P. 1
Power Point Makalah Hacker dan Cracker

Power Point Makalah Hacker dan Cracker

|Views: 605|Likes:
Published by dhyhni
Tugas
Tugas

More info:

Published by: dhyhni on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2013

pdf

text

original

Etika Profesi Tekhnologi Informasi & komunikasi

Pengertian cyberlaw
“cyber law” dapat didefinisikan sebagai seperangkat aturan yangberkaitan

dengan persoalan-persoalan yang muncul akibat dari pemanfaatan Internet.

Ruang Lingkup Cyber Law
Secara garis besar ruang lingkup ”cyber law” ini berkaitan denganpersoalan-persoalan atau ’ aspek hukum dari E-Commerce, Trademark/Domain Names,Privacy and Secu rity on the Internet, Copyright, Defamation, Content Regulation, DisptleSettlement, dan sebagainya.

I. Electronic Commerce

Secara singkat E-Commerce dapat dipahami sebagai transaksi perdagangan baik barang maupun jasa lewat media elektronik.

Persoalan jaminan keamanan dalam ECommerce pada umumnya menyangkut transferinformasi seperti informasi mengenai data-data credit card dan datadata individualkonsumen. Dalam area ini ada dua masalah utama yang harus diantisipasi yaitu :

•”identification integrity” yang menyangkut identitas si pengirim yang dikuatkan lewat ”digital signature”, •”message integrity” yang menyangkut apakah pesan yang dikirimkan oleh si pengirim itu benar-benar diterima oleh si penerima yangdikehendaki (intended recipient).

II. Domain Name
Domain name dalam Internet secara sederhana dapat diumpamakan seperti nomor telepon atau sebuah alamat. Domain name dibaca dari kanan ke kiri yang menunjukkan tingkat spesifikasinya, dari yang paling umum ke yang paling khusus.

C. Urgensi Pengaturan Cyberlaw di Indonesia

Berikut fungsi dari adanya urgensi pengaturan cyber low di indonesia :
•Untuk Kepastian Hukum. •Untuk mengantisipasi implikasi-implikasi yang timbul akibat pemanfaatan TI. •Adanya variable global, yaitu persaingan bebas dan pasar terbuka.

D. Pengertian cybercrime Cybercrime adalah tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi computer sebagai alat kejahatan utama. Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi computer khusunya internet.

E. Karakteristik Cybercrime
Cybercrime memiliki karakteristik unik yaitu sebagai berikut : • Ruang lingkup kejahatan • Sifat kejahatan • Pelaku kejahatan • Modus kejahatan

Untuk mempermudah penanganannya maka cybercrime diklasifikasikan sebagai berikut:

•Cyberpiracy Penggunaan teknologi computer untuk mencetak ulang software atau informasi, lalu mendistribusikan informasi atau software tersebut lewat teknologi komputer.

•Cybertrespass Penggunaan teknologi computer untuk meningkatkan akses pada system computer suatu organisasi atau individu. •Cybervandalism Penggunaan teknologi computer untuk membuat program yang menganggu proses transmisi elektronik, dan menghancurkan data di komputer.

F. Perkiraan perkembangan cybercrime di masa depan Denial of Service Attack Serangan tujuan ini adalah untuk memacetkan sistem dengan mengganggu akses dari pengguna jasa internet yang sah. Taktik yang digunakan adalah dengan mengirim atau membanjiri situs web dengan data sampah yang tidak perlu bagi orang yang dituju.

Hate sites Situs ini sering digunakan oleh hackers untuk saling menyerang dan melontarkan komentarkomentar yang tidak sopan dan vulgar yang dikelola oleh para“ekstrimis” untuk menyerang pihak-pihak yang tidak disenanginya.

Cyber Stalking Adalah segala bentuk kiriman e-mail yang tidak dikehendaki oleh user atau junk e-mail yang sering memakai folder serta tidak jarang dengan pemaksaan.

G. Jenis - Jenis Cyber Crime
•Unauthorized Access to Computer System and Service Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki/menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan(hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia.

•Illegal Contents

Merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum.

• Data Forgery Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumendokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen ecommerce dengan membuat seolaholah terjadi “salah ketik” yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.

•Cyber Sabotage and Extortion Kejahatan ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet. Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan menyusupkan suatu logic bomb, virus komputer ataupun suatu program tertentu,sehingga data, program komputer atau sistem jaringan komputer tidak dapat digunakan.

•Offense against Intellectual Property (Copyright) Kejahatan ini ditujukan terhadap Hak atas Kekayaan Intelektual yangdimiliki pihak lain di internet. •Infringements of Privacy Kejahatan ini ditujukan terhadap informasi seseorang yang merupakan halyang sangat pribadi dan rahasia. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap keterangan pribadi seseorang yang tersimpan pada formulir data pribadi yangtersimpan secara computerized.

•Cracking Kejahatan dengan menggunakan teknologi computer yang dilakukan untuk merusak system keamanan suatu system computer dan biasanya melakukan pencurian, tindakan anarkis begitu merekan mendapatkan akses.

•Carding Adalah kejahatan dengan menggunakan teknologi computer untuk melakukan transaksi dengan menggunakan card credit orang lain sehingga dapat merugikan orang tersebut baik materil maupun non materil.

Masih banyak lagi istilah – istilah dalam kejahatan cyber yang lain diantaranya : Fraud Adalah sejenis manipulasi informasi keuangan dengan tujuan untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. PHISING Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar maumemberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface.

• SPAMMING Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yangtak dikehendaki. • MALWARE Malware adalah program komputer mencari kelemahan dari suatu software.

yang

• DEFACING Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain.

• PHISING Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar maumemberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface

Jenis-jenis cybercrime berdasarkan motif Berdasarkan motif cybercrime terbergi menjadi 2 yaitu :

•Cybercrime sebagai tindak kejahatan murni. Dimana orang yang melakukankejahatan yang dilakukan secara di sengaja, dimana orang tersebut secara sengajadan terencana untuk melakukan pengrusakkan, pencurian, tindakan anarkis, terhadapsuatu system informasi atau system computer.

• Cybercrime sebagai tindakan kejahatan abu-abu Dimana kejahatan ini tidak jelasantara kejahatan criminal atau bukan karena dia melakukan pembobolan tetapi tidak merusak, mencuri atau melakukan perbuatan anarkis terhadap system informasi atausystem computer tersebut. Dan masih banyak lagi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->