P. 1
Arah Kiblat

Arah Kiblat

|Views: 11|Likes:

More info:

Published by: Friederich Leon JeagerJaques on Nov 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2013

pdf

text

original

http://gusti-deli.blogspot.com/2012/05/cara-menentukan-arah-kiblat.

html

Cara Menentukan Arah Kiblat
Jika anda memperhatikan, sebenarnya banyak Masjid-masjid di Indonesia yang salah arah kiblatnya. Hal ini terjadi karena banyak kesalah pahaman dalam menentukan arah kiblat pada jaman Belanda dulu. Pada saat itu Banyak Masjid didirikan menggunakan Arah Barat sebagai patokan Arah Kiblat. Bahkan di Suriname, Banyak masjid yang didirikan mengarah ke Barat, Hal ini karena pada saat itu banyak para pekerja dari Pulau jawa yang beragama muslim di bawa ke negeri itu pada jaman Belanda. karena mengikuti keadaan geografis di daerah jawa pada waktu itu kiblat mengarah ke barat, maka warga muslim disanapun membangun masjid dengan arah kiblat ke Barat. Hal ini juga terbukti dengan melencengnya Arah Kiblat di Indonesia, ketika diukur dengan teknologi yang ada pada saat ini. Sekarang banyak Masjid yang di bangun di Indonesia menggunakan berbagai macam metode Penentuan arah Kiblat. diantaranya yaitu,

1. Menggunakan Matahari Sebagai Panduan Arah
Dalam menggunakan matahari sebagai panduan arah kiblat, kita harus tau kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, Cara ini dapat dilakukan hanya 2 kali dalam 1 tahun, yakni saat matahari tepat berada di atas Ka'Bah. Dalam bahasa arab keadaan ini disebut sebagai peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama).

Peristiwa ini terjadi pada tanggal : 28 Mei (atau 27 di tahun kabisat) pukul 12:18 waktu Mekah dan 16 Juli (atau 15 di tahun kabisat) pukul 12:27. Artinya, semua orang yang bisa melihat matahari pada waktu itu dan menghadapkan wajahnya ke sana telah menghadapkan wajahnya ke kiblat. Atau jika kita melihat bayangan benda yang tegak lurus di atas tanah, maka bayangan tersebut akan membentuk garis arah kiblat. Bagi yang di Indonesia, waktu kejadian tersebut adalah 28 Mei jam 16:18 WIB dan 16 Juli jam 16:27 WIB. Jadi, bagi yang ingin mengecek atau melihat benar tidaknya arah kiblat yang digunakan selama ini silakan keluar pada waktu tersebut dan lihat matahari (atau bayangannya).

2. Menggunakan Geo Locator dan Kompas

Menggunakan Google Earth Cara yang lainnya adalah menggunakan Aplikasi Google earth. melalui aplikasi ini kita dapat secara langsung menarik garis lurus antara Ka'Bah dengan lokasi masjid yang akan dibangun. alat ini menggunakan peta dan kordinat bumi sebagai petunjuk arah. kemudian tentukan titik pertama pada Ka'Bah dan geser Map ke lokasi anda dan letakkan kursor tepat pada titik center lokasi pembangunan Masjid.1 Gambar 3.Dalam metode ini kita membutuhkan alat yang bisa kita pinjam di Departemen Agama setempat. Gambar 1 Icon Penggaris/Rules Gambar 2. Menentukan Titik Ke-3 dan Melihat Arah Lurus Garis Kiblat . 3. Geo locator ini merupakan gabungan dari Theodolit (untuk menentukan titik panduan serta arah sudut kemiringan) dan menggunakan GPS sebagai alat bantu menentukan location point. cara menggunakannya adalah dengan menggunakan (Rules/Penggaris) yang ada pada menu toolbar google earth. Menentukan Titik Ke.

Selamat mencoba menentukan Arah Kiblat Masjid Anda. . Garis Lurus Arah Ka'Bah Banyak Masjid Agung yang dibangun pada jaman Belanda mengikuti arah matahari yang salah karena hanya berpatokan pada Arah Barat saja. Jika anda mengukur Arah Kiblat pada waktu Istiwa A’zham (Persinggahan Utama) maka anda akan menemukan bahwa Masjid2 tersebut menyimpang arah Kiblatnya....Gambar 4. dan tinggal menyerongkan badan ke arah yang benar saat sholat. Solusinya Mudah. Diskusikan dengan Warga setempat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->