . transportasi (udara. baik dalam segi ekonomi.18 Indonesia mudah mengalami pencemaran secara alami. dan sakit kulit. karena asap tebal hasil kebakaran tersebut menyeberang ke Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Selain itu adanya kebakaran hutan akibat musim kemarau panjang ataupun pembakaran hutan yang disengaja untuk memenuhi kebutuhan seperti terjadi di Kalimantan dan Sumatera dalam tahun 1997 dan tahun 1998 menyebabkan terjadinya pencemaran yang cukup mengkhawatirkan. Selain itu asap itu merugikan kesehatan yaitu menyebabkan sakit mata. Akibat asap tebal tersebut menyebabkan terhentinya alat-alat transportasi karena dikhawatirkan akan terjadi tabrakan. darat dan laut) dan kesehatan. Pencemaran udara lainnya berasal dari limbah berupa asap yang di hasilkan dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor dan limbah asap dari industri.

Gas-gas oksida belerang (SO2 dan SO3) bereaksi dengan uap air. dan air hujan dapat menyebabkan terjadinya hujan asam yang dapat merusak gedung-gedung. dan tumbuhtumbuhan. jembatan patung-patung sehingga mengakibatkan tumbuhan mati atau tidak bias tumbuh. manusia. melainkan dengan cara mekanik.serta melakukan reboisasi/penanaman kembali pohon-pohon pengganti yang penting adalah untuk membuka lahan tidak dilakukan pembakaran hutan. Kebakaran hutan dan gunung api yang meletus menyebabkan banyak hewan yang kehilangan tempat berlindung. Gas karbon monoksida bila terhisap masuk kedalam paru-paru bereaksi dengan . penghijauan untuk melangsungkan proses fotosintesis (taman bertindak sebagai paru-paru kota). selain itu pengolahan/daur ulang atau penyaringan limbah asap industri. Dampak negatif dan dampak positif Di atas telah Anda pelajari bahwa pencemaran udara dapat memberikan dampak negative bagi makhluk hidup. serta melakukan pembakaran hutan secara sembarangan.19 Cara penanggulangannya Untuk dapat menanggulanginya terjadinya pencemaran udara dapat dilakukan beberapa usaha antara lain: mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang tidak menghasilkan gas karbon monoksida dan diusahakan pula agar pembakaran yang terjadi berlangsung secara sempurna. hewan. banyak hewan dan tumbuhan mati bahkan punah. dan tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan.

Contoh : Di Jakarta antara tahun 1993-1997 terjadi adalah akibat adanya kendaraan berupa : Sepeda Motor 207% Mobil Penumpang 177% Mobil barang 176% Bus 138% . Pencemaran udara selain memberikan dampak negative.juga dapat memberikan dampak positif. Penyebab dari Pencemaran Udara Di kota besar sangat sulit untuk mendapat udara yang segar.bila sudah dingin menyebabkan tanah menjadi subur.20 haemoglobin menyebabkan terjadinya keracunan darah dan masih banyak lagi dampak negative yang disebabkan oleh pencemaran udara.antara lain : lahar dan partikulat-partikulat yang di semburkan gunung berapi yang meletus.di perkirakan sekitar 70% pencemaran yang terjadi adalah akibat adanya kendaraan bermotor.pasir dan batuan yang di keluarkan gunung berapi yang meletus dapat di manfaatkan sebagai bahan bangunan.Gas karbon monoksida bila bereaksi dengan oksigen di udara menghasilkan gas karbon dioksida bias di manfaatkan bagi tumbuh-tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat yang sangat berguna bagi makhluk hidup.

karena udara telah tercemar akibat aktivitas manusia dan proses alam. Dampak pencemaran udara : Penipisan Ozon Pemanasan Global (Global Warming) Penyakit pernafasan. Penurunan tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak.yaitu : Karbon Monoksida ( CO) Nitrogen Dioksida (NO2) Sulfur Dioksida (SO2) CFC Karbon Dioksida (CO2) Benda Partikulat (PM) Timah (Pb) HydroCarbon (HC) Telah di sadari bersama kualitas udara saat ini telah menjadi persoalan global.missal : jantung. Terganggunya fungsi reproduksi Sterss dan menurunnya tingkat produktivitas Kesehatan dan penurunan mental anak-anak. .paru-paru dan tenggorokan.21 Selain dari kendaraan bermotor juga di sebabkan antara lain.

serta melakukan reboisasi/penanamankembali pepohonan pengganti yang penting adalah untuk membuka lahan tidak di lakukan pembakaran hutan.selain itu pengolahan/daur ulang atau penyaringan limbah asap industry.22 Cara Penanggulangannya Untuk dapat menanggulangi terjadinya pencemaran udara dapat di lakukan beberapa usaha antara lain : mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakaryang tidak menghasilkan karbon monoksida dan di usahakan pula agar pembakaran yang terjadi berlangsung secara sempurna.melainkan dengan cara mekanik.penghijauan untuk melangsungkan proses fotosintesis(Taman bertindak sebagai paru-paru kota).dan tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan. .

org/materi_kimia/kimia-lingkungan/pencemaranudara/pencemaran-udara-dan-penanggulangannya/ .23 DAFTAR PUSTAKA Sumber : http://id.udara/ http://www.InstitutTeknologi-Bandung.org/wiki/Pencemaran_udara http://putracenter.chem-is-try.wordpress.Kumpulan-Karya-Ilmiah.2000/ http://putraprabu.net/2009/01/07/pencemaran-udara-dampak-dansolusinya/Soedomo.Pencemaran-udara.com/2008/12/12/pencemaran.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful