P. 1
Laporan E-Commerce

Laporan E-Commerce

|Views: 173|Likes:
Published by Rizqie Joko Prabowo
Lapaoran Ecommerce C2C
Lapaoran Ecommerce C2C

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rizqie Joko Prabowo on Nov 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

LAPORAN E-COMMERCE C2C PRODUK KOMUNITAS

TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PEMBANGUN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA

NAMA KELOMPOK : 1. ANGGIT WICAKSONO (209.511.021) 2. DWI MURPRATOMO (209.511.023) 3. DHAERY ZARANDRA FERDIAN (209.511.028) 4. RIZQI JOKO PRABOWO (209.511.034)
5.

TAHIRZA HARITSA SALAM (209.511.035)

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Banyak cara untuk menghubungkan manusia satu dengan manusia lain. Salah satunya dengan membentuk komunitas. Komunitas merupakan perkumpulan orang yang memiliki minat yang sama untuk melakukan suatu kegiatan tertentu. Ada beberapa komunitas yang menghasilkan suatu barang atau menemukan hal baru yang menarik. Dari barang yang dihasilkan, mereka ingin mempublikasikannya melalui internet. Internet merupakan media publikasi paling populer di dunia. Para komunitas yang melihat hal ini tidak hanya ingin mempublikasikan saja tapi juga menjual barang yang mereka hasilkan. Dalam penjualan barang melalui internet, para komunitas mengalami kendala berupa sulitnya menemukan situs yang mau menjualan barang mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah sebuah website yang dapat membantu penjualan barang komunitas sehingga mereka dapat mempublikasi sekaligus menjual barang mereka.Dan mereka juga dapat mencari anggota baru yang satu hobi dengan mereka.

1.1 Perumusan Masalah

Adapun perumusan masalah dalam pembuatan web ini adalah:
1. Bagaimana merancang website untuk melakukan proses jual-beli produk

komunitas secara online? 2. Bagaimana membangun website yang dapat membantu konsumen dalam transaksi jual beli sampai pengiriman barang?

1.2 Ruang Lingkup

Pada penulisan ini penulis membatasi masalah yang dibatasi sebagai berikut : 1. Prototype perancangan e-commerce. 2. E-commerce penjualan produk komunitas.

1.3 Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari pembuatan website ini adalah sebagai berikut:
1. merancang website penjualan produk komunitas secara online. 2. membangun website yang dapat membantu konsumen dalam transaksi dan

pengiriman barang untuk produk-produk komunitas.

Manfaat dari website ini adalah:
1. untuk mempermudah penjualan barang komunitas secara online. 2. untuk menghubungkan penjualan dan pembeli.

1.4 Luaran yang diharapan

Luaran yang diharapkan dari pembuatan website ini adalah sebuah website yang mampu menjual produk komunitas dengan pembelian yang mudah.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Ecommerce Ecommerce, atau Electronic Commerce merupakan suatu sistem atau paradigma baru dalam dunia bisnis, yang menggeser paradigm tradisional commerce menjadi electronic commerce yaitu dengan memanfaatkan ICT (Information and CommunicationTechnology), atau dengan kata lain teknologi Internet. Definisi Ecommerce secara umum dapat diartikan : “proses membeli, menjual, baik dalam bentuk barang, jasa ataupun informasi, yang dilakukan melalui media internet” (disarikan dari berbagai sumber). Menurut Stefan Probst (Opticom), definisi e-commerce adalah “ business yang dilakukan secara electronic yang melibatkan aktivitasaktivitas bisnis berupa business to business ataupun business to consumen melaului teknologi Internet” Sementara itu, menurut Bidgoli (Bidgoli, 2002) e-commerce adalah penjualan dan pembelian melalui media internet. Selain itu, dalam bukunya Bidgoli juga mendefinisikan e-business sebagai berikut: “e-business adalah transaksi yang menggunakan media elektronik yang dipergunakan untuk berjualan atau proses pembelian suatu atau beberapa produk menggunakan teknologi ICT” Secara umum e-business tidak hanya ditujukan atau melibatkan proses selling dan buying saja, akan tetapi dapat juga meliputi online services, consumen relationship management (CRM), supply chain management, kolaborasi business partners, electronic transaction dan electronic payment. Dan jika dilihat dari aktivitasnya dapat berlangsung dengan melibatkan antar konsumen ataupun antar pelaku business. (Ade Hendra Putra, 2009)

2.2 Komunitas Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (Wenger, 2002: 4). Menurut Crow dan Allan, Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen: 1. Berdasarkan Lokasi atau Tempat Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat dimana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis. 2. Berdasarkan Minat. (Wikipedia.org)

2.3 Joomla Joomla adalah CMS yang bersifat Open Source, berbasis kode PHP dan database MySQL. Beberapa program CMS lain yang populer adalah : Mambo, Aura, PHP Nuke, Drupal, Wordpress, dan lainnya. Kelebihan joomla dibanding program CMS lain adalah : mudah digunakan, powerfull, bersifat full cutsomizable, dan tersedia banyak aplikasi pendukungnya. Joomla digunakan untuk membuat blok pribadi, situs ecommerce, bahkan forum. CMS Joomla dapat di-download secara gratis dari situs resminya http://www.joomla.org, gunakan Joomla. Selain untuk membuat web pribadi, banyak perusaan, partai politik dan organisasi yang mempercayakan webnya dikelola menggunakan CMS Joomla, seperti : situs resmi PDIP di http://www.pdi-perjuangan.or.id, yang juga dibuat meng-

situs fansclub kelompok musik Letto di http://www.lettolink.com, situs artis 3 diva di http://www.di3va.com, situs sepeda B2W di http://www.b2w-indonesia.or.id, banyak situs web lainnya, baik dari dalam maupun luar negri yang membuat dan dikelola menggunakan Joomla. (Wakhida, Ikhsan. 2009. Paling Mudah Membuat Website Profesional dengan Joomla. Mediakom. Yogyakarta)

2.4 VirtueMart VirtueMart adalah salah satu free software untuk berjualan secara online. VirtueMart dapat didownload, digunakan dan dimodifikasi tanpa batasan apapun (Lisensi: GNU / GPL) – sama seperti Joomla. VirtueMart memenuhi kebutuhan perusahaan, instansi, maupun perorangan yang ingin menambah fitur khusus untuk berjualan online. Bagi calon pedagang online yang sudah menjalankan situsnya

menggunakan Joomla, menambahkan fitur eCommerce di dalamnya menjadi mudah dengan adanya VirtueMart. Sebagai modul tambahan Joomla, paket instalasi dan administrasinya menyatu dengan modul instalasi dan administrasi Joomla, sehingga memakai VirtueMart terasa mudah seperti halnya memakai modul Joomla yang lainnya.

Salah

satu

keuntungan

menggunakan

VirtueMart

adalah

integrasinya yang bagus dengan fitur CMS (Content Management System) yang disediakan oleh Joomla. Jika ingin mengintegrasikan fitur CMS dan eCommerce dalam satu situs yang sama, maka kombinasi Joomla dan VirtueMart adalah jawaban yang tepat. Namun, jika hanya ingin berkonsentrasi ke eCommerce saja, sebaiknya mempertimbangkan pilihan selain VirtueMart. Hal ini karena kompleksitas yang cukup tinggi untuk mengerti mekanisme Joomla sebelum bisa menggunakan VirtueMart.

2.5 Xampp Xampp adalah sebuah tool untuk menyediakan beberapa paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstal xampp, anda tidak perlu melakukan instalasi dan konfigurasi wab servar apache, PHP, dan MySQL secara manual. Xampp akan menginstalasi mengkanfigurasinya secara otomatis untuk anda. dan

2.6 MySQL mySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open sourse. mySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQL AB yang berada di Swedia. mySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Anda dapat memanfaatkan mySQL untuk menambah, mengubah, dan menghapus data yang berada di dalam database. MySQL merupakan sistem manajemen database yang bersifat relasianal. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi lebih cepat.

2.7Apache Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah

pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. Sesuai hasil survai yang dilakukan oleh Netcraft, bulan Januari 2005 saja jumlahnya tidak kurang dari 68% pangsa web server yang berjalan di Internet. Ini berarti jika semua web server selain Apache digabung, masih belum bisa mengalahkan jumlah Apache. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation. Saat ini ada dua versi Apache yang bisa dipakai untuk server produksi, yaitu versi mayor 2.0 dan versi mayor 1.3. Apache merupakan webserver yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya adalah karena sifatnya yang opensource dan mudahnya mengkostumisasikannya. diantaranya dengan menambahkan support secure protocol melalui ssl dan konektifitasnya dengan database server melalui bahasa scripting PHP . (http://duniakamu.wordpress.com/2010/02/22/pengertian-apache/)

BAB III ANALISA PERANCANGAN SISTEM

3.1. Kebutuhan Perangkat Lunak

Tabel 3.1 Spesifikasi Perangkat Lunak

No 1 2 3 4 5 6

Jenis Perangkat Lunak Sistem Operasi Web Server Web Browser Data Base Server Program Editor Dokumentasi

Nama Perangkat Lunak Windows 7 profesional 32-bit XAMPP Mozila firefox MySQL Joomla Microsoft Word 2007

3.2

Kebutuhan Perangkat Keras

Table 3.2 Spesifikasi Perangkat Keras

No 1 2 3 4

Perangkat Keras Processor Intel Pentium core i5 Ram 2GB Storage 500GB Perangkat standar input/output

Unit 1 1 1 1

3.3

Analisis Pengguna User

Tabel 3.3 Analisis Pengguna User No 1 2 3 Nama Pengguna Admin Penjual Klien/konsumen Hak Akses Laporan penjualan, pembayaran, mengawasi sistem Mengelola produk, data order Melihat catalog, melakukan registrasi (optional), melakukan order, dan shopping cart

-

3.4

Perancangan Sistem

3.4.1 Flowchart sistem Penjual (Komunitas)

3.4.2 Flowchart Pembeli

3.4.3 ER Diagram

4

Analisis dan Perancangan Pada tahap ini dilakukan untuk proses analisa serta konsep yang berkaitan dengan topik penelitian berdasarkan pada literaturliteratur yang ada. 4.1 Perancangan Fitur Tahap ini dilakukan untuk mendapatkan fitur-fitur yang tersedia dari website ini. Fitur-fitur yang terdapat dari web ini yaitu :

1) Back

End

Application

(

Halaman

Administrator ) Berikut adalah fitur-fitur pada halaman Administrator :
1.

Managemen Produk 1.
2. 3. 4.

Pengolahan data produk (Create Pengolahan data Kategori produk. Pengolahan data Rating penjual. Pengelolaan Stok produk. Pencarian Pesanan, administrator

Read Update Delete).

2.

Management Pesanan / Transaksi 1. dapat melakukan pencarian pesanan per waktu dan nama pelanggan 2. Proses Update Status Pesanan, Pesanan dipesan lalu dikonfirmasi, setelah itu pelanggan melakukan pembayaran, lalu buku dikirim dan diterima oleh pelanggan.
3.

Terdapat

fitur

konfirmasi

Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan apabila telah membayar jumlah buku yang dipesan. Terdapat fitur pembatalan pesanan apabila ada pelanggan yang membatali proses pesanan karena alas an tertentu.
4.

Fasilitas pencetakan label pemesanan

berupa soft-copy (format file pdf) 3. Management Pembayaran
1.

Pembayaran Shipping

Online atau

dengan Pengiriman

menggunakan fasilitas e-banking.
4.

Manajemen

Produk

1.

Fitur pengiriman produk dengan jasa Fitur pengelolaan lokasi pengiriman

pengiriman barang JNE. 2. ke Provinsi sampai ke Kota pelanggan disertai dengan biaya kirimnya. 5. 6. 7. 8. 9. Manajemen Pembuatan Laporan per waktu Manajemen Pelanggan. Terdapat manajemen Fasilitas integrasi dengan situs Facebook Fasilitas Backup dan Restore database untuk Pengelolaan Retur barang

untuk mengolah data pelanggan. dan Twitter untuk promosi di jejaring social. menjaga konsistensi database.

2) Front End Application ( Halaman Pengunjung )
1.

Pencarian seperti

produk judul,

berdasarkan penulis,

kategori penerbit,

tertentu
2.

kategori/tema buku. Menampilkan produk paling banyak di beli. Fasilitas Pendaftaran Pelanggan/Member 3.
4.

dan Login Pelanggan/Member Histori Pemesanan / Keranjang Belanja untuk melihat list dari produk yang telah dipesan oleh pengunjung
5.

Zoom produk agar pengunjung dengan jelas Mendukung fitur SEO (Search Engine

melihat produk yang hendak dibeli. 6. Optimizion) agar situs e-commerce ini terdapat pada halaman utama di search engine seperti google
7.

Fitur Komentar per produk yang dilakukan

oleh pengunjung

8.

Fitur

Rating

yang

dilakukan

oleh

pengunjung dengan menyukai / vote per penjual. 3) Security / Keamanan Hal terpenting dari adanya E-Commerce yang akan dibuat adalah keamanan data-data dan privasi data pribadi pengunjung dalam melakukan transaksi pada ECommerce ini. Berikut adalah beberapa keamanannya : 1. 2. Mendukung IP Dedicated dan SSL ( Secure Anti SQL Injection dan anti XSS ( Cross

Socket Layer) Site Scripting )

4)

Komunikasi 1. Komunikasi 1. antara pemilik toko dan

pengunjung dengan menggunakan : Telepon dan Alamat yang jelas agar kepercayaan bagi menumbuhkan pengunjung.
2.

Menggunakan Instant Messanging Menggunakan situs jeraring sosial

Yahoo Messanger. 3. untuk promosi dan pemasaran lebih luas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->