P. 1
Kegunaan Sejarah

Kegunaan Sejarah

|Views: 27|Likes:
Published by Nafiah Rafiqah
sejarah
sejarah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nafiah Rafiqah on Nov 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

09/13/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

PRESENTASI SEJARAH

BAB I KEGUNAAN SEJARAH OLEH : NAFIAH RAFIQAH R X-7/20

Dr.Kuntowijoyo berpendapat bahwa " Kenyataan bahwa sejarah terus ditulis orang. Belajar sejarah berarti merasakan dan menghayati makna atau semangat zaman yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lalu. di semua peradaban dan sepanjang waktu.Pendekatan sejarah secara intelektual (sifat objektif) Mengapa kita belajar sejarah? Mempelajari sejarah tidak sekedar menghapalkan tahun-tahun. mengingat peristiwa atau nama-nama tokoh yang pernah menjadi pelaku sejarah. Kegunaan sejarah dapat dilihat secara : • Ekstrinsik • Intrinsik • Rekreatif ( hiburan) Prof. sebenarnya cukup menjadi bukti bahwa sejarah itu perlu" .

PETA KONSEP KEGUNAAN SEJARAH INTRINSIK EKSTRINSIK INSPIRASI REKREASI .

. Sebagai contoh kegagalan(bangkrut) seorang wirausahawan dalam mengembangkan usahanya . baik pengalaman dirinya maupun dari pengalaman orang lain atau generasi sebelumnya . Pengalaman merupakan peristiwa masa lalu .Guna Intrinsik 1. Namun dia menyikapinya secara positif dengan terus introspeksi diri dan melakukan perbaikan-perbaikan dalam usahanya . sehingga sekarang dia harus mampu memandang kegagalan bukan sebagai harus disesali. manusia banyak belajar dari pengalaman hidupnya . Sebagai Ilmu (Pelajaran) Pengalaman adalah guru yang paling baik . dan dari peristiwa itulah kita dapat mengambil hikmahnya (pelajaran) . tetapi harus di sikapi secara positif. selain itu ia juga memelajari kesalahan-kesalahan apa yang membuatnya bangkrut lalu tidak mengulanginya lagi Sehingga peristiwa masa lalu tersebut memberikan pelajaran padanya di masasekarang .

4. penyataan pendapat . 3. guna ilmu-ilmu lain untuk sejarah. cara ketahui masa lalu . sebagai profesyen .2. guna sejarah kepada ilmuilmu lain.

Sebagai rujukan 11. Pendidikan perubahan 6. Pendidikan masa depan 7.Guna Ekstrinsik 1. but multi-dimension) 3. Pendidikan politik 4. Pendidikan kebijakan 5. Sebagai bukti. Sebagai latar belakang 10. Sebagai ilmu bantu 9. Penalaran (not mono causal. . Pendidikan keindahan 8. Pendidikan moral 2.

tidak ada peristiwa masa kini yang terputus dari peristiwa masa lampau . dengan memahami masa lalu manusia dapat menarik benang merahnya dengan masa kini . Tidak ada suatu peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba . masa sekarang dan yang akan datang tidak akan terlepas dari masa lalu karena waktu merupakan merupakan sebuah garis linier.Sejarah Sebagai Inspirasi Berbagai peristiwa masa lalu dapat memberikan inspirasi (ilham) pada generasi berikutnya . Contoh sesorang menjadi anggota TNI setelah terinspirasi oleh kepahlawanan jendral sudirman .

. keraton. Orang mengunjungi keraton.Sejarah Sebagai Rekreasi Setiap sejarah selalu bersamaan dengan kebudayaannya . patung dan benda budaya lainnya. sehingga ketika membicarakan sejarah sering dikaitkan dengan benda peninggalan masa lampau seperti candi. candi atau museum sebetulnya orang tersebut telah menjadikan sejarah dengan fungsi (kegunan) rekreatif (hiburan).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->