P. 1
PRINSIP Human Relation Ship

PRINSIP Human Relation Ship

|Views: 166|Likes:
Published by Vivi Meiliza Majid

More info:

Published by: Vivi Meiliza Majid on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

PRINSIP-PRINSIP HUMAN RELATION 1. Adanya sinkronisasi antara tujuan organisasi dengan tujuan individu.

Contoh :    Tiap individu melakukandiskusi untuk mencapai tujuanorganisasi. Berupaya tidak egois atau berusaha mencapai tujuanpribadinya dengan melupakan tugas dan tanggung jawabnya dalam pencapaian tujuan organisasi. Melakukan voting apabila diskusi dalam suatu organisasi mengalami kejanggalan.

2. Suasana kerja menyenangkan. Contoh :    Karyawan satu sama lainnya dalam sebuah kantor saling toleransi satu sama lainnya. Adanya AC dalam ruangan kerja sehingga dalam ruangan tidak panas dan gerah. Antara bos dan karyawan memiliki sikap baik dan ramah.

3. Keseimbangan Antara Informal dan formal. Contoh :  Jika pemimpin berusia lebih muda daripada bawahan, jika di kantor sikap formalnya adalah pemimpin lebih dihormati, namun secara informal meskipun pemimpin lebih muda, ia tetap harus menghargai dan bersikap sopan terhadap bawahannya yang lebih tua tanpa harus membedakan kalau dia adalah pemimpin dan dia adalah bawahan.  Seorang pemimpin harus bisa menempatkan posisinya di mana ia berada, jika berada di kantor, maka ia harus bisa menjaga wibawanya, namun jika sudah di luar kantor, pemimpin tersebut bisa sedikit santai jika bertemu dengan bawahannya.  Seorang Kepala tidak mengungkit-ungkit masalah kejaan di luar daerah dan jam kerja kepada seorang bawahannya, karena pada saat di luar kedudukan mereka sama.

4. Bawahan bukan mesin. Contoh :

Pengakuan dan penghargaan atas pelaksanaan tugas dengan baik. 5. Seorang pegawai mendapat penghargaan keteladanan karena telah mengabdi lama.dan juga sesuai minat dan kemampuannya. The right man in the right place. 6. Seorang anak kelas 2 SD mendapat hadiah berlibur karena telah mendapat juara rangking. Misalnya Sarjana Ekonomi ditempatkan sebagai pengontrol keuangan suatu perusahaan.   Seorang bos menyuruh Office boy mengangkut barang-barang yang bukan tugas Office boy. Seorang guru yang selalu membimbing muridnya dalam lomba karya ilmiah nasional sampai mendapat juara atau hasil yang memuaskan. Kepala sekolah menyuruh TU untuk menyelesaikan semua laporan dalam 2 hari tanpa melihat situasi dan kondisi pegawai TU tersebut. Contoh :    Seorang karyawan mendapat bonus karena telah memasarkan dagangannya dengan cepat. Seorang dosen membimbing mahasiswa didiknya sampai pembuatan KTI agar memperoleh hasil yang maksimal.seorang yang ahli dan mengerti akan marketing ditempatkan dibagian pemasaran. . Kembangkan Kemampuan bawahan sanpai tingkat maksimal.Seorang tenaga medis bekerja di bidang medis. Contoh :    Kepala sekolah turun tangan sendiri untuk melatih muridnya yang berbakat agar bakatnya dapat terasah. Contoh :  Menempatkan bawahan sesuai dengan bidang yang dikuasai. Seorang ketua kelas menyuruh anggota kelas untuk menyelesaikan tugasnya sebagai ketua kelas. 7.

8. Seorang mahasiswa berprestasi mendapat beasiswa. Gaji Upah atau penghargaan sesuai dengan jasa yang diberikan. Pahlawan mendapat penghargaan karena telah membela bangsa. Tidak melakukan prinsip KKN karena tidak adil untuk bagi yang berbakat. . Contoh :    Seorang mendapat gaji lebih karena telah lembur beberapa hari.  Melakukan seleksi kenaikan jabatan sesuai dengan minat dan bakat bawahan.

6. Anis Qurnita S / PO7131110042 Anis Sholikhah / PO7131110043 Ika Suria Wati / PO7131110055 Ikak Subekti / PO7131110056 Nina Rahmawati / PO7131110065 Vivi Meiliza M / PO71311100 KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN YOGYAKARTA JURUSAN GIZI 2010 / 2011 .TUGAS MANAGEMEN DASAR Prinsip-prinsip Human Relation Disusun oleh : 1. 2. 5. 3. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->