P. 1
Portofolio Guru Berprestasi 2012

Portofolio Guru Berprestasi 2012

|Views: 97|Likes:
Published by r0yad15

More info:

Published by: r0yad15 on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

PORTOFOLIO GURU BERPRESTASI

(10 TAHUN TERAKHIR) Disusun Oleh (nama Guru)

(Nama Sekolah/Madrasah) (Nama Kabupaten) (Nama Prpvinsi)

1

2 .. e.. : ……………………………………………. Nama Alamat Sekolah Kecamatan Kabupaten/Kota Provinsi No. ………………………… NIP.. : ……………………………………………… : ………………. Mata Pelajaran/Guru Kelas* SD/MI. : ……………………………………………. Nama (lengkap dengan gelar akademik) NUPTK NIP/NIK Pangkat/Golongan Jenis Kelamin Tempat. S3* : Memiliki/Tidak memiliki* 10.. jam : ……………………….. 8...PORTOFOLIO GURU BERPRESTASI TAHUN 2012 IDENTITAS PESERTA 1. 7. 2.. SLTA/MA. : ……………………………………………. S-2. 2012 Kepala Sekolah/ Madrasah. ………………. Penyusun. Telp. : ……………………………………………... NIP. : ……………………………………………. : ……………………………………………. b. 9. c. : ……………………………………………. SMP/MTs. 11. 5. : …………………………………………….. : L/P* : ……………………………………………. Beban Mengajar per Minggu Mengetahui : Pengawas. 3. : ……………………………………………. tgl lahir Pendidikan Terakhir Akta Mengajar Sekolah Tempat Tugas a. : S-1/D-4. 4. ……………………………………………. : ……………………………………………. Demak. ………………………… NIP. 6.. f..……………………. g. Sekolah Alamat e-mail : …………………………………………….. d. ……………………………..

JENJANG PERG. c. d. D4. b.KOMPONEN PORTOFOLIO 1. Catatan : Lampirkan sertifikat. c. NO a. S2. TINGGI JURUSAN/ FAKULTAS PRODI SKOR TAHUN LULUS (diisi penilai) Catatan : 1.PENYELENGNO NAMA / JENIS DIKLAT TEMPAT (diisi NAAN GARA penilai) (…. piagam. atau S3 lebih dari satu agar tuliskan semua 2. d. b. jam) a. atau surat keterangan yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. 3 . WAKTU SKOR PELAKSA. 2. e. dapat dilegalisasi oleh kepala sekolah dan kepala dinas kabupaten/kota. Pendidikan dan Pelatihan Tuliskan pengalaman mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) Bapak/Ibu pada tabel berikut. Dalam kasus tertentu seorang guru bertugas di daerah yang jauh (di luar provinsi) dari tempat asal perguruan tinggi.. Kualifikasi Akademik Tuliskan riwayat pendidikan tinggi Bapak/Ibu pada tabel di bawah ini. Dst. Jika mempunyai S1. Lampirkan foto kopi ijazah yang tertulis pada tabel tersebut yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah atau oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk ijazah luar negeri.

NO 1) 2) Rata-rata skor ……… MATA PELAJARAN MATERI/KOMPETENSI SEMESTER TAHUN SKOR (diisi penilai) Catatan : Lampirkan bukti lima RPP/RP/SP karya sendiri yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.d. b. Kumulatif lama mengajar : ……………………………… tahun. Perencanaan Pembelajaran Tuliskan lima jenis RPP/RP/SP terbaik yang pernah Bapak/Ibu buat dari semester dan materi yang berbeda. Pengalaman Mengajar Tuliskan pengalaman mengajar Bapak/Ibu pada tabel berikut ini.. GURU KELAS tahun ……) a.d. Dst.. Dst... c.. LAMA MENGAJAR BIDANG STUDI / NO NAMA SEKOLAH (mulai tahun …… s. c. Catatan : Lampirkan foto kopi SK pengangkatan menjadi guru baik PNS maupun non PNS yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. Catatan : Lampirkan foto kopi SK pengangkatan menjadi guru baik PNS maupun non PNS yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. s.. LAMA MEMBERIKAN PELAYANAN NO NAMA / JENIS DIKLAT BIMBINGAN DAN KONSELING (mulai tahun . b.3.. tahun . skor : …………… (diisi penilai) 4. skor : …………… (diisi penilai) Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling Tuliskan pengalaman memberikan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Bapak/Ibu pada tabel berikut.. 4 ... Kumulatif lama mengajar : ……………………………… tahun.. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran a.) a..

Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Bukti fisik yang dilampirkan berupa rekaman/dokumen pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling yang diketahui oleh koordinator bimbingan dan konseling dan atasan. 5 . pelayanan tidak langsung) dan laporan hasil evaluasi program bimbingan dan konseling. Perencanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling Tuliskan lima jenis PPBK (Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling) terbaik yang pernah Bapak/Ibu buat dari semester dan bidang pelayanan yang berbeda. Lampirkan hasil penilaian kepala sekolah dan/atau pengawas tentang kinerja pelaksanaan pembelajaran Bapak/Ibu sebagaimana dimaksud di atas dalam amplop tertutup. SKOR JENIS NO BIDANG PELAYANAN SEMESTER TAHUN (diisi PROGRAM penilai) 1) Pendidikan/ Belajar 2) Karier 3) 4) 5) Pribadi Sosial Akhlak Mulia/ Budi Pekerti Rata-rata skor ……… Catatan: Lampirkan bukti lima PPBK yang tertulis dalam tabel yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. Rambu-rambu format laporan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling sebagaimana yang berlaku di wilayah/sekolah tempat bekerja. Pelaksanaan Pembelajaran Bukti fisik yang dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian oleh kepala sekolah dan/atau pengawas tentang kinerja Bapak/Ibu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas (instrumen penilaian lampiran 1). laporan bulanan. pelayanan langsung. Skor pelaksanaan pembelajaran (diambil dari amplop tertutup) : ………… (diisi penilai) Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling b. data kebutuhan dan permasalahan konseli. aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling (pemahaman. daftar konseli (siswa). Komponen yang dinilai meliputi: agenda kerja guru bimbingan dan konseling. laboran semesteran/tahunan.Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling a. b.

Sertifikat Keahlian/Keterampilan Tuliskan sertifikat keahlian/keterampilan yang Bapak/Ibu peroleh baik dari lembaga/institusi dalam maupun luar negeri) pada tabel berikut. NO 1) 2) 3) 4) Dst. 6. nasional. kepribadian. tingkat (kecamatan. NAMA LOMBA/ KEJUARAAN WAKTU PELAKSANAAN TINGKAT PENYELENGGARA SKOR (diisi penilai) Catatan : Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam/surat keterangan kegiatan yang tertulis di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan. provinsi. nasional. sosial. NO 1) 2) 3) 4) 5) Dst. Prestasi Akademik a. atau regional Lampirkan foto kopi sertifikat yang tertulis di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan. dan profesional Bapak/Ibu dengan menggunakan format penilaian atasan (format lampiran 2) Lampirkan hasil penilaian dari kepala atasan sebagaimana dimaksud diatas dalam amplop tertutup. Penilaian Kinerja/Penilaian dari Atasan dan Pengawas Bukti fisik yang dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian dari atasan dan/atau pengawas tentang kompetensi pedagogik. Lomba dan karya akademik Tuliskan prestasi Bapak/Ibu mengikuti lomba dan karya akademik (jika ada) yang meliputi : nama lomba/karya akademik. dan penyelenggara pada tabel berikut. NAMA LOMBA/ KEJUARAAN WAKTU PEROLEHAN TINGKAT**) LEMBAGA YANG MENGELUARKAN SKOR (diisi penilai) Catatan: *)Termasuk sertifikat asesor uji kompetensi keahlian/keterampilan **)Dituliskan internasional. internasional). kabupaten/kota. b. waktu pelaksanaan. 6 .5.

provinsi. INSTRUKTUR/GURU SKOR MATA PELAJARAN / NO INTI/TUTOR/PEMANDU/ TEMPAT (diisi BIDANG STUDI PAMONG PPL penilai) 1) 2) 3) Dst. NO a) b) c) Dst. 7 . NAMA KEJUARAAN TEMPAT LAMA (WAKTU PEMBIMBINGAN) SKOR (diisi penilai) Catatan : Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam kejuaraan siswa yang dibimbing dan SK/surat tugas dari pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. maupun internasional dalam kegiatan akademik dan/atau prestasi. 2) Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi pembimbing siswa (tidak mencapai juara) dalam kegiatan akademik dan/atau prestasi. guru inti. nasional. isilah tabel di bawah ini. NO a) b) c) Dst. Pembimbingan siswa 1) Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi pembimbing siswa sampai mendapatkan penghargaan baik tingkat kecamatan. B. isilah tabel di bawah ini. dan C. NAMA KEJUARAAN TINGKAT TEMPAT DAN WAKTU SKOR (diisi penilai) Catatan : Lampirkan foto kopi sertifikat/piagam kejuaraan siswa yang dibimbing dan SK/surat tugas dari pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. Tutor yang dimaksud adalah tutor Kejar Paket A. dan guru pemandu agar dilengkapi dengan foto kopi sertifikat/piagam TOT sesuai bidang tersebut. Pembimbingan teman sejawat Tuliskan pengalaman Bapak/Ibu menjadi Instruktur/Guru inti/Tutor/ Pemandu/Pamong PPL(jika pernah) pada tabel di bawa ini.c. d. Catatan: Lampirkan foto kopi SK/Surat Tugas dari Pejabat yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. Untuk instruktur. kabupaten/kota.

modul. JUDUL JENIS *) PENERBIT TAHUN TERBIT SKOR (diisi penilai) Catatan : *) Jenis pada tabel di atas diisi buku. NAMA KEGIATAN TAHUN SKOR (diisi penilai) Catatan : Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/surat tugas dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. JUDUL TAHUN SUMBER STATUS DANA (KETUA/ANGGOTA) SKOR (diisi penilai) Catatan: Lampirkan naskah asli/foto kopi laporan hasil penelitian secara utuh yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung. artikel (jurnal/majalah/koran). dan disertasi serta tugas akhir lainnya tidak dinilai. Reviewer buku dan/atau penulis soal EBTANAS/UN Apabila Bapak/Ibu pernah menjadi reviewer buku dan/atau penulis soal EBTANAS/UN/UASDA.7. tesis. Penelitian Apabila Bapak/Ibu pernah melakukan penelitian tindakan kelas atau penelitian yang mendukung peningkatan pembelajaran dan atau profesional guru. tuliskan judul penelitian dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini. NO 1) 2) 3) 4) Dst. dan buku dicetak lokal. Karya Pengembangan Profesi a. modul.. Skripsi. NO 01 02 03 Dst. c. Karya Tulis Apabila Bapak/Ibu mempunyai kaya tulis yang berupa buku. NO 1) 2) Dst. tuliskan judul buku dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini. 8 . artikel (jurnal/majalah/ koran). atau buku dicetak lokal Lampirkan bukti fisik yang relevan b. isilah tabel berikut.

sastra. DESKRIPSI SKOR NAMA KARYA SENI TAHUN (PENJELASAN SINGKAT TENTANG (diisi KARYA SENI TERSEBUT) penilai) NO 1) 2) 3) Dst. atau sejenisnya yang asli untuk bendel pertama dan foto kopinya yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung untuk 9 . Keikutsertaan dalam forum ilmiah Jika Sdr/i mengikuti forum ilmiah tuliskan judul dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini. sastra.d. suara. Lampirkan sertifikat. dan karya seni lainnya). lukis. musik. kriya. tuliskan nama dan tahun karya tersebut dalam tabel berikut. Media dan Alat Pembelajaran Apabila Bapak/Ibu pernah membuat media atau alat pembelajaran. lukis. tuliskan jenis media/alat dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini NO 1) 2) 3) Dst. suara. manual. Catatan : Lampirkan bukti fisik yang relevan. JENIS KEGIATAN TAHUN PERAN *) TINGKAT (Inter/Nas/Lokal) SKOR (diisi penilai) Catatan: *) Kolom peran diisi pemakalah. Dst. e. Apabila Bapak/Ibu pernah membuat karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni (patung. musik. JENIS MEDIA/ALAT TAHUN SUMBER DANA STATUS (KETUA/ANGGOTA) SKOR (diisi penilai) Catatan: Lampirkan surat keterangan dari atasan langsung disertai bukti fisik yang relevan. b. c. misalnya: media yang dibuat atau foto hasil karya yang disertai manual dan/atau deskripsi yang dilegalisasi oleh atasan langsung. deskripsi. misalnya: foto. atau peserta sesuai sertifikat. kriya. tari dan karya seni lainnya). Karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni (patung. NO a. piagam. tari. surat keterangan dari kepala sekolah 8.

isilah tabel berikut ini. NO 1) 2) 3) Dst. Penghargaan Apabila Bapak/Ibu pernah menerima penghargaan di bidang pendidikan. 10. Pengalaman Organisasi Apabila Bapak/Ibu memiliki pengalaman menjadi pengurus suatu organisasi kependidikan atau organisasi sosial. Pengalaman Mendapat Tugas Tambahan Apabila Bapak/Ibu pernah mendapat tugas tambahan antara lain sebagai kepala/wakil kepala sekolah/kepala bengkel/kepala lab/pembina kegiatan ekstra kurikuler. atau internasional. isilah tabel berikut ini. tuliskan nama organisasinya dan keterangan lainnya pada tabel berikut ini. nasional. Apabila menjadi nara sumber/pemakalah lampirkan juga makalahnya. kabupaten/kota. 9. Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. b. JABATAN TH……… S/D TH………… NAMA SEKOLAH SKOR (diisi penilai) Catatan : Lampirkan foto kopi surat keputusan/surat keterangan/bukti yang relevan dari pihak yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan a.bendel kedua. NO 1) 2) 3) Dst. Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial a. NAMA ORGANISASI TAHUN JABATAN TINGKAT *) SKOR (diisi penilai) Catatan : *) Kolom tingkat diisi: kecamatan. NO 1) 2) JENIS PENGHARGAAN PEMBERI PENGHARGAAN TINGKAT SKOR TAHUN (diisi penilai) 10 .

.. isilah tabel berikut ini.. nasional...Catatan : *) Kolom tingkat diisi: kecamatan. kabupaten/kota... Catatan : Lampirkan foto kopi SK penugasan yang telah dilegalisasi oleh atasan. LAMA BERTUGAS SKOR NO LOKASI JENIS DAERAH KHUSUS (MULAI TH……. Demak..... . atau internasional Lampirkan sertifikat/piagam/surat keterangan yang tertulis pada tabel di atas yang telah dilegalisasi oleh atasan. penilai) 1) 2) 3) Dst... NIP... saya bersedia menerima sanksi dan dampak hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku... 11 ..... dan jika di kemudian hari ternyata pernyataan dan dokumen saya tidak benar. Penugasan di Daerah Khusus Apabila Bapak/Ibu pernah ditugaskan sebagai guru di daerah khusus (daerah terpencil/tertinggal/bencana/konflik/perbatasan). Dengan ini saya menyatakan bahwa pernyataan dan dokumen di dalam portofolio ini benar-benar hasil karya saya sendiri..... b. 2012 Peserta Pemilihan Guru Berprestasi....- ..... 6000......s/d (diisi TH…….. Materai Rp....

............................. 3.................... ................................... tgl lahir Pendidikan Terakhir Akta Mengajar Sekolah Tempat Tugas a........ d............................ 4. SLTA/MA*............. : ........................... : ............. 5............ : ................... : ..... 6.............. e.. b........................................................ : ...... : ........ 11.... f... : L/P* : . Mata Pelajaran/Guru Kelas* SD/MI...... Telp...................... : .................................................... Nama Alamat Sekolah/Madrasah Kecamatan Kabupaten/Kota Provinsi No.............. 2............... ....... 9......... : . : ........................................ 7.. Sekolah Alamat e-mail : ................. c.................................. : S-1 / A-4 : Memiliki/Tidak memiliki*) 10.................. Beban Mengajar per Minggu 12 ........... MTs............. jam : ................................................... 8........ Nama (lengkap dengan gelar akademik) NIP/NIK NUPTK Pangkat/Golongan Jenis Kelamin Tempat.............. : ................. g......................................................../SMP.................... : ...........Lampiran 1 INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN oleh Kepala Sekolah/Pengawas*) IDENTITAS PESERTA 1................................... : ...

5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut. 1 = sangat tidak baik 2 = tidak baik 3 = kurang baik 4 = baik 5 = sangat baik NO I 1 2 II A 3 4 5 6 B 7 8 9 10 11 12 INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI PRAPEMBELAJARAN Mempersiapkan siswa untuk belajar Melakukan kegiatan apersepsi KEGIATAN INTI PEMBELARAN Penguasaan materi pelajaran Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan Pendekatan/strategi pembelajaran Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai Melaksanakan pembelajaran secara runtut Menguasai kelas Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran Menggunakan media secara efektif dan efisien Menghasilkan pesan yang menarik Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar SKOR 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 1 1 1 2 2 2 2 3 3 3 3 4 4 4 4 5 5 5 5 1 2 3 4 5 1 1 1 1 2 2 2 2 3 3 3 3 4 4 4 4 5 5 5 5 1 2 3 4 5 C 13 14 15 D 16 17 18 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 13 . 3.LEMBAR PENILAIAN Petunjuk Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1. 4. 2.

. .... Demak.............. atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan Skor Total (jumlahkan angka yang dilingkari). dan benar Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai SKOR 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Penutup Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa 24 Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan........ skor tertinggi 120 Σ skor Nilai = ---------------........ saya bersedia mempertanggungjawabkannya. Skor terendah 24..X 100% Skor Tertinggi 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 ..) NIP/NIK 14 ... Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi guru berprestasi yang sebenarnya..NO E 19 20 F 21 22 III 23 INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI Penilaian proses dan hasil belajar Memantau kemajuan belajar selama proses Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) Penggunaan bahasa Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas... dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar. atau kegiatan.............2012 Kepala Sekolah/Pengawas *) (..... baik.....................

............. 2...... f........ Sekolah Alamat e-mail : ............. b.................... 11.. : .......... 8........ 4....................... : .... : ......................... Nama Alamat Sekolah/Madrasah Kecamatan Kabupaten/Kota Provinsi No............. : S-1 / A-4 : Memiliki/Tidak memiliki*) 10.............. : ......... ...................................... ........................... : ............................. Telp............. e............ 6..................... 3.... : ...... 7........................................................................... : L/P* : ..................... SLTA/MA*................... Beban Mengajar per Minggu 15 ... : ....... d...................... Mata Pelajaran/Guru Kelas* SD/MI...... MTs.............. : ................................................................. : ...........................Lampiran 2 INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU oleh Kepala Sekolah/Pengawas*) IDENTITAS PESERTA 1................................./SMP..... : ......... 9.. : ...................................... 5. Nama (lengkap dengan gelar akademik) NIP/NIK NUPTK Pangkat/Golongan Jenis Kelamin Tempat.......................... tgl lahir Pendidikan Terakhir Akta Mengajar Sekolah Tempat Tugas a........................ g..... : ..................................... jam : .. c.....................

dll) 2 Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan. ……………………. Skor terendah 11. dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar.X 100% Skor Tertinggi 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 …………… Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi guru berprestasi yang sebenarnya. dll) 6 Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas. saya bersedia mempertanggungjawabkannya. bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam proses) 7 Inovasi dan kreativitas kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui oleh pikirnya. misal : ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya) 4 Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku. orang Kristiani rajin ke gereja. dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya Skor Total (jumlahkan angka yang dilingkari). skor tertinggi 55 Σ skor Nilai = ---------------. misal : orang muslim rajin menjalankan sholat . misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat) 10 Kemampuan bekerja sama 11 Keberhasilan melakukan pembimbingan siswa. misal : menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata. misal yang memiliki etos kerja tinggi. misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain) 9 Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran. misal : mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal) 5 Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain. misalnya untuk lomba olimpiade. misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal) 3 Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya. misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas) 8 Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain. ………………………… Kepala Madrasah/Pengawas*) (………………………………) NIP/NIK 16 .PENILAIAN KINERJA GURU (PENGAMATAN SEHARI-HARI) NO 1 ASPEK YANG DIAMATI SKOR 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut. berpakaian.

17 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->