1. Kapan Terjadinya Perang Dunia 1 ?

Perang Dunia I (disingkat PDI atau PD1; juga dinamakan Perang Dunia Pertama, Perang Besar, Perang Negara-Negara, dan Perang untuk Mengakhiri Semua Perang) adalah sebuah konflik ] dunia yang berlangsung dari 1914 hingga 1918. Lebih dari 40 juta orang tewas, termasuk sekitar 20 juta kematian militer dan sipil. 2. Sebutkan sebab umum dan sebab khusus terjadinya Perang dunia I ? Sebab umum : Pertentangan antar negara di Eropa, Pembentukan Aliansi dan perlombaan senjata Sebab Khusus : Terbunuhnya putra mahkota negara Austria (FransFerdinand) pada tanggal 28 Juni 1914. 3. Bagaimana nasib jerman dalam akhir perang dunia I ?

Kekalahan Jerman di Front Barat mengakibatkan kehidupan rakyat semakin bertambah susah. Keadaan Jerman seperti ini menimbulkan gerakan dari kaum komunis (spartacis) yang hendak menggulingkan pemerintahan. Jerman menghadapi serangan dua kali yaitu dari pihak sekutu dan pemberontakan dari kaum komunis. Karena serangan itu Jerman terpaksa menyerah pada tahun 1918. Hitler menamakan gerakan spartacis itu sebagai tusukan pisau dari belakang punggung Jerman, yang menyebabkan Kaisar Wilhelm II turun takhta dan pemerintahan dipegang oleh Elbert (beraliran sosialis). Akhirnya, Jerman dijadikan republik dan selanjutnya menyerah kepada pihak sekutu.
4. sebutkan negara yang terlibat dalam Perang Dunia 1 ?
Sekutu: Rusia Perancis Britania Raya Kanada Italia Amerika Serikat lainnya Blok Sentral: Austria-Hungaria Jerman Kekaisaran Ottoman Bulgaria

5. Sebutkan beberapa macam perjanjian setelah terjadi Perang Dunia I ?
1. Perjanjian Versailles (18 Juni 1918), isi dari perjanjian ini yaitu: • Ganti rugi Jerman terhadap Sekutu • Angkatan perang Jerman harus diperkecil • Jerman harus menyerahkan semua tanah jajahannya. 2. Perjanjian St. Germain (10 November 1919) terjadi antara Austria dan sekutu. Isi dari perjanjian tersebut, antara lain: • Tidak adanya gabungan Jerman-Austria • Austria menyerahkan Tirol Selatan kepada Italia.

8 Agustus 1945 . 4. 1. Adapun isi dari perjanjian ini yaitu: • Turki diperkecil. Paham fasis ini di anut oleh 3 negara pada masa itu yaitu .Bom Atom pertama. Perjanjian-perjanjian rahasia tidak diperbolehkan. 5. . Semua bangsa mempunyai kedudukan yang sama. dan c. 6. juga dari B-29 bernama Bockscar yang diterbangkan May. atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat PDII) adalah konflik militer global yang terjadi pada 1 September 1939 sampai 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara di dunia.Bagaimanakah akhir terjadinya Perang dunia II ? 6 Agustus 1945 .Bom Atom kedua. Perjanjian Trianon (4 Juni 1920) terjadi antara Hongaria dengan sekutu. Little Boy dijatuhkan di Hiroshima dari sebuah B-29 Superfortress bernama Enola Gay yang diterbangkan Kol.jepang 2). Isi dari perjanjian ini antara lain: • Turki tidak membayar perang • Turki tidak mengurangi angkatan perangnya.Uni Soviet mengumumkan perang terhadap Jepang kemudian menyerang Manchuria. Pengurangan persenjataan. Perjanjian Serves (20 Agustus 1920) antara Turki dengan Sekutu. penyerbuan Jerman Terhadap Polandia Tanggal 1 september 1939 2. Suzuki kemudian memutuskan melakukan perdamaian dengan Sekutu. 9 Agustus 1945 . Selain mengadakan perjanjian. b.3. pasca perang dunia 1 ini juga memunculkan tokoh Woodrow Wilson yang mengajukan usul Peace Without Victory dimana isinya antara lain: a.sebutkan sebab umum dan sebab khusus terjadinya Perang Dunia Dunia II ? 1). Ada juga dengan pembentukan Liga bangsa-bangsa yang bertujuan untuk menjaga keamanan dunia serta tidak terjadi perang yang demikian.Kapan terjadi Perang dunia II ? Perang Dunia II. Jeman. hanya Konstantinopel. termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan: Sekutu dan Poros 7. Perjanjian Laussane (24 Juli 1923) terjadi antara Turki dengan sekutu.AMERIKA SERIKAT ( 7 desember 1941 ) 8.Hawaii. Paul Tibbets. Charles Sweeney – Kaisar Hirohito dan Perdana Menteri Jepang. 6. Lahirnya Negara-negara Fasis Apa itu Fasis.Italia.Fasis / fasisme adalah Paham yg menganut Kepentingan negara di atas segala-galanya. Penyerangan Jepang terhadap Pangkalan Armada Laut di pearl Habour. • Daerah yang penduduknya bukan Bangsa Turki harus dilepas. Fat Man dijatuhkan di Nagasaki. Perjajanjian Neuilly(27 November 1919) terjadi antara Bulgaria dengan sekutu.

3 September 1945 .Jepang menyerah di Burma. Presiden AS Harry S. Wainwright. Wainwright di Baguio. MacArthur ditunjuk untuk memimpin pasukan pendudukan di Jepang. Jend.MacArthur memasuki Tokyo. 30 Agustus 1945 . 2 September 1945 . seorang tahanan perang sejak 6 Mei 1942. 9 Sebutkan negara -negara yang terlibat dalam Perang Dunia II? Sekutu: Polandia Britania Raya Perancis Uni Soviet(19411945) Amerika Serikat(1941-1945) Republik Cina lainnya Axis: Nazi Jerman Slowakia Uni Soviet(19391941) Italia (1940—1943) Jepang Hungaria(19401944) Rumania(1941— 1944) Finlandia(1941— 1944) Irak Thailand(1941— 1945) .Jepang melakukan penyerahan tanpa syarat.Britania mendarat di Singapura. 29 Agustus 1945 .000 pesawat tempur terbang di atasnya. 4 September 1945 .Jepang menyerah di Korea. 27 Agustus 1945 .Soviet menembak jatuh sebuah B-29 yang menjatuhkan bantuan pada tahanan di Korea.B-29 menjatuhkan bantuan kepada tahanan perang Sekutu di Cina. 9 September 1945 .Britania Raya menduduki kembali Hong Kong. Jend. Truman mendeklarasikan VJ Day.Jend. 16 Agustus 1945 . menyerah pada Jend. 8 September 1945 . Yamashita. 5 September 1945 . dibebaskan dari sebuah kamp tahanan di Manchuria. 13 September 1945 .14 Agustus 1945 .Pasukan Jepang di Pulau Wake menyerah.Upacara formal penyerahan Jepang diadakan di atas USS Missouri di Teluk Tokyo dengan 1. Pasukan AS mendarat dekat Tokyo untuk memulai pendudukan Jepang.Komandan Jepang di Filipina.

kaisar Austria. dan menerima perlakuan buruk . Kata Nazi jadi merupakan singkatan Nasional Sosialisme atau Nationalsozialismus di bahasa Jerman.Meinkampf. Sauvinisme atau sovinisme (bahasa Inggris: chauvinism) adalah ajaran atau paham mengenai cinta tanah air dan bangsa (patriotisme) yang berlebihan . sementara di Indonesia tanah diasosiasikan ke perempuan: "ibu pertiwi"). Spanyol (Franco Falange Partai). 4. Op. 3 karyanya. merujuk pada sebuah ideologi totalitarian Partai Nazi (Partai Pekerja Nasional-Sosialis Jerman. 62 dalam C major. Kata ini juga merujuk pada kebijakan yang dianut oleh pemerintahan Jerman pada tahun 1933—1945.Fuhrer. . Sampai hari ini orang-orang yang berhaluan ekstrem kanan dan rasisme sering disebut sebagai Neonazi (neo = "baru" dalam bahasa Yunani). yaitu pada tahun 1841 di Pulau Helgoland (saat itu dikuasai Inggris) oleh August Heinrich Hoffmann von Fallersleben untuk menyuarakan suasana hati masyarakat berbahasa Jerman saat itu mengenai suatu "tanah air" bersama yang tidak mereka miliki.Deutsland Uber ulles. sebuah periode yang kemudian dikenal sebagai Jerman Nazi atau Reich Ketiga.Sebuah kelas ideologi politik (dan rezim politik historis) yang mengambil nama dari gerakan yang dipimpin oleh Benito Mussolini yang mengambil alih kekuasaan di Italia pada tahun 1922. cacat. No. seorang prajurit setengah mitos pada zaman Napoleon Bonaparte. Haydn kemudian memasukkan lagu ini sebagai bagian dari Kuartet Gesek No.Chauvinisme. 76. dan banyak negara-negara Eropa dan non-Eropa lainnya sampai ke hari ini.lebensraum. Lirik lagu ini diciptakan sebelum masa Revolusi Jerman 1848. atau secara resmi Nasional Sosialisme (Jerman: Nationalsozialismus). karena pecahnya Kekaisaran Suci Romawi bangsa Jerman.10.[1] Bait (strofe) kedua dimaksudkan sebagai lagu pengantar minum bir. Ia mengidamkan agar orang Jerman lebih mengutamakan Jerman bersatu di atas kerajaan-kerajaan dan berbagai kesatuan politik yang saling bersaing satu sama lain. Lirik ini dibuat untuk dimainkan pada alunan melodi ciptaan Joseph Haydn yang pertama kali dibuat pada tahun 1797 sebagai lagu penghormatan bagi Kaisar Franz II. Istilah ini diambil dari nama Nicolas Chauvin. Jerman bukan kepulauan sehingga mengacu ke tanah. Argentina. Perancis. 2. Mussolini ide-ide dan praktek langsung dan tidak langsung mempengaruhi gerakan politik di Jerman (terutama Partai Nazi). Makna ini kemudian diperluas hingga mencakup fanatisme ekstrem dan tak berdasar terhadap suatu kelompok yang diikuti .perang dingin? 1. Nazi. Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei atau NSDAP) di bawah kepemimpinan Adolf Hitler. (Vaterland. 3.Naziisme. yang fanatik terhadap Kaisarnya meskipun Chauvin sendiri miskin.Jelaskan pengertian dari Facisme.

pemerintah Republik Weimar mengangkat lagu ini sebagai lagu kebangsaan. dan pengembangan teknologi. Persaingan keduanya terjadi di berbagai bidang: koalisi militer. industri. . Setelah penyatuan Jerman 1990. Secara resmi. dan kompetisi antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) yang terjadi antara tahun 1947—1991. hukum merupakan panglima. perlombaan nuklir dan persenjataan. psikologi. yang akhirnya tidak terjadi. 5. Ditakutkan bahwa perang ini akan berakhir dengan perang nuklir. keputusan ini diperkuat oleh Presiden Richard von Weiszacker dan Kanselir Helmut Kohl sebagai lagu kebangsaan Republik Federal Jerman (Jerman bersatu). Lagu Kebangsaan Jerman hanyalah bait (strofe) ketiga dari keseluruhan naskah lagu ini. melodi lagu ini kembali dipakai sebagai lagu kebangsaan Republik Federal Jerman (Jerman Barat) berdasarkan surat-menyurat antara Presiden Jerman Theodor Heuss dan Kanselir Jerman Konrad Adenauer. Tetapi kesalahpahaman ini malah dieksploitasi oleh rezim Nazi Hitler sebagai pembenar politik ekspansinya. Pada saat itu. lagu ini populer dengan nama Deutschland über alles. Sedangkah rule of law adalah memposisikan hukum sebagai suatu aturan.Perang Dingin (bahasa Inggris: Cold War. bahasa Rusia: . militer. dan tilik sandi. walaupun maksud sesungguhnya adalah untuk menunjukkan ada berbagai suku dan negara Jerman yang masih terpisah-pisah dan belum bersatu. ketegangan. mengambil baris pertama dari bait pertama liriknya. dan seluruh tingkah laku manusia terikat oleh hukum yang berlaku. Istilah "Perang Dingin" sendiri diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman dari Amerika Serikat untuk menggambarkan hubungan yang terjadi di antara kedua negara adikuasa tersebut." 6. 1947– 1991) adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik. pertahanan. dan banyak lagi. kholodnaya voyna. ideologi. Lebensraum adalah hak suatu bangsa atas ruang hidup untuk dapat menjamin kesejahteraan dan keamanannya. Pada tahun 1952. Berdasarkan kaum geopolitik Jerman negara besar berhak berkembang dan memakan negara yang kecil yang dari dulu telah ditakdirkan untuk mati. Arti dari ungkapan itu (yang berarti "Jerman di atas segalanya") sering disalahartikan sebagai keinginan untuk menguasai dunia.Sejak berakhirnya Perang Dunia I. tetapi hanya bait ketiga yang dinyanyikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful