Nama NPM

: Muhammad Imam : 1206272620

Departemen : Ilmu Politik

Partai Politik di Indonesia dan Tipologinya
Di bawah ini adalah partai-partai yang memiliki representatif di kursi parlemen dengan suara terbanyak berdasarkan hasil pemilu legislatif 2009 beserta tipologinya.

Partai-Partai di Parlemen

Tipologi Partai

Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu, terorganisasi secara longgar, dan melihat preferensi politik sebagai acuan. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. Partai Demokrat ( 150 kursi ) Berdasarkan Basis Sosial : 1. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas, menengah, dan bawah ( campuran ) 2. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani, buruh, pengusaha, dll ( campuran ) 3. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam, kristen, hindu, protestan, dll ( campuran ) 4. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku, bangsa, daerah, dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di

dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Partai Golongan Karya ( 107 kursi ) Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. kristen. daerah. pengusaha. hindu. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( 95 kursi ) . Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. buruh.parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai politik ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak terikat kaku pada suatu doktrin dan ideologi tertentu. dll ( campuran ) 3. Berdasarkan Basis Sosial : 1. dll ( campuran ) 4. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. dan melihat preferensi politik sebagai acuan. protestan. menengah. terorganisasi secara longgar. bangsa. dan bawah ( campuran ) 2. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani.

Strukur organisasi partai berjenjang dan sehingga instruksi dan tanggung jawab jelas. yaitu perwakilan agama islam. dll. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai Islam 4. buruh. hindu. daerah.kebijakan tertentu. protestan. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai kepentingan = Partai ini dibentuk dan dikelola atas dasar kepentingan tertentu. menengah. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. buruh. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. khususnya pemeluk islam Partai Keadilan Sejahtera ( 57 kursi ) . bangsa. dll ( campuran ) 3. pengusaha. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. menengah. dll ( campuran ) 3. bangsa. daerah. dan bawah ( campuran ) 2. dll ( campuran ) 4. kristen. kekekatan organisasi. Berdasarkan Basis Sosial : 1. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. dan disiplin anggota sebagai kekuatan utama. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. pengusaha. yang ingin ikut berpartisipasi dalam pemerintahan Berdasarkan Keanggotaan :  Partai kader = Partai ini mengandalkan kualitas anggota. dan bawah ( campuran ) 2. Berdasarkan Basis Sosial : 1.

khususnya pemeluk islam Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai kepentingan = Partai ini dibentuk dan dikelola atas dasar kepentingan tertentu. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. dll. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku.Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. pengusaha. dan bawah ( campuran ) 2. buruh. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi pemeluk Islam 4. dan melihat preferensi politik sebagai acuan. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. yang ingin ikut berpartisipasi dalam pemerintahan Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa . menengah. terorganisasi secara longgar. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. daerah. dll ( campuran ) 3. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. Partai Amanat Nasional ( 43 kursi ) Berdasarkan Basis Sosial : 1. yaitu perwakilan agama islam. bangsa.

menengah. Berdasarkan Basis Sosial : 1. yang ingin ikut berpartisipasi dalam pemerintahan Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. dll. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. terlebih pemeluk islam Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai kepentingan = Partai ini dibentuk dan dikelola atas dasar kepentingan tertentu. Basis sosial dan budaya Partai Kebangkitan Bangsa ( 27 kursi ) . buruh. pengusaha. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. pengusaha. yaitu perwakilan agama islam. bangsa. Berdasarkan Basis Sosial : 1. dll ( campuran ) 3. dll ( campuran ) 3. dan bawah ( campuran ) 2. daerah. dan bawah ( campuran ) 2. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. buruh. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai islam 4. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani.Partai Persatuan Pembangunan ( 37 kursi ) = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai Islam 4. menengah. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas.

dll ( campuran ) 3. bangsa. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. terorganisasi secara longgar. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. dll ( campuran ) 4. protestan. Partai bagi semua suku. buruh. bangsa. dan bawah ( campuran ) 2. dan melihat preferensi politik sebagai acuan. kristen. daerah. menengah. dan . hindu. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. pengusaha. dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Partai Gerakan Indonesia Raya ( 26 kursi ) Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. terorganisasi secara longgar. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. yang memeluk islam Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. daerah. dll. Berdasarkan Basis Sosial : 1.

dll ( campuran ) 3. pengusaha. hindu. buruh. Partai Hati Nurani Rakyat ( 18 kursi ) Berdasarkan Basis Sosial : 1. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani.id/data-terbaru/474-jumlah-perolehan-kursi-dpr-parpol-pesertapemilu-2009. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. bangsa. pkl 16:00) . dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Sumber : *http://mediacenter. protestan. menengah.kpu. dan bawah ( campuran ) 2. daerah. kristen. dll ( campuran ) 4.melihat preferensi politik sebagai acuan.html* (diakses tgl 17 november 2012. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu.go. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful