Mata kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan

OLEH :

ENDORA RITI SEBAYANG DESAIN GRAFIS – A

POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MEDAN

Dari jumlah tersebut.Sedangkan pada dekade kedelapan abad ke-20. Thailand. Arab Saudi = Raja Abdullah ibn’ Ad al ‘Aziz Al Sa’ud 2. terdapat lebih 900 tahta kerajaan di dunia. Oman 6. pada prinsipnya Rajamemiliki wewenang Penuh terhadap Penguasaan Negara. Qatar = Emir Hamad bin Khalifa Al-Thani  . semasa louis XIV dengansemboyannya yang terkenal L’etat C’est Moi (Negara adalah saya)adanya perdana menteri dalam pada negara MonarkiAbsolut/Mutlak hanya sebagai simbol saja. Spanyol 2. Swaziland. Contoh : perancis. dan yudikatif yang menyatu dalam ucapan danperbuatannya. Kaisar = Jepang 4. Raja/Ratu = Arab Saudi. Syah atau kaisar). Maroko. Monarki atau sistem pemerintahan kerajaan adalah sistem tertua di dunia. Ratu. Paus = Vatikan MONARKI ABSOLUT / MUTLAK Monarki Absolut / Mutlak merupakan Negara yang Dipimpin oleh raja sebagai kepala Negara & Pemerintahan yang kekuasaan danwewenangnya tidak terbatas. pada diri raja terdapat kekuasaan eksekutif. Britania Raya. Sultan = Brunei. tetapi menurun menjadi 240 dalam abad ke-20. Oman = Sultan Qaboos Ibn Said Al Said 5. MONARKI Monarki merupakan Suatu Negara yang menjalankan sistem pemerintahan dipimpin oleh seorang (Raja. Yang dipertuan Agong = Malaysia 7. Pada awal kurun ke-19. hanya Lima negara mempunyai penguasa Monarki Mutlak dan selebihnya terbatas kepada sistem Konstitusi Pemimpin Negara Monarki di dunia adalah sbb : 1. legislatif. Pangeran = Monako 5. Emir = Kuwait. Daftar negar-negara di dunia dengan sistem monarki Absolut / Mutlak 1. Brunei = Sultan Hassanal Bolkiah Muizzadin Wadaulah 3.Perintah raja merupakan hukum dan undang-undang yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh rakyatnya.BENTUK NEGARA 1. Spanyol 3. hanya 40 takhta saja yang masih ada. Swaziland = Raja Mswati III 4.

Adakalanya proses monarki konstitusional itu datang dari inisiatif raja itu sendiri karena ia takut kekuasaannya akan runtuh / dikudeta. Adakalanya proses monarki konstitusional itu terjadi karena adanya revolusi rakyat terhadap raja. Perdana Menteri akan dipilih oleh Rakyat berdasarkan sistem Demokrasi. Belanda. dan Malaysia. MONARKI KONSTITUSIONAL Monarki Konstitusional merupakan merupakan Negara yang dipimpin oleh raja sebagai kepala Negara dimana kekuasaanya dibatasi oleh undang . Raja tidak memegang pemerintahan secara nyata. Pemilihan Kepala Negara pada negara Monarki Demokrasi ditentukan melalui hasil permusyawaratan beberapa Sultan. Saint Kitts dan Nevis. Belize. Arab Saudi.undang (konstitusi). sesuai tugas masing-masing. Britania Raya. Selandia Baru. Malaysia. Barbados. Belanda. .  MONARKI DEMOKRASI Monarki Demokrasi merupakan negara yang Dipimpin oleh raja yang dipilih secara Demokrasi. Daftar negara-negara dengan sistem monarki konstitusional : RATU ELIZABETH II : Antigua & Barbuda. Jamaika. Tuvulu. Bentuk monarki parlementer sampai sekarang masih tetap dilaksanakan di Inggris. Papua Nugini. Contoh: negara Jepang dengan hak octrooi (Hak Tunggal) B. Sainit Lucia & Grenadines.  MONARKI PARLEMENTER Monarki parlementer adalah bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja dengan menempatkan parlemen (DPR) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Jatuh tegaknya pemerintah bergantung pada kepercayaan parlemen kepada para menteri. tetapi para menteri yang bertanggung jawab atas nama dewan maupun sendiri-sendiri. Kepulauan Solomon. dan Brunei Darussalam. Grenada. Dalam monarki parlementer. Yordania. Kanada. Fungsi raja hanya sebagai kepala negara (simbol kekuasaan) yang kedudukannya tidak dapat diganggu gugat. Contoh: Inggris yang melahirkan Bill of Rights I tahun 1689. Denmark. Bahama. Masa Jabatan Kepala Negara akan ditentukan berdasarkan Konstitusi. kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet (perdana menteri) dan bertanggung jawab kepada parlemen. Daftar Negara negara dengan sistem monarki Parlementer : Inggris. Terjadinya Proses monarki konstitusional pada negara MONARKI adalah sebagai berikut : A. Perdana menteri secara konstitusi memegang jabatan sebagai Kepala Pemerintahan. Australia.

Angola 29. Chad 41. Jadi republik merupakan sistem sebuah negara yang dipimpin oleh kepala Negara yang berasal dari rakyat. dipilih berdasarkan Konstitusi Suatu Negara.Collegiality = dua orang yang memegang jabatan ketua negara. Italia 28. Didalam Republik tersebut. Afrika Selatan 23. Singapura 36. San Marino . Finlandia 31. atau Urusan Awam yang artinya kerajaan yang dimiliki serta dikawal oleh Rakyat. Konsep Republik telah digunakan sejak berabad lamanya dengan Republik yang paling terkenal yaituRepublik ROMA yang bertahan dari 509 SM Hingga 44 SM.Anualiti = memegang pemerintah selama satu tahun . Peru 18. Albania 2. Burkina Faso 35. Belarus 8. DAFTAR NEGARA REPUBLIK 1. Jeman 17. Perancis 25. Kolombia 15. Pakistan 33. Nepal (tmt. Benin 32. Bolivia 9. Argentina 3. Pada zaman modern ini ketua negara suatu republik biasanya seorang saja yaitu Presiden. Bosnia Herzegovina 14. Burundi 38. Indonesia 19. Brazil 6. Myanmar 27. 28 mei 2008) 30. telah dipraktekan prinsip – prinsip : . Kroasia AFRIKA 20. Bangladesh 7. Rusia 40. Azerbaijan 5. India 16. Republik Cina (Taiwan) 13. Republik Afrika Tengah 26. Republik Rakyat China 10. Chili 12. Uni Emirat Arab 4. Romania 37. Irak 24. Timor Leste 39. Iran 21. REPUBLIK Istilah republik berasal dari bahasa Latin Res Publica. Republik Ceko 22. Bulgaria 11.Daftar Negara di dunia dengan sistem monarki Demokrasi Malaysia Kepala Negara : Tuanku Mizan Zainal Abidin Perdana Menteri : Najib Tun Razak 2. Kazakhstan 34.

Swiss 46. Kabinet diangkat oleh presiden. Meksiko Sistem pemeritahan Brazil     Brazil merupakan negara dengan bentuk federal. Bentuk negara adalah kesatuan dan bentuk pemerintahan republik. Bentuk pemerintahan dalah republik dengan sistem demokrasi presidensial. Sistem pemerintahan Prancis       Sistem pemerintahan Cina    Bentuk negara adalah kesatuan. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Bentuk negara adalah kesatuan. Bentuk pemeritahan Brazil adalah republik dan sistem pemerintahannya adalah presidensial. Parlemen terdiri dari dua bagian. . Amerika Serikat Kongo 51. Sistem perlemen menggunakan sistem bimakeral yang tediri atas senat dan majelis nasional. Sistem pemerintahan adalah presidensial. Presiden adalah kepala negara. Sistem pemerintahan Afrika selatan     Afrika selatan menerapkan sistem politik demokrasi anti-apartheid. Senega 45. Bentuk pemeritahan adalah republik dengan sistem demokrasi komunis. yaitu majelis nasional dan dewan nasional provinsi. dan perdana meneteri adalah kepala pemerintahan. Turkmenistan 48. Kepala negara adalah presiden. Mesir 43. Pantai Gading AMERIKA UTARA 49. Kabinet diangkat oleh presiden dan bertanggung jawab kepada presiden. Republik Kongo 47. Djibouti 44.42. Republik Demokrasi 50.

Badan kehakiman terdiri atas Supreme Peoples Court. . Kekuasaan pemerintahan terdapat pada kabinet. Kabinet adalah kelompok menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. Adanya oposisi. Kekuasaan eksekutif di pegang oleh presiden. Sistem pemerintahan Amerika Serikat       Amerika Serikat adalah negara dengan bentuk federasi. Sistem pemerintahan Jepang     Bentuk negara adalah kesatuan. Adanya pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif. Local Peoples Courts.  Menggunakan sistem unikameral. Inggris menganut sistem dwiparti. legislatif. Sistem kepartaian menganut sistem dwiparti. Badan kehakiman adalah Supreme Court. Bentuk pemerintahan adalah monarki konstitutional dengan sistem demokrasi perlementer. Sistem pemerintahan Inggris        Inggris adalah negara kesatuan dengan sebutan united kingdom. Parlemen menganut sistem bimakeral yang terdiri atas House of Counsillors or Sangiin dan House of Representatives or Shugi-in. Sistem pemilu menganut sistem distrik. dan yudikatif. sedangkan raja/ratu sebagai kepala negara. dan Spesial Peoples Courts. yaitu Kongres Rakyat Nasional. Badan peradilan ditunjuk oleh kabinet sehingga tidak ada hakim yang dipilih. Raja/ratu adalah pemimpin tetapi bukan memerintah. Sistem pemerintahan negara bagian sama dengan pemerintahan negara bagian.