Arti Lambang Jawa Barat

Lambang Provinsi Jawa Barat

Gemah Ripah Repeh Rapih, merupakan pepatah lama Sunda yang bermaksud menyatakan bahwa Jawa Barat adalah daerah yang kaya raya yang didiami oleh banyak penduduk yang rukun dan damai. Bentuk bulat telur pada lambang Jawa Barat berasal dari bentuk perisai yang banyak dipakai oleh para laskar kerajaan zaman dahulu. Kujang merupakan alat serba guna yang dikenal pada hampir setiap rumah tangga Sunda dan apabila perlu dapat juga digunakan sebagai alat penjaga diri dan lima lubang pada kujang tersebut melambangkan lima sila pada dasar negara Pancasila. Padi merupakan bahan makanan pokok masyarakat Jawa Barat sekaligus juga melambangkan pangan dan jumlah padi 17 menggambarkan hari tanggal 17 dari bulan Proklamasi. Kapas melambangkan sandang dan jumlah kapas 8 buah menyatakan bulan ke-8 dari tahun Proklamasi. Gunung, adalah lambang yang menunjukan bagian terbesar dari Jawa Barat berupa daerah pegunungan. Sungai dan Terusan melambangkan sungai, terusan dan saluran air yang banyak terdapat di Jawa Barat; Sawah dan Perkebunan; menyatakan luasnya lahan persawahan dan perkebunan (dibagian selatan dan tengah) di Jawa Barat. Dam, Saluran Air dan Bendungan kegiatan dibidang irigasi merupakan salah satu perhatian pokok mengingat Jawa Barat merupakan daerah agraris.

Daya Juang dan Cipta. Warna Biru. Perisai Segilima. adalah lambang Kepahlawanan. adalah lambang Kesucian. adalah lambang angkasa bebas dan luas. adalah lambang alam laut yang kasih. adalah melambangkan Pancasila. Warna Putih pada Pintu Gerbang. Sloka "Jaya Raya". Ombak Laut. Warna Merah pada Sloka.Makna dan Arti Lambang Kota Jakarta Lambang Provinsi DKI Jakarta # Makna Gambar dalam Lambang Provinsi DKI Jakarta       Pintu Gerbang. adalah lambang Kemegahan. adalah lambang Kemuliaan Pancasila. Warna Putih. . adalah lambang Kemakmuran. adalah lambang Kota. Warna Kuning pada Padi. # Arti Warna Dalam Lambang Provinsi DKI Jakarta       Warna Emas pada pinggir Perisai. adalah Slogan Perjuangan Jakarta. Negeri Kepulauan. Padi dan Kapas. adalah lambang Kemakmuran dan Keadilan. adalah lambang Kekhususan Jakarta sebagai pintu keluar masuk kegiatankegiatan nasional dan hubungan internasional. Tugu Nasional. Hijau. Putih dan Kapas.

Candi Borobudur melambangkan Daya Cipta yang besar Tradisi yang baik dan Nilai-nilai Kebudayaan yang khas dari Rakyat Jawa Tengah.Makna dan Arti Lambang Provinsi Jawa Tengah Lambang Provinsi Jawa Tengah  Bentuk Kundi Amarta yang berbentuk dasar segi lima melambangkan dasar falsafah Negara yakni Pancasila. Padi dan Kapas melambangkan Kemakmuran Rakyat JawaTengah. Perpaduan antara Bintang. Umbul-umbul Merah Putih melambangkan Daerah Jawa Tengah sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Padi dan Kapas melambangkan hari depan Rakyat Jawa Tengah menuju ke Masyarakat Adil dan Makmur yang diridloi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Gunung Kembar mempunyai arti idiil bersatunya rakyat dan Pemerintah Daerah. Bambu Runcing yang beruas 8 serta Ranting Kapas yang berdaun 4 dan berbuah 5 merupakan rangkaian angka-angka yang mewujudkan saat yang bersejarah serta keramat "17 Agustus 1945" yang wajib kita agungkan. Laut bergelombang melambangkan kehidupan masyarakat di Jawa Tengah.           . Bintang bersudut Lima berwarna kuning emas yang disebut juga "Nur Cahaya" melambangkan kepercayaan Ketuhanan Yang Maha Esa dari Rakyat Jawa Tengah. Perpaduan antara Laut dan Gunung Kembar dengan latar belakangnya yang hijau menggambarkan keadaan alamiah Daerah Jawa Tengah dengan bermacam-macam kekayaan alamnya sebagai kehidupan dan penghidupan Rakyat Jawa Tengah. Perpaduan antara Bulir Padi yang berbiji 17. Bambu Runcing melambangkan Kepahlawanan dan Keksatriaan Rakyat Jawa Tengah.

yang pada tanggal 5 September 1945 mengeluarkan amanatnya untuk menggabungkan daerah Kasultanan Jogjakarta dan Kadipaten Pakualaman menjadi Daerah Istimewa Jogjakarta. pendidikan dan kebudayaan. Bunga melati yang sering digunakan dalam upacara sakral mengandung nilai seni. adalah lambang tata kehidupan gotong royong. 17 bunga kapas. budaya dan religius. sungging dan prada yang indah. digambarkan dengan bintang emas bersegi lima dan sekuntum bunga melati di puncak tugu. Bunga melati dan tugu yang mencapai bintang menggambarkan rasa sosial dengan pendidikan dan kebudayaan luhur serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.          . adalah lambang persatuan. dan padi-kapas (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia). menggambarkan peranan Sri sultan Hangmengkubuwono IX dan Sri Paku alam VIII. digambarkan dengan bintang emas bersegi lima (Ketuhanan Yang Maha Esa). adalah lambang keadaan alam Daerah Istimewa Jogjakarta dilukiskan dengan karena ada bagian ngarai yang subur dan ada daerah perbukitan yang kering. adalah lambang semangat membangun. bulatan-bulatan berwarna merah dan putih (Persatuan Indonesia). Bulatan (golong) dan tugu berbentuk silinder (giling). Yogyakarta Trus Mandhiri. ombak. Tugu yang dilingkari dengan padi dan kapas. tugu dan sayap mengembang (Kemanusiaan yang adil dan beradab). serta tugu yang tegak. adil dan makmur. Nilai-nilai keagamaan. yaitu tahun de facto berdirinya Daerah Istimewa Jogjakarta. 8 daun kapas dan 45 butir padi. Warna hijau tua dan hijau muda. Candrasengkala / Suryasengkala terbaca dalam huruf jawa adalah lambang rasa Suka Ngesthi Praja. adalah lambang nilai-nilai peradaban yang luhur digambarkan secara menyeluruh berwujud. adalah lambang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. adalah lambang semangat perjuangan dan kepahlawanan tatanan “mirong” pada hiasan saka guru sebagai hiasan spesifik Yogyakarta. Ukiran. batu penyangga saka guru/tugu (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan). Jogja (5) karta (4) trus (9) mandhiri (1) tahun masehi 1945. Warna-warna merah putih yang dominan. Sejarah terbentuknya Daerah Istimewa Jogjakarta dilukiskan dengan sayap mengembang berbulu 9 helai di bagian luar dan 8 helai di bagian dalam. yang artinya dengan berjuang penuh rasa optimisme membangun Daerah Istimewa Jogjakarta untuk tegak selama-lamanya: rasa (6) suka (7) ngesthi (8) praja (1) tahun jawa 1876.Makna dan arti lambang Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Lambang Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta  Landasan Idiil Pancasila.

yang semangatnya tetap berada di tiap-tiap patriot Indonesia yang berada di Jawa Timur. Bintang dengan warna kuning emas. Dalam mempertahankan kedaulatan dan wilayah tanah airnya. gambar padi berbutir 17 buah. Sungai yang bergelombang. Pita berisikan tulisan Jawa Timur. adalah lambang keamanan dan ketentraman serta kejujuran melambangkan dasar dan keinginan hidup rakyat Jawa Timur yang merupakan daerah yang termasuk aman. Tugu Pahlawan. melambangkan saat-saat keramat bagi bangsa Indonesia yaitu tanggal 17 . adalah lambang Ke Tuhanan Yang Maha Esa. sedangkan kapas tergambar 8 buah. Padi dan kapas. Pintu gerbang (dari Candi) dengan warna abu-abu. Pita dasar dengan warna putih berisi tulisan JER BASUKI MAWA BEYA. menunjukkan bahwa Jawa Timur mempunyai banyak sungai yang mengalir untuk mengairi sawah dan sumber kemakmuran yang lainnya di Jawa Timur. selain itu juga menggambarkan bahwa wilayah Jawa Timur mempunyai banyak gunung-gunung berapi. melukiskan situasi Jawa Timur pada masa sekarang yang sudah mulai pesat pembangunan pabrik-pabrik dan lain-lain dalam rangka pembangunan Jawa Timur di bidang industri.1945. Roda dan rantai. menunjukkan lambang daerah Propinsi Jawa Timur.Makna dan Arti Lambang Provinsi Jawa Timur  Lambang Provinsi Jawa Timur Daun lambang bentuk perisai.8 . yang dilukiskan pada bagian-bagian dengan warna kuning dan hijau. adalah lambang kepahlawanan. adalah lambang cita-cita perjuangan serta keagungan khususnya Jawa Timur di masa silam yang masih nampak dan sebagai lambang batas perjuangan masa lampau dengan masa sekarang. bersudut lima dan bersinar lima adalah melambangkan Pancasila merupakan dasar dan falsafah Negara yang senantiasa dijunjung tinggi dan selalu menyinari jiwa rakyatnya (dalam hal ini rakyat Jawa Timur) khususnya jiwa Ke Tuhanan Yang Maha Esa. adalah lambang sandang pangan.           . yang menjadi kebutuhan pokok rakyat sehari-hari. untuk melukiskan sifat dan semangat kepahlawanan rakyat Jawa Timur (khususnya Surabaya). Gunung berapi yang selalu mengepulkan asap. dan melambangkan pula tekad yang tak kunjung padam serta rasa ikatan persahabatan yang biasa ditunjukkan oleh rakyat Jawa Timur kepada pendatang dan peninjau dari manapun. revolusioner pantang mundur dalam menyelesaikan revolusi menuju cita-cita rakyat adil dan makmur. adalah lambang keteguhan dan kejayaan tekad Jawa Timur dengan semangat dinamis. adalah lambang kemakmuran yaitu bahwa Jawa Timur memiliki sawah dan Iadang yang merupakan sumber dan alat untuk mencapai kemakmuran. Sawah dan ladang. menunjukkan motto Jawa Timur yang mengandung makna bahwa untuk mencapai suatu kebahagiaan diperlukan pengorbanan.

Perisai. Padi dan kapas diikat dengan pita yang bersudut empat. membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwilayah dari Sabang sampai Merauke. 2. Tulisan Akcaya ini di atas dasar putih dalam tiga lipatan. yang berarti Catur Karsa. yang berarti tiga Kerangka Revolusi Nasional Indonesia. merah dan hitam. hijau tua. Kapas yang berjumlah 17. mempererat hubungan dengan semua bangsa dan negara di seluruh dunia. dimaksudkan Kalimantan Barat adalah sebagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila. mandau dan keris adalah menggambarkan pusaka dan kebudayaan putra-putra daerah Kalimantan Barat. yakni : 1. Dengan Catur Karsa ini dimaksudkan terlaksananya kesejahteraan yang merata. Garis putih yang melintang di tengah-tengah melukiskan garis Khatulistiwa. yaitu hijau muda. nyala api yang berjumlah 8 dan padi yang berjumlah 45 melambangkan Kalimantan Barat sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Padi dan kapas melambangkan cukup pangan dan sandang. mandau dan keris adalah putih. Warna perisai. menunjukkan kesuburan Daerah Tingkat I Kalimantan Barat. yang berarti Pancasila. yakni kesungguhan. Tulisan Akcaya berarti tak kunjung binasa atau dengan keuletan pantang menyerah. Warna dasar adalah hijau muda. kejujuran. kuning emas. putih. menuju masyarakat adil dan makmur materiil dan spirituil dan 3. kegotong royongan dan kekeluargaan.           . Warna yang dipakai pada Lambang Daerah adalah enam. dimaksudkan bahwa pusaka-pusaka itu suci murni.Makna dan Arti Lambang Provinsi Kalimantan Barat Lambang Provinsi Kalimantan Barat  Bentuk dari Lambang Daerah Kalimantan Barat ialah bersudut lima.

adalah lambang barang pusaka yang bernilai tinggi. berburu dan menghadapi serangan musuh. adalah lambang bahan sandang pangan yang melambangkan kemakmuran bangsa Indonesia pada umumnya dan rakyat Kalimantan Tengah pada khususnya. kebudayaan. adalah lambang alat penangkis serangan musuh yang melambangkan kewaspadaan dan ketahanan masyarakat terhadap anasir . Tali Tengang (Tali yang terbuat dari kulit kayu). yang melambangkan potensi kekayaan alam Kalimantan Tengah. adalah lambang pertanda kemakmuran dan kedinamisan serta tekat rakyat Kalimantan Tengah untuk ikut serta secara aktif pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. adalah lambang falsafah hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila. Belanga (Guci). Bintang Lapak Lime ( Bintang Segi Lima).             . dengan moto ISEN MULANG (Pantang Mundur). Kambang Kapas (Bunga Kapas) 17 buah. Segi lima. keperkasaan dalam menghadapi berbagai tantangan yang memecah belah persatuan dan kesatuan.anasir yang merusak baik dari luar maupun dari dalam. Kapas dan Parei (Kapas dan Padi). warna dasar Merah dan di tengah lambang berwarna hijau. Burung Tingang (Burung Enggang). Talawang (Perisai). Garantung (gong) adalah lambang bahwa masyarakat Kalimantan Tengah menjunjung tinggi kesenian. adalah lambang kekokohan dan kekompakan yang tidak mudah di cerai beraikan. adalah lambang Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Mandau dan sipet (Parang dan Sumpit) adalah pasangan senjata yang di buat oleh nenek moyang Suku Dayak Kalimantan Tengah yang digunakan untuk bekerja. adalah lambang keberanian. adalah lambang kesuburan bumi Tanbun Bungai dengan berbagai kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Hijau. Dawen (daun) 8 lembar dan Bua Parei (Buah Padi) 45 butir adalah lambang Hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Merah. berpandangan optimis dalam menghadapi berbagai tugas dalam suasana gotong royong sebagai lambang persatuan dan kesatuan.Makna dan Arti Lambang Provinsi Kalimantan Tengah Lambang Provinsi Kalimantan Tengah  Lambang Daerah Propinsi Kalimantan Tengah berbentuk segi lima.

Warna Kuning. adalah alat penangkis dan bertahan yang melambangkan kewaspadaan mempertahankan diri dari konsekwen. Intan. Warna Putih berkilap memancar. Merupakan susunan angka 17 8 1945 yaitu hari Kemerdekaan Republik Indonesia. adalah lambang bahwa penduduk Kalimantan Selatan mempunyai kebulatan tekad dan keunggulan kearah pelaksanaan Pembangun Nasional. adalah lambang kesuburan dan harapan bagi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dihari yang akan datang. adalah lambang penghasilan dan sumber kehidupan bagi terbesar penduduk Kalimantan Selatan.  Warna merah. adalah lambang Suatu unsur kebudayaan yang depat dlbanggakan.        .Makna dan Arti Lambang Provinsi Kalimantan Selatan Lambang Provinsi Kalimantan Selatan Lambang daerah Provinsi Kalimantan Selatan adalah "PARISAI" dengan warna dasar merah dan hijau. Parisai (Perisai). adalah lambang keberanian dan kepahlawanan yang gagah perkasa. bergaris sisi dengan warna kuning. adalah lambang penghasilan Daerah Kalimantan Selatan yang sudah terkenal karena mempunyai mutu dan nilai yang sangat tinggi.  Didalam Perisai terdapat lukisan-Iukisan :  Bintang berwarna Kuning Emas. Buah Padi dan Batang Karet. yang merupakan pula sumber mata pencaharian penduduk Kalimantan Selatan. Warna Hitam. Tulisan berupa "WAJA SAMPAI KAPUTING” adalah lambang bahwa penduduk Kalimantan Selatan telah tekun dalam bekerja melaksanakan segala Sesuatu dengan penuh rasa kesanggupan dan konsekwen tanpa berhenti ditengah Jalan. Intan dengan 8 (delapan) pancaran dan Batang Karet sebanyak 1 pohon dengan bergaris 9 yang tersusun 4 disebelah kiri. 5 disebelah kanan. adalah lambang bahwa penduduk Kalimantan Selatan kalau dipimpin dengan sungguh-sungguh akan sanggup mencapai kecerdasan dan kemajuan serta sanggup pula melaksanakan segala pembangunan menuju pada kemuliaan dan keagungan Bangsa Indonesia. menegakkan kebenaran perjuangan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam menuju "masyarakat adil dan makmur' yang diridhoi Allah". Buah Padi sebanyak 17 buah. Rumah berbentuk bangunan spesifik Kalimantan Selatan asli. adalah lambang Ketuhan Yang Maha Esa dan perlambang keyakinan bahwa Tuhan mengetahui segala-galanya tanpa ada yang tersembunyi bagi-Nya.

aman tentram yang di ridhoi oleh Allah SWT. (8+8+1=17). Tulisan Kalimantan Timur adalah Provinsi Kalimantan Timur. Telabang. adil dan makmur. Untaian minyak dan damar masing-masing delapan tetesan adalah lambang bulan proklamasi kemerdekaan. Lilitan rotan yang tak terputus-putus sebanyak 24 lilitan adalah lambang kesatuan dan kesatuan serta saat terbentuknya Provinsi Kalimantan Timur tanggal 1 Januari 1957 (1+1+1+9+5+7). mandau dan sumpitan adalah lambang kesiapsiagaan dan kemampuan. delapan untaian damar. Tulisan "ruhui rahayu" di atas guci berarti cita-cita dan tujuan rakyat kalimantan timur dalam mencapai masyarakat bahagia. dan satu tetesan akhir adalah tanggal proklamasi kemerdekaan.kesuburan warna kuning emas : keluruhan.          # Arti warna dalam lambang Provinsi Kalimantan Timur       warna hijau : kemakmuran. 4 titik terukir diujung mandau dan 5 lilitan pada ujung sumpitan adalah lambang tahun proklamasi kemerdekaan. Lingkaran dengan untaian minyak dan damar adalah lambang kekayaan alam. Jumlah delapan untaian minyak.keagungan warna kuning : kejayaan warna merah : keberanian warna putih : kesucian warna hitam : kesesungguhan .Makna dan arti Lambang Provinsi Kalimantan Timur Lambang Provinsi Kalimantan Timur # Makna gambar dalam lambang Provinsi Kalimantan Timur  Lambang Perisai bersudut lima adalah lambang alat pelindung dalam mencapai cita-cita revolusi 17 Agustus 1945. Bintang bersudut lima adalah lambang Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Republik Indonesia.

Bunga Teratai melambangkan Singgasana Cina. .Makna dan Arti Lambang Provinsi Bali Lambang Provinsi Bali        Bintang persegi lima melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Candi Bentai melambangkan keagungan. Padi Kapas melambangkan kemakmuran. Rantai melambangkan Persatuan. Candi Pahlawan Margarana melambangkan Jiwa Kepahlawanan rakyat Bali. Kipas melambangkan Kebudayaan Bali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful