PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 2 KALIBAGOR Alamat: Jl. Raya Kaliori Kalibagor KP. 53191 Ph.

(0281) 796574 ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran Kelas Hari Tanggal Waktu : Pendidikan Kewarganegaraan : IX : :

I. PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF a, b, c, ATAU d DI LEMBAR JAWAB YANG TERSEDIA ! 1. Negara diartikan sebagai…. a. Kenyataan yang bercorak politis dan yuridis yang terdiri dari atas mayarakat manusia yang mendiami suatu wilayah tertentu dan tunduk kepada suatu pengusaha tertinggi. b. Suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam menggunakan kekerasan. c. Suatu kekuasaan bagi manusia untuk menindas manusia lain. d. Organisasi masyarakat yang tinggal di suatu daerah tertentu. 2. Yang termasuk dalam unsur-unsur pembentuk negara adalah…. a. Penduduk yang menetap, wilayah, pengakuan warga lain. b. Wilayah tertentu, rakyat, kekuasaan. c. Penduduk yang menetap, wilayah tertentu, pemerintah yang berdaulat d. Wilayah, rakyat, pemerintah. 3. Di bawah ini adalah tujuan negara, kecuali…. a. Menciptakan keamanan eksteren, ketertiban intern. b. Mencapai keadilan. c. Mencapai kebebasan. d. Mencapai kesejahteraan. 4. Negara berlaku sebagai stabilisator, mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, menjaga dan mempertahankan negara, menegakan keadilan adalah merupakan arti dari.... a. Unsur negara b. Fungsi negara c. Pengertian negara d. Tujuan negara 5. Yang menjadi dasar hukum dalam upaya pembelaan negara adalah.... a. Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 b. Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 c. Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 d. Pasal 29 ayat 1 UUD 1945 6. Pengertian bela negara menurut Chaidir Basrie adalah.... a. Sikap yang mencintai tanah air dan bangsanya. b. Sikap tekad dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut di landasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, Keyakinan dan kesaktian Pancasila, sebagai odiologi negara. c. Sikap nasionalisme yang tinggi. d. Sikap mencintai bangsa dan negara Indonesia yang berlandaskan pancasila. 7. Yang termasuk bentuk usaha bela negara adalah.... a. Menjadi TNI dan sukarelawan b. Pengabdian sebagai prajurit c. Mengikuti pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai TNI secara sukarela atau secara wajib dan pengabdian sesuai profesi. d. Menjadi pahlawan. UTS Gasal 2010/2011/PKn/IX 1|Page

Memiliki ketrampilan seperti TNI 16. 2 tahun 2002 b. Memiliki cita-cita menjadi TNI ataupun POLRI c. Melaporkan pada polisi jika ada siswa yang bersalah d. a. 27 ayat 1 b. Semangat cinta kepada bangsa dan negara d.. Kewajiban warga negara. a. yaitu... Wujud keikut sertaan sebagai individu dalam usaha pembelaan negara seperti tidak pernah menimbulkan huru hara atau kekacauan.. Hal itu merupakan suatu wujud dari . Wujud peran siswa dalam usaha pembelaan negara di bidang pertahanan. Dasar hukum setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara diatur dalam UUD 45 pasal... Kebebasan berpendapat c.. Ikut serta menikmati hasil pembangunan b.. Menjadi anggota polisi c.. Meningkatkan rasa cinta tanah air c. a. a. Hak dan kewajiban warga negara. Melaksanakan kegiatan siskamling dalam lingkungan b. 30 ayat 1 d. Tentang bela negara diatur lebih lanjut dalam undang-undang tentang pertahanan negara yaitu UU no.. Membela Negara b. Semangat sukarela seorang warga negara b.. Mendapatkan pendidikan 12.8.. Hak sekaligus kewajiban warga negara. a. Tugas warga negara. c. Melaporkan kepada guru jika ada temannya yang nakal 17. 9. Contoh kegiatan yang menunjukan partisipasi warga dalam upaya pembelaan negara. Ikut aktif dalam usaha mencapai tujuan pembangunan d.. Mematuhi peratiuran bila perlu UTS Gasal 2010/2011/PKn/IX 2|Page . kecuali . a. Mengikuti arah teman-teman. a. Semangat gotong royong c. Wujud upaya bela negara yang dilakukan masyarakat adalah. Kesediaan untuk menjaga keutuhan negara d. Membicarakan naskah sumpah pemuda d.. 27 ayat 3 c. b. Membela negara merupakan hak sekaligus kewajiban... d. a.. 30 ayat 2 14.. 2 tahun 2003 c. Mengadakan siskamling secara rutin d. 3 tahun 2003 15... Semangat Nasionalisme dan Petriotisme yang tinggi 10... Membayar pajak d.. a.. Pernyataan diatas merupakan.. 11. Menjadi anggota TNI b. Ikut serta memiliki hasil pembangunan dalam pemanfaatannya c. Peran warga negara dalam upaya bela negara terutama diarahkan untuk mewujudkan hal-hal berikut... Kewajiban negara terhadap negaranya. Menciptakan keamanan dan ketertiban di sekolah b. Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara adalah. Kebersamaan diantara etnis yang ada b. a.. 3 tahun 2002 d.. Menjadi warga negara yang baik dengan melaksanakan haknya 13. Menmgikuti lomba nyanyi lagu perjuangan c..

3. a. 4. Pengurus kelas c. Sebutkan 2 (dua) tujuan negara Indonesia! Sebutkan 3 (tiga) ancaman terhadap negara yang berasal dari dalam negeri! Sebutkan 3 (tiga) fungsi negara! Sebutkan 3 (tiga) contoh keikutsertaan warganegara dalam usaha pembelaan negara yang dilakukan melalui pengabdian sesuai dengan profesi! 5. 6. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem….18.. 2..... 9.. 5. Mengawasi kegiatan mereka dan jika perlu melaporkan kepada yang berwajib c. 3.. Sikap yang perlu kita lakukan terhadap pihak-pihak yang ingin menghancurkan NKRI. a. Negara berhak mendapatkan pembelaan dan upaya pertahanan dari …. III. dan …. 2. Contoh bela negara dalam kehidupan masyarakat yaitu. Membiarkan saja karena sudah menjadi tugas POLRI dan TNI untuk menangkapnya II. Menyalurkan aspirasinya dalam pemilihan pengurus RW d. Bela negara siswa dapat di lihat melalui pengembangan peran sebagai. warganegara Indonesia. Negara wajib melindungi bangsanya. Unsur deklaratif terbentuknya negara adalah. dan bangsa wajib ….. Komponen utama/ pokok keamanan negara terletak pada….. Pasal dalam UUD 1945 yang menjadi dasar hukum warga negara dalam usaha pembelaan negara adalah pasal …. Membela dan mempertahankan negara merupakan …. Membayar pajak tepat waktu b. 10. Ayat…. ancaman dapat dibedakan menjadi …. Membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanaha air merupakan tujuan dari….. Kerelaan mengikuti kerja bakti di lingkungannya c. ISILAH TITIK-TITIK DIBAWAH INI DENGAN BENAR ! 1. 7. Petugas piket d. Panitia perpisahan b. Menangkap mereka dan menghukumnya agar menghentikan kegiatannya d. 8. a.. Salah satu alasan mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia yaitu….. Suka membantu tetangganya yang sedang punya hajat 19. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN INI DENGAN BENAR! 1. dan …. Dilihat dari sifatnya. Sebutkan 3 (tiga) contoh partisipasi siswa dalam upaya bela negara di sekolah! ***** selamat mengerjakan ***** UTS Gasal 2010/2011/PKn/IX 3|Page . 4. Petugas upacara bendera 20. Mencatat nama mereka dan menasehati agar tidak melanjutkan keinginannya b.

UU No. Mengatur dan mengurus 7. D 10. Kerusuhan b. B 21. B 31. Ancaman dari dalam negeri adalah a. A 11. B 19. C 28. B 36. PILIHAN GANDA 1. C 3. A 9. D 20. UTS Gasal 2010/2011/PKn/IX 4|Page . C 13. B 14. Membela negaranya 6. Rakyat / warga Negara 10. B 7. Menyatakan pendapat 9. A 27. B 5. B II. A 30. Pemberontakan dari golongan yang ingin mengubah negara 2. A 12. C 8. D 22.PKn/IX/GSL/08 6 KUNCI JAWABAN I. C 35. C 18. A 17. 32 tahun 2004 8. B 29. Pemaksaaan Kehendak c. A 38. Pemberontakan Angkatan Bersenjata d. kabupaten dan kota mempunyai pemerintah daerah yang diatur dengan undang-undang. URAIAN 1. C 40. D 33. B 26. Pengakuan dari negara lain 2. D 32. A 23. yang setiap propinsi. D 25. A 2. B 34. ISIAN 1. Negara kesatuan Republik Indonesia di bagi atas daerah-daerah propinsi dan daerah propinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota. A 6. D 4. A 39. Pasal 27 ayat 3 3. Warganegaranya 5. Menentang III. C 24. D 15. D 16. Pasal 27 ayat 3 4. D 37.

menjaga keamanan sekolah dan lingkungannya 4. Mentaati tata tertib siswa dengan penuh kesadaran b. UTS Gasal 2010/2011/PKn/IX 5|Page . Melaksanakan siskamling sesuai jadwal b. Menjaga kelestarian lingkungan 5. a. Belajar dengan tekun dan rajin c.3. Menjaga nama baik sekolah d. Segala peratuaran dan tindakan pemerintah yang disusun serta dilaksanakan untuk kepentingan umum atau masyarakat. Menjaga kebersihan lingkungan/ ikut kerja bakti c. 3 contoh bela negara di lingkungan masyarakat a.