Konsep Dasar dalam Sistem Sosial Budaya

Sistem sosial budaya merupakan konsep untuk menelaah asumsi-asumsi dasar dalam kehidupan masyarakat. Pemberian makna konsep sistem sosial budaya dianggap penting karena tidak hanya untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan sistem sosial budaya itu sendiri tetapi memberikan eksplanasi deskripsinhya melalui kenyataan di dalam kehidupan masyarakat. Pengertian Konsep Konsep merupakan ide, gagasan, atau pemikiran-pemikiran yang mentadi dasar ( pembawa arti ). Pada dasarnya konsep masih berwujud abstrak atu hanya angan-angan saja. Sistem Sosial Budaya Sistem merupakan pola-pola keteraturan; kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang saling berhubungan Budaya sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri Komponen Utama dalam Kebudayaan 1. Kebudayaan Material Mengacu pada semua ciptaan manusia yang konkret 2. Kebudayaan Nonmaterial Ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi Jadi, konsep dalam sistem sosial budaya dapat dideskripsikan sebagai suatu pemikiran dan ide yang berisikan mengenai komponenkomponen pembentuk kebudayaan suatu masyarakat.

Pengertian Sistem Sosial Budaya
Pengertian sistem Menurut Tatang M. Amirin “Sistem berasal dari bahasa Yunani yang berarti : 1. Suatu hubungan yang tersusun atas sebagian bagian 2. Hubungan yang berlangsung diantara satuan-satuan atau komponen-komponen secara teratur

Terjadi interaksi antara mereka c. demografi. dan karya. dan spiritual. sejarah.didorong motivasi tertentu Hakikat beberapa subsistem tsb sbg pengaturan/cybernetic order → tiap subsistem yg berada diatasnya mjd pengatur utk subsistem dibawahnya. Memiliki struktur. Perubahan sosial Kehidupan Masyarakat Sebagai Sistem Budaya Mempelajari ttg sistem bertindak → perilaku Unsur perilaku → “gerak sosial” 4 syarat : . . baik yang fisik materiil maupun yang psikologis. Proses-proses dalam sistem sosial : a. dan latar belakang. Dalam sistem sosial pada umumnya terdapat proses yang saling mempengaruhi. Pengawasan sosial f. nila-nilai sosial. Komunikasi b.diatur kaidah tertentu . Bertujuan d.utk mencapai tujuan tertentu . Budaya berarti cara atau sikap hidup manusia dalam hubungannya secara timbal balik dengan alam dan lingkungan hidupnya yang didalamnya tercakup pula segala hasil dari cipta. Kehidupan Masyarakat Sebagai Sistem Sosial dan Budaya Kehidupan masyarakat dipandang sebagai suatu sistem atau sistem sosial. kepribadian. waktu. Memelihara tapal batas c. idiil. dan aspirasi hidup serta cara mencapainya. rasa. suatu sistem sosial terdapat : a. harapan-harapan bersama yang didomaninya. yaitu suatu keseluruhan bagian atau unsur-unsur yang saling berhubungan dalam suatu kesatuan. Penjalinan sistem d.tjd pd situasi tertentu . karsa. Dua orang atau lebih b. Sosial berarti segala sesuatu yang beralian dengan sistem hidup bersama atau hidup bermasyaakat dari orang atau sekelompok orang yang didalamnya sudah tercakup struktur. Pelembagaan g. kebudayaan. Namun juga menimbulkan terjalinnya ikatan antarunsur-unsur dengan unsur lainnya (internal) dan saling pertukaran antara sistem sosial itu sendiri dengan lingkungannya (eksternal). Bertrand. Sosialisasi e. Alvin L. Margono Slamet. Ciri utama sstem sosial menerima unsur-unsur dari luar (terbuka). sistem sosial dipengaruhi oleh ekologi. organisasi. Hal ini disebabkan karena adanya saling keterkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya.

Fasilitas i. Perasaan dan pikiran c. e. b. ke 4 subsistem bertindak sbg kebutuhan fungsional yg disebut sbg imperative functional LIGA. bersaing. Mencakup pengarahan dan penyesuaian kebutuhan pokok manusia dengan keadaan sekitar. Kepercayaan b. Sanksi h. Pengorganisasian untuk mencapai tujuan bersama. Adanya penerapan sanksi h. Subsistem budaya memberi jawaban terhadap masalah dari faktor-faktor falsafah hidup.Tujuan keluarga batih agar manusia dapat bersosialisasi. mendapat jaminan ketentraman hidup. d. Integration (I) atau fungsi integrasi mencakup faktor-faktor penting dalam mencapai keadaan serasi antar sistem.Perwujudan perasaan dan pikiran anggota keluarga batih berupa menghargai. Adaptation (A) atau fungsi adaptasi.Memiliki kedudukan dan peranan masing. Unsur pokok subsistem sosial budaya : a. Kelestarian dan kelangsungan hidup j. Kaidah e. Adanya kepercayaan terbentuknya keluarga batik dari kodrat alamiah b. Goal atteinment (G) atau fungsi mencapai tujuan. Kedudukan dan peranan f. Adanya konsep kelestarian sebagai stabilitas kehidupan manusia.masing f. c. Adanya kuantitas sebagai pencerminan nilai benda. Gerak Sistem Sosial Subsistem budaya : Latent patern maintenance Subsistem sosial : Integration Subsistem kepribadian : Goal attaintment Subsistem organisasi perilaku : Adaptation Latent Patern Maintenence (L) atau fungsi mempertahankan pola. Pengawasan g. Pengembangan sistem untuk menjunjung nilai dan kaidah. Tujuan d.Memiliki norma yang mengatur hubungan suami dengan istri. orang tua dengan anak. Menurut Parsons. kelangsungan hidup sebagai pencerminan dinamika j. Adanya sarana pengawasan dan sosialisasi i.Memiliki pengawasan tertentu dari orang tua dan masyarakat g. Faktor penentu : a.anak mereka. Ciri-ciri : a. kualitas pencerminan nilai sikap . Keserasian kualitas kehidupan dengan lingkungan Unsur-unsur pokok dapat dijumpai pada keluarga batih.

dilihat. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. dan didokumentasikan. perbuatan. dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba. C . Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi: sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya organisasi ekonomi alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama) organisasi kekuatan (politik) Wujud Menurut J. adat istiadat. peraturan. yang berasal dari kata Latin Colere. Artefak ( Karya ) Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas.J. kebudayaan disebut culture. yaitu mengolah atau mengerjakan. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. kebudayaan itu bersifat abstrak. sehingga dalam kehidupan sehari-hari. .Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.Menurut Edward Burnett Tylor. kepercayaan. tidak dapat diraba atau disentuh. kebudayaan adalah Dapat disimpulkan kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga : A. norma-norma. hukum. kesenian.Kebudayaan dan Masyarakat Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah. Komponen . Hoenigman. Gagasan ( Wujud Ideal ) Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. . kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks. yang di dalamnya terkandung pengetahuan. Aktifitas ( Tindakan ) Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Dalam bahasa Inggris. dan sebagainya yang sifatnya abstrak. B . nilai-nilai. gagasan. moral.

Hubungan antara teori konsep dan hipotesis merupakan suatu jaringan yang dapat dianalogikan sebagai jaringan benang dengan simpul-simpulnya . cerita rakyat. peristiwa. maka digunakan keperluan analisis. proses sosial. misalnya berupa dongeng.Kebudayaan nonmaterial Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaanciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi. Konsep sistem kebudayaan sangatlah luas karena meliputi hampir seluruh aktivitas manusia dalam kehidupannya . dan kebudayaan yang merupakan suatu konsep-konsep yang menunjukkan pengaturan gejala empiris yang aneka ragam dan yang sering kali penting dinyatakan untuk membuat generalisasi serta membentuk teori .-Kebudayaan material Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata.Unregistered ) http://www. 7 unsur kebudayaan yang universal adalah : 1. dan lagu atau tarian tradisional KONSEP DASAR DALAM SISTEM SOSIAL BUDAYA Konsep adalah kata yang menyatakan suatu ide atau pikiran umum tentang sifat-sifat suatu benda. gejala. sistem realigi dan upacara keagamaan . Unsur-unsur terbesar yang terjadi karena pecahan tahap pertama disebut unsur yang universal dan merupakan unsure yang bias ditemukan disetiap kebudayaan didunia . Sistem juga sebagai suatu metode yang mempunyai makna metodelogi yang digunakan untuk tata cara(prosedur) perspektif .net konkret. Konsep merupakan unsur yang paling penting dalam teori yang dipandang sebagai building blocks teori . ( Word to PDF Converter .Word-to-PDF-Converter. Misalnya birokrasi. Sistem sebagai suatu wujud yang membentuk satu kesatuankompleks sebagai satu kesatuan deskriptif . konsep sistem kebudayaan itu perlu dipecah lagi kedalam unsur-unsurnya . atau istilah yang menggunakan tentang hubungan antara suatu gejala dengan gejala lainnya . Karena demikian luasnya. .

. sistem pengetahuan 4. Dalam konsep ini terkadang adanya saling membutuhkan yang mengandung pengertian bahwa saling membutuhkan itu tidak selamanya harus seimbang oleh sebab itu kebutuhan satu elemen atau satu bagian berkaitan erat dengan elemen lainnya dalam sistem tersebut . kesenian 6. Didalam hubungan ini biasanya disebut dengan “peradaban(civilization)”kepada kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan tekhnologi yang sudah lebih tinggi . Perbedaannya terletak pada kebudayaan masyarakat yang satu lebih sempurna daripada kebudayaan masyarakat lain didalam perkembangannya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat . tekhnologi dan peralatan Ketujuh unsur kebudayaan universal tersebut mencakup seluruh kebudayaan manusia dimanapun didunia ini dan menunjukkan ruang lingkup dari kebudayaan serta isi dari konsepnya . bahasa 5. sistem mata pencarian hidup 7. Salah satu konsep sosial budaya adalah konsep saling ketergantungan . sistem dan organisasi kemasyarakatan 3.2. Dalam konsep ini kata “saling” tidak harus diinterpresentasikan sebagai keadaan yang memperlihatkan keseimbangan murni. misalnya 50% berbanding 50% .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful