P. 1
Parpol Dan Tipologi

Parpol Dan Tipologi

|Views: 54|Likes:
Published by Muhammad Imam

More info:

Published by: Muhammad Imam on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

Nama NPM

: Muhammad Imam : 1206272620

Departemen : Ilmu Politik

Partai Politik di Indonesia dan Tipologinya
Di bawah ini adalah partai-partai yang memiliki representatif di kursi parlemen dengan suara terbanyak berdasarkan hasil pemilu legislatif 2009 beserta tipologinya.

Partai-Partai di Parlemen

Tipologi Partai

Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu, terorganisasi secara longgar, dan melihat preferensi politik sebagai acuan. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. Partai Demokrat ( 150 kursi ) Berdasarkan Basis Sosial : 1. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas, menengah, dan bawah ( campuran ) 2. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani, buruh, pengusaha, dll ( campuran ) 3. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam, kristen, hindu, protestan, dll ( campuran ) 4. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku, bangsa, daerah, dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di

kristen. menengah. dan bawah ( campuran ) 2. dll ( campuran ) 3. hindu. protestan. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Partai Golongan Karya ( 107 kursi ) Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. dan melihat preferensi politik sebagai acuan.parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai politik ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak terikat kaku pada suatu doktrin dan ideologi tertentu. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. buruh. pengusaha. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. terorganisasi secara longgar. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. Berdasarkan Basis Sosial : 1. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. dll ( campuran ) 4. daerah. bangsa. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( 95 kursi ) . Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku.

bangsa. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani.kebijakan tertentu. buruh. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai Islam 4. dll ( campuran ) 3. dll. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. dll ( campuran ) 3. kekekatan organisasi. hindu. Berdasarkan Basis Sosial : 1. pengusaha. menengah. dan disiplin anggota sebagai kekuatan utama. dan bawah ( campuran ) 2. daerah. kristen. pengusaha. dan bawah ( campuran ) 2. bangsa. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai kepentingan = Partai ini dibentuk dan dikelola atas dasar kepentingan tertentu. menengah. dll ( campuran ) 4. Berdasarkan Basis Sosial : 1. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. daerah. khususnya pemeluk islam Partai Keadilan Sejahtera ( 57 kursi ) . yaitu perwakilan agama islam. yang ingin ikut berpartisipasi dalam pemerintahan Berdasarkan Keanggotaan :  Partai kader = Partai ini mengandalkan kualitas anggota. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. buruh. protestan. Strukur organisasi partai berjenjang dan sehingga instruksi dan tanggung jawab jelas. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas.

bangsa. buruh. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. dan bawah ( campuran ) 2. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. yang ingin ikut berpartisipasi dalam pemerintahan Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa . dll ( campuran ) 3.Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. terorganisasi secara longgar. dll. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. yaitu perwakilan agama islam. Partai Amanat Nasional ( 43 kursi ) Berdasarkan Basis Sosial : 1. daerah. pengusaha. menengah. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi pemeluk Islam 4. dan melihat preferensi politik sebagai acuan. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. khususnya pemeluk islam Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai kepentingan = Partai ini dibentuk dan dikelola atas dasar kepentingan tertentu.

Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. yaitu perwakilan agama islam. dll ( campuran ) 3. buruh. daerah. Berdasarkan Basis Sosial : 1. buruh. dll. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai islam 4. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. menengah. dan bawah ( campuran ) 2. Basis sosial dan budaya Partai Kebangkitan Bangsa ( 27 kursi ) . Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. pengusaha. pengusaha. yang ingin ikut berpartisipasi dalam pemerintahan Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. Berdasarkan Basis Sosial : 1. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai Islam 4. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. bangsa. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. terlebih pemeluk islam Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai kepentingan = Partai ini dibentuk dan dikelola atas dasar kepentingan tertentu. dan bawah ( campuran ) 2. menengah.Partai Persatuan Pembangunan ( 37 kursi ) = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. dll ( campuran ) 3.

dan melihat preferensi politik sebagai acuan. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. bangsa. daerah. dll. kristen. buruh. dll ( campuran ) 4. dan bawah ( campuran ) 2. pengusaha. Berdasarkan Basis Sosial : 1. dan . Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. yang memeluk islam Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. bangsa. menengah. Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu. daerah. dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Partai Gerakan Indonesia Raya ( 26 kursi ) Berdasarkan asas dan orientasi :  Partai pragmatis = Partai ini mempunyai program dan kegiatan yang tidak kaku atau terikat pada ideologi tertentu. terorganisasi secara longgar. protestan. terorganisasi secara longgar. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. Partai bagi semua suku. hindu. dll ( campuran ) 3.

Berdasarkan Keanggotaan :  Partai massa = Partai ini mengandalkan kekuatan pada keunggulan jumlah anggota dengan tujuan pemenangan pemilu.kpu. Partai Hati Nurani Rakyat ( 18 kursi ) Berdasarkan Basis Sosial : 1.go. dll ( campuran ) Berdasarkan Tujuan :  Partai Perwakilan Kelompok = Partai ini menghimpun berbagai kelompok masyarakat untuk memenangkan kursi di parlemen Sumber : *http://mediacenter.id/data-terbaru/474-jumlah-perolehan-kursi-dpr-parpol-pesertapemilu-2009. Basis agama tertentu bagi anggota :  Partai bagi islam. pengusaha.melihat preferensi politik sebagai acuan. protestan. Kelompok kepentingan tertentu  Partai bagi kelompok petani. Basis sosial dan budaya  Partai bagi semua suku. buruh. dan bawah ( campuran ) 2. Orientasi parpol ini adalah kepada basis pendukung untuk mengadakan kebijakan tertentu. dll ( campuran ) 4. dll ( campuran ) 3. Lapisan Sosial/Basis pendapatan anggota  Partai bagi kelas atas. kristen.html* (diakses tgl 17 november 2012. bangsa. daerah. hindu. menengah. pkl 16:00) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->