ARTIKEL ILMIAH

ALAN DJIBRAN

BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA

1. LATAR BELAKANG Pada zaman modern seperti saat saatini, banyak yang telah menyepelekan bahasa Indonesia. Seperti yang kita tahu, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib kita pelihara dan kita terapkandalam kehidupan sehari hari. Tapi nyatanya, sangat jarang generasi muda zaman sekarang yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai contoh, saat ini banyak generasi muda yang menggunakan bahasa bahasa asing dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari hari. Semua pasti beranggapan kalau bahasa asing merupkan cermiinan dari globalisasi, dimana semua atau beberapa unsure unsure asing masuk kedalam Indonesia. Terlepas dari semua itu, seharusnya kitaharus tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari hari. Kita bias lihat darisalah satu kutipan naskah sumpah pemuda yang berisi : “ kami putra dan putrid Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Maka dari itu, sebaiknya kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia juga dapat digunakan sebagai pemersatu dari perbedaan perbedaan suku bangsa yang ada di negeri yang amat kita cintai ini.

1

BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA

2 BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA . Hal tersebut mengharuskan kita menerjemahkan semua atau beberapa buku ilmu pengetahuan kedalam bahasa Indonesia. PENGERTIAN Bahasa merupakan kunci untuk membuka khasanah pengetahuan. PERMASALAHAN Berbagai macam permasalahan yang akan dibahas dalam artikel ini adalah sebagai berikut :    Bagaimana fungsi bahasa Indonesia ? Bagaimana fungsi bahasa Indonesia berdasarkan kebutuhan sesuai kebutuhan seseorang ? Bagaimana cara menigkatkan penggunaan bahasa Indonesia dikalangan generasi muda ? 3. pasti aka nada kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berarti meningkatkan mutu bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah. Dengan adanya informasi ilmiah dalam bahasa Indonesia. namun ada yang mempersatukan berbagi macam bahasa tersebut.ARTIKEL ILMIAH ALAN DJIBRAN 2. Hanya dengan bahasalah kita dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Di Negara kita mengenal berbagai macam macam bahasa daerah. Walaupun bahasa Indonesia sudah berperan sebagai alat persatuan tetapi belum berperan sebagai pengantar ilmu pengetahuan. yaitu bahasa Indonesia. Dan yang paling berperan dalam hal ini adalah para generasi muda yang merupakan pemegang tongkat estafet selanjutnya dalam melaksanakan pembangunan di Indonesia.

kapan dan dalam situasi apa bahasa yang satu dipakai dan dalam situasi apapula bahasa yang lain dipakai. Mereka tidak akan memekai secara sembarangan. akan dapat memilah milah sikap dan pemakaian kedua atau lebih bahasa yang digunakannya. PEMBAHASAN Kita tahu bahwa bahasa sebagai alat komunikasi lingual manusia. Setelah dihubungkan dengan kehidupan sehari hari. yang didalamnya selalu ada nilai nilai dan status. Ia selalu mengikuti kehidupan manusia sehari hari baik sebagai anggota suku. bahasa Indonesia berfungsi sebagai : a) Lambang kebanggaan kebangsaan b) Lambang identitas nasional c) Alat perhubungan antar warga. itu akan menjadi terarah.  Fungsi bahasa Indonesia Didalam kedudukannya sebagai bahasa nasional. Ini adalah fungsi dasar bahasa yang tidak dihubungkan dengan status dan nilai social. antar daerah dan antar budaya d) Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai macam suku bangsa dan latar belkang social budaya dan bahsanya masing masing kedalm kesatuan kebangsaan Indonesia. 3 BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA . Unsure unsure yang dianggap menguntungkan akan diterima seedangkan unsure unsure yang dianggap merugikan akan ditolak. Dengan demikian perkembangan bahasa. Maupin anggota bangsa.bagi masyarakat dwilingual (dwi bahasa). baik secara terlisan maupun tulisan. antara lain. Dipihak lain.ARTIKEL ILMIAH ALAN DJIBRAN 4. menyeleksi unsure unsure bahasa lain yang masuk kedalamnya. Karena kondisi dan pentingnya bahasa itulah. Mereka bias mengetahui. bahasa tidak dapat ditinggalkan. maka ia diberi label secara eksplisit oleh pemakainyayang berupa kedudukan dan fungsi tertentu. Pemakainya akan berusaha mempertahankankedudukan dan fungsi bahasayang telah disepakati.

bahasa Indonesia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri pula sehingga ia serasi dengan lambang kebangsaan kita yang lain. antar daerah. Sebagai bahasa nasional. Berkat adanya bahasa nasional kita dapat berhubungan satu dengan yang lainnya. dan antar suku bangsa lain. Atas dasar kebanggaan ini. bahasa Indonesia kita junjung disamping bendera dan lambang Negara kita.ARTIKEL ILMIAH ALAN DJIBRAN Sebagai lambing kebanggaan kebangsaan. Didalam melaksanakan fungsi ini. bahasa Indonesia mencerminkan nilai nilai social budaya yang mendasari rasa kebanggan kita. bahasa Indonesia kita pelihara dan kita kembangkan serta rasa kebanggan pemakainya senantiasa kita bina. Sebagai alat yang memungkinkan terlaksananya penyatuan berbagi bagai suku bangsa yang memiliki latar belakang social dan budaya dan bahasa yang berbeda beda kedalam satu kesatuan bahasa kebangsaan yang bulat. Bahasa Indonesia juga mempunyai fungsi fungsi yang digunkan berdasarkan kebutuhan seseorang yaitu :      Sebagai alat komunikasi Sebagai alat ekspresi diri Sebagai alat ontrol social dan integrasi Sebagai alt adaptasi Sebagai alat untuk berpikir 4 BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA . Bahasa Indonesia dapat memiliki identitasnya hanya apabila masyarakat pemakainya membina dan mengembangkan sedemikian rupa sehingga bersih dari unsure unsure bahasa lain. adalah sebagai alat perhubungan antar warga. Sebagai lambang iidentitas nasional.

bahasa Indonesia digunakan sebagai        Bahasa resmi kenegaraan Bahasa pengantar resmi lembaga pendidikan Bahasa resmi perhubungan pada tingkat nasional Bahasa resmi pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern Bahasa media massa Pendukung sastra Indonesia Pemerkaya bahasa dan sastra daerah daerah Selain itu. termasuk didalamnya peningkatan mutu pendidikan bahasa Indonesia menjadi pintu gerbang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagi generasi muda. pelaku ekonomi. terutama dalam persiapan memasuki tatanan kehidupan yang semakin modern. Oleh karena itu peningkatan mutu sumber daya manusia termasuk kita sebagai generasi muda penerus pembangunan bangsa Indonesia merupakan syarat utam untuk meningkatkan posisi bahasa Indonesia kedalam tatanan kehidupan global. globalisasi tersebut. Untuk itu. perlu ditempuh strategi pemntapan peran bahasa Indonesia dalam memasuki tatanan kehidupan dunia yang baru. ada eberapa factor eksternal seperti globalisasi yang didukung oleh teknologi informasi yang ikut memacu perkembangan bahhasa Indonesia. perluasan wawasan dan peningkatan mutu dalam penggunaan bahasa Indonesia harus ditingkatkan dan juga perlu diperluas.ARTIKEL ILMIAH ALAN DJIBRAN Selain itu sebagai bahasa Negara. pendidik. 5 BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA . ddan wartawan.satu satunya upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia harus dilakukan melalui peningkatan mutu pendidiikan . penulis. seperti pemerintah.

dan buku buku petunjuk yang dapat menuntun penggunaan bahsa Indonesia secara baik dan benar.ARTIKEL ILMIAH ALAN DJIBRAN Melalui penyediaan berbagai pedoman . Bagi masyarakat yang belum dapat berbahsa Indonesia. maka dapat disumpulkan :    Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi. Kita sebagai generasi muda harus melakukan terobosan terobosan yang dapat memjukan bahasa Indonesia. Kita harus berbangga menjadi WNI. kita sebagai generasi muda yang sudah memahami dan mengerti perlu melakukan terobosan terobosan melalui paket paket belajar yang setara dengan sekolah dasar agar mereka dapat mengejar kemajuan masyarakat lainnya dalam satu kesatuan kebangsaan yang akan semakin maju. 6 BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA . seperti tata bahasa. harus berbangga menjadi masyarakat Indonesia yang memiliki bahasa yaitu bahasa Indonesia yang harus kita tinkatkan mutunya. 5. Penyediaan sarana itu sangat penting karena bangdsa Indonesia kini harus mengubah orientasi dari budaya dengar dan berbicra menuju budaya baca dan tulis. KESIMPULAN Dari pembahasan diatas. kamus bahasa Indonesia. yang mempunyai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Maka dari itu kita sebagai generasi muda.

2010.com/2010/02/peranangenerasi-muda-terhadap-bahasa-indonesia (diakses tgl 9 januari 2011) --------. Sikap Generasi Muda Terhadap Fungsi dan Peranan Bahasa Indonesia (online).. http://akamaru10. http://wartawarga.com/2010/03/27/penggunaan-bahasaindonesia-pada-generasi-muda (diakses tgl 7 januari 2011) Juwandono. Reza. 2010. Akhbar.blogspot.gunadarma. Peranan Generasi Muda Terhadap Bahasa Indonesia (oline) http://akhbart123c.ac.wordpress.ARTIKEL ILMIAH ALAN DJIBRAN DAFTAR PUSTAKA Ade. Penggunaan Bahasa Indonesia Pada generasi Muda (online). 2010. 2010. Peranan bahasa Indonesia Dalam Generasi Muda (online) http://yanizeccsson.com/2010/03/peranan-bahasa-indonesia-dalamgenerasi-muda (diakses tgl 7 januari 2011) 7 BAHASA INDONESIA DAN GENERASI MUDA .id/2010/03/sikapgenerasi-muda-terhadap-fungsi-dan-peranan-bahasa-indonesia (diakses tgl 7 januari 2011) Akamaru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful