RINGKASAN MATERI MANAJEMEN STRATEGIS “MISI PERUSAHAAN”

KELOMPOK 1 I Putu Adi Sukmawan Yoshua Agus Budi Prasojo I Kadek Supanada Edy Novriady

Pada pembahasan ini lebih dititikberatkan pada penjabaran misi perusahaan. Pernyataan misi harus menyatakan jenis produk atau jasa dasar yang akan ditawarkan. melainkan mengenai sikap. serta kebutuhan utama konsumen yang berusaha untuk dipenuhi oleh perusahaan B. C. dan orientasi Pernyataan misi merupakan pesan yang dirancang untuk mencakup harapan dari seluruh pemangku kepentingan atas kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Para eksekutif serta dewan komisaris yang membuat pernyataan misi berusaha menyediakan maksud yang menyatukan perusahaan. Produk atau jasa dasar. Misi perusahaan (company mission) adalah pernyataan luas dan kekal mengenai niat suatu perusahaan. Maksud tersebut akan menjadi landasan bagi penetapan tujuan serta pengambilan keputusan strategis. PENTINGNYA MISI DAN SIFAT MISI Sifat dari misi perusahaan adalah: Mencakup tujuan dan strategi yang diuraikan secara luas atau dinyatakan secara tidak langsung. dan bukan arahan yang bersifat khusus Misi merupakan sebuah pernyataan. dan teknologi. KOMPONEN PERNYATAAN MISI Komponen pernyataan misi mencakup hal-hal berikut: 1. Secara umum misi perusahaan mencakup beberapa hal yaitu: Filosofi dari para pengambil keputusan strategis Menyatakan citra yang ingin diproyeksikan oleh perusahaan Mencerminkan konsep diri perusahaan Mengindikasikan bidang produk atau jasa utama suatu perusahaan. tentu juga dijabarkan mengenai visi dari perusahaan tersebut. .MISI PERUSAHAAN A. dan teknologi utama Tiga komponen ini merupakan komponen yang harus terdapat dalam pernyataan misi. Kemudian visi perusahaan diposisikan sebagai salah satu komponen penting dari misi perusahaan. PENGERTIAN MISI PERUSAHAAN Umumnya dalam pembahasan mengenai misi sebuah perusahaan. pasar primer. bukan mengenai target yang dapat diukur. pasar . pandangan. dimana niat tersebut merupakan maksud unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis dan mengidentifikasikan lingkup operasinya dalam hal produk.

3. keragaman produk yang ditawarkan. Pelanggan maupun calon pelanggan saat ini meyakini adanya kualitas tertentu pada sebuah bisnis atau perusahaan. pertumbuhan. laba jangka panjang merupakan indikasi yang paling jelas dari kemampuan perusahaan untuk memenuhi klaim serta keinginan utama dari karyawan dan pemegang saham. serta teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Pertumbuhan dapat berupa pertumbuhan jumlah pasar yang dilayani. . biasanya menyertai atau muncul dalam pernyataan misi. dan badan pengatur mungkin menghasilkan laba dala jangka pendek. dan teknologi yang digunakan dalam produksi maupun distribusi produk kepada pelanggan 2. pemasok. aspirasi. Filosofi perusahaan Pernyataan mengenai filosofi perusahaan sering kali disebut kredo perusahaan (company creed). Konsep diri perusahaan Penentu utama keberhasilan perusahaan adalah sejauh mana perusahaan tersebut dapat berelasi secara fungsional dengan lingkungan eksternalnya. kreditor. Mengabaikan keinginan konsumen. Pertumbuhan berarti perubahan. Profitabilitas merupakan tujuan tetap dari suatu perusahaan. Pernyataan misi yang baik harus mencakup komponen dari tujuan perusahaan tersebut. dan prioritas filosofi dasar yang menjadi komitmen para pengambil keputusan strategis. Tujuan perusahaan : kelangsungan bisnis. Gagasan ini. dan perubahan yang proaktif adalah penting dalam lingkungan bisnis. Kredo perusahaan mencerminkan atau menspesifikasikan kaeyakinan. Citra publik Pernyataan misi seharusnya mencerminkan ekspetasi publik. Pertumbuhan perusahaan sangat terikat dengan kelangsungan bisnis dan profitabilitasnya.pasar atau kelompok pelanggan utama yang akan dilayani. 5. Untuk memperoleh posisi yang layak dalam situasi kompetitif perusahaan harus secara realistis mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kompetitifnya. ahli lingkungan. 4. nilai. bahwa perusahaan harus mengenal dirinya sendiri merupakan inti dari konsep diri perusahaan. profitabilitas Kelangsungan bisnis perusahaan dapat dicapai dengan memelihara pertumbuhan yang positif dan berusaha menjaga profitabilitas tetap tinggi. Tanpa memerhatikan bagaimana laba diukur atau didefinisikan. tetapi dalam jangka panjang konsekuensi keuangannya akan sangat menggangu. Citra publik yang negatif sering kali memaksa perusahaan untuk menekankan kembali aspek yang menguntungkan dari misinya. Membuat keputusan dengan mendasarkan pada laba jangka pendek dapat mengarah kepada ketidakmampuan untuk melihat jangka panjang secara strategis.

Terdapat tahap-tahap yang dilalui terlebih dahulu untuk dapat menuliskan misi perusahaan. Kualitas Semakin banyak perusahaan yang menekankan kualitas menjadi sebuah norma yang wajib dipatuhi. MENULISKAN DAN MENGEVALUASI PERNYATAAN MISI Penulisan misi perusahaan bukanlah merupakan suatu proses yang sekali jadi. Pernyataan Visi Apabila pernyataan misi merupakan jawaban atas pertanyaan “bisnis apa yang kita jalankan”. Ketika itu gambaran kasar dan sederhana tentang misi perusahaan sudah mulai dirumuskan. Paling tidak pemilik telah memiliki gambaran sederhana tentang produk yag hendak dihasilkan. oleh karena itu dilakukan tahap ketiga. Sehingga banyak perusahaan telah menjadikan inisiatif layanan pelanggan sebagai komponen dari misi perusahaan 2. pernyataan visi perusahaan sering kali dirancang untuk menyatakan aspirasi dari kepemimpinan eksekutif. Jika dipisah sering kali berupa satu kalimat tunggal yang didesain agar mudah diingat. Visi sering kali dinyatakan sebagai cara unik untuk mengabungkan pengaruh kompetitif dengan cara mengarahkan suatu perusahaan untuk menganut strategi yang revolusioner. Namun pada praktiknya pernyataan visi dan misi perusahaan sering kali digabungkan menjadi satu. Pada langkah ini juga diharapkan dapat diketahui posisi relatif masing-masing pihak. Pada tahap ini dilakukan identifikasi siapa saja pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan. Tahap pertama dalam penulisan misi perusahaan dimulai ketika pemilik masih berada dalam tahap sedang merencanakan pendirian perusahaan. dan tujuan ekonomis yang hendak dicapai. Pernyataan visi menyajikan maksud strategis perusahaan yang memfokuskan energi dari sumber daya perusahaan pada pencapaian masa depan yang diinginkan. Oleh karena itu pernyataan mengenai kualitas sangat penting dalam pernyataan misi 3. apa yang tersurat dan tersirat dari kepentingan pemilik tersebut dikomunikasikan lebih jauh dengan kepentingan lain dari berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan (stakeholders). D. Langkah ini juga diikuti dengan usaha untuk mengerti dan memahami klaim kepentingan yang mereka miliki terhadap perusahaan. Pelanggan Pelanggan merupakan prioritas utama dalam menciptakan suatu keunggulan kompetitf sebuah perusahaan. karena kualitas mencerminkan kondisi suatu perusahaan dalam konteksnya mewujudkan keunggulan kompetitf. Sangat mungkin kepentingan-kepentingan tersebut bertolak belakang satu sama lain. Perusahaan menyusun skala prioritas dengan mengingat posisi relatif pemilik . Tahap berikutnya adalah. yaitu melakukan rekonsiliasi berbagai kepentingan tersebut. pasar yang hendak dituju.Masih terdapat suatu “tren” terbaru dalam komponen-komponen misi yaitu: 1.

Namun tujuan produktivitas terkadang juga dinyatakan dalam bentuk penurunan biaya produksi yang diinginkan 3. sehingga pada tahapan sebelumnya komponen misi perusahaan yang lain sering terlupakan untuk dibahas secara komprehensif. Profitabilitas Merupakan kemampuan dasar dari suatu perusahaan untuk beroperasi dalam jangka panjang bergantung pada perolehan tingkat laba yang memadai 2. Setelah terbentuk suatu pernyataan misi. Prioritas komunikasi dilakukan pada pihak internal perusahaan. Barulah pada tahap keempat ini hal tersebut dapat dilakukan. Komunikasi diperlukan agar terjadi proses internalisasi visi-misi. dua. Tahap yang terakhir adalah usaha mengomunikasikan hasil akhir perumusan visi-misi perusahaan pda lingkungan internal dan eksternal perusahaan.kepentingan perusahaan dan derajat kemungkinan pencapaian kepentingan tersebut. TUJUAN PERUSAHAAN Tujuan Perusahaan yang berupa sasaran jangka panjang adalah: 1. DEF E. atau tiga komponen saja yang terpenuhi. yang hampir tidak mungkin terjadi secara otomatis sesaat setelah perumusan akhir dilakukan. Posisi kompetitif . perlu dilakuakn evaluasi terhadap pernyataan tersebut. Contoh mission statement evaluation matrix Component Organization Customers Yes No Product Services No Yes Markets No Yes Concern for Survival. Profitability Yes Yes Technology No No PT. hampir dapat dipastikan bahwa kepentingan tersebut akan berbenturan dengan tujuan ekonomis perusahaan. Tidak semua misi perusahaan mencakup semua komponen yang telah dijabarkan di atas. Untuk keperluan ini dilakukan dialog intensif dan biasanya memerlukan waktu relatif lama. Terkadang hanya satu. Tahap keempat adalah mengkoordinasikan berbagai kepentingan yang telah diakomodir dalam langkah sebelumnya dengan komponen visi-misi perusahaan yang lain. baru kemudian pihak eksternal. Produktivitas Tujuan produktivitas yang umum adalah peningkatan jumlah barang yang diproduksi atau jumlah jasa yang diberikan per unit input. Growth. ABC PT. Tahap evaluasi pernyataan misi biasanya dilakukan oleh seorang manajer strategis dengan menyusun mission statement evaluation matrix.

yang dinyatakan dalam pernyataan misi. Pengembangan karyawan Pendidikan dan pelatiahan bagi karyawan merupakan suatu yang mengarah pada kompensasi dan jaminan kerja yang lebih tinggi. Dapat diterima Tujuan jangka panjang perusahaan harus dapat diterima oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan 2. Oleh karena itu suatu tujuan haruslah fleksibel. Suatu tujuan harus merupakan langkah demi mencapai sasaran secara keseluruhan 6. Sesuai Tujuan harus disesuaikan dengan sasaran luas suatu perusahaan. Perusahaan umumnya menetapkan tujuan dalam hal posisi kompetitif menggunakan penjualan total atau pangsa pasar sebagai ukuran posisi kompetitifnya. Merupakan salah satu ukuran keberhasilan perusahaan adalah dominasi relatifnya di pasar. Dapat dipahami Manajer strategis pada semua tingkatan harus memahami apa yang harus dicapai . Memotivasi Tujuan yang memotivasi adalah tujuan yang ditetapkan pada tingkatan standar yang lebih tinggi sehingga menantang tetapi tidak terlalu tinggi sehingga dapat membuat frustasi atau terlalu rendah sehingga terlalu mudah dicapai 5. 6. seperti kontribusi dalam bidang sosial. Terukur Suatu tujuan harus dapat diukur dengan pasti. 3.4. dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan mengurangi perputaran karyawan Hubungan dengan karyawan Karyawan meruapakan aset berharga perusahaan. Tanggung jawab kepada masyarakat Perusahaan menetapkan tujuan untuk dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat. 4. 7. pendidikan. Fleksibel Dalam berusaha tidak terlepas dari perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan. pelatihan kaum minoritas. Kriteria tujuan jangka panjang yang berkualitas adalah: 1. Banyak perusahaan menyatakan suatu tujuan berkaitan dengan teknologi. 5. Perusahaan harus serta merta mengantisipasi kebutuhan dan harapan karyawan. secara kualitas maupun secara kualitas. kesejahteraan masyarakat. Hubungan baik dengan karyawan harus senantiasa terjaga untuk mendukung keberlangsungan perusahaan. aktivitas publik atau politik. apakah perusahaan hanya akan menjadi pengikut dari suatu tren atau bergerak sebagai suatu pemimpin dalam bidang teknologi. Kepemimpinan teknologi Kemajuan teknologi mau tidak mau harus diperhatikan dengan baik oleh perusahaan. dan revitalisasi kota.

7. Dapat dicapai Suatu tujuan ditetapkan secara logis dan dapat dicapai. Tujuan yang ditetapkan dengan kemungkinan pencapaian yang sulit ataupun mustahil merupakan suatu kesalahan yang berujung pada kegagalan perusahaan .

dan Pengendalian (Pearce / Robinson) .Sumber : . Formulasi.Manajemen Strategik.Manajemen Strategis. Konsep dan Kasus (Suwarsono Muhammad) . Implementasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful